sungai terpanjang di indonesia

7 Sungai Terpanjang di Indonesia yang Menyuguhkan Keindahan Alam

Keindahan alam tidak hanya dari jajaran gunung atau bukit yang menjadi satu kesatuan. Akan tetapi dapat pula karena pantai atau sungai. Kepopuleran sebuah gunung atau bukit memang menjadi salah satu faktor banyaknya masyarakat yang berbondong-bondong untuk pergi mengunjunginya. Pesona kedua hiasan alam ini memang tak ada duanya, termasuk keindahan sungai terpanjang di Indonesia yang dibahas ini.

Berbeda dari pesona gunung, bukit atau pantai, keindahan sungai sebenarnya juga dapat menjadi salah satu pesona alam yang dimiliki. Sungai memiliki pengertian sebagai aliran air yang besar dan memanjang yang mengalir secara terus menerus dari sumbernya yaitu hulu sampai menuju ke hilir yaitu muara. Sungai juga sebagai cara biasa bagi hujan yang turun ke daratan untuk mengalir ke laut atau tampungan air besar seperti danau.

Banyak sekali manfaat sebuah sungai dalam kehidupan sehar-hari. Mulai dari untuk bahan baku air minum, untuk irigasi pertanian, sebagai saluran pembuangan air limbah, seebagai saluran pembuangan air hujan dan sebagai sebuah tempat objek wisata. Sungai memiliki beberapa jenis menurut jumlah airnya, yakni sungai permanen, sungai periodik, sungai intermittent, dan sungai ephemeral.

7 Sungai Terpanjang di Indonesia yang Eksotik

Di Indonesia, tentu memiliki banyak sungai yang mengalir dan memiliki manfaat bagi kehidupan sekitarnya. Sebagai salah satu negara yang memiliki banyak sungai di masing-masing daerahnya, tak heran jika sungai ini dijadikan sebagai aktivitas dan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi kehidupan salah satunya untuk menunjang ekonomi. Sungai memegang posisi penting dalam perkembangan bangsa dari mulai proses awal sebuah peradaban, sebagai jalur transportasi dan perdagangan sampai sebagai tempat pariwisata.

Sungai-sungai yang ada di Indonesia tentunya memiliki ciri khas masing-masing. Misalnya sungai terpanjang yang ada di Indonesia. Sungai terpanjang ini merupakan sungai yang memang memiliki panjang yang lebih dibandingkan dengan dengan sungai-sungai yang lainnya. Untuk mengetahui beberapa sungai terpanjang di Indonesia, maka berikut ini rangkuman yang dapat menambah wawasan.

1. Sungai Kapuas

sungai terpanjang di indonesia
mmc.kalteng.go.id

Sungai Kapuas menduduki tempat pertama sebagai sungai terpanjang yang ada di Indonesia. Memiliki panjang kurang lebih 1.178 kilometer menjadikan sungai ini sebagai sungai terpanjang di Indonesia. Berada di Provinsi Kalimantan Timur, sungai Kapuas memiliki banyak kegunaan bagi masyarakat yang ada di sekelilingnya. Salah satu kekuatan ekonomi yang dihasilkan dari sungai Kapuasa ini yaitu sebagai salah satu objek wisata yang ada di sana.

Sungai Kapuas merupakan sungai yang dilawati dari mata air pegunungan Muller dan bermuara di Selat Karimata. Selain sebagai tempat wisata, sungai Kapuas juga berfungsi sebagai sarana transportasi bagi penduduk untuk menuju ke temapt lain dan mengangkut barang yang diperjual belikan untuk dapat di pindahkan ke tempat yang berbeda.

2. Sungai Mahakam

sungai terpanjang di indonesia
visitkaltim.id

Sungai yang menduduki tempat kedua sebagai sungai terpanjang di Indonesia yaitu sungai Mahakam. Sungai Mahakam memiliki rentang panjang kurang lebih 920 kilometer. Sungai Mahakam ini terletak di Pulau Kalimantan tepatnya di Kalimantan Timur yang bisa dikatakan sama dengan sungai Kapuas.

Setiap sungai tentunya memiliki manfaat bagi kehidupan yang ada di sekitanya. Begitu juga dengan sungai Mahakam. Sungai Mahakam digunakan sebagai salah satu alur transportasi untuk membawa dan mengangkut barang dagangan untuk berdagang. Selain itu, sungai Mahakam juga digunakan sebagai sarana pergi pulang bagi orang-orang yang ingin pergi ke suatu daerah yang dapat dijangkau menggunakan perahu yang ada si Sungai Mahakam.

3. Sungai Barito

sungai terpanjang di Indonesia
bisnis.com

Sungai yang terletak di wilayah Kalimantan, tepatnya di Kalimantan Tengah ini menjadi sungai yang menduduki tempat ketiga sebagai salah satu sungai yang ada di Indonesia. Sungai Barito merupakan sungai yang memiliki andil yang sangat penting di dalam kehidupan masyarakat Kalimantan Tengah. Sungai Barito memiliki panjang kurang lebioh 890 kilometer.

Sungai Barito memiliki julukan sebagai sungai Cina dan Sungai Banjar karena sungai ini melewati daerah Banjar. Uniknya dari sungai Barito yaitu kegiatan pasar terapung yang dijalankan di sungai tersebut. Pasat terapung ini merupakan kegiatan jual beli yang dilakukan di atas perahu yang mengapung di sungai Barito.

4. Sungai Batanghari

sungai terpanjang di Indonesia
mediaindonesia.com

Sebagai sungai terpanjang keempat yang ada di Indonesia, sungai Batanghari memiliki panjang kurang lebih 800 kilometer. Sungai Batanghari terletak di pulai Sumatera tepatnya melintasi provinsi Sumtera Barat dan Jambi.  Sungai ini berasal dari mata air gunung Rasan dan bermuara pada Laut Cina Selatan.

Sungai Batanghari tentunya sangat dikenal oleh masyarakat di daerahnya. Sungai ini menjadi salah satu sungai yang telah ada sejak dahulu. Sungai ini telah ada sejak jaman kerajaan Sriwijaya sehingga masuk sebagai saksi bisu masa kejayaannya.

5. Sungai Musi

sungai terbesar di Indonesia
palembangbaru.com

Sungai Musi menduduki tempat kelima setelah Sungai Barito sebagai salah satu sungai terpanjang yang ada di Indonesia. Sungai ini memiliki panjang kurang lebih 750 kilometer. Sungai Musi terletak di Kota Palembang sehingga tak heran jika sungai Musi dijadikan sebagai ikon Kota Palembang. Sungai ini begitu terkenal karena dilalui oleh jembatan Ampera yang tampak indah di siang maupun malam.

Sungai Musi bermula dari mata air Kepahian dan kemudian bermuara di Selat Bangka. Sungai Musi memiliki nama alias yaitu Sungai Batanghari Sembilan. Sungai ini juga dijadikan sebagai objek wisata dan memiliki daya tarik tersendiri bagi kamu muda sebagai tempat yang paling menarik untuk dijadikan tempat berkumpul dan bermain.

6. Sungai Mamberamo

sungai terpanjang di Indonesia
goodnewsfromindonesia.id

Sungai Mambero merupakan sungai yang memiliki panjang kira-kira 670 kilometer sehingga menduduki sebagai sungai terpanjang keenam yang ada di Indonesia. Sungai Mamberamo juga menjadi sungai terpanjang di Papua. Sungai ini terletak di Kabupaten Sarmi. Sungai dengan pemandangan indah nan hijau di sepanjang alirannya ini merupkan sungai yang memiliki potensi sebagai salah satu sumber tenaga listrik yang sangat besar di Indonesia.

Sungai Mamberamo disebut-sebut adalah sungai Amazonnya Indonesia karena memiliki banyak potensi bahan-bahan galian seperti emas, tembaga,bauksit, dan nikel. Sungai ini juga memiliki bio etanol yang sangat berlimpah. Hal iu dikarenakan kondisi geologis yang strategis.

7. Sungai Bengawan Solo

sungai terpanjang di Indonesia
m2indonesia.com

Di urutan ketujuh Sungai Bengawan Solo menjadi sungai terpanjang di Indonesia.  Sungai ini begitu terkenal sampai dijadikan sebagai sebuah lagu yang sangat populer dengan judul Bengawan Solo. Sungai yang terletak di Pulau Jawa bertepat di Jawan Tengah hingga Jawa Timur. Sungai ini juga menjadi sungai yang terpanjang di Pulau Jawa. Sungai Bengawan Solo memiiliki panjang sekitat 548 kilometer yang membentang dari Pegunungan Kudul daerah Wonogiri dan bermuara di Gresik Jawa Timur.

Sungai yang melewati beberapa kota seperti Wonogiri, Sukoharjo, Klaten, Sragen, Pacitan, Magetan, Ngawi, Blora, Bojonegoro, Tuban, Lamongan dan berakhir di Gresik ini memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi kehidupan masyarakat yang dilalui. Sungai Bengawan Solo menjadi sebuah sungai yang terkenal di Pulau Jawa.

 

 

Leave a Comment

error: Content is protected !!