Home » Edukasi » RPUL » 14 Gambar Alat Musik Harmonis dan Cara Memainkannya

14 Gambar Alat Musik Harmonis dan Cara Memainkannya

Berdasarkan fungsinya, alat musik dibagi menjadi tiga bagian, yakni alat musik melodis, harmonis dan ritmis. Pada artikel ini mengulas contoh alat musik harmonis beserta penjelasannya.

Pengertian alat musik harmonis adalah jenis alat musik yang bisa menghasilkan tiga nada atau lebih. Instrumen tersebut dimainkan untuk menghasilkan harmoni pada lagu.

Dengan pengatiran nada yang tepat, maka akan tercipta melodi dan harmoni yang pas. Sebenarnya dalam sajian musik, instrumen harmonis bisa berdiri sendiri karena fungsinya sebagai pemandu lagu.

Nama Alat Musik Harmonis

1. Cello

alat musik harmonis

Cello adalah alat musik modern yang masih termasuk dalam keluarga biola. Memainkan Cello dilakukan dengan cara digesek menggunakan busur penggesek yang dikenal dengan nama “bow”.

Bahan pembuatannya berasal dari kayu, tetapi ada juga yang terbuat dari serat karbon. Adapun dawainya terdiri ata bubat dan rambut. Pemain Cello disebut sebagai Cellis.

2. Harpa

alat musik harmonis

Harpa hampir sama dengan gitar, dimainkan dengan cara dipetik tetapi dalam posisi berdiri. Bedanya pada teknik permainan. Satu tangan pemain Harpa menekan senar sedangkan tangan yang lain memetik senarnya.

Musik Harpa biasa dimainkan bersama alat musik lain seperti piano dan harmonika. Bisa juga dimainkan secara individu. Ukurannya bervariasi mencapai 1 meter.

3. Saksofon

saksofon

Alat musik Saksofon bisa dikenali dari bentuknya yang mirip dengan huruf “J”. Agar bisa menghasilkan bunyi, pemainnya harus meniup sembari menekan tombol-tombol pada badan Saksofon.

Jenisnya pun beragam, yang paling terkenal yaitu Alto. Saksofon jenis ini cocok digunakan oleh para pemula. Hal itu karena kebanyakan not lagu menggunakan Alto sehingga kalian akan lebih mudah dalam belajar.

4. Piano

piano

Alat musik harmonis paling populer tidak lain adalah piano. Hampir setiap sajian musik modern menggunakan piano. Bahkan, tersedia les khusus piano demi bisa menguasai alat musik yang dimainkan dengan cara ditekan ini.

Piano memiliki warna yang khas yaitu tutsnya yang berwarna hitam putih. Jumlah tuts bisa berbeda pada setiap jenis piano, tetapi tuts terbanyak adalah 88 buah tuts.

5. Keyboard

keyboard

Keyboard secara tampilan mirip dengan piano. Cara memainkannya pun sama yaitu dengan cara menekan tuts. Keyboard menjadi alternatif alat musik yang bisa dibawa kemana-mana lantaran ukurannya lebih kecil daripada piano.

Dalam pengoperasiannya, keyboard menggunakan kabel adaptor. Sebab, intrumen musik harmonis ini membutuhkan listrik. Alhasil, besar kecilnya suara pun bisa diatur sesuai kebutuhan.

Baca juga:

6. Harmonika

alat musik harmonis

Dari namanya, alat musik ini sudah bisa ditebak termasuk jenis alat musik harmonis. Harmonika dimainkan dengan cara ditiup. Terdapat lubang hisap sebagai sumber bunyi.

Terdapat tiga jenis harmonika, yaitu harmonika tremelo, diatonik, dan kromatik. Setiap jenis harmonika tersebut memainkan peran berbeda untuk tiap genre musik. Contohnya jenis tremelo lebih cocok untuk musik klasik.

7. Biola

biola

Biola bisa dimainkan dalam berbagai olahan nada. Secara keseluruhan terdapat 4 nada, yaitu G, D, A, dan E. Nada paling rendah berada pada nada G. Seorang pemain biola bisa mengombinasikan beberapa nada dalam satu lagu.

Cara memainkan biola bisa digesek menggunakan busur, bisa juga dipetik dengan jari. Bagi pemula kebanyakan menggunakan jari kanan karena kemudahan dalam memetik senar-senarnya.

8. Gitar

alat musik harmonis

Dari sekian banyak alat musik modern, gitar menjadi salah satu yang populet. Penggunaannya tidak terbatas bagi gitaris profesional saja, tetapi kalangan umum juga sering memainkannya. Permainan gitar bahkan kerap dijadikan hobi.

Gitar dimainkan dengan cara digesek. Terdapat enam senar yang mengatur nada berbeda. Oleh karena itu, kalian harus melatih teknik permainan agar menghasilkan alunan nada yang harmonis.

9. Gambus

gambus

Nah ini dia alat musik yang mirip gitar, hanya saja Gambus merupakan alat musik tradisional. Sebenarnya alat musik harmonis ini diadaptasi dari alat musik Timur Tengah dan Arab.

Di Indonesia sering digunakan untuk mengiringi tari Zapin. Adapun memainkannya dilakukan dengan cara dipetik pada senarnya. Jumlah senar Gambus berkisar antara 3-12 senar.

10. Sampek

sampek

Sampek berasal dari Kalimantan, khususnya berkembang di kalangan suku Dayak. Bisa dilihat pada Sampek ada ornamen berupa ukiran khas suku Dayak tersebut.

Diberi nama Sampek berarti dipetik dengan jari. Dawai atau senar memang dipetik agar menghasilkan bunyi. Penggunaannya sebagai musik pengiring dalam acara kebudayaan dan hiburan rakyat.

11. Sasando

Setelah dari pulau Kalimantan, sekarang kita beranjak ke Nusa Tenggara Timur (NTT). Sasando merupakan alat musik harmonis khas NTT yang dimainkan dengan cara dipetik.

Memainkan Sasando butuh keterampilan dan harmoni sehingga menghasilkan alunan musik yang merdu. Dengan suara yang indah kerap menjadikan instumen ini digunakan untuk mengekspresikan keceriaan dan kesedihan.

12. Celempung

celempung

Celempung termasuk instumen harmonis dari Jawa Barat yang keberadaannya semakin punah. Padahal, alat musik ini memiliki keunikan tersendiri. Saat ini penggunaannya hanya untuk acara kebudayaan.

Celempung terbuat dari bahan bambu dengan panjang sekitar 50 cm. Memainkannya dengan cara dipukul menggunakan pemukul dari kayu. Bunyi dihasilkan dari resonansi atau getaran setiap bambu.

13. Kecapi

kecapi

Merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik. Umumnya Kecapi digunakan sebagai musik pengiring dalam penyambutan tamu, pesta pernikahan, dan tarian tradisional.

Setidaknya ada tiga teknik memainkan kecapi, yaitu teknik dijambret, sintreuk toel, dan dijeungkalan. Masing-masing teknik itu menghasilkan nada yang berbeda loh!

14. Kolintang

kolintang

Alat musik Kolintang terbuat dari kayu yang disusun sejajar. Biasanya lebih difungsikan sebagai pengiring tarian, pengiring lagu, dan acara pertunjukan musik.

Cara memainkannya yaitu dipukul menggunakan 3 buah mallet (tongkat kecil yang ujungnya dibalut kain). Mallet pertama dipegang tangan kiri, dua lainnya berada di sela-sela jari tangan kanan. Unik sekali bukan?

Demikianlah ulasan contoh alat musik harmonis dari jenis alat musik modern dan tradisional. Kira-kira kamu ingin memainkan instrumen yang mana?

Referensi

  • http://collections.nmmusd.org
  • http://repository.unj.ac.id
  • https://su.wikipedia.org
  • http://p2k.unimus.ac.id

Leave a Comment