Home » Edukasi » RPUL » 15 Gambar Alat Musik Melodis dan Cara Memainkanya

15 Gambar Alat Musik Melodis dan Cara Memainkanya

Alat musik melodis adalah alat musik yang memiliki melodi atau nada. Artinya, instrumen musik ini bisa menghasilkan nada do, re, mi, fa, sol, la, si, dan do. Ciri khasnya menghasilkan nada yang lembut dan nyaman didengar.

Dalam sajian musik, alat musik melodis berfungsi sebagai pengatur nada atau irama lagu. Jenis alat ini harus tetap dimainkan dengan alat musik ritmis dan harmonis. 

Untuk jenisnya sendiri cukup lengkap mulai dari alat musik gesek, petik, dan tiup. Berikut ini beberapa contoh instrumen musik melodis, termasuk didalamnya berasal dari alat musik tradisional.

Nama Alat Musik Melodis

1. Piano

alat musik melodis

Piano adalah alat musik yang memiliki tuts berwarna hitam putih. Bunyi yang dihasilkan berasal dari permainan nada pada tuts tersebut. Orang yang memainkannya disebut pianis. 

Piano sering digunakan untuk berbagai jenis lagu lantaran bisa memainkan nada tinggi, rendah, dan lembut. Cukup dengan berlatih not lagu dan teknik menekan tuts, kalian bisa memainkan Piano dengan lancar.

2. Pianika

pianika

Bisa disebut Pianika ini merupakan bentuk mini dari Piano. Jumlah tutsnya lebih sedikit. Perbedaan lain terletak pada cara memainkannya. Piano dimainkan dengan cara ditiup menggunakan alat tiup panjang yang dipasangi selang.

Untuk bisa menghasilkan nada, kalian perlu meniup Pianika sambil menekan tuts sesuai not lagu. Keras lemah dan kasar lembutnya suara tergantung dari kemampuan pemain.

3. Gitar

alat musik melodis

Kalian pasti sudah sering mendengar tentang Gitar, bahkan mungkin memainkannya. Hampir setiap lagu dengan berbagai genre memiliki cord gitar yang bisa ditirukan. 

Pemain Gitar disebut sebagai seorang gitaris. Bukan sekadar pemainan saja, gitaris bisa menjadi profesi yang menguntungkan loh! Namun, pastinya butuh latihan untuk bisa menguasai alat musik ini.

4. Biola

biola

Alat musik melodis ini ditemukan sejak abad ke 18 Masehi. Pertama kali berasal dari daerah Spanyol-Mauris. Biola bisa menghasilkan nada-nada dengan cara digesek menggunakan stik biola.

Biola memiliki 4 buah senar yaitu G-D-A-E. Masing-masing diatur berbeda sehingga menghasilkan interval yang pas.

5. Harmonika

alat musik melodis

Harmonika mempunyai teknik permainan unik yang mana cara memainkannya dilakukan dengan menghisap lubang sumber bunyi. Suara yang dihasilkan tergantung dari tarikan dan hembusan napas pemainnya.

Setiap nada juga dimainkan dengan cara berbeda. Misalnya saja nada do dengan menghembuskan napas, nada re menarik napas, nada mi menghembuskan napas, begitu seterusnya.

Baca juga:

6. Akordion (Akordeon)

akordion

Akordian berbentuk organ yang memiliki tuts. Memainkannya dengan cara menekan tombol-tombol pada akor. Pemain akan menopang Akordian pada badan dan kedua tangannya digunakan secara bergantian untuk menekan tuts.

Jenis yang paling terkenal yaitu akordion diatonis karena memiliki nada yang lebih banyak. Biasanya sering digunakan sebagai pengiring musik kontemporer dan jazz.

7. Terompet

terompet

Terompet adalah alat musik tiup yang berasal dari logam. Tombol tiupnya hanya tiga buah sehingga pemain harus paham teknik permainan agar bisa menghasilkan nada yang berbeda.

Terdapat beberapa jenis, tetapi yang sering dipakai adalah Terompet C. Bentuknya yang lebih kecil bisa menghasilkan suara dengan nada berapi-api.

8. Recorder

recorder

Recorder bisa disebut juga sebagai suling modern. Dikatakan begitu karena alat musik melodis ini berbentuk seperti suling, hanya saja terdapat modifikasi di bagian lubang penghasil nada.

Pada Recorder, ada lubang khusus untuk ibu jari yang letaknya berlawanan arah dengan tujuh lubang nada lainnya. Cara memainkannya dengan ditiup sambil membuka dan menutup lubang nada sesuai not lagu yang dimainkan.

9. Saksofon

saksofon

Saksofon adalah instumen musik melodis modern yang sering dimainkan dalam orkesta dan band-band hits. Itulah sebabnya Saksofon sering dihubungkan dengan musik popular dan jazz.

Pembuatannya berasal dari bahan logam. Adapun cara memainkannya yaitu dengan ditiup pada lubang tiup sebagai sumber bunyi.

10. Kecapi

kecapi

Kecapi terbuat dari kayu kenanga dengan senar dari bahan kawat logam. Salah satu jenis alat musik tradisional melodis ini dimainkan dengan cara dipetik menggunakan jari-jari tangan.

Tangga nada yang digunakan yaitu nada pentatonis. Secara umum memiliki nada do, re, mi, fa, sol, la, si, dan do. Pada Kecapi Sunda biasanya dikenal nada da-mi-na-ti-la.

11. Angklung

alat musik melodis

Angklung merupakan alat musik melodis yang telah berkembang lama. Alat musik ini bisa ditemukan hampir di setiap daerah/kepulauan di Indonesia. Pembuatannya berasal dari bahan bambu.

Karakter melodi yang dihasilkan bisa berbeda antara satu bambu dengan bilah bambu lainnya. Namun, yang perlu diketahui bahhwa Angklung hanya menghasilkan satu notasi saja.

12. Calung

calung

Calung terdiri atas bilah-bilah bambu yang disusun menjadi sebuah rangkaian. Pada masyarakat Sunda, nada yang dihasilkan adalah da-mi-na-ti-la sedangkan Calung Banyumas menggunakan nada slendro yaitu ji-ro-lu-ma-nem.

Untuk memainkannya dilakukan dengan cara dipukul. Hingga kini Calung masih cukup sering ditemukan sebagai media hiburan, khususnya pada masyarakat suku Sunda di Jawa Barat.

13. Bonang

bonang

Bonang termasuk piranti gamelan yang dimainkan dengan cara dipukul. Alat pemukulnya terbuat dari kayu yang dilapisi kain pada bagian ujungnya.

Dalam sajian musik, Bonang disusun secara horizontal biasanya berjumlah 14-16 buah. Bagian atasnya menonjol atau yang sering disebut pencon. Disebut alat musik melodis karena setiap pencon Bonang menghasilkan nada berbeda.

14. Sasando

sasando

Alat musik Sasando memiliki bentuk yang khas. Sasando tumbuh dan berkembang di kalangan masyarakat NTT, khususnya di Kabupaten Rote. Cara memainkannya yaitu dipetik menggunakan tangan.

Sasando mampu menghasilkan suara yang indah sekaligus bisa mewakili berbagai nuansa. Para pemainnya pun butuh latihan dan keterampilan agar menghasilkan alunan musik yang harmonis.

15. Kolintang

alat musik melodis

Kolintang berasal dari Indonesia Timur, khususnya Minahasa, Sulawesi Utara. Bentuknya merupakan bilah-bilah bambu yang disusun berderet. Untuk menghasilkan nada yang bervariasi, bilah bambu harus dibuat panjak pendek.

Diberi nama Kolintang karena nada yang dihasilkan. Tong untuk nada rendah, ting nada tinggi, dan tang nada tengah. Kolintang biasa dimainkan bersama instrumen lain dalam suatu pertunjukan musik dan penyambutan tamu.

Alat musik melodis berperan penting dalam suatu pertunjukan musik. Fungsinya untuk mengatur nada dalam satu sajian lagu. Apakah kalian tertarik berkreasi dan mengolah nada dengan 15 alat musik di atas?

Referensi

  • https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id
  • http://www.sdmuhpkampel.sch.id
  • http://p2k.unkris.ac.id
  • http://repository.unj.ac.id
  • https://jtsiskom.undip.ac.id

Leave a Comment