Home » Inspirasi » 6 Cara Mendidik Anak Agar Mandiri yang Benar

6 Cara Mendidik Anak Agar Mandiri yang Benar

Ada beberapa cara mendidik anak agar mandiri sejak dini yang bisa dipraktikkan. Dimana cara ini bisa diterapkan saat mereka mulai menginjak usia sepuluh tahun.

Di usia tersebut, anak mulai tumbuh dewasa baik tubuh ataupun pikirannya. Oleh sebab itu, orang tua sudah mulai memikirkan seperti apa cara menjadikan mereka mandiri dalam beberapa hal.

Meskipun sudah menjadi kewajiban orang tua mencukupi berbagai kebutuhannya. Namun, ada beberapa hal yang semestinya dihindari agar anak tidak melampaui batas.

Cara Mendidik Anak Agar Mandiri

1. Tanamkan Ajaran Agama

cara mendidik anak agar mandiri
pinterest.com

Menurut Ajaran agama Islam, anak memasuki tahap keduanya ketika dia mulai menginjak usia 10 tahun atau masih di bawah 10 tahun. Di usia ini, sebagai orang tua harus sudah menganggap anak sebagai seorang pribadi atau manusia mandiri.

Orang tua harus mulai menegakkan ajaran agama sesuai kepercayaan masing-masing. Dalam ajaran Islam, anak sudah harus mulai belajar ibadah shalat sejak usia 7 tahun.

Jadi, cara mendidik anak agar mandiri di bawah 10 tahun menurut Islam adalah bahwa anak harus sudah diberi peringatan atau bahkan hukuman jika dia meninggalkan shalat.

Mengapa ajaran agama harus ditanamkan? Seperti yang diketahui, bahwa ajaran agama mengajarkan kita kebaikan. Agama akan menjadi kontrol bagi diri anak.

Jika orang tua menginginkan anak yang mandiri dan berkarakter kuat, maka harus membangun pondasi agama yang kuat di dalam dirinya. Ajaran agama ini akan menjadi dasar agar dia tidak mudah terpengaruh dan memiliki prinsipnya sendiri.

2. Tanamkan Nilai Moral

cara mendidik anak agar mandiri
goodnet.org

Anak sudah akan mulai memasuki dunia pergaulan yang lebih luas. Di usia ini, anak akan menginjak kelas akhir di sekolah dasar yaitu antara kelas 5 dan kelas 6.

Anak akan mengenal lebih banyak orang dan bergaul dengan masyarakat lebih luas. Cara mendidik anak di bawah 10 tahun adalah harus mulai menanamkan nilai moral seperti sopan santun dan menghargai orang lain.

Hal ini bertujuan agar anak memiliki perilaku yang baik, menjadi pribadi yang berbudi luhur, dan dapat hidup mandiri meskipun tanpa kehadiran orang tuanya.

Berikut ini adalah beberapa ajaran yang bisa diajarkan dalam rangka menanamkan nilai moral yang baik kepada anak, yaitu :

  • Menghormati orang yang lebih tua dengan berkata yang santun
  • Mengucapkan tolong, maaf, dan terima kasih
  • Mengajak anak untuk menghadiri acara di tetangga dan memberikan contoh yang baik bagaimana harus berperilaku di tengah masyarakat
  • Tidak memarahi, menegur, membentak apalagi ketika anak bersama teman-temannya
  • Tanamkan sifat menolong dan mengalah untuk kepentingan umum
  • Bangun komunikasi yang baik antara anak dan saudara-saudaranya yang lain.
  • Cara mendidik anak agar mandiri di bawah 10 tahun supaya berakhlak mulia adalah mengajarkan adab yang baik untuk menyapa, bertamu, dan hal lain yang berhubungan dengan orang lain.

3. Menjaga Perasaan dan Membangun Hubungan Baik

cara mendidik anak yang baik dan benar
media.beliefnet.com

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, anak di usia ini bisa dikatakan menuju seorang manusia seutuhnya. Dia mulai mengembangkan perasaan dan kemampuan nalarnya.

Orang tua harus mulai memperhatikan bagaimana perasaan dan moodnya. Bersikap dan berkata baiklah kepada anak meskipun dalam kondisi marah karena anak berbuat salah.

Perkataan kasar dapat melukai perasaan dan bahkan akan menghancurkan moodnya. Selain itu, hal ini juga dapat mempengaruhinya menjadi pribadi yang kasar.

Sebagai orang tua, sebaiknya selalu jalin hubungan baik dengan sang anak. Mengajaknya untuk berkomunikasi setiap waktu, menanyakan bagaimana kabar diri dan sekolahnya

Selain itu, memberikan pelukan hangat, dan selalu tersenyum adalah salah satu contoh sikap yang harus dilakukan. Sikap ini akan menumbuhkan karakter kuat pada anak.

4. Hindari Sikap Memanjakan

cara mendidik anak agar mandiri
babycenter.com

Sikap terlalu memanjakan dan menuruti semua keinginannya akan membentuk anak memiliki jiwa yang lemah dan selalu bergantung kepada orang tuanya.

Dengan mengabulkan segala keinginannya, semangat dan daya juangnya tidak akan terasah. Hal ini dikarenakan anak akan merasa bahwa segala kemauannya akan langsung terpenuhi jika dia minta kepada orang tua.

Apa saja contoh dari sikap memanjakan anak? Mungkin beberapa orang tua tidak menyadari bahwa perilaku yang dikerjakannya merupakan bentuk memanjakan anak seperti :

  • Memasangkan tali sepatu
  • Menyiapkan keperluan sekolah seperti buku apa saja yang harus dibawa
  • Mengambilkan dan menyuapi saat makan
  • Mengambilkan barang yang sebenarnya bisa anak ambil sendiri
  • Menuruti segala permintan yang diajukan anak

Perilaku ini tidak akan membuat anak menjadi mandiri. Dia akan bergantung kepada orang tua. Dalam beberapa kasus, anak membentak orang tua karena kemauannya tidak dituruti.

Dia bertindak kasar ketika keinginannya tidak tercapai. Tentu saja, orang tua tidak menginginkan anak memiliki karakter seperti ini bukan? Jadi cara mendidik anak agar mandiri di bawah 10 tahun yang baik adalah mulai sekarang berhentilah memanjakan anak.

Bantulah dia secukupnya dan semestinya. Biarkan dia melakukan hal-hal sendirian supaya dia bisa tumbuh menjadi anak yang mandiri.

Kumpulan artikel populer lainnya!

5. Bersikap Konsisten

cara mendidik anak agar mandiri
stayathomemum.com.au

Cara mendidik anak adalah dengan selalu bersikap konsisten terhadap ajaran dan peraturan yang disepakati. Untuk menumbuhkan sikap anak yang mandiri, orang tua harus memulainya dengan mengajarkan kedisiplinan. Kemandirian tidak akan diperoleh jika kedisiplinan tidak dijalankan.

Orang tua harus mulai mendisiplinkan anak untuk melakukan pekerjaan dengan tepat waktu seperti mempersiapkan perlengkapan sekolah tepat waktu, pulang sekolah tepat waktu dan makan tepat pada waktunya.

Keluarga harus memiliki jadwal atau pengaturan jam kapan dia diperbolehkan untuk bermain dengan teman-temannya, waktu untuk menonton televisi dan waktu untuk belajar. Kedisiplinan yang tinggi harus ditegakkan supaya anak tumbuh menjadi anak yang menghargai waktu dan disiplin.

6. Jangan Memanjakan dengan Materi

cara mendidik anak agar mandiri
depositphotos.com

Sikap ini adalah yang paling utama untuk dijalankan. Hindari untuk mempermudah anak dengan berbagai materi  baik benda maupun uang. Jika ingin memenuhi kebutuhannya, cukup dengan membelikan sesuai dengan apa yang dia butuhkan.

Cara mendidik anak di bawah 10 tahun di era millennial adalah memahamkannya tentang hidup sederhana. Hal ini dikarenakan hidup sederhana akan mengasah kreativitas dan kemampuan anak untuk menahan diri keinginan – keinginan yang muncul.

Memenuhi kebutuhan anak tidak berarti dia harus diberi kemudahan dalam hal materi apalagi uang. Hal ini merupakan pandangan yang keliru. Uang hanya akan membuatnya menjadi matrealitis dan menganggap segalanya bisa dilakukan dengan uang. Jadi, mulai saat ini harus dimulai mengerem pemberian materi kepada anak secara berlebihan.

Itulah beberapa cara mendidik anak agar mandiri di bawah 10 tahun agar anak tumbuh menjadi jiwa yang mandiri, berkepribadian baik dan berkarakter kuat. Anak merupakan generasi penerus yang akan melanjutkan kehidupan keluarga.

Oleh sebab itu, orang tua pastinya tidak ingin salah dalam mendidik anak karena pendidikan anak tidak bisa diulangi. Sekali melakukan kesalahan dalam mendidik, anak akan terbentuk menjadi pribadi yang tidak diinginkan.

Leave a Comment