cotoh pidato perpisahan kelas 6

5 Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 untuk Pemula yang Mudah Disampaikan

Apakah kalian pernah mendapat tugas untuk menyampaikan pidato saat kegiatan pelepasan sekolah kelas 6 diselenggarakan? Memang tidak semua siswa mendapat kesempatan emas ini. Biasanya hanya siswa yang berprestasi atau yang memiliki mental bagus, karena harus menyampaikan pidato di depan banyak orang. Kali ini, Broonet.com akan memberikan contoh pidato perpisahan kelas 6 yang bisa kalian tirukan.

Sebelumnya, mungkin akan muncul pertanyaan kenapa harus ada pidato tentang perpisahan saat acara tersebut. Jangan salah, momen perpisahan merupakan momen yang sangat berkesan. Bagaimana tidak, setelah enam tahun belajar bersama, bermain bersama, dan segala aktifitas lainnya harus berakhir pada waktu tersebut. Bahkan tidak sedikit siswa siswi meluapkan rasa sedih, haru bercampur gembira kepada sesama temannya.

Contoh Pidato Perpisahan Sekolah Kelas 6 untuk Pemula

Bagi kalian yang akan mendapat tugas menyampaikan pidato perpisahan sekolah, tidak perlu khawatir. Kalian bisa menyiapkan teks pidato perpisahan sekolah tersebut jauh – jauh hari. Sehingga bisa mempelajari materi dan susunan penyampaian pidato perpisahan kelas 6 tersebut dengan baik. Kalian bisa mengangkat tema apa saja, namun umumnya dalam pidato tersebut akan memuat dua hal, yaitu kesan dan pesan atau harapan mewakili teman – temannya. Berikut 5 contoh pidato perpisahan kelas 6 yang bisa kalian tirukan:

1. Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 yang Menyentuh Hati

contoh pidato perpisahan kelas 6
palmcoastobserver.com

Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarukatuh

Yang kami hormati Bapak Kepala Sekolah SD Muda Cendekia

Yang kami hormati Bapak/Ibu guru serta seluruh jajaran Sekolah SD Muda Cendekia

Yang kami sayangi teman – teman serta adik kelas SD Muda Cendekia

Kemudian Bapak Ibu seluruh tamu undangan yang berbahagia

Dalam kesempatan ini, marilah bersama – sama kita memanjatkan puja dan puji syukur kepada Allah Swt atas segala karunia nikmat yang senantiasa dilimpahkan kepada kita semua. Mudah – mudahan kita mampu memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik – baiknya.

Selanjutnya sholawat dan salam marilah kita haturkan kepada junjungan kita, Nabi Muhammad Saw yang telah menunjukkan jalan keselamatan di dunia dan akhirat untuk kita semua. Mudah – mudahan kita mendapatkan syafaatnya di yaumil qiyamah. Aamiin

Bapak Ibu hadirin yang berbahagia. Pada momen pelepasan siswa siswi ini, ijinkan saya mewakili teman – teman untuk menyampaikan kesan dan pesan selama menuntut ilmu di sekolah tercinta ini kepada para hadirin semuanya.

Pertama kalinya, kami mengucapkan rasa terimakasih yang tidak terkira kepada Bapak Kepala Sekolah dan Bapak Ibu guru yang telah membimbing kami dengan kasih sayang. Tidak terhitung berapa kali kami harus menyakiti hati Bapak Ibu Guru semua lantaran kenakalan kami.

Bapak Ibu guru yang kami cintai. Barangkali saat ini kami belum bisa memberikan yang terbaik atas kerja keras Bapak Ibu semuanya. Dibandingkan ilmu yang kami dapatkan, masih lebih banyak waktu – waktu belajar yang tidak kami manfaatkan dengan baik. Untuk itu maafkanlah kami Bapak Ibu Guru yang kami sayangi.

Di momen ini, tentu ini menjadi lecutan semangat bagi kami yang dimana sebentar lagi kami akan memasuki jenjang sekolah yang lebih tinggi. Kami mohon doanya agar di jenjang tersebut kami bisa menjadi pribadi yang lebih baik, sehingga kami mampu membawa nama baik sekolah ini.

Alhamdulillah, berkat didikan Bapak Ibu guru semua, kami saat ini sudah bisa membaca, menulis, menggambar, dan tentu bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, meskipun faktanya ego kami masih lebih tinggi daripada kearifan kami.

Sekali lagi maafkan kami Bapak Ibu guruku. Kalian telah membuktikan mampu menjadi orang tua kedua kami di sekolah tercinta ini. Hanya doa yang bisa kami berikan, semoga setiap perbuatan yang telah Bapak Ibu lakukan diberikan ganti yang lebih baik, di dunia dan di akhirat.

Untuk adik – adikku semua, kalian adalah generasi harapan masa depan. Buktikanlah bahwa dari sekolah ini, akan lahir pemimpin – pemimpin masa depan yang hebat di segala bidang. Kami yakin, kalian akan bisa mewujudkan itu semua. Sebagai kakak, yang selama ini mungkin belum bisa memberikan contoh yang baik, maafkanlah kami dan doakan kami bisa menjadi pribadi yang baik di manapun berada nanti.

Akhirnya, di kesempatan ini, ijinkan kami membacakan puisi tentang guru yang berjudul ”Guruku Panutanku”

Guru kaulah yang mengajarkanku banyak hal

Budi pekerti serta ilmu yang bermanfaat telah engkau berikan

Kau ajarkan kami tanpa pamrih

Sungguh bahagia hati kami memiliki guru yang baik hati

Jangan pernah lelah mengajarkan kami kebaikan

Kami sangat membutuhkanmu

Sopan santun yang kami dapatkan darimu

Guruku kaulah contoh yang baik

Wahai guruku engkaulah pahlawan yang telah memperjuangkan kehidupan bangsa

Denganmu aku bisa ikut memperjuangkan negara ini

Dengan ilmu pengetahuan yang kumiliki aku bisa berkespresi

Dengan bekal ilmu darimu aku bisa menjadi apa yang aku inginkan

Wahai guruku tidak pernah lelah aku belajar karenamu

Dengan bahagia ku sambut masa depanku

Masa depan yang cerah ceria karena ilmu yang bermanfaat

Jasamu tidak akan pernah terlupakan

Hanya terimakasih dan doa yang bisa kami berikan

Semoga kau selalu dalam lindungan-Nya

Hadirin yang berbahagia, demikian apa yang bisa kami sampaikan. Apabila terdapat banyak salah kata dalam pidato singkat ini, kami mengucapkan terimakasih yang sedalam – dalamnya. Akhir  kata, wassalamu’alaikum warrohmatullohi wabarokatuh

2. Pidato Perpisahan Kelas 6 yang Baik

contoh pidato perpisahan
thespruce.com

Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarukatuh

Assholatu wasalamu ‘ala asrofil anbiyaai wal  mursalin, wa’ala alihi wasohbihi ajma’in. Amma ba’du

Yang kami hormati ketua Yayasan Harapan Nusantara

Yang kami hormati Bapak Kepala Sekolah SD Harapan Nusantara

Yang kami hormati Bapak/Ibu guru serta seluruh jajaran Sekolah SD Harapan Nusantara

Yang kami sayangi teman – teman dan adik kelas SD Harapan Nusantara

Serta Bapak Ibu tamu undangan yang kami banggakan

Bapak Ibu hadirin yang berbahagia. Pertama – tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita ke hadirat Allah Swt, yang mana pada kesempata ini kita masih diberikan nikmat iman, Islam serta kesehatan, sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini tanpa halangan suatu apapun.

Sholawat beserta salam tidak lupa kita persembahkan kepada junjungan kita, Nabi Muhammad saw, nabi penutup para nabi yang telah membukakan jalan kebenaran untuk kita semua.

Hadirin yang kami hormati, saya berdiri disini mewakili teman – teman kelas 6 yang pada hari ini akan mengakhiri belajar di sekolah tercinta ini untuk menyampaikan pidato singkat. Sebenarnya sangat berat bagi kami untuk merangkai kata – kata ini di depan para hadirin semua.

Teruntuk Bapak Kepala Sekolah beserta dewan guru yang tercinta, izinkanlah kami untuk mengucapkan permintaan maaf kami, atas semua tingkah laku, perbuatan dan perkataan yang telah banyak menyakiti hati Bapak Ibu guru.

Tanpa ridho Bapak Ibu guru kami takut ilmu yang telah kami dapatkan tidak mendapat berkah dari Allah Swt, semoga Bapak Ibu Guru meridhoinya. Doakan kami agar mampu menjadi pribadi yang memiliki budi pekerti yang baik, dan bisa membawa nama baik sekolah tercinta.

Kepada kedua orang tua kami, pada hari ini kami juga mengucapkan terimakasih atas segala pengorban yang telah diberikan kepada kami dan maafkanlah apabila belum maksimal dalam memanfaatkan kesempatan tersebut. Doakanlah anak – anakmu agar semakin dewasa dan bisa menjadi kebanggaan kalian.

Buat adik – adik kelas yang kami sayangi, masih banyak kesempatan buat kalian untuk membuktikan bahwa kalian bisa menjadi generasi penerus bangsa. Apabila dalam memberikan contoh, kami belum sempurna kami juga mengucapkan permohonan maaf, semoga kita sama – sama bisa memperbaiki diri dan menjadi generasi yang sukses dunia akhirat.

Hadirin yang berbahagia, akhirnya hanya ridho dan doa yang kami harapkan dari para hadirin semua, semoga kami bisa mendapatkan kesuksesas dimanapun berada. Aamiin. Akhir kata, wassalamu’ alaikum warohmatullohi wabarokatuh

3. Pidato Perpisahan Kelas 6 Singkat

pcdn.co
pcdn.co

Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarukatuh

Alhamdulillahiladzi arsala rosullahu bilhuda wadinilhaq liyudzhirohu ‘ala dinni kullihi wakafabillahi syahida, ashadu anla ilaha illalloh waashadu anna Muhammadan abduhu warosuluh. Amma ba’du

 Yang terhormat ketua Yayasan Luqman Al – Hakim

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SD Luqman Al – Hakim

Yang terhormat Bapak/Ibu guru dan seluruh jajaran Sekolah SD Luqman Al – Hakim

Yang kami banggakan teman – teman serta adik kelas SD Luqman Al – Hakim

Dan seluruh tamu undangan yang kami muliakan.

Bapak Ibu hadirin yang berbahagia. Pertama – tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita ke hadirat Allah Swt, yang mana pada kesempata ini kita masih diberikan nikmat iman, Islam serta kesehatan, sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini tanpa halangan suatu apapun.

Sholawat beserta salam tidak lupa kita persembahkan kepada junjungan kita, Nabi Muhammad saw, nabi akhir zaman yang telah menuntun kita pada jalan yang benar.

Bapak Ibu hadirin yang berbahagia, saya di sini selaku wakil dari siswa kelas 6 ingin menyampaikan beberapa kata, yang pertama kepada Bapak Kepala sekolah serta seluruh Bapak Ibu guru beribu terima kasih kami ucapkan atas segala yang telah diberikan kepada kami selama menimba ilmu di sekolah tercinta ini.

Kami juga meminta maaf atas segala kesalahan, kejahilan kami baik yang di sengaja maupun tidak sengaja. Kami memohon doa agar menjadi pribadi yang lebih baik, hingga kelak kesuksesan bisa kami raih dimanapun berada. Semoga Allah memberikan ganti yang terbaik kepada Bapak Ibu guru semua.

Kedua, teruntuk orang tua kami terima kasih banyak atas pengorbanan yang begitu besar kepada kami, tanpa doa restu kalian kami bukanlah apa – apa. Maafkan kami jika belum bisa menjadi kebanggaan kalian. Masih banyak waktu yang terbuang sia – sia, kami berjanji akan memperbaikinya.

Selanjutnya, untuk adik – adik yang kami sayangi tetaplah semangat berlomba untuk mencapai prestasi. Patuhilah nasihat bapak, Ibu guru dan orang tua kalian. Maafkan segala kesalahan kami selaku kakak kelas kalian yang belum bisa memberikan contoh yang baik.

Demikan apa yang bisa kami sampaikan, apabila terdapat salah kata kami mohon maaf sebesar – besarnya. Kami akhiri, wassalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh

4. Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 Mengharukan

contoh pidato perpisahan kelas 6
stevenscollege.edu

Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarukatuh

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SDN 01 Nusantara

Yang terhormat Bapak/Ibu guru dan seluruh jajaran Sekolah SDN 01 Nusantara

Yang kami banggakan teman – teman serta adik kelas SDN 01 Nusantara

Dan seluruh tamu undangan yang kami muliakan.

Mengawali pidato singkat ini, marilah kita mengucapkan syukur kepada Allah Swt, yang mana kita masih dikaruiai segala kenikmatan yang tidak terkira, mudah – mudahan kita semua dapat mensyukurinya dengan cara selalu menjalankan perintah dan menjauhi semua yang dilarang.

Sholawat beriring salam, kita curahkan pada panutan kita Nabi Muhammad Saw, keluarga, sahabat dan seluruh pengikutnya. Semoga kelak kita semua mendapatkan syafaatnya. Aamiin

Segenap hadirin yang berbahagia. Pada acara pelepasan siswa siswi ini, saya sebagai wakil dari teman – teman kelas 6 ingin menyampaikan sedikit pesan dan kesan kami selama menimba ilmu di sekolah tercinta ini. Tentu banyak kenangan pahit manis yang kami rasakan bersama selama berbaur setiap hari.

Teruntuk Bapak Ibu guru yang telah membimbing kami selama ini, tidak ada kata lagi selain pemintaan maaf kami atas segala tindak tanduk yang banyak menyakiti hati Bapak Ibu guru. Izinkanlah kami untuk melangkah menggapai cita – cita kami, hanya doa yang bisa kami berikan.

Untuk kedua orang tua kami, terimakasih selama ini selalu memberikan yang terbaik buat kami. Bimbing dan doakan kami agar kami bisa menjadi kebanggaan keluarga.

Yang terakhir buat adik – adik kelas kami, jangan pernah menyerah dalam menuntut ilmu. Kalian berada di tempat yang tepat, bersama orang – orang hebat yang selalu menuntun kalian menggapai cita. Gunakanlah hari – hari kalian dengan semangat agar ilmu yang didapat bermanfaat.

Hadirin yang kami muliakan, demikian sedikit apa yang bisa saya sampaikan. Apabila terdapat salah kata, saya pribadi mengucapkan permohonan maaf yang sebesar – besarnya. Saya akhiri wassalamu’ alaikum warohmatullohi wabarokatuh

5. Contoh Teks Pidato Perpisahan SD

contoh pidato perpisahan kelas 6
pcdn.co

Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarukatuh

Assholatu wasalamu ‘ala asrofil anbiyaai wal  mursalin, wa’ala alihi wasohbihi ajma’in, amma ba’du

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah MI Nurul Iman

Yang terhormat Bapak/Ibu guru dan seluruh jajaran Sekolah MI Nurul Iman

Yang kami banggakan teman – teman serta adik kelas MI Nurul Iman

Dan seluruh tamu undangan yang berbahagia

Pertama – tama dan yang paling utama, marilah kita memanjatkan rasa sykur kita kepada Allah Swt atas segala karunia nikmat yang diberikan kepada kita, mari bersama – sama menggunakan nikmat tersebut selalu dalam bingkai kebaikan.

Sholawat serta salam, semoga tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad Saw, nabi penutup para nabi yang telah membukaan pintu keselamatan buat kita semua.

Bapak Ibu hadirin yang berbahagia, saya berdiri di sini mewakili teman – teman kelas 6 ingin menyampaikan kata – kata perpisahan, yang dimana sebentar lagi kami semua akan meninggalkan bagu sekolah ini menuju ke jenjang selanjuatnya.

Alhamdulillah selama 6 tahun kami bersama – sama menuntut ilmu di sekolah ini, dengan dibimbing orang – orang luar biasa yang selalu memberikan tauladan yang baik, kami tidak bisa membanyangkan apabila keberadaan kami tanpa mereka. Terimakasih buat Bapak Ibu guru kami, berkat jerih payah Bapak Ibu guru kami bisa mendapatkan ilmu dan yang lebih penting yaitu pelajaran akhlak mulia. Semoga apa yang telah Bapak Ibu berikan mendapat ganti terbaik. Aamiin

Tidak lupa kepada kedua orang tua kami, yang setiap hari selalu mensupport kami, kami mengucapkan terimakasih banyak yang tiada terkira. Semoga ilmu yang kami dapatkan bisa memberikan kebanggaan untuk keluarga tercinta.

Yang terakhir, buat adik – adik kelas kami, jangan pernah putus asa dalam menuntut ilmu. Memang kita dihadapkan dengan berbagai kegiatan yang mungkin itu membosankan, namun suatu saat jerih payah yang kita hadapi ini akan memberikan manfaat untuk kehidupan yang lebih baik.

Akhirnya, itu yang bisa saya sampaikan, ada kurangnya kami mengucapkan permohonan maaf , kami akhiri wassalamu’ alaikum warohmatullohi wabarokatuh

Leave a Comment

error: Content is protected !!