Home » Edukasi » Bahasa Indonesia » 5 Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 Singkat dan Mudah

5 Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 Singkat dan Mudah

Berikut ini adalah beberapa contoh pidato perpisahan kelas 6 yang sederhana dan mudah untuk kalian tirukan. Menurut pengalaman penulis sendiri ada beberapa hal penting yang harus disiapkan.

Saat penulis masih menjadi Guru di SD Anugerah Energitama (milik PT. Anugerah Energitama), Kaltim juga pernah membimbing siswa-siswi yang tengah mempersiapkan perlombaan pidato.

Selain materi yang tidak kalah penting adalah mental siswa-siswi yang akan berlomba. Jadi persiapkan mental sebagus mungkin saat ditunjuk untuk menyampaikan pidato perpisahan.

Pidato Perpisahan Kelas 6

Kerangka Susunan Pidato

Sebelum menginjak pada contoh-contoh pidato tersebut alangkah baiknya untuk memahami kerangka susunan pidato secara umum berikut ini.

pidato perpisahan kelas 6

1. Pembukaan dengan Salam

Pada tahap pertama ini ucapkan salam dengan baik dan sopan. Atur nada supaya tidak terburu-buru yang membuat semakin grogi. Ucapan salam menyesuaikan agama dan kepercayaan masing-masing.

Setelah itu berikan sambutan kepada Bapak/Ibu Kepala Sekolah, Guru dan tamu undangan khusus, tamu undangan keseluruhan serta teman amgkatan dan adik kelas.

Contoh
Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Alhamdulillahiladzi an’amana bini’matil iimaan wal islaam. Wanushalli wanusallimu ‘ala khairil anam. Sayyidina Muhammadin wa’ala alihi wasohbihi aj-ma’in. Amma ba’du

Yang kami hormati Kepala Sekolah SD Maju Jaya, Bapak Ahmad
Yang kami hormati Bapak Ibu dewan guru dan seluruh jajarannya
Yang kami hormati seluruh tamu undangan, ayah dan ibu yang kami banggakan, beserta teman dan adik kelas yang kami cintai

Segala puji hanya bagi Allah Swt yang meninggikan derajat hamba-Nya yang berilmu. Sholawat dan salam semoga terlimpahkan kepada junjungan kita, Nabi Muhammad Saw yang telah membimbing ke jalan kebenaran.

2. Pendahuluan

Utarakan pendahuluan atau maksud dan tujuan dalam sambutan pidato perpisahan tersebut. Dalam hal ini, kalian bebas mengutarakan susunan kalimat. Namun, jika ingin lebih mudah cukup mencontoh yang sudah ada pada umumnya.

Contoh
Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya mewakili teman-teman kelas 6 SD Maju Jaya untuk menyampaikan kesan dan pesan selama kami menuntut ilmu di sekolah tercinta ini.

3. Isi Materi Pidato

Nah, ini yang paling penting dalam pidato yang disampaikan. Dalam bagian ini utarakan poin-poin yang sudah kalian siapkan secara teratur. Alangkah baiknya sebelum tampil tanpa teks, buatlah catatan yang berisi poin penting.

Contoh 1
Bapak Ibu hadirin semuanya, tidak terasa begitu cepat kami menuntun ilmu di tempat ini. Banyak hal yang kami dapatkan bersama Bapak Ibu guru dan teman-teman semuanya.

Satu hal yang pertama kami ucapkan, terimalah ucapan terimakasih sedalam-dalamnya kepada Bapak Kepala Sekolah, Bapak Ibu guru atas bimbingan dan ilmunya selama ini.
Contoh 2
Contoh 3
dst

4. Penutup

Pada kerangka akhir pidato ini, ucapkan terimakasih kepada semua hadirin. Dan ucapkan permintaan maaf apabila terjadi salah kata dalam penyampaian. Setelah itu sempatkan untuk meminta doa dan harapan terbaik setelah itu tutup dengan salam.

Contoh
Hadirin yang berbahagia, demikianlah pidato singkat yang bisa saya sampaikan. Apabila terdapat salah kata kiranya berkenan untuk memaafkan.

Dan tidak lupa, karena sebentar lagi kami menginjak ke jenjang pendidikan berikutnya, mohon ridho dan doanya sekalian.

Akhir kata, wassalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6

Setelah mengetahui struktur pidato dan apa saja yang harus dipersiapkan. Selanjutnya kalian harus mulai menyusun poin-poin penting yang nantinya akan disampaikan.

Dalam hal persiapan ini sebisa mungkin tidak mendadak, luangkan wakt jauh-jauh hari agar saat hari H tiba, performa kalian adalah yang terbaik.

Contoh 1: Pidato Perpiahan Kelas 6 Singkat

Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarukatuh

Yang kami hormati Kepala Sekolah SD harapan Bangsa
Yang kami hormati Bapak Ibu dewan guru dan seluruh jajarannya
Yang kami hormati seluruh tamu undangan, ayah dan ibu yang kami cintai, beserta teman dan adik kelas yang kami banggakan.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah Swt atas segala nikmat yang telah diberikan kepada kita. Kemudian sholawat dan salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad Saw.

Bapak Ibu hadirin yang berbahagia. Pada momen pelepasan siswa siswi ini, izinkan saya mewakili teman – teman untuk menyampaikan kesan dan pesan selama menuntut ilmu di sekolah tercinta ini

Pertama, kami mengucapkan rasa terimakasih yang tidak terkira kepada Bapak/Ibu Kepala Sekolah dan Bapak Ibu guru yang telah membimbing kami dengan kasih sayang  tanpa mengenal lelah

Bapak Ibu guru yang kami cintai. Barangkali saat ini kami belum bisa memberikan yang terbaik atas kerja keras Bapak Ibu semuanya. Dibandingkan ilmu yang kami dapatkan, banyak waktu yang berlalu begitu saja kami sia-siakan, maafkanlah kami.

Di momen ini, tentu menjadi lecutan semangat bagi kami dimana sebentar lagi akan memasuki jenjang sekolah yang lebih tinggi. Kami memohon maaf atas semua kesalahan yang kami perbuat, serta doakan langkah kami dipermudah.

Kami mohon doanya agar di jenjang tersebut kami bisa menjadi pribadi yang lebih baik, sehingga kami mampu membawa nama baik sekolah ini.

Alhamdulillah, berkat didikan Bapak Ibu guru semua, kami bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Kami tidak bisa membanyangkan, tanpa jasa Bapak/Ibu guru semua kami bukanlah apa-apa. Hanya doa yang bisa kami berikan.

Untuk adik – adikku semua, kalian adalah generasi harapan masa depan. Buktikanlah bahwa dari sekolah ini, akan lahir pemimpin – pemimpin masa depan yang hebat di segala bidang.

Kami yakin, kalian akan bisa mewujudkan itu semua. Sebagai kakak, kami mohon maaf apabila belum bisa memberikan contoh yang baik.

Bapak Ibu hadirin, demikian pidato singkat yang bisa saya sampaikan, apabila terdapat salah kata kami mengucapkan permohonan maaf sebesar-besarnya.

Akhir kata, wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Contoh 2: Pidato Perpiahan Kelas 6 Pendek

Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarukatuh

Yang kami hormati Bapak/Ibu Kepala Sekolah beserta jajaran SD Al-Amin

Yang Kami hormati seluruh tamu undangan dan yang kami banggakan seluruh teman dan adik adik kelas SD Al-Amin

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Saw atas karunia yang tiada terkira. Kemudian sholawat dan salam semoga tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad Saw.

Hadirin yang kami hormati, saya berdiri disini mewakili teman – teman kelas 6 yang pada hari ini akan mengakhiri belajar di sekolah tercinta ini untuk menyampaikan pidato singkat.

Sebenarnya sangat berat bagi kami untuk merangkai kata – kata ini di depan para hadirin semua.

Teruntuk Bapak Kepala Sekolah beserta dewan guru yang tercinta, izinkanlah kami untuk mengucapkan permintaan maaf kami, atas semua perbuatan dan perkataan yang telah banyak menyakiti

Tanpa ridho Bapak Ibu guru kami takut ilmu yang telah kami dapatkan tidak mendapat berkah dari Allah Swt, semoga Bapak Ibu guru meridhoinya.

Doakan kami agar mampu menjadi pribadi yang memiliki budi pekerti yang baik, dan bisa membawa nama baik sekolah tercinta.

Kepada kedua orang tua kami, pada hari ini kami juga mengucapkan terimakasih atas segala pengorban yang telah diberikan kepada kami serta maafkanlah apabila belum maksimal dalam memanfaatkan kesempatan tersebut.

Doakanlah anak – anakmu agar semakin dewasa dan bisa menjadi kebanggaan kalian.

Buat adik – adik kelas yang kami sayangi, masih banyak kesempatan buat kalian untuk membuktikan bahwa kalian bisa menjadi generasi penerus bangsa.

Apabila dalam memberikan contoh, kami belum sempurna kami juga mengucapkan permohonan maaf sedalam-dalamnya.

Hadirin yang berbahagia, akhirnya hanya ridho dan doa yang kami harapkan dari para hadirin semua, semoga kami bisa mendapatkan kesuksesan dimanapun berada. Aamiin.

Akhir kata, wassalamu’ alaikum warohmatullohi wabarokatuh

Artikel populer lainnya!

Contoh 3: Pidato Perpisahan Kelas 6 yang Mengharukan

Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarukatuh

Yang kami hormati Bapak/Ibu Kepala Sekolah, beserta seluruh jajaran SDN 1 Maj Terus

Yang kami hormati Bapak/Ibu seluruh tamu undangan, serta yang kami sayangi teman angkatan dan adik kelas SDN 1 Sinar Jaya

Bapak Ibu hadirin yang berbahagia. Pertama – tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita ke hadirat Allah Swt atas karunia nikmat iman, Islam dan kesehatan.

Sholawat beserta salam senantiasa kita persembahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw. Semoga kelak kita mendapatkan syafaatnya

Hadirin yang berbahagia, saya di sini selaku wakil dari siswa kelas 6 ingin menyampaikan beberapa kesan dan pesan selama menuntut ilmu disini

Pertama, untuk Bapak Kepala sekolah serta seluruh jajaran dewan guru terimalah ucapan beribu terima kasih kami atas segala yang telah diberikan selama menimba ilmu di sekolah tercinta ini.

Kami juga meminta maaf atas segala kesalahan perbuatan dan perkataan baik yang disengaja maupun tidak.

Kami memohon doa agar menjadi pribadi yang lebih baik, hingga kelak kesuksesan bisa kami raih dimanapun berada. Semoga Allah memberikan ganti yang terbaik kepada Bapak Ibu guru semua.

Kedua, teruntuk orang tua kami terimakasih tiada terkira atas pengorbanan yang begitu besar kepada kami, tanpa doa restu kalian kami bukanlah apa – apa.

Maafkan kami jika belum bisa menjadi kebanggaan kalian. Masih banyak waktu yang terbuang sia – sia, kami berjanji akan memperbaikinya.

Selanjutnya, untuk adik – adik yang kami sayangi tetaplah semangat berlomba untuk mencapai prestasi. Patuhilah nasihat bapak, Ibu guru dan orang tua kalian.

Maafkan segala kesalahan kami selaku kakak kelas apabila belum bisa memberikan contoh yang baik. Ambilah yang baik dan tinggalkan yang jelek.

Demikan apa yang bisa kami sampaikan, apabila terdapat salah kata kami mohon maaf sebesar – besarnya.

Saya akhiri, wassalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh

Contoh 4: Pidato Perpisahan Kelas 6 yang Menyentuh Hati

Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarukatuh

Alhamdulillahiladzi arsala Rosullahu bilhuda wadinilhaq liyudzhirohu ‘ala dinni kullihi wakafabillahi syahida

Ashadu anla ilaha illalloh waashadu anna Muhammadan abduhu warosuluh. Amma ba’du

Yang kami hormati Bapak/Ibu Kepala Sekolah, beserta seluruh jajaran MI Nurul Huda

Yang kami hormati Bapak/Ibu seluruh tamu undangan, dan yang kami sayangi teman-teman dan adik kelas MI Nurul Huda

Mengawali pidato singkat ini, marilah kita mengucapkan syukur kepada Allah Swt, yang mana kita masih dikaruiai segala kenikmatan yang tidak terkira

Mudah – mudahan kita semua dapat mensyukurinya dengan cara selalu menjalankan perintah dan menjauhi semua yang dilarang.

Sholawat beriring salam, kita curahkan pada panutan kita Nabi Muhammad Saw, keluarga, sahabat dan seluruh pengikutnya. Semoga kelak kita semua mendapatkan syafaatnya. Aamiin

Hadirin yang berbahagia. Pada acara pelepasan siswa siswi ini, saya sebagai wakil dari teman – teman kelas 6 akan menyampaikan pesan dan kesan kami selama menimba ilmu di sekolah tercinta ini.

Tentu banyak kenangan pahit manis yang kami rasakan bersama selama berbaur setiap hari.

Teruntuk Bapak Ibu guru yang telah membimbing kami selama ini, tidak ada kata lagi selain pemintaan maaf kami atas segala tindak tanduk yang banyak menyakiti hati Bapak Ibu guru.

Izinkanlah kami untuk melangkah menggapai cita – cita kami, hanya doa yang bisa kami berikan.

Untuk kedua orang tua kami, terimakasih selama ini selalu memberikan yang terbaik buat kami. Bimbing dan doakan kami agar kami bisa menjadi kebanggaan keluarga.

Yang terakhir buat adik – adik kelas kami, jangan pernah menyerah dalam menuntut ilmu. Kalian berada di tempat yang tepat, bersama orang – orang hebat yang selalu menuntun kalian menggapai cita.

Gunakanlah hari – hari kalian dengan semangat agar ilmu yang didapat bermanfaat.

Hadirin yang berbahagia, demikian sedikit apa yang bisa saya sampaikan. Apabila terdapat salah kata, saya pribadi mengucapkan permohonan maaf yang sebesar – besarnya.

Saya akhiri wassalamu’ alaikum warohmatullohi wabarokatuh

Contoh 5: Teks Pidato Singkat Tentang Perpisahan Kelas 6

Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarukatuh

Assholatu wasalamu ‘ala asrofil anbiyaai wal  mursalin, wa’ala alihi wasohbihi ajma’in, amma ba’du

Yang terhormat Bapak/Ibu Kepala Sekolah beserta seluruh jajarannya

Yang terhormat Bapak/Ibu seluruh tamu undangan. Dan yang kami banggakan teman-teman serta adik kelas.

Pertama – tama dan yang paling utama, marilah kita memanjatkan rasa sykur kita kepada Allah Swt atas segala karunia nikmat yang senantiasa diberikan kepada kita

Tidak lupa, sholawat beserta salam, semoga tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad Saw

Bapak Ibu hadirin yang berbahagia, saya berdiri di sini mewakili teman – teman kelas 6 akan menyampaikan kesan dan pesan

Dimana sebentar lagi kami semua akan meninggalkan bangku sekolah ini menuju ke jenjang lebih tinggi.

Alhamdulillah selama 6 tahun kami bersama – sama menuntut ilmu di sekolah ini, dengan dibimbing orang – orang luar biasa dengan tauladannya, kami tidak bisa membanyangkan apabila keberadaan kami tanpa mereka.

Terimakasih buat Bapak Ibu guru kami, berkat jerih payah Bapak Ibu guru kami bisa mendapatkan ilmu dan yang lebih penting yaitu pelajaran akhlak mulia. Semoga apa yang telah Bapak Ibu berikan mendapat ganti terbaik. Aamiin

Tidak lupa kepada kedua orang tua kami, yang setiap hari selalu mensupport kami, kami mengucapkan terimakasih banyak yang tiada terkira.

Semoga ilmu yang kami dapatkan bisa memberikan kebanggaan untuk keluarga

Terakhir buat adik-adik kelas, jangan pernah putus asa dalam menuntut ilmu. Memang kita dihadapkan dengan berbagai kegiatan yang mungkin itu membosankan, namun suatu saat jerih payah yang kita hadapi ini akan terasa manfaatnya

Akhirnya, itu yang bisa saya sampaikan, ada kurangnya kami mengucapkan permohonan maaf, saya akhiri wassalamu’ alaikum warohmatullohi wabarokatuh

Dari beberapa contoh pidato perpisahan kelas 6 ini sudah ada gambaran kan? Tentu saja ini hanya contoh umum, kalian bisa melakukan pengembangan materi yang lebih menarik.

1 thought on “5 Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 Singkat dan Mudah”

  1. semua contoh baik dari pembukaan n salaam pendahuluan ..isi pokok sampai penutup dari contoh 1 s/d 5 tap[ saya lebih singkat dan jelas n bermakna ke Contoh k 5

    Reply

Leave a Comment