18+ Contoh Poster Pendidikan Terbaik dan Menginspirasi

Jika membahas contoh poster pendidikan, sebenarnya banyak sekali ide dan inspirasi yang bisa diaplikasikan dalam sebuah poster. Yang terpenting adalah tujuan dibuatnya poster tersebut untuk sarana saling mengingatkan akan pentingnya menuntut ilmu dan persoalan yang masih berkaitan lainnya.

Berbagai contoh poster pendidikan yang umum dibuat misalnya membahas tentang pentingnya membaca, pantang menyerah dalam menuntut ilmu, tidak ada kata terlambat dalam menuntut ilmu dan laainnya.

Gambar poster merupakan salah satu sarana menarik yang bisa digunakan dalam menyampaikan pesan-pesan kebaikan tersebut. Jika kalian sedang mencari inspirasi tentang poster tema pendidikan, dalam artikel ini mencoba menyajikan berbagai contoh pilihan yang bisa dijadikan inspirasi.

Contoh Poster Pendidikan yang Menginspirasi

Berikut contoh poster dengan tema pendidikan pilihan yang bisa dijadikan inspirasi untuk mendesain sehuah poster. Baik dengan manual atau digital dalam membuat poster yang paling penting adalah pesannya.

1. Peringkat Kelas

contoh poster pendidikan
pinterest.com

Bagi kalian yang memiliki prestasi akademik jangan jumawa ya! Begitu juga untuk sebaliknya, tidak perlu berkecil hati. Proses pemberian peringkat memang berdasarkan nilai yang diperoleh, ini hal wajar sebagai proses untuk mengetahui sejauh mana perkembangan setiap individu. Jadi nikmati saja prosesnya, jika belum memuaskan itu tugas kalian untuk memperbaiki, bukannya cari alasan.

2. Mengejar Cita-cita

contoh poster pendidikan
picuki.com

Salah satu jalan untuk menggapai cita-cita adalah dengan menuntut ilmu. Dalam proses menempuh pendidikan ini, akan banyak menemukan berbagai macam pengalaman dan ilmu pengetahuan yang akan menuntun pada masa depan yang baik. Ada yang mengatakan sukses tidak harus berpendidikan, namun faktanya dalam dunia nyata hal itu presentasinya kecil.

3. Menggapai Cita-cita Setinggi Langit

contoh poster pendidikan
pinterest.jp

Contoh poster pendidikan yang mudah ditirukan. Bagi yang hobi menggambar atau coret-coret tentu membuat poster pada contoh ini tidak mengalami kendala kan? Karena pada gambar poster ini hanya terdapat beberapa kata dan gambar anak yang seolah sedang menaiki roket yang berbentuk pensil. Kejarlah cita-citamu setinggi langit ya sobat!

4. Menorehkan Prestasi

contoh poster pendidikan
adoc.tips

Menuntut ilmu bukan berarti menjadi ajang mana yang terbaik ya sobat. Jika dalam niatan kalian seperti itu pasti akan banyak kendala, menganggap teman seolah menjadi lawan. Namun, saat kalian menjadi terbaik dalam hal akademik diantara teman-teman berarti itu wujud keseriusan dalam menununtut ilmu, dan bisa jadi kemampuan yang dimiliki di atas yang lain.  Jadilah yang terbaik, tanpa merendahkan yang lain.

5. Buku Adalah Jendela Dunia

contoh poster pendidikan
gourmettodaycookbook.com

Buku adalah jendela dunia. Buku adalah salah satu sarana yang memuat beragam informasi dan ilmu pengetahuan. Namun, di era digital seperti sekarang ini, kata buku bisa saja berwujud smartphone, laptop ataupun gadget lainnya. Selama fungsinya disamakan dengan buku yang memuat beragam ilmu pengetahuan maka tidak menjadi masalah.

Baca Juga:

6. Pentingnya Ilmu

contoh poster pendidikan
pinterest.com

Contoh poster pendidikan simple. Selama masih ada waktu untuk menuntut ilmu, cara terbaik untuk mensikapinya adalah memanfaatkan dengan sebaik mungkin. Betapa banyak orang yang menyesal di kemudian hari, lantaran saat menempuh pendidikan tidak memanfaatkan dengan baik. Maka sebegai generasi muda, sepatutnya mengambil pelajaran dari semua itu.

7. Pendidikan Karakter

contoh poster pendidikan
pinterest.com

Dalam contoh poster pendidikan karakter ini menunjukkan bahwa muara dalam menuntut ilmu adalah bagusnya akhlak atau budi pekerti. Tidak ada gunanya jika mendapatkan nilai yang baik, prestasi akademik bagus namun akhlaknya buruk. Maka menyeimbangkan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari sikap terpuji adalah sebuah keharusan.

8. Tidak Ada Kata Terlambat dalam Belajar

gambar poster pendidikan
twipu.com

Gambar pada poster ini memiliki pesan bahwa menuntut ilmu tidak ada batasannya, karena ilmu pengetahuan itu terus mengalami perkembangan. Sehingga sampai kapanpun ilmu pengetahuan akan selalu dibutuhkan, tidak memandang ilmu tersebut menyoal tentang perkara apa. Jadi bagi kalian yang mungkin secara umur tidak bisa belajar di tingkatan tertentu, tidak perlu berkecil hati, selalu ada jalan.

9. Buku Adalah Jendela Dunia

gambar poster pendidikan
smpn1kandangserang.blogspot.com

Menyoal poster pendidikan, rasanya paling banyak ditemui tentang keutamaan buku ya sobat? Bisa dibayangkan jika belajar tanpa adanya benda ini. Mungkin ada alternatif lain, tapi keberadaan buku tetap menjadi yang sangat penting. Contoh poster ini mensosialisasikan pentingnya buku dalam kehidupan sehari-hari.

10. Gemar Membaca Buku

gambar poster pendidikan
kompasiana.com

Budaya literasi dalam dunia pendidikan terus digencarkan. Hal ini dilakukan mengingat budaya membaca dan yang berkaitan mulai tergerus arus teknologi. Lambat laun keberadaannya seolah menjadi tabu, sehingga perlu upaya berkelanjutan untuk membangkitkannya. Mengingat membaca adalah jendela dunia, maka gerakan ini harus dimulai sejak dini terutama di bangku sekolah dasar.

11. Orang Miskin Dilarang Sekolah

gambar poster pendidikan
menulismenconteng.my

Jika di dunia kesehatan terdapat tulisan orang miskin dilarang sakit, maka dalam dunia pendidikan orang miskin dilarang sekolah. Sebenarnya ini hanyalah sindiran kepada pemerintah, karena warga dengan status ekonomi lemah tersebut untuk sehari-hari saja belum cukup apalagi untuk yang lainnya. Beruntung pemerintah cepat tanggap dalam hal ini, meskipun masih ada salah sasaran saat di lapangan.

12. Setiap Orang Berhak Sekolah

poster pendidikan
ashgive.com

Setiap warga negara Indonesia berhak menempuh pendidikan hinga jenjang yang diupayakan. Berbagai program dari pemerintah dibuat untuk mempermudah mereka yang berasal dari keluarga ekonomi lemah. Dengan berbagai fasilitas tersebut setidaknya peluang untuk mereka menuntut ilmu lebih luas. Dalam contoh poster ini menyinggung masalah tersebut.

13. Tidak Boleh Ada Diskriminasi 

poster pendidikan
qureta.com

Bukan saja di kota besar potret anak di bawah umur harus berjuang mencari pundi-pundi rupiah untuk membantu ekonomi keluarga mereka. Umumnya yang sering dijumpai mereka menjalani pekerjaan seperti mengamen, jual tisu, semir sematu dan sebagainya. Dengan berbagai upaya yang dilakukan pemerintah sudah sepatutnya memanfaatkan program-program yang ada. Sehingga kata orang miskin dilarang sekolah sudah tidak ada lagi.

14. Pintar Butuh Biaya

poster pendidikan
brainly.co.id

Untuk bisa mengenyam pendidikan tentu harus mengeluarkan biaya. Sebab, saat berbicara menuntut ilmu di sekolah konteksnya bukan hanya iuran sekolah. Kebutuhan lain seperti seragam, peralatan sekolah, biaya transportasi, uang saku dan lainnya menjadi penunjang kegiatan belajar mengajar. Sehingga menuntut ilmu memang membutuhkan perjuangan ya sobat.

15. Semangat Menuntut Ilmu

poster pendidikan
docplayer.info

Tanpa memandanga status sosial dan status ekonomi, gerakan ayo sekolah harus selalu digencarkan. Terkadang ada lho teman kita yang malas pergi ke sekolah padahal secara ekonomi mereka terbilang cukup, ada juga sebaliknya yang berekonomi lemah terlihat semangat. Meskipun demikian ajakan untuk ayo sekolah ini adalah kepada siapa saja, mengingat pentingnya ilmu pengetahuan dan akhlak.

16. Berikan Kemudahan Menuntut Ilmu

poster pendidikan
cikguayu.com

Menuntut ilmu memang berbiaya namun bukan berarti itu berbahaya. Dalam menuntut ilmu pasti ada saja jalan keluarnya. Meskipun ada beberapa kasus tidak bisa membayar berbagai iuran sekolah, namun tetap ada solusi. Tidak jarang pihak sekolah mengupayakan hal ini agar mereka tetap bisa mnengenyam pendidikan.

17. Sosial Media VS Buku

poster pendidikan simple
docplayer.info

Keberadaan smartphone  dengan beragam sosial media yang ada membawa perubahan perilaku manusia yang sangat signifikan. Dimana benda tersebut hampir setiap waktu menemani penggunanya. Bukan saja menjadi kebutuhan, akan tetapi seperti sudah kecanduan karena hal-hal yang tidak penting pun akhirnya terbawa. Lantas bagaimana perlakuan kalian terhadap buku yang merupakan gudangnya ilmu?

18. Ayo Hilangkan Rasa Malas

contoh poster pendidikan simple
quizizz.com

Rasa mala dalam menuntut ilmu harus dihilangkan. Memang menjalani rutinitas harian dengan durasi waktu yang lama terasa membosankan. Namun, semua itu adalah demi masa depan yang lebih baik. Sebagai makhluk hanya bisa berdoa dan berusaha semampunya. Tetap semangat menuntut ilmu ya sobat.

Demikian contoh poster pendidikan yang berangkat dari berbagai kasus seputar pendidikan. Dengan memahami makna yang ada dalam setiap gambar poster, tentu menambah semangat untuk menuntut ilmu.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *