5 Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Terbaru

Beberapa contoh surat lamaran kerja tulis tangan ini adalah format umum yang bisa digunakan dalam berbagai keperluan. Karena penulisannya sendiri tidak jauh berbeda dengan diketik.

Mungkin bagi pencari kerja akan bertanya-tanya, kenapa di era digital seperti ini masih ada penyedia kerja yang mensyaratkan berkas ditulis manuil.

Sebagai informasi, bahwa syarat ini terdapat alasan tertentu. Dimana dari tulisan tangan tersebut bisa dilihat karakter pencari kerja hingga keseriusan dalam melamar kerja.

Format Penulisan

Dalam penulisan surat lamaran kerja tulis tangan ini tidak jauh berbeda dengan format pada umumnya. Penulis sendiri telah beberapa kali mempraktikkan dan tidak ada kendala.

Pernah menggunakan format ini untuk melamar kerja di beberapa perusahaan perkebunan sawit dan pertambangan sebagai guru di unit sekolah yang dimiliki.

surat lamaran kerja tulis tangan
Keterangan
1. Tempat dan tanggal penulisan surat lamaran kerja
2. Perihal
3. Tujuan surat ditulis lengkap
4. Salam pembuka dan data diri
5. Maksud dan tujuan
6. Daftar lampiran
7. Penutup
8. Salam penutup dan tanda tangan

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

1. Contoh Umum

contoh surat lamaran kerja tulis tangan

Contoh surat lamaran kerja umum ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan dalam melamar kerja. Umumnya untuk melamar di PT, pabrik, Bank hingga toko.

Namun, setiap menulis surat lamaran kerja yang perlu diperhatikan adalah syarat yang dibutuhkan. Tidak semua lowongan memiliki syarat yang sama, misalnya sopir mewajibkan memiliki SIM.

2. Contoh Singkat

contoh surat lamaran kerja tulis tangan

Hampir sama dengan contoh umum, format singkat ini bisa digunakan dalam berbagai keperluan. Hanya saja penggunaan kalimatnya lebih sederhana.

Begitu juga dalam strukturnya tidak ada perbedaan yang mencolok. Singkat disini lebih ke penggunaan kata yang tidak berlebihan dan basa-basi.

3. Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan di PT

Contoh surat lamaran kerja tulis tangan

Di Indonesia banyak sekali lowongan pekerjaan di berbagai perusahaan atau PT. Kesempatan ini tentu tidak boleh disia -siakan. Apalagi bekerja di perusahaan menawarkan berbagai fasilitas menarik.

Banyak sektor yang bisa dicoba seperti; manufaktur, perkebunan, perikanan dan industri lainnya. Contoh surat lamaran kerja PT ini bisa dijadikan contohnya.

4. Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan di Bank

surat lamaran kerja tulisan tangan

Bekerja di industri keuangan seperti Bank selalu banyak peminatnya. Selain cukup bergengsi, bisa bekerja di sektor ini juga menawarkan penghasilan yang baik.

Jika tertarik untuk masuk ke industri perbankan, contoh surat lamaran kerja di Bank ini bisa dijadikan referensi. Selain berkas yang lengkap kamu juga harus memiliki beberapa kemamapuan pendukung lainnya.

5. Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan di Toko

contoh surat lamaran kerja ditulis tangan

Jika belum berkesempatan mendapatkan kerja yang sesuai background pendidikan atau keinginan, mencoba bekerja di toko baik kecil atau besar tentu tidak ada salahnya.

Selain mendapatkan gaji, kamu bisa mengasah kemampuan dalam berbisnis. Karena setiap hari berkomunikasi dengan pelanggan, momen ini bisa dijadikan untuk mengasah diri.

Itulah kumpulan contoh surat lamaran kerja tulis tangan yang bisa digunakan dalam berburu job impian. Di tengah persaingan kerja seperti saat ini, kamu dituntut untuk pantang menyerah.

Kumpulan artikel populer lainnya!

1 thought on “5 Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Terbaru”

Leave a Comment