25+ Contoh Dekorasi Kelas Berbagai Tema yang Menarik

Siapa sih yang tidak menginginkan suasana ruang kelasnya terasa nyaman dan menyenangkan? Tentu kebanyakan memimpikan hal tersebut. Barangkali salah satu solusinya adalah menghadirkan bermacam dekorasi kelas yang meliputi hiasan dinding kelas, hiasan jendela kelas ataupun hiasan lainnya dengan bermacam bentuk.

Sebenarnya anak-anak seumuran PAUD, TK dan SD biasanya sangat semangat sekali saat diajak untuk mempercantik ruang kelas mereka. Selain proses pembuatannya memang menyenangkan, hasilnya pun memberikan kepuasan tersendiri bagi mereka. Terlebih saat aneka hiasan dekorasi kelas tersebut sudah dipasang di berbagai sudut kelas, jendela, terkadang juga sekitar papan tulis.

Untuk mendapatkan inspirasi, kali ini kita akan mencoba mengulas berbagai contoh dekorasi kelas yang bisa dipraktikkan di ruang kelas kalian. Biasanya setiap siswa memiliki ide yang tidak kalah kreatif. Meskipun anak laki-laki biasanya banyak mengganggu saat proses pembuatan daripada bekerjanya, namun sekali bekerja mereka sangat antusias.

Contoh Dekorasi Kelas yang Bikin Betah Belajar

Berikut ini kumpulan ide dekorasi kelas yang mencakup hiasan dinding kelas, hiasan jendela kelas dan hiasan secara kelas lainnya. Dengan tangan kreatif dan ide yang kalian miliki, contoh ini akan menghasilkan karya yang lebih menarik lagi. Sehingga suasana belajar pun menjadi nyaman dan menyenangkan.

1. Dekorasi Kelas Tema Mainan

dekorasi kelas
pinterest.com

Dekorasi kelas berikut ini terlihat sangat padat ya sobat? Contoh ini barangkali bisa dipraktikkan pada kelas kecil setingkat PAUD ataupun TK. Beranekaragam bentuk mainan menjadi daya tarik siswa-siswi untuk belajar. Namun, untuk menjaga kerapiannya tidak semudah yang dibayangkan. Tingkah mereka yang cenderung aktif akan dengan mudah mengobrak-abrik suasana.

2. Karya Seni Dari Kardus

dekorasi kelas
flickr.com

Menjadikan hasil karya menggambar ataupun mewarnai siswa-siswi sebagai pajangan di ruang kelas tentu menjadi penyemangat belajar mereka. Secara psikologi mereka akan membanding-bandingkan hasil karya mereka masing-masing. Wajar sih, karena seumuran mereka belum bisa menerapkan pesan dari guru mana yang baik dan mana yang kurang baiik.

3. Dekorasi Kelas Warna Pink

dekorasi kelas
dsignwalls.com

Menggambar, mewarnai, berhitung, bernyanyi dan menghafal merupakan beberapa aktivitas anak PAUD ataupun TK. Tidak ada salahnya menghias ruangan kelas sedemikian rupa memadukan berbagai tema, misalnya alfabet, angka dan nama-nama benda beserta fungsinya. Selain menambah suasana belajar semakin asyik, tanpa disadari hiasan kelas tersebut menjadi sarana belajar mereka.

4. Pohon Cinta dari Kertas Origami

dekorasi kelas
zhangjiabirdnest.co q

Contoh dekorasi kelas yang satu ini berbahan kertas origami dengan beragam warna. Dengan imajinasi tinggi, potongan-potongan kertas origami tersebut disulap menjadi bagian hiasan kelas ini. Hasilnya pun sangat memuaskan dan menambah daya tarik tersendiri. Kalian pasti akan semangat belajar jika ruang kelas kalian menyenangkan.

5. Tema Teknologi

dekorasi kelas
dhresource.com

Kalau tema teknologi khususnya robot seperti pada gambar hiasan dinding kelas ini tentu siswa laki-laki paling menggemarinya. Desain yang bagus beserta warna yang menarik pada hiasan dinding kelas ini terlihat sangat menyenangkan. Barangkali desain ini tepatnya diletakkan di dinding belakang, agar anak-anak tidak sering terfokus pada gambar tersebut.

Baca Juga:

6. Tema Huruf Hijaiyah

dekorasi kelas
pinterest.co.uk

Contoh dekorasi kelas berikut ini mengambil tema huruf hijaiyah. Bagi sekolah berbasis Islam tentu ini sangat bermanfaat, dimana untuk bisa membaca kitab suci Al-Qur’an harus mengetahui huruf-huruf tersebut. Ide ini bisa dipraktikkan juga ke huruf, angka atau tema lainnya yang memuat materi pelajaran.

7. Pemandangan Laut

dekorasi kelas
samuelhomedecor.co

Membayangkan memasuki sebuah ruang kelas yang memiliki desain kreatif dan terus diperbarui tentu berbeda dengan kelas yang biasa, tanpa ada sentuhan karya seni. Seperti dalam ruangan kelas ini, dengan adanya hiasan dinding tema laut dan segala yang berkaitan menjadikan ruangan terlihat sangat berbeda. Melihat hiasan dinding kelas tersebut serasa meliihat keindaham aquarium besar dengan hewan asli.

8. Konsep Elegan dengan Warna-warni Indah

dekorasi kelas
pinterest.ph

Kalau yang ini sih ruang kelas eksekutif ya sobat? Coba perhatikan peralatan seperti meja, kursi , rak  dan perabot lainnya. Jarak antara bangku satu ke bangku lainnya begitu rapi. Sepatutnya yang belajar di ruang kelas ini harus semangat. Meskipun kelas kalian mungkin tidak seindah ini, kalian bisa mencontoh penataan, dan hiasan-hiasan yang sekiranya bisa dibuat dengan bahan-bahan sederhana misalnya botol bekas, kardus dan kertas origami.

9. Konsep Elegan

dekorasi kelas
woodynody.com

Masih seperti contoh dekorasi kelas sebelumnya. Ruang kelas ini terlihat begitu nampak mewah dengan aneka perabot yang ada. Namun, jika diperhatikan berbagai hiasan yanga da di dinding maupun langit-langit turut menyumbang panorama yang indah kelas ini. Dan hiasan itu umum mudah dibuat karena menggunakan bahan-bahan yang tidak begitu rumit.

10. Corak Ramai dan Cerah

read01.com
read01.com

Suasana yang tercipta di ruang kelas ini terasa begitu istimewa. Murid-murid yang belajar di kelas ini tentu akan sangat senang dan nyaman. Untuk menghindari potensi keributan dan mudah penataan sebuah ruang kelas, sepatutnya pembatasan jumlah siswa setiap ruang kelas diberlakukan, selain mempermudah belajar anak-anak bisa lebih konsentrasi.

11. Dekorasi Kelas yang Menarik

hiasan dinding kelas
pinterest.co.uk

Hiasan kelas berikut ini terlihat mirip dengan sebelumnya. Hanya karpet dan hiasan di langit-langit saja yang membedakan. Untuk bagian ini tepatnya untuk desain sebuah perpustakaan mini, karena terdapat banyak sekali rak dan buku-buku. Dengan penataan seperti ini buku lebih mudah diatur dan terlihat rapi.

12. Hiasan Dinding Kelas dari Kertas

hiasan dinding kelas
cloudygirls.com

Hiasan dinding kelas ini di desain penuh dengan beragam hiasan yang menempel dan saling melengkapi. Bagusnya desain ini sebenarnya dijadikan sekalian untuk menempel karya siswa-siswi berupa hasil menggambar, mewarnai, cerpen atau karya lainnya. Setiap melihat dinding tersebut mereka akan merasa bangga dengan karyanya.

13. Konsep Eksklusif

hiasan dinding kelas
anthia.net

Hmm, belajar di ruang kelas ini seperti berada di sebuah lobby hotel berbintang yang sobat. Dekorasi kelas ini cocoknya untuk ruang kelas PAUD ataupun TK, karena konsepnya menggunakan lesehan. Aneka benda yang mengisi ruangan ini saling melengkapi dan membentuk suasana belajar yang asyik.

14. Tema Binatang

hiasan dinding kelas
pinterest.com

Berikut ini adalah hiasan jendela kelas yang bisa dipraktikkan untuk mempercantik kelas kalian. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun mudah didapat dan tidak membutuhkan biaya yang mahal. Untuk tema yang dibuat pun tidak terbatas seputar dunia binatang, kalian bisa mengkerasikan sebaik mungkin sesuai kesukaan.

15. Kupu-kupu

hiasan dinding kelas
yandex.ru

Meskipun sedikit membutuhkan kerja keras untuk membuat hiasan kelas ini, dengan hasil akhir yang begitu indah tentu tidak terasa lelah ya sobat. Hiasan kelas ini hanya menggunakan kertas yang diberi bermacam warna, lalu dilipat sedemikian rupa hingga membentuk kupu-kupu. Hiasan sederhana namun memberikan kesan yang tidak biasa.

16. Hiasan dari Kertas

hiasan dinding kelas
psichologicalscience.org

Dilihat sepintas terlihat sangat penuh dengan hiasan ya sobat. Memang benar, hiasan yang ada di langit-langit begitu banyak namun ditata dengan rapi. Benda-benda yang di bawah pun ditata sedemikian rupa hingga menghasilkan pemandangan kelas yang indah. Bagusnya lagi ruang kelas ini menggunakan karpet, sehingga saat memasuki kelas siswa-siswi harus melepas alas kakinya.

17. Konsep Warna Lembut

hiasan dinding kelas
kindercraze.com

Pemandangan kelas yang sempurna. Selain bermacam hiasan yang dipajang, warna-warna yang digunakan pun sangat mencolok tapi lembut. Gimana ya sobat rasanya belajar dengan suasana senyaman dan seindah ini? Barangkali bagi sebagian orang terlihat berlebihan, tapi tidak ada salahnya mengekspresikan diri untuk menghasilkan sebuah karya.

18. Hiasan Kelas yang Beragam

hiasan dinding kelas
pinterest.com

Melihat sekilas dekorasi kelas ini sepertinya masih cocok untuk ruang kelas PAUD dan TK. Bermacam bentuk hiasan dan warna menjadikan suasana belajar nampak cerah. Seceria semangat mereka untuk menuntut ilmu. Selain berbagai hiasan, ruang kelas ini juga dilengkapi dengan rak yang difungsikan untuk menata buku dan benda-benda lainnya.

19. Dekorasi Kelas TK

hiasan dinding kelas
lifetopthings.com

Untuk menciptakan suasana kelas seperti ini tentu tidak semudah yang kita bayangkan. Membutuhkan waktu pengerjaan yang bertahap. Biasanya ide itu muncul saat satu bagian sudah dikerjakan. Penataan kelas dan hiasan kelas yang ada menyatu menjadi sebuah suasana belajar yang menyenangkan.

20. Penuh Warna-warni

hiasan dinding kelas
timetoast.com

Jika diperhatikan hiasan yang dipajang dalam ruangan kelas ini merupakan karya dari siswa-siswi. Isi ruangan kelas ini terbilang sangat lengkap, bahkan terdapat pengeras suara yang dipasang di dinding. Bagi siswa-siswi seumuran PAUD dan TK tentu suasana ini sangat menyenangkan.

21. Hiasan Jendela Kelas Simpel

hiasan jendela kelas
pinterest.ru

Hiasan jendela kelas ini terbilang simpel namun sangat elegan. Perpaduan warna putih dengan warna-warna cerah yang lembut menjadikan suasana menajdi ekslusif. Jika diperhatikan hiasan jendela kelas ini menggunakan bahan kertas origami yang tidak terlalu banyak. Kombinasi warna kertas yang digunakan menjadi nilai lebih dalam hiasan ini, karena menghasilkan pemandangan yang lembut.

22. Dekorasi Kelas Simpel

hiasan kelas
capitalarts.com

Suasananya terkesan sangat formal ya sobat. Meskipun bangunan yang ada terbuat dari batako yang belum dilapisi, atau sengaja tidak dilapisi tapi suasana yang dihasilkan begitu pas. Perpaduan warna benda dan hiasannya pun enak dipandang.

23. Tema Agama Islam

hiasan kelas
pinterest.com

Hiasan dinding kelas ini sekalian dijadikan sarana belajar. Karena tema yang digunakan adalah seputar pengetahuan agama Islam. Agar memudahkan dalam membuat hiasan kelas ini kalian harus membentuk tim, masing-masing siswa diberikan tugas satu bagian atau beberapa bagian. Dengan begitu objek yang banyak tersebut tidak mengalami kendala dalam pembuatannya.

24. Hiasan Dinding Kelas Unik dan Lucu

hiasan kelas
youtube: kidspot

Kreatif ya sobat hiasan dinding dari kertas origami in? engan bentuk sederhana namun menghasilkan sebuah kreasi yang tidak biasa. Hiasan ini bisa dibuat dengan mudan meniru cara sebelumnya, yaitu memberikan tugas masing-masing siswa untuk membuat satu bagian atau lebih sehingga menghasilkan karya tersebut.

25. Hiasan Dinding Kelas Sederhana

hiasan kelas
youtube: wow education

Lucu, sederhana dan menarik. Selain kesan itu yang membuat desain ini terbilang peduli perkembangan teknologi, karena memasukkan beberapa istilah yang ada dalam teknologi informasi  seperti folder, microsoft paint video file dan lainnya.

26. Konsep Lego

hiasan kelas
blog.tcea.org

Contoh dekorasi kelas yang terakhir ini terbentuk begitu sempurna, bagaimana perpaduan penataan kelas dan beranekaragam hiasannya pun saling melengkapi. Jika kalian kreatif bisa mengganti benda-benda yang ada tersebut dengan jenis-jenis benda tradisional, misalnya alat musik tradisional ataupun alat permainan. Semoga bermanfaat ya sobat!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *