Home » Edukasi » Gambar » 13+ Contoh Gambar Batik Nusantara dan Sketsa

13+ Contoh Gambar Batik Nusantara dan Sketsa

Apakah kalian sedang mencari contoh gambar batik yang mudah ditirukan? Berikut ini ulasan ragam motif batik nusantara dengan ciri khasnya masing-masing.

Batik menjadi salah satu identitas dan tradisi turun temurung yang terus dijaga. Ada beberapa motif batik yang populer misalnya batik Mega Mendung, Pekalongan, Jawa, Cirebon, Bali dan masih banyak lagi.

Contoh yang disebutkan adalah bagian kecil dari ribuan motif yang ada. Nah, jika tertarik untuk menggambar atau mewarnai gambar batik, kalian bisa menirukan kumpulan contoh berikut ini.

Gambar Motif Batik

1. Gambar Batik Bunga

sheradiofm.com

Motif batik bunga menjadi salah satu jenis yang paling populer. Bahkan, bisa dijumpai di berbagai daerah. Perpaduan warna dan jenis bunganya pun sangat beragam.

Dalam gambar batik ini terlihat warna biru sebagai dasarnya. Dan warna kuning, merah dan hijau menjadi warna yang digunakan sebagai pewarnaan objek utama.

2. Gambar Batik Mudah

jakmall.com

Pola sederhana dan terkesan simple ini menjadi salah satu motif yang mudah dijumpai. Bahkan perpaduan warnanya sangat khas dan gampang diingat.

Jika tertarik untuk menggambar atau membuat pola batik sederhana, tidak ada salahnya menggunakan gambar berikut ini. Selain simple, ragam warnanya juga tidak terlalu banyak.

3. Gambar Batik Mega Mendung

seragambatikpernikahan.com

Siapa yang tidak mengenal motif batik mega mendung yang sangat khas ini. Selain memiliki nama unik, corak dan warna yang dihadirkan sangat unik.

Batik khas daerah Cirebon, Jawa Barat ini telah menjadi ikon kota asalnya. Meski begitu, popularitasnya juga menyebar di berbagai daerah lain.

4. Gambar Batik Tulis

merdeka.com

Batik tulis asli biasanya membutuhkan waktu yang lama dalam proses pembuatannya. Wajar saja kalau harga yang ditawarkan juga fantastis, biasanya hingga sekian juta.

Pada gambar batik ini motifnya adalah flora dan fauna. Kedua objek tersebut menyatu dan diwarnai dengan pewarnaan yang sangat menyatu.

5. Batik Nusantara

blog.tiket.com

Istilah batik Nusantara sebenarnya bukan mengerucut pada salah satu motif. Namun untuk penyebutan secara umum saat membahas batik yang ada di Indonesia.

Dan dalam contoh ini adalah salah satunya. Batik dengan motif bunga yang memiliki warna modern dan khas.

Kumpulan gambar keren lainnya!

6. Batik Modern

wolipop.detik.com

Kini untuk membuat kain batik tidak melulu menggunakan manual, atau tulis tangan. Pembuatannya sudah semakin canggih dan menggunakan teknologi modern.

Meski begitu, ciri khas batik tersebut tetap mengusung unsur tradisional dan khas. Jadi, bukan prosesnya yang dibahas namun unsur batik sangat melekat.

7. Gambar Batik Pekalongan

yogyakarta.bpk.go.id

Menyebutkan motif batik rasanya tidak lengkap jika tidak membahas motif batik pekalongan. Bahkan daerah ini menjadi salah satu sentra untuk kulakan pakaian motif batik.

Berdasarkan sejarahnya, batik Pekalongan sudaha da sejak tahun 1800-an. Setelah itu terus mengalami perkembangan hingga di zaman modern saat ini.

8. Batik Daun

pinterest.com

Motif batik daun juga menjadi salah satu yang paling mudah ditemui. Selain terdiri dari objek utama berupa daun, biasanya juga digabung dengan hewan dan bunga.

Pada motif batik ini memiliki desain sederhana namun mampu memancarkan seni tinggi. Hal ini terjadi disebabkan pewarnaan yang begitu khas.

9. Sketsa Gambar Batik

Selain menggambar, kalian juga bisa menggunakan sketsa batik ini untuk kegiatan mewarnai. Pada contoh ini motif batik sangat simple dan sederhana.

Jika tepat dalam memberikan pewarnaan, maka hasil karya yang kalian buat pasti sangat indah.

10. Gambar Batik Sederhana untuk Anak SD

Jika mencari contoh motif batik hitam putih yang simple dan sederhana, berikut ini adalah salah satunya. Setelahs elesai membuat sketsa tinggal memberikan warna yang pas.

Objek paling menonjol dalam batik ini adalah daun dan bunga yang tersusun rapi. Perpaduan etrsebut membentuk sebuah pola batik yang sangat khas.

11. Sketsa Batik Parang

Motif batik parang dari Yogyakarta ini menjadi salah satu jenis batik yang tidak bisa digunakan sembarangan. Menurut berbagai literasi hanya orang tertentu saja yang bisa menggunakan.

Motif batik ini adalah peninggalan kerajaan mataram yang memiliki filosofi tangkas, waspada dan kontinuitas. Adapun yang menggunakannya adalah para raja dan ksatria kerajaan.

12. Gambar Batik Hitam Putih

Masih seputar sketsa batik yang mudah dan simple. Meskipun masih terdapat banyak ruang kosong di sekitar gambar objek utama, namun motif ini mudah dikenali sebagai jenis batik Nusantara.

Jika dihadirkan secara utuh, motif ini adalah jenis flora atau tumbuhan. Dengan kreativitas yang kalian miliki, pasti bisa menirukan contoh berikut ini.

13. Sketsa Batik Solo

Batik Solo juga menjadi salah satu jenis motif yang cukup populer di Nusantara. Secara historis keberadaannya sangat erat dengan pengaruh keraton.

Sebagai tokoh yang sangat berpengaruh dalam penyebarluasannya adalah Kyai Ageng Henis, yang merupakan putra Ki Ageng Selo. Ki Ageng Selo adalah keturunan Brawijaya V.

Itulah kumpulan gambar motif batik untuk inspirasi membuat karya seni atau aktivitas menggambar dan mewarnai. Meskipun hanya sebagian, setidaknya sudah memiliki gambaran.

Leave a Comment