18+ Kumpulan Gambar Karikatur Pendidikan Terbaik

Permasalahan seputar dunia pendidikan selalu ada sisi-sisi yang menarik perhatian. Banyak peristiwa tersebut dijadikan bahan sindiran ataupun sekedar hiburan yang berangkat dari fakta kehidupan sehari-hari. Misalnya diwujudkan dalam gambar karikatur pendidikan yang mengangkat berbagai sudut pandang pembuatnya.

Gambar karikatur sendiri merupakan gambar suatu objek yang mirip dengan aslinya dan dilebih-lebihkan ciri khasnya. Karena kata karikatur sendiri berasal dari bahasa Italia, caricare yang memiliki arti memberi muatan atau melebih-lebihkan dan biasanya menimbulkan kelucuan.

Sedangkan tujuan pembuatan gambar karikatur pendidikan itu sendiri tidak lain untuk memperlihatkan masalah-masalah seputar dunia pendidikan yang ada, sehingga banyak dilihat dan diperhatikan banyak orang. Karena terkadang terdapat sebuah problematika yang kurang tepat, namun karena alasan tertentu hal tersebut menjadi hal yang biasa.

Karikatur Pendidikan Karakter

Berikut ini kumpulan gambar karikatur pendidikan yang akan mengajak kita untuk berfikir sejenak. Ternyata problematika pendidikan yang ada dalam kehidupan sehari-hari itu nyata adanya, dan terkadang jarang kita persoalkan.

1. Rajin Belajar untuk Masa Depan

karikatur pendidikan
terasdt.com

Seperti yang kita ketahui bersama, menempuh pendidikan tidaklah mudah. Harus membutuhkan perjuangan yang tidak biasa. Selain tenaga, waktu dan fikiran yang tidak kalah penting juga biaya.

Biaya yang dimaksud mencakup segala hal mulai iuran, seragam, peralatan sekolah dan lainnya. Di Indonesia sendiri banyak program pemerintah yang menunjang semua itu, tinggal kemauan dan sunguh-sungguh dalam menuntut ilmu.

2. Berharap Bocornya Soal UAN

karikatur pendidikan
twitter.com

Permasalahan Ujian Akhir Nasional (UAN) selalu menjadi hal yang menarik perhatian. Banyak polemik yang bisa kita saksikan saat ajang ujian ini akan dilaksanakan.

Yang paling santer saat terdapat pemberitan mengenai bocornya soal ujian, hal ini cukup sensitif. Sedangkan dari sisi siswa-siswi yang akan menjalani ujian, tentu sangat berharap ada keajaiban.

3. Kekerasan dalam Belajar

kariaktur pendidikan
indofuny.blogspot.com

Seringkali kita jumpai terdapat kekerasan antara siswa dan guru, tentu kita tidak bisa saling menyalahkan di pihak mana yang benar. Terlepas salah atau benar, terkadang guru melakukan tindakan seperti pada gambar karikatur pendidikan ini tentu emosinya sudah memuncak.

Meski demikian, tentu tidak boleh semena-mena melakukan contoh tersebut, masih ada cara lain untuk mengatasi siswa-siswi yang bandel.

4. Pendidikan Bukan Untuk Coba-coba

kariakatur pendidikan
mafiadoc.com

Sering gonta-gantinya sistem pendidikan di negara ini, seolah menjadikan peserta didik seperti bahan percobaan. Hal seperti ini menunjukkan ketidakpastian tentang masa depan pendidikan.

Bagaimana tidak, belum juga selesai program yang dijalankan oleh si A, saat ganti si B yang memiliki kewenangan itu semua ikut berganti.

Bayangkan, jika dulu buku panduan belajar bisa dipakai bertahun-tahun, saat ini akan ditemui buku yang baru dipakai, tahun berikutnya sudah ganti lagi.

5. Zaman Terbalik

karikatur pendidikan
ceff.ch

Mungkin kalian sudah sering menyaksikan betapa terbaliknya masa-masa dahulu dengan sekarang. Coba kalian perhatikan karikatur pendidikan ini, dengan semena-mena orang tua menyalahkan guru atau pengajar saat anak mereka mendapat nilai yang jelek.

Sang anak pun akan dengan semena-mena memanfaatkan momen ini, serasa merdeka. Padahal tidak hasil tersebut bisa jadi karena jarang belajar.

Baca juga ya!

6. Kenakalan Remaja

karikatur pendidikan
rebanas.com

Di beberapa daerah tertentu atau sudah menjadi umum, banyak kenakalan remaja yang terjadi. Terlebih era digital yang semakin memudahkan mereka untuk melakukan hal-hal yang negatif.

Sebenarnya semua kembali kepada masing-masing, tidak bisa menyalahkan zaman. Jika akhlaknya baik, dia tahu harus bergaul dengan siapa dan berbuat apa.

7. Menghargai Guru

karikatur pendidikan
dokumen.tips

Zaman dulu guru memiliki kewenangan terhadap siswa-siswinya dengan gaya mereka. Misalnya terdapat siswa-siswi yang bandel bisa saja melakukan tindakan yang membuat efek jera kepada mereka.

Zaman sekarang alih-alih bertindak seperti itu, orang tua pun yang belum tentu mengetahui apa permasalahannya selalu membela si anak. Kalau sudah seperti ini jangan salahkan jika si anak semakin nglunjak.

8. Murid Lucu

karikatur pendidikan
qcikgubm.blogspot.com

Jika diperhatikan memang sedikit konyol jawaban anak pada gambar tersebut. Tapi jika mau mengiyakan sih ada benarnya. Penjajahan yang dilakukan Jepang ada dampak positifnya, meskipun saat penjajahan berlangsung begitu menyengsarakan masyarakat yang dijajah.

Di Indonesia sendiri juga terdapat kemajuan-kemajuan dalam bidang tertentu yang dibawa mereka, namun kemajuan tersebut dalam rangkan memudahkan akses para penjajah.

9. Pandai Cari Alasan

karikatur pendidikan
twitter.com

Anak zaman sekarang lebih pintar dalam merangkai kata-kata apalagi untuk alasan. Seperti gambar karikatur pendidikan ini, sang ayah bertanya kenapa nilainya banyak yang merah. Tapi si anak malah menjawab dengan jawaban sok ilmiah, padahal sangat konyol.

10. Kelinci Percobaan di Dunia Pendidikan

karikatur pendidikan
jpnn.com

Sepatutnya pemegang atau pemangku kewenangan tentang sistem pendidikan harus benar-benar menganalisa dan mengetahui akar permasalah utama dalam dunia pendidikan. Ternyata dari zaman dahulu, sudah bergonta-ganti pemimpin masih saja berkutat pada hal yang sama, kurikulum, UAN dan lainnya.

11. Karikatur Pendidikan Menginspirasi

karikatur pendidikan
bodum.westerncandinavia.org

Pernahkah kalian merasakan atmosfer dalam lingkungan sekolah yang mana terdapat sekat-sekat antara yang memiliki kemampuan biasa dan “luar biasa”? Bahkan tidak sedikit dalam satu tingkatkan dibedakan pengelompokannya hingga abjad F bahkan lebih misalnya.

Biasanya terdapat kelas favorit disitu, yang mana seolah mereka yang menempati kelas tersebut adalah anak-anak genius. Begitu juga dengan sekolah, ada sekolah favorit dan biasa.

12. Beratnya Menuntut Ilmu

karikatur pendidikan
taringa.net

Betapa sengsaranya pelajar yang ada pada gambar karikatur ini. selain harus memikul beratnya pendidikan dengan segala problematikanya, di sisi lain dihadapkan dengan hal-hal seperti yang terlihat pada gambar. Sampai kapan ya, alur menuntut ilmu tetap seperti ini.

13. Sistem Seleksi Pendidikan

karikatur tema pendidikan
hail.to

Gambar karikatur pendidikan ini sangat menginspirasi dan mengajak kita untuk membuka jalan fikiran terkait problematika pendidikan. Bagaimana hewan-hewan yang memiliki kemampuan berbeda tersebut harus melalui test yang sama. Tentu sudah bisa ditebak jawabannya, tidak mungkin.

14. Pelajaran Sekolah yang Berat

karikatur tema pendidikan
stagramer.com

Wah, meskipun berlebihan nampaknya fenomena yang terjadi dalam menuntut ilmu beda-beda tipis ya? Jika Hercules kuat menyangga bola dunia, seorang penuntut ilmu juga harus kuat mengangkat beban pelajaran yang berat. Berat tidaknya beban tersebut tentu tinggal bagaimana menyikapinya.

15. Mahalnya Biaya Pendidikan

karikatur tema pendidikan
thehansindia.com

Menuntut ilmu itu tidak selalu ‘gratis’ lho, maka jika kalian tidak memanfaatkan waktu belajar dengan sebaik-baiknya betapa ruginya kita.

Orang tua sudah bersusah payah memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya, namun malah tidak dipergunakan dengan baik. Dengan melihat gambar karikatur pendidikan ini, seharusnya membuka fikiran kalian.

16. Pendidikan Karakter

karikatur tema pendidikan
pinterest.dk

Pendidikan karakter seringkali digaung-gaungkan karena memang menjadi masalah serius. Bagaimana tidak, jika akhlak bangsa sudah luntur tidak ada lagi sopan-santun yang terbangun. Meskipun gambar ini hanya untuk menyindir yang melihatnya, disadari atau tidak fenomena tersebut memang benar adanya.

17. Beratnya Menuntut Ilmu

karikatur tema pendidikan
pinterest.dk

Hmm, daripada mengeluh dengan keadan yang ada lebih baik menjalani dengan sebaik mungkin ya? Entah kapan hal-hal yang serasa tidak berpihak kepada penuntut ilmu tersebut akan berakhir, kenyataannya semua bisa terlewati dengan baik. Bahkan tidak sedikit yang sudah selesai jenjang strata satu lanjut ke jenjang berikutnya dan lainnya.

18. Full Day School

karikatur tema pendidikan
teaandlead.blogspot.com

Seperti inilah sistem full day  yang diterapkan dalam pendidikan kita. Dengan berbagai problema baru tentu mau tidak mau kebijakan pemerintah harus tetap dijalankan. Jika sudah terbiasa pasti akan menjadi biasa, bukan menjadi sebuah permasalahan lagi. Sudah banyak kok yang menerapkan sistem ini, misalnya di pesantren.

19. Karikatur Seputar Dunia Pendidikan

karikatur tema pendidikan
lpmmotivasi.com

Gambar karikatur pendidikan yang terakhir ini cukup menarik diperhatikan. Bagaimana sebuah kebijakan yang dilakukan dengan menambah jam pelajaran, tapi jumlah harinya dikurangi. Alhasil terdapat hal-hal yang harus disesuaikan lagi, menuntut ilmu sudah seperti bekerja dari pagi hingga sore hari ya. Semoga bisa menjalaninya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *