Home » Edukasi » Gambar » 13 Contoh Gambar Kolase yang Mudah dan Simple

13 Contoh Gambar Kolase yang Mudah dan Simple

Berikut ini beragam contoh gambar kolase dari bermacam bahan yang mudah ditirukan. Jenis gambar ini sekilas mirip dengan gambar mozaik, karena cara membuatnya dengan menyusun kepingan-kepingan.

Sebagai pembeda adalah, bahan yang digunakan dalam membuat gambar kolase harus masih terlihat aslinya. Misalnya saat membuat kolase dari kulit kerang, maka kulit kerang masih terlihat seperti bentuk asli.

Bersumber dari Wikipedia, kolase adalah komposisi artistik yang dibuat dari berbagai bahan. Sedangkan cara membuat kolase tidak begitu rumit. Yang harus disiapkan adalah bahan yang akan ditempel, alat penempel dan sketsa atau permukaan yang akan ditempelkan.

Contoh Gambar Kolase

1. Gambar Kolase Bunga

contoh gambar kolase bunga
momjunction.com

Gambar Kolase teridiri dari berbgai macam bahan dasar yang berbeda kemudian dikreasikan hingga menjadi satu kesatuan yang indah dan dapat dinikmati oleh siapapun yang melihat.

Kertas, sedotan, plastik, manik-manik merupakan bahan-bahan yang sering digunakan dalam membuat karya seni ini. Kolase sendiri dapata dibentuk menjadi karya seni dua dimensi maupun tiga dimensi tergantung bahan yang menyusun kolase tersebut.

Jika bahan yang digunakan timbul maka dapat dikatakan sebagai karya seni tiga dimensi, sedangkan apabila bahan terdiri dari benda yang hanya dapat dilihat dari dua arah maka dapat dikatakan sebagai karya seni dua dimensi.

2. Gambar Kolase Hewan

contoh gambar kolase hewan
designwrld.com

Daya imajinatif sangat diperlukan dalam membentuk gambar kolase. Karena biasanya bentuk yang dihasilkan tidak sama persis dengan gambar asli yang dibentuk namun menyesuaikan keindahan visual yang diinginkan.

Seperti pada gambar diatas, perpaduan antara cat air berbagai warna dengan kertas emas menjadi elemen menarik yang mampu merepresentasikan bentuk gajah dengan nilai estetika tersendiri.

3. Gambar Kolase Ikan

contoh gambar kolase ikan
visi.co.za

Latar dasar yang digunakan untuk membuat gambar kolase harus tebal dan kuat karena seperti yang kita pahami bahwa gambar kolase bukan hanya terdiri dari lukisan saja tetapi juga berbagai material lain yang akan ditempel pada latar tersebut.

Komposisi yang seimbang dalam menyusun sebuah kolase baik antara gambar yang dihasilkan dan bahan yang ditempel menjadi nilai tambah sekaligus daya tarik tersendiri dari karya seni ini.

4. Gambar Kolase Kupu Kupu

contoh gambar kolase kupu kupu
clairecoles.co.uk

Saat ini karya seni kolase dapat kita temui di mana saja. Salah satunya di sekolah pada mata pelajaran seni dan budaya. Berbagai macam jenis kertas mulai dari kertas karton, kertas folio, kertas koran dan origami digunting menyesuaikan pola kemudian ditempel pada buku gambar.

Tujuan mempelajari seni kolase ini adalah untuk meningkatkan daya kreatifitas kita. Tidak hanya itu, kolase mampu menjadi media yang menyenangkan untuk menyegarkan pikiran.

5. Gambar Kolase Burung

contoh gambar kolaseburung
usansternau.com

Dalam sejarah gambar kolase berkembang pesat di Italia. Berbeda dengan seni lukis yang harus mengekspresikan wujud asli dari bentuk yang digambar.

Kolase diroduksi dari beragam bahan dengan karakteristik masing-masing sesuai komposisi untuk membentuk wujud baru. Unsur yang berbeda-beda ini dengan keunikan yang beragam menjadi tantangan tersendiri bagi yang belajar seni kolase ini.

karena memadukan warna dan tekstur untuk menjadi satu kesatuan yang indah adalah bukan hal yang mudah dilakukan.

Kumpulan gambar keren lainnya!

6. Gambar Kolase Biji Bijian

gambar kolase
docplayer.info

Bukan hanya kertas atau material plastik saja yang dapat digunakan untuk membentuk seni kolase. Bahan-bahan alam seperti dedaunan, biji-bijian dan ranting juga dapat dibentuk sedemikian rupa untuk membuat seni kolase.

Namun, perlu diingat bahwa untuk membuat seni kolase dari bahan-bahan alami kita perlu memperhatikan waktu pembusukan dari bahan tersebut.

Karena seperti yang kita ketahui, bahan alami seperti daun, ranting maupun biji-bijian ketika mengalami pembusukan akan merubah warna dan teksturnya ketika masih segar atau baru.

7. Burung Hantu

gambar kolase burung hantu
fagottobooks.gr

Inisiatif yang dapat dilakukan dalam membuat kolase dari bahan alami adalah dengan menempel bahan-bahan yang sudah diawetkan atau sudah dikeringkan. Hal ini untuk mengurangi perubahan tekstur atau warna yang dihasilkan ketika sudah menjadi karya seni.

Seperti pada gambar kolase burung hantu ini, proses pembuatannya menggunakan  daun-daun kering yang sudah dipotong sedemikian rupa kemudian ditempel sesuai pola untuk membentuk wujud baru.

8. Buah Buahan

gambar kolase buah buahan
pinterest.com

Adapun beberapa hal yang dapat digunakan sebagai inspirasi membuat kolase adalah gambar ilustrasi seperti gambar hewan, buah-buahan, manusia, aktivitas sehari-hari atau pemandangan.

Sebagai media pembelajaran biasanya disediakan kertas yang sudah terdapat sketsa buah-buahan kemudian dapat ditempel oleh peserta didik dengan berbagai macam kapas yang sudah dicelupkan dengan pewarna.

9. Kura Kura

gambar kolase kura kura
pinterest.com

Kolase memiliki dua fungsi utama, sebagai karya seni murni dan sebagai karya seni terapan. Kolase sebagai karya seni murni dibuat untuk keperluan kesenian.

Sedangkan kolase sebagai karya seni terapan dibuat selain bertujuan untuk keindahan juga memperhitungkan fungsi kegunaannya.

Salah satu contoh dari karya seni murni dalam kolase adalah gambar kolase kuran-kura yang merupakan tempelan dari berbagai potongan kertas dengan beragam model dan warna yang berbeda.

10. Ikan Nemo

hiasan ikan nemo
origamiwows.netlify.app

Sedangkan salah satu contoh karya seni terapan dalam seni kolase adalah tempelan kolase dalam kaca jendela atau pintu. Selain memberikan nilai keindahan pada dinding dan pintu seni kolase pada benda tersebut juga memiliki kegunaan dalam kehidupan sehari-hari.

Pecahan kaca maupun marmer dengan berbagai warna yang kemudian disatukan dengan proses tertentu menjadi ornamen interior rumah merupakan salah satu fungsi dari seni kolase itu sendiri.

11. Gambar Kolase dari Daun Kering

gambar kolase dari daun kering
pinterest.ru

Keuntungan penggunaan bahan alami dalam membuat seni kolase selain lebih ramah lingkungan, bahan dasar ini merupakan sumber daya yang tidak dapat habis dan dapat diperbarui kembali.

Kolase dari daun kering sendiri memiliki keunikan warna dan tekstur yang beragam. Berbeda jenis daun maka warna dan tekstur yang dihasilkan pun berbeda.

Namun, beberapa kekurangan dari menggunakan daun kering adalah mudah rapuh ketika digunakan oleh karena itu kita harus berhati-hati dalam membuat kolase dari daun kering.

12. Pohon dari Kertas Bekas

karya seni dari kertas bekas
apkgk.com

Seni kolase juga dapat menjadi solusi untuk mengolah kembali sampah-sampah yang sulit atau tidak dapat diuraikan, seperti kemasan plastik, kertas bekas, maupun botol dan kaleng bekas.

Bahan daur ulang tersebut dapat dikreasikan dengan dibentuk menjadi pemandangan atau gambar-gambar lain dan difungsikan sebagai sebagai hiasan dinding. Ataupun dapat difungsikan untuk menjadi tas lengan, dompet, taplak meja dan sebagainya.

13. Sketsa Gambar Kolase

pemandangan laut
thesprucecrafts.com

Agar lebih mudah untuk membuat seni kolase maka baiknya untuk membuat sketsa objek yang akan dibentuk terlebih dahulu, sehingga hasil karya seni kolase dapat sesuai dengan yang diharapkan.

Tahap berikutnya adalah memotong bahan dasar sesuai pola kemudian ditempel mengikuti sketsa yang sudah dibentuk. Untuk hasil yang lebih maksimal gunakan lem perekat yang bagus agar karya seni kolase tidak mudah terkelupas.

Itulah contoh gambar kolase dari beragam jenis bahan dan bentuk. Dengan tangan kreatif yang kalian miliki, pasti bisa menghasilkan karya seni yang lebih menarik lainnya.

Leave a Comment