Home » Edukasi » Gambar » 12 Contoh Gambar Kubisme Simple dan Mudah

12 Contoh Gambar Kubisme Simple dan Mudah

Berikut ini adalah kumpulan gambar kubisme yang bisa kalian tirukan untuk membuat karya seni. Seni rupa kubisme ini bisa diaplikasikan berupa patung ataupun seni lukis.

Dari berbagai referensi, kubisme pertama kali diformulasikan pada tahun 1908 oleh Pablo Picasso dan Braque. Karya bercorak kubisme menampilkan objek terkesan dipecah, dianalisis dan diatur kembali.

Dari cara tersebut seolah-olah tampak dari berbagai sudut pandang. Aliran ini berkembang di Paris, Prancis pada abad XX dan terus berkembang hinggga berbagai penjuru dunia.

Gambar Kubisme

1. Gambar Kubisme Hewan

gambar kubisme

Seni kubisme membuat objek seolah-olah seperti terpecah-belah. Menggabungkan bidang-bidang persegi ataupun segitiga untuk membentuk satu objek tertentuk.

Paduan bidang pada gambar diatas menggambarkan seekor biota laut yang dapat hidup di dua tempat yakni air dan daratan. Seekor hewan penyu terlihat seperti sedang berenang menuju satu tempat tertentu.

2. Angsa

gambar kubisme

Pada contoh ini amat mudah ditemui di berbagai tempat, seringkali digunakan sebagai dekorasi dinding keramik sehingga tidak terlihat polos dan lebih bernilai seni.

Pola kubisme yang digunakan sebagai dekorasi dinding cenderung lebih tersusun bentuknya membentuk satu pemandangan tertentu atau kumpulan hewan. Seperti pada gambar tersebut memperlihatkan kumpulan flamingo di rawa-rawa dan terik matahari.

3. Gambar Kubisme Bunga

gambar kubisme

Selain sebagai dekorasi dinding, gambar kubisme ini pula sesuai digunakan sebagai ornamen kaca jendela. Hiasan ini dibentuk dari pecahan bentuk kaca dengan berbagai warna yang digabungkan dalam satu frame membentuk satu visual tertentu.

Umumnya gambar yang digunakan adalah berbagai jenis tanaman, seperti bunga rambat beserta daun-daun yang menempel di tiap tangkainya. Agar terlihat nyata warna objek disesuaikan dengan warna realitanya.

4. Gambar Kubisme Pemandangan

gambar kubisme

Pada sebuah lukisan kubisme, keindahan seni kubisme ini selain berasal dari kreativitas penggunaan bidang geometris sebagai  objek dasar utama, seni ini dapat dinikmati dari olah pewarnaan gelap-terang yang memberi kesan timbul.

Goresan gelap-terang pada bidang meningkatkan kesan tiga dimensi pada karya yang diciptakan. Membuat pemandangan bangunan di tengah padang pasir itu seolah nyata.

5. Kuda

gambar kubisme

Olah bidang yang digunakan untuk menciptakan ilusi terhadap objek yang diekspresikan dalam gambar kubis juga menjadi nilai lebih terhadap gambar ini. mampu menciptakan ornamen yang memperkaya tampilan gambar yang disajikan.

Dua ekor kuda yang berhadapan ini mungkin jika digambar biasa akan terkesan sederhana, namun karena ornamen dari gambar kubisme ini dengan paduan warna coklat dan putih yang berseberangan mampu menghidupkan kesan dua gambar kuda ini.

Kumpulan gambar lainnya!

6. Pemandangan Alam

gambar kubisme

Selain bergaya klasik, seni kubisme ini juga bisa di gabungkan dengan pewarnaan pop modern bersama padu-padan warna yang tegas nan mencolok.

Seperti pada contoh pemandangan alam tersebut yang mampu memperindah bidang lingkaran, persegi dan segitiga menjadi jalanan, perumahan serta taman yang indah dan menawan.

7. Gajah

Lukisan kubisme tak setiap waktu harus terlihat nyata. Beberapa diantaranya dibiarkan mencolok bidangnya untuk memberikan kesan yang unik dan nyentrik khas karya tersebut.

Gajak yang identik dengan bentuk bulan yang rata pada gambar kali ini dibuat melalui tumpukan balok dan dua balok besar di bagian punggungnya menjadikannya berbeda dari lukisan gajah pada umumnya.

8. Elang

Detail objek pada suatu gambar juga sedikit banyak dipengaruhi oleh penataan komposisi yang direpresentasikan dalam gambar tersebut.

Kepala elang, dengan balutan bulu tegasnya yang ditoreh dengan komposisi kubisme yang tepat mampu menegaskan kesan tajam dan berwibawa khas burung elang sebagai burung paling ganas di dunia.

9. Vas Bunga

Penggunan kubisme lengkung oval dan lingkaran selalu menarik apabila dipadu-padankan sebagai ornamen bahan kaca. Belum lagi penggunaan warna cerah yang tepat memberikan kesan fleksibel dan semi formal sehingga mampu menangkan siapapun yang melihatnya.

Gambar vas bunga bergaya kubisme lengkung ini memiliki keunikan pada penggunaan warna yang berseberangan, tegas dan cerah sehingga perlu diperhatikan sedikit lebih lama untuk mengetahui objek apa yang dihasilkan dari seni tersebut.

10. Gambar Kubisme Gitar

Dewasa ini gambar kubisme makin marak diminati anak-anak muda. Hal ini dikarenakan aksennya terkesan simple namun berkelas.

Oleh karena itu, seringkali gambar itu didesain sedemikian rupa dengan poster-poster modern dan arsiran bidang yang menciptakan kesan modern dan eksentrik.

11. Teko

Metode kubisme juga mampu menjelma menjadi gambar bentuk yang tak kalah menarik dari metode lainnya. Pemilihan unsur warna dan komposisi dari geometri yang digunakan akan membuat visual gambar dapat dinikmati.

Teko dengan metode kubisme memadupadankan warna dengan nuansa hangat seperti coklat, krem dan hijau tua. Serta komposisi teko, cangkir dan penggiling kopi di bagian tengah media gambar diperhitungkan dengan sangat tepat

12. Gambar Kubisme Kupu-kupu

Jika metode ini diaplikasikan pada gambar anak-anak maka kamu dapat menemui tata pewarnaan yang berani dan ceria sesuai dengan ciri khas anak-anak menyukai sesuatu yang cerah.

Dua ekor kupu-kupu yang terbang di langit biru terasa sangat menarik dengan sapuan warna-warna cerah seperti merah, ungu, kuning dan biru di tiap pola geometri dalam lukisan.

Dengan adanya contoh-contoh gambar kubisme di atas semoga bisa membantumu dalam membuat karya seni ya! Pada dasarnya masih banyak contoh yang bisa ditirukan, namun gambar di atas sudah lebih dari cukup.

Leave a Comment