Home » Edukasi » Gambar » 13 Contoh Gambar Mozaik Sederhana dan Mudah

13 Contoh Gambar Mozaik Sederhana dan Mudah

Gambar mozaik adalah gambar yang terbuat dari hasil menyusun kepingan benda kecil berwarna seperti kaca, kerikil atau batu kecil yang sudah diwarnai lainnya. Adapun seni ini masih termasuk dalam kategori seni dekorasi.

Dalam karya seni mozaik selain bahan berupa kepingan, kalian harus menyiapkan sebuah pola yang nantinya akan dijadikan tempat menyusun. Bentuk dan ukuran benda yang akan ditempel tidak ada ketentuan.

Sedangkan untuk bahan selain pecahan kaca dan batu, bisa saja menggunakan bahan lain yang mudah dijumpai dan simple. Sebagai contohnya adalah biji-bijian berupa kedelai, jagung, beras merah hingga kacang hijau.

Contoh Gambar Mozaik

1. Contoh Gambar Mozaik dari Kertas Origami

Mozaik merupakan suatu bentuk seni dekorasi berupa susunan berbagai bahan yang ditempel menggunakan perekat menjadi sebuah bentuk tertentu.

Bahan dasar yang digunakan untuk membuat karya seni ini sangat beragam, seperti kain perca, kertas, kulit kerang, dan sebagainya. Bentuk yang dihasilkan pun bermacam-macam.S

2. Contoh Gambar Mozaik dari Biji bijian

contoh gambar mozaik
youtube: DIY craft videos

Bahan seni mozaik dapat dibagi menjadi dua jenis,yaitu bahan alami dan bahan buatan. Bahan mozaik buatan biasanya berupa bahan-bahan yang diproduksi pabrik.

Sedangkan bahan alami berasal dari lingkungan sekitar, seperti salah satunya adalah biji-bijian. Setiap bahan dasar memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Apabila bahan buatan lebih mudah proses produksinya karena pola yang dapat di bentuk sesuai keinginan, bahan alami memiliki keunikan tersendiri meskipun tidak dapat dirubah sesuai keinginan namun bahan alami memiliki karakteristik uniknya sendiri.

3. Contoh Gambar Mozaik Bunga Matahari

Karya seni Mozaik ini memiliki beragam kegunaan, salah satunya adalah digunakan sebagai ornamen untuk dekorasi Interior seperti dinding, atap, maupun lantai.

Pada umumnya, masyarakat membuat mozaik sebagai hiasan pada hunian tempat tinggal mereka agar tidak terkesan monoton dan membosankan.

Penggunaan unsur warna juga penting dalam membuat sebuah karya seni mozaik, karena susunan warna yang senada mampu membuat gambar mozaik memiliki kesan yang nyata dan indah bagi yang melihat.

4. Contoh Gambar Mozaik Bunga

Tahapan produksi karya seni mozaik yang panjang dalam menciptakan sebuah produk mozaik menjadi ketertarikan tersendiri bagi pemula untuk mencoba belajar salah satu jenis seni menggunting dan menempel ini.

Bermula dari memilah bahan dasar. Kemudian membentuk sesuai pola yang diinginkan hingga disusun dengan lem perekat hingga menghasilkan gambar yang direncakan merupakan tahapan dari proses produksi Mozaik.

5. Gambar Mozaik Hewan

Mozaik juga dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan daya sensorik pada anak. Hal ini dikarenakan mozaik mampu meningkatkan indera perasa pada anak melalui sentuhan dari tekstur yang dihasilkan oleh karya seni mozaik.

Biasanya untuk media belajar anak, bahan dasar mozaik berasal dari manik-manik tumpul yang disusun dan ditempel menyesuaikan gambar yang sudah disketsa sebelumnya.

Sehingga anak tinggal menempel mengikuti pola dan warna manik-manik yang sudah digambar.  Bentuk yang dihasilkan sangat beragam dari media ini, biasanya berupa gambar-gambar kartun dengan warna-warna yang mencolok.

Kumpulan gambar keren lainnya!

6. Sketsa Gambar Mozaik Burung

Bahan dasar yang paling sering digunakan dalam menyusun mozaik untuk dekorasi ini adalah batu kecil, kepingan kaca, hingga pecahan marmer.

Warna dan tekstur yang dihasilkan dari setiap pola kecil berbeda satu sama lain, kemudian dari berbagai tekstur dan warna tersebut disusun menjadi satu kesatuan yang menarik perhatian siapapun yang meliat.

Dekorasi interior dari mozaik sering kita temui pada rumah hunian atau juga atau tempat beribadah. Hal ini bertujuan untuk memberi kesan tersendiri pada dinding-dinding tempat hunian.

Biasanya, gambar mozaik yang digunakan dalam dekorasi interior ini seperti pemandangan, hewan, dan bunga.

Kumpulan gambar keren lainnya!

7. Gambar Mozaik Tumbuhan

Kamu juga bisa menemui gambar mozaik di tempat bermain anak-anak. Biasanya gambar mozaik yang dihasilkan berupa kehidupan binatang atau kumpulan bunga dengan warna-warna yang cerah.

Hal ini bertujuan untuk mengalihkan perhatian anak agar anak tidak cepat bosan. Tidak hanya itu, pemilihan warna cerah mampu memberikan kesan yang menyenangkan ketika anak berada didalam ruangan tersebut.

8. Gambar Mozaik Kelinci

Gambar realistis merupakan salah satu jenis gambar yang juga dapat menjadi inspirasi untuk membentuk sebuah mozaik. Maksudnya adalah membuat rupa mozaik semirip mungkin dengan bentuk aslinya.

Seperti pada gambar berikut, yang merupakan mozaik kelinci dimana baik dari susunan warna yang digunakan hingga bentuk mata, telinga dan tubuh sangat disesuaikan dengan rupa kelinci yang sebenarnya.

9. Gambar Mozaik Kura Kura

Biota laut juga tak lepas menjadi model yang dapat direpresentasikan dalam membuat sebuah karya seni mozaik. Ragam bentuk unik dari biota laut memberikan warna baru dan keunikan tersendiri dalam karya seni Mozaik.

Pada gambar mozaik tersebut, digunakan metode dimana pembuat mozaik membentuk pola gambar terlebih dahulu baru kemudian menempelkan serpihan atau pecahan bahan untuk menyusun mozaik.

10. Gambar Mozaik Buah Apel

Metode lain yang digunakan dalam menyusun mozaik adalah dengan langsung membuat bentuk dari serpihan bahan untuk menyusun mozaik tanpa sketsa.

Jadi, bentuk yang dihasilkan lebih natural sesuai dengan proses pengerjaannya. Metode ini cocok digunakan untuk meningkatkan daya imajinatif kita dalam membayangkan sebuah bentuk.

Biasanya penggunaan metode ini digunakan oleh mereka yang sudah terbiasa membuat gambar mozaik. Namun, juga dapat digunakan oleh mereka yang awam dan ingin mencoba hal-hal baru.

11. Berwarna Lembut

Pemilihan unsur warna juga menjadi suatu hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun karya seni mozaik. Penggunaan unsur warna yang lembut cocok untuk menciptakan kesan tenang dalam sebuah karya seni.

Warna-warna pastel, seperti merah muda, ungu muda, dan coklat muda mampu menyegarkan mata bagi siapapun yang memandangnya.

Pemilihan warna seperti ini cocok untuk desain interior mozaik pada tempat atau ruangan yang membutuhkan suasana sunyi dan tentram seperti rumah sakit, dan tempat beribadah.

12. Geometris

Gambar Geometris juga mampu menjadi pilihan yang cocok untuk kalian yang ingin mencoba karya seni mozaik. Selain susunan pola yang sederhana hal ini tidak membutuhkan waktu yang cukup lama.

Sebelum mencoba untuk membentuk mozaik hewan, tumbuhan dan pemandangan alangkah baiknya mengawali proses belajar karya seni mozaik ini dengan membuat bentuk geometris terlebih dahulu.

13. Pecahan Keramik dan Batu

Ornamen mozaik dinding dan lantai seringkali menggunakan bahan dasar pecahan keramik dan batu. Seain tekstur yang menarik ketahanan dari bahan dasar ini mejadi alasan banyak orang menggunakan bahan ini.

Melalui berbagai unsur tersebut kemudian di susun menjadi pola yang geometris atau membentuk pemandangan sehingga dinding atau lantai tidak hanya polos.

Proporsi dalam menyusun mozaik interior dinding menjadi satu hal yang penting pula untuk diperhatikan. Karena akan memengaruhi kesan seseorang ketika memasuki ruangan tersebut, akan lebih terkesan luas atau malah sempit.

Leave a Comment