Home » Edukasi » Gambar » 11+ Contoh Gambar Naturalisme Mudah Untuk Ditiru

11+ Contoh Gambar Naturalisme Mudah Untuk Ditiru

Jika kalian menyukai seputar keindahan alam, maka kumpulan gambar naturalisme berikut ini bisa menjadi inspirasi terbaik. Ada beberapa contoh dengan tingkat kesulitan yang berbeda.

Karena naturalisme sendiri sangat sejalan dengan realisme, maka gambar pemandangan alam yang disajikan pun sangat mirip dengan aslinya. Bahkan bisa dikatakan sebagai “lukisan yang menipu mata”.

Adapun beberapa tokoh terkenal dalam aliran naturalisme ini adalah Thomas Gainsborough dan John Constable yang berasal dari Inggris. Keduanya merupakan seniman terkemuka.

Gambar Naturalisme

1. Gambar Naturalisme Bunga Indah

gambar naturalisme

Pemandangan alam atau aktivitas makhluk hidup merupakan objek yang paling tepat sebagai inspirasi menggambar gaya naturalisme. Karena lukisan naturalisme yang selalu menonjolkan bentuk objek yang apa adanya.

Bunga dengan lengkungan dedaunan menjadi pilihan yang tepat untuk menggambarkan konsep naturalis serta penggunaan pewarnaan pada kuncup bunga yakni ungu dan putih membuat gambar ini begitu anggun.

2. Gambar Naturalisme Kelinci dan Rumput

gambar naturalisme

Berbagai unsur dalam menggambar objek diaplikasikan dengan maksimal dalam konsep gambar naturalisme ini. Mulai dari olah garis, tekstur, hingga gelap terang pewarnaan dimaksimalkan untuk menciptakan gambar yang nyata.

Seperti pada gambar diatas yakni seekor kucing dan rumput dengan detail yang rinci pada tiap kuncup rumput maupun kuku di tiap jari kelinci serta kumis tipis kelinci yang tak luput dari perhatian ketika aktivitas menggambarnya.

3. Lukisan Naturalisme Pedesaan

gambar naturalisme

Lukisan naturalisme acapkali digunakan untuk menggambar lanskap pemandangan secara menyeluruh. Sehingga potret aktivitas yang terjadi di satu frame tersebut mampu dipahami dan diterjemahkan dengan baik.

Lukisan naturalisme pedesaan pada gambar diatas menggambarkan kondisi lingkungan pedesaan yang cenderung masih sejuk, dengan manusia dan hewan yang hidup berdampingan yang dapat dilihat dari anak-anak yang duduk diatas kuda dan ibu yang mencuci.

4. Gambar Naturalisme Terbaik

gambar naturalisme

Gambar naturalisme memiliki keunggulan dalam merealisasikan detail-detail kecil dan kesinambungan tiap objek dalam pemandangan yang acapkali luput untuk diekspresikan ketika menggambar.

Seperti pada gambar tersebut detail si pelukis menggambarkan kondisi musim semi dimana pohon-pohon dan rumput berbunga, kemudian pengembala serta hewan ternaknya berhamburan di sabana untuk mencari makanan.

5. Lukisan Pemandangan Alam

gambar naturalisme

Namun meskipun acapkali digunakan untuk menggambar lanskap kondisi pemandangan alam sekitar, gambar naturalisme ini juga dapat diaplikasikan untuk menggambar portrait.

Siapa yang tak terpukau melihat goresan gambar pohon besar dengan daun jingga dan ungu kemudian berlatar danau serta pegunungan es yang menakjubkan mampu menenangkan siapapun yang melihatnya.

6. Bangau

Gambar Naturalisme juga sangat cocok untuk memotret objek tertentu seperti hewan-hewan di alam liar yang sedang beraktivitas di habitatnya.

Seekor bangau sedang menatap ke depan diantara semak-semak hijau yang tinggi bahkan hampir mengungguli tinggi badannya terlihat menarik dengan goresan gaya naturalis.

7. Gaambar Naturalisme Terindah

Potret aktivitas pedesaan menjadi lanskap yang paling sering menjadi inspirasi pelukis dengan metode naturalisme ini.

Interaksi kehidupan desa antar makhluk hidup menjadi ekspresi yang menenangkan bagi siapapun yang melihatnya. Begitu pula dengan hamparan tanah lapang hijau dan pepohonan yang menunjang suasana syahdu pedesaan.

8. Tumbuhan Hijau

Metode gambar naturalis sangat tepat digunakan ketika kamu pertama kali memulai belajar melukis. Karena pada konsep gambar naturalisme kamu memiliki objek yang bisa ditiru atau menjadi inspirasi sehingga tidak terlalu menguras imajinasi.

Seperti pada gambar pemandangan bukit dengan pohon besar di atas dimana pada proses menggambar tersebut kamu akan belajar banyak mengenai  penggunaan pewarnaan serta komposisi objek yang akan membantu skill menggambarmu kemudian hari.

9. Bunga Sakura

Lebih detail lagi untuk belajar melukis menggunakan konsep naturalis. Setelah mempelajari cara penggunaan warna yang seimbang dan olah komposisi objek yang tepat kita dapat belajar menciptakan detail pada lukisan.

Lukisan buka sakura ini sangat detail dalam menggambar tiap daun di pohon sakura dengan pilihan warna sesuai hal ini.

10. Lukisan Naturalisme Suasana Hutan

Lukisan naturalisme selalu berhasil membawa kesan dingin dan bebas pada tiap potret suasana hutan yang dihasilkannya.

Seperti pada gambar tersebut terlihat tiga ekor beruang sedang bermain di bongkahan kayu yang patah ditutupi kabut dan pohon-pohon yang menjulang tinggi di sekeliling hutan.

11. Gambar Lukisan Naturalisme Bertani

Pula dapat dilihat dari lukisan aktivitas manusia bertani berikut. Terlihat dua orang petani sangat tekun mencangkul tanah di sawah mereka pada pagi hari yang terik.

Kesan pagi hari pada gambar tersebut digambarkan melalui cahaya sawah yang hanya muncul di salah satu sisi gambar saja dan kabut yang masih mengelilingi sawah mereka.

12. Pemandangan Malam Hari

gambar naturalisme

Nuansa gambar yang sepi nan hening mencekat menjadi ciri khas tersendiri dari metode melukis gaya naturalisme pada gambar pemandangan malam  di atas.

Lukisan malam hari yang mirip potret kamera ini menggambarkan dua orang yang sedang berteduh di bawah jejeran pohon di atas bukit. Menikmati pemandangan yang semakin diselimuti kabut malam hari.

Dengan adanya contoh gambar naturalisme di atas semoga kalian bisa menghasilkan karya seni yang menarik dan bagus ya! Contoh ini hanyalah bagian kecil saja dari lukisan aliran naturalisme yang cukup populer di dunia.

Leave a Comment