Home » Edukasi » Gambar » 8 Gambar Planet beserta Penjelasannya

8 Gambar Planet beserta Penjelasannya

Berikut adalah kumpulan gambar planet yang berada dalam Tata Surya. Selain Bumi yang menjadi tempat tinggal manusia, terdapat nama-nama planet lain dengan beragam ciri khas yang dimiliki.

Selain planet tersebut ada juga beberapa benda langit lain yang jumlahnya jutaan. Benda tersebut meliputi matahari dan semua yang mengelilinginya. Sedangkan Tata Surya terletak di dalam galaksi Bima Sakti atau Milky Way.

Sebenarnya, sebelum tahun 2006 jumlah planet ada 9 namun setelah itu pluto tidak dimasukkan lagi pada daftar. Alasan utama tidak dimasukkannya pluto sebagai salah satu planet karena tidak memenuhi beberapa unsur sebuah planet.

Gambar Planet

1. Gambar Tata Surya

Setiap planet memiliki garis edar untuk berputar mengelilingi matahari. Nampak pada setiap planet memiliki bentuk, warna dan ciri-ciri yang berbeda.

Selain benda langit berupa matahari dan delapan planet tersebut, ada jutaan benda langit lain (komet, asteroid, meteor) yang dapat dijumpai.

2. Gambar Planet Merkurius

planet merkurius

Planet merkurius dikenal sebagai planet yang memiliki ukuran paling kecil. Selain itu, planet ini sangat dekat dengan keberadaan matahari.

Planet ini membutuhkan sekitar 87,969 hari bumi untuk menyelesaikan sekali putaran dalam mengelilingi bumi. 1 hari matahari atau solar day di Merkurius setara dengan 176 hari bumi.

3. Gambar Planet Venus

planet venus

Venus adalah planet yang menempati urutan kedua terdekat dengan matahari. Salah satu ciri yang mudah diingat dari venus adalah memiliki kecerahan saat malam hari.

Selain itu, venus juga memiliki jarak yang dekat dengan bumi. Bahkan, karena kedekatan jarak tersebut venus kerap disebut juga dengan “planet saudara”.

4. Gambar Planet Bumi

planet bumi

Diantara delapan planet yang ada, bumi menjadi salah satu lima planet terbesar dan terpadat. Planet ini dikenal juga sebagai “planet biru” dan “dunia”.

Planet ini menjadi tempat tinggal untuk jutaan jenis makhluk hidup mulai manusia, hewan, tumbuhan dan lainnya. Keberlangsungan hidup tersebut juga didukung dengan berbagai adanya sumber daya yang ada.

5. Gambar Planet Mars

planet mars

Planet mars adalah planet keempat yang juga disebut “planet mera”, hal ini disebabkan oleh warna yang kemerahan dari kejahuan. Mars adalah planet bebatuan dengan atmosfirnya yang tipis.

Planet ini memiliki periode rotasi dan siklus musim hampir mirip dengan bumi. Menariknya lagi, mars memiliki gunung tertinggi (Olympus Mons) dan lembah terbesar (Valles Marineris) di Tata Surya.

Kumpulan gambar keren lainnya!

6. Gambar Planet Jupiter

gambar planet

Jupiter adalah planet terbesar diantara delapan planet yang ada di dalam Tata Surya. Bahkan ukuran planet ini mencapai 10 kali lebih besar dari ukuran planet bumi.

Karena jaraknya cukup jauh dari matahari (sekitar 778 juta kilometer), jupiter berevolusi dengan lambat. Hal ini berbanding terbalik dengan rotasi yang sangat cepat.

7. Gambar Planet Saturnus

gambar planet

Saturnus adalah planet kedua terbesar dalam Tata Surya setelah Jupiter. Planet ini juga merupakan sebuah raksasa gas dengan radius sekitar 9 kali lipat dari bumi.

Beberapa keunikan yang dimiliki saturnus adalah memiliki cincin planet dan satelit alami. Sistem cincin ini membentang sepanjang 6.630 hingga 120.700 kilometer.

8. Gambar Planet Uranus

uranus

Para astronom menempatkan uranus sebagai salah satu “kategori es” bersama neptunus. Hal ini disebabkan kandungan utama yang dimiliki adalah hidrogen dan helium.

Hanya saja kandungan tersebut mengandung banyak “unsur es” seperti air, amonia, metana dan sisa hidrokarbon.

9. Gambar Planet Neptunus

neptunus

Diurutan terakhir adalah Neptunus, planet yang dikenal dengan warna biru dengan berbagai ciri uniknya. Salah satunya adalah memiliki sekitar 14 satelit alami.

Selain itu, neptunus juga memiliki cincin planet yang terdiri dari partikel es. Namun keberadaan cincin tersebut tidak sekukuh cincin planet yang dimiliki saturnus.

Itulah gambar planet yang ada dalam Tata Surya beserta penjelasan singkat. Adapun artikel ini umumnya bersumber dari wikipedia dan beberapa sumber lainnya. Semoga bermafaat.

Leave a Comment