Home » Edukasi » Gambar » 10 Contoh Gambar Romantisme yang Mudah Ditirukan

10 Contoh Gambar Romantisme yang Mudah Ditirukan

Berikut ini adalah kumpulan gambar romantisme yang merupakan salah satu aliran dalam seni lukis. Tema dari aliran ini banyak terinspirasi dari masa-masa kolonialisme dan imperialisme.

Dimana pada abad XIX merupakan puncak kejayaan revolusi industri yang dibarengi dengan berbagai penjajahan di dunia. Kisahnya pun melahirkan aliran seni romantisme ini.

Aliran seni lukis romantisme mengangkat kisah-kisah dramatis, kepahlawanan dan yang mengharukan. Sedangkan tokoh populernya meliputi Delacroix (Prancis), William Blake (Inggris) dan Raden Saleh (Indonesia).

Gambar Romantisme

1. Gambar Romantisme

gambar romantisme
wikimedia.org

Gambar ini berusaha mengekspresikan visual fantastik yang indah dimana sang pelukis berupaya untuk mengabadikan potongan situasi yang sedang terjadi pada masa tertentu dalam goresan gambar.

Objek-objek romantisme biasanya memilih aktivitas masyarakat atau tragedi tertentu. Pada gambar ini diperlihatkan masa dimana bangsa kulit hitam menjadi budak bangsa kulit putih dengan melakukan banyak pekerjaan.

2. Gambar Romantisme Penjajahan

gambar romantisme
art-prints-on-demand.com

Contoh ini berusaha mengekspresikan visual fantastik yang indah dimana sang pelukis berupaya untuk mengabadikan potongan situasi yang sedang terjadi pada masa tertentu dalam goresan gambar.

Objek-objek romantisme biasanya memilih aktivitas masyarakat atau tragedi tertentu. Pada gambar ini diperlihatkan masa dimana bangsa kulit hitam menjadi budak bangsa kulit putih dengan melakukan banyak pekerjaan.

3. Kapal Laut

Tak hanya tragedi yang terjadi oleh manusia, kondisi alam dan dampaknya pun tak luput dari potret lukisan romantisme untuk diabadikan dalam karya seni.

Lautan yang berkecamuk dengan kapal-kapal yang terombang-ambing di permukaannya menjadi potret objek yang menarik untuk dilukiskan. Terlihat pada gambar tersebut mendung sedang bergerak dari satu sisi ke sisi lainnya dan gulungan ombak yang semakin tinggi.

4. Peperangan

gambar romantisme
artattack911.com

Peperangan memang meninggalkan banyak hal-hal traumatik yang kadang enggan untuk diingat kembali. Namun, pada sisi seni romantisme peperangan adalah tragedi yang perlu dikenang dalam karya.

Bangunan-bangunan yang tak utuh serta kepulan asap yang memenuhi langit menjadi pemandangan yang tak asing di masa peperangan. Hewan ternak yang berlarian akibat api di beberapa titik pun tak bisa dielakkan pada masa yang bergejolak kala itu.

5. Gambar Romantisme Kolonialisme

gambar romantisme
artnet.com

Pada zaman dahulu kolonialisme dilakukan oleh orang-orang benua eropa maupun amerika. Dengan kekuatan militernya mereka menjarah rumah-rumah warga yang dijajah untuk menyita bahan makanan atau apapun.

Gambar romantisme mengekspresikan kondisi ini dengan sempurna. Memadukan teknik gambar dan pemilihan warna pada objek gambar dengan tepat mengekspresikan kesenjangan yang terjadi pada lukisan tersebut.

6. Suasana Kota Perairan

gambar romantisme
identifythisart.com

Lanskap pemandangan alam pun tak luput dari fokus objek lukisan bergenre romantisme ini. paduan warna yang sering digunakan oleh pelukis gaya romantisme ini adalah warna-warna alam ataupun pastel.

Meskipun tak ada organ hidup pada lukisan tersebut tetap tak mengurangi kualitas berkelas lukisan yang menggambarkan suasana kota perairan yang berkelas dan menenangkan tersebut.

7. Gambar Romantisme Alam

gambar romantisme
tate.org.uk

Mendukung kesan nyata pada gambar dengan gaya romantisme maka perlu menggunakan unsur gelap terang ketika proses kreatif menggambar karya seni tersebut.

Pada lanskap pegunungan yang kering dan berkabut ini kesan nyatanya dapat dirasakan pada penggunaan bayangan di setiap objek yang digambar dan dua sosok manusia yang sedang berbincang di bawah teduhnya dua pohon yang menjulang tinggi.

8. Lukisan Pemandangan

gambar romantisme
hpixfeeds.com

Cara memulai belajar melukis pemandangan bergaya romantisme ini cukup dengan mulai menorehkan apapun yang kamu lihat ke permukaan kanvas senyata mungkin dan apa adanya.

Semakin mahir kamu membuat objek-objek terlihat nyata seperti pada gambar danau dan pegunungan serta tanaman yang bermekaran pada gambar diatas kamu dapat melanjutkan untuk meningkatkan kemampuan menggambar objek secara mendetail. 

9. Gambar Romantisme Simple

pixfeeds.com

Gambar diatas dapat menunjukkan bagaimana cara melukis detail pada tiap objek yang digambar sehingga mendukung kesan nyata pada objek yang sedang dilukiskan.

Jembatan dengan deretan tanaman yang bermekaran dan berdesakan dengan dedaunan di sekelilingnya terlihat menawan ditambah latar lautan yang biru dan cerah.

10. Gambar Romantisme Seni Budaya

worldatlas.com

Unsur gambar romantisme mengedepankan suatu template yang memiliki kisah yang mendalam dan dramatis. Penggambaran dan pewarnaan dibuat sangat tegas tak banyak aksen berlebihan merupakan khas dari gaya romantisme ini.

Lokasi-lokasi bersejarah dengan cerita yang kelam atau memiliki kesan tersendiri bagi masyarakat sekitarnya menjadi objek utama gaya ini. Seperti yang digambarkan pada gambar ini dimana pasar sungai atau kegiatan jual beli di sungai dilaksanakan.

Itulah kumpulan gambar romantisme untuk inspirasi membuat karya seni kalian. Contoh tersebut berdasarkan sumber terpercaya dan populer.

Leave a Comment