Home » Edukasi » Gambar » 12 Contoh Gambar Sekolah Simple dan Mudah

12 Contoh Gambar Sekolah Simple dan Mudah

Berikut adalah kumpulan contoh gambar sketsa sekolah yang mudah untuk kalian tirukan. Ada banyak pilihan desain yang keren dan menarik.

Umumnya dalam gambar sekolah ini dilengkapi dengan objek lain misalnya kendaraa dan benda-benda di sekitar sekolah.

Agar bisa menghasilkan gambar yang bagus, kalian juga bisa berimajinasi dengan menambah gambar tersebut dengan benda-benda kesukaan. Dalam pewarnaan pastikan juga menggunakan perpaduan warna yang serasi.

Gambar Sketsa Sekolah

1. Mewarnai Gambar Sekolah TK

Gambar sekolah TK identik dengan bangunan yang penuh warna. Biasanya menggunakan warna-warna terang yang menampilkan keceriaan. Misalnya warna merah, kuning, hijau, dan biru.

Gedung sekolah TK cenderung lebih kecil karena jumlah muridnya pun lebih sedikit. Lagi pula jenjang TK hanya ada satu angkatan saja.

2. Contoh Gambar Sekolah

Gedung seperti ini cukup sering ditemui pada sekolah-sekolah yang ada di kartun. Gedungnya terlihat estetik dengan bangunan yang tersusun rapi. Mungkin saja pembangunan sekolah ini menggunakan lahan yang terbatas. 

Hanya cukup untuk membuat gedungnya saja. Namun, keseluruhan, sekolah model ini sudah mencakup semua kebutuhan, termasuk lapangan upacara dengan pengibaran benderanya.

3. Gambar Sekolah Sederhana

Kalau diperhatikan, membuat gambar gedung sekolah sama halnya dengan sketsa rumah. Bentuknya persegi panjang yang dibuat mengerujut pada bagian ujung atasnya.

Namun biasanya gedung sekolah akan dilengkapi dengan bendera pada atas gedung. Bendera bisa menjadi identitas sekolah yang membedakan dengan sekolah lainnya.

4. Gambar Sketsa Sekolah

sketsa sekolah

Ini dia gambar sekolah yang lebih rumit. Gedung sekolah memiliki dua lantai dengan masing-masing lantai terdapat dua ruang kelas. Saat disatukan, tampilannya akan terlihat rapi, kokoh, dan megah.

Saat menggambar, jangan lupakan pembuatan bendera di bagian puncak gedung. Selain itu, tambahkan aksen jam dinding raksasa untuk mengisi ruang yang kosong pada gedung.

5. Sketsa Sekolah Mewah

sketsa sekolah

Menggambar sekolah bisa dikreasikan sebebas mungkin. Apalagi kegiatan menggambar memang didasarkan pada imajinasi seseorang. Lihatlah gambar sekolah dengan konsep mewah tapi lumayan minimalis.

Ketika bangunannya relatif kecil, bagaimana agar gedung itu terlihat mewah? Kalian bisa menggunakan permainan warna. Misalnya dengan memadukan warna-warna emas yang membuat tampilan terkesan mewah.

6. Sketsa Sekolah Simple

sketsa sekolah

Kalau lebih suka bangunan bergaya sederhana, sketsa berikut menjadi pilihannya. Menggambarnya tidak diperlukan teknik khusus. Sebab, kalau diperhatikan, kalian hanya perlu menggambar garis-garis saja.

Pertama buatlah bagian badan gedung, kemudian baru atapnya. Setelah itu lengkapi jendela pada sisi kanan, kiri, dan tengah. Terakhir, buatlah pintu dan tulisan “SCHOOL”.

7. Gambar Sekolahan Kartun

sketsa sekolah

Sketsa sekolah lengkap menampilkan gambar gedung. halaman, dan lingkungan sekitarnya. Cukup membuat gedung sederhana, tangga untuk naik, dan ditambahkan rumput serta matahari.

Sekolah itu pasti sangat seru. Dari auranya sudah mendorong para murid untuk bersemangat dalam belajar. Ibaratnya agar mereka senang dulu saat baru datang ke sekolah.

8. Sekolah Klasik

sketsa sekolah

Sekolah klasik menampilkan gedung yang sedikit berbeda. Bangunannya terbagi menjadi tiga ruang yang dibatasi oleh tiang. Akses pintu utama berada di tengah ditandai dengan adanya anak tangga.

Kira-kira bangunan sekolah model klasik ini apakah masih kalian temui? Mungkin saja masih ada, tapi bisa jadi sudah banyak perombakan dari gedung aslinya. Hal ini karena hampir setiap tahun pihak sekolah melakukan renovasi.

9. Suasana Sekolah Asri

Akhir-akhir ini cukup banyak sekolah yang mulai menanam pohon di lingkungan sekitarnya. Selain agar suasana asri, berbagai pihak turut mendukung adanya program peduli lingkungan. Cara paling sederhana dengan menanam pohon.

Beberapa sekolah bahkan sudah mendapat penghargaan atas kemampuannya dalam mengelola lingkungan. Contohnya seperti program adiwiyata. Sekolah-sekolah seperti ini pasti suasananya lebih sejuk.

10. Lingkungan Sekolah

Melihat sekolah bukan hanya dari gedungnya saja, tapi juga dari lingkungan yang mengelilingi sekolah. Kalau dilihat keseluruhan, setiap sekolah pasti ditumbuhi pohon.

Biasanya pohon yang ada di sekitar sekolah juga dimanfaatkan untuk kegiatan belajar. Pihak sekolah sengaja menanam berbagai macam pohon dan diberi label. Kemudian murid diminta untuk mengenal atau menggambar pohonnya.

11. Gambar Lingkungan Sekolah

Potret lingkungan sekolah seperti ini umum ditemui. Gedung sekolah dengan bendera yang berkibar di tengah halaman serta pagar keliling. Suasanya terlihat asri dan tenang. Cocok saat masa-masa upacara.

Biasanya ketika sudah masuk jam belajar, gerbang sekolah akan ditutup. Selain masalah keamanan, juga melatih siswa untuk disiplin. Siswa yang telat tentu akan mendapat catatan tersendiri.

Deretan gambar sekolah itu semoga dapat menjadi inspirasi kalian. Kalian juga bisa berkreasi menurut imajinasi masing-masing. Bisa jadi hasil gambarnya akan berbeda bukan?

Leave a Comment