15+ Contoh Gambar Sketsa Bunga yang Indah dan Beragam

Dengan adanya contoh gambar sketsa bunga yang beragam jenis akan mempermudah aktivitas menggambar atau melukis. Karena arti sketsa sendiri adalah lukisan cepat atau gambar rancangan. Selain memiliki contohnya, yang tidak kalah penting adalah mempersiapkan semua peralatan yang dibutuhkan.

Umumnya jenis bunga yang menarik untuk dilukis adalah bunga Matahari, bunga Mawar, bunga Tulip dan bunga Sakura. Masih banyak lagi jenis bunga yang menyuguhkan keindahan dan selalu menarik perhatian. Seperti aslinya, bunga baik yang masih di batang atapun sudah dipetik selalu mengesankan, terutama untuk penggemarnya.

Untuk itu bagi kalian yang akan memulai menggambar dan melukis tema bunga, deretan contoh gambar sketsa  bunga dalam artikel ini bisa dijadikan referensi. Setelah selesai jenis yang satu, bisa dilanjutkan ke contoh lainnya. Dari tingkatannya pun bervariasi, dari yang mudah hingga sulit.

Contoh Gambar Sketsa Bunga Beragam Jenis

Sebelum memulai menggambar tips sederhana adalah ciptakan suasana yang tidak terlalu gaduh agar tidak terganggu. Kemudian pastikan peralatan yang dibutuhkan sudah siap semua. Dengan begitu aktivitas menggambar dan melukis akan lebih nyaman sehingga menghasilkan karya yang indah. Selamat berkarya!

1. Bunga Matahari

gambar sketsa bunga matahari
freecreatives.com

Memiliki warna cerah dengan bentuk yang khas siapa yang tidak melirik bunga Matahari. Saat mekar bersamaan, jajaran tanaman ini akan menghasilkan pemandangan yang indah. Tidak salah jika memilih bunga Matahari untuk digambar atau dilukis. Dalam contoh gambar sketsa bunga ini bukan saja gambar bunganya yang indah, namun keberadaan batang dan dua daunnya menjadi daya tarik sendiri.

2. Bunga Matahari Simpel

gambar sketsa bunga
clipart-library.com

Sketsa ini terlihat sederhana dibandingan gambar bunga Matahari sebelumnya. Sengaja dalam setiap mengulas atau memberikan contoh, ada yang mudah dan juga yang terbilang sulit. Untuk memulai menggambar bunga Matahari ini kalian bisa mendahulukan bagian batang dan bagian benang sari dan putik, setelah itu barulah bagian yang lainnya.

3. Bunga Mawar

gambar sketsa bunga mawar
youtube: my how to draw.com

Bunga Mawar memiki ciri warna beragam dan bau yang khas. Karena keindahannya banyak yang menykai bunga ini untuk tanaman hias ataupun difungsikan yang lain, misalnya untuk hadiah ucapan ulang tahun. Bahkan karena populernya, warna yang dimiliki bunga Mawar memiliki filosofi tersendiri, tentu sudah umum jika warna Mawar merah identik dengan cinta.

4. Bunga Mawar Lengkap dengan Daun dan Batang

gambar sketsa bunga
pinterest.com

Pada contoh sketsa ini, yang memerlukan waktu lebih lama adalah bagian daun dan batang. Terlihat bagian bunga cukup simpel dan mudah untuk digambar. Namun, kalian harus tetap fokus menggambar bunganya terlebih dahulu setelah itu bisa memodifikasi bentuk batang dan daunnya.

5. Bunga Tulip 

gambar sketsa bunga tulip
pinterest.com

Tanaman bunga dengan ciri daun menjulang ke atas serta bentuk bunga yang khas menjadikan Tulip mudah dikenali. Yang menjadi daya tarik adalah perpaduan warna daun dan bunganya. Tanaman ini akan menjadi sangat menarik saat ditanam bersamaan dan sedang bermekaran. Barisnya bisa dibentuk dengan mengelompokkan warnanya.

Baca Juga:

6. Kumpulan Bunga Tulip

gambar sketsa bunga
cloudygirls.com

Dalam sketsa ini yang lebih mendominasi  adalah gambar batang dan daunnya. Sedangkan bentuk beberapa bunga cenderung hampir sama. Jika dirasa kurang banyak, bisa menambahkan beberapa batang lagi dengan bentuk yang sama.

7. Bunga Sakura Berguguran

gambar sketsa bunga
clipart.email

Membayangkan sedang duduk di dekat kolam ikan sambil menikmati barisan bunga Sakura yang sedang bermekaran rasanya sangat seru ya? Bunga yang identik dengan negara Jepang ini memang menyuguhkan keindahan yang lain mengagumkan. Tidak mengherankan bunga Sakura banyak digemari di berbagai negara.

8. Bunga Sakura 

gambar sketsa bunga sakura
pinterest.com

Untuk menggambar sketsa bunga sakura kalian bisa mendahulukan bagian batangnya, ini akan lebih  mempermudah. Bahkan kalian bisa dengan leluasa menambah atau mengurangi jumlah bunga yang nantinya akan digambar. Sebaiknya sudah ditentukan berapa bunga dan tentu panjang batangnya.

9. Bunga Sepatu Simpel

gambar sketsa bunga
youtube: tutorials point

Dibandingkan dengan zaman dahulu, populasi bunga Sepatu saat ini memang berkurang. Padahal selain mengasilkan bunga indah yang berkelanjutan, batangnya bisa hidup bertahun-tahun. Salah satu faktornya adalah tergeser dengan popularitas bunga hias yang sangat beragam.

10. Bunga Sepatu

sketsa bunga
facebook: seven s art

Untuk menggambar sketsa ini butuh sedikit kesabaran ya, apalagi bagi pemula. Dibandingkan dengan contoh-contoh yang sudah diulas, sketsa bunga Sepatu terbilang sedikt rumit, terutama yang paling menonjol adalah lekukan bunganya.

11. Bunga Teratai Besar

gambar sketsa bunga teratai
pinterest.com

Meskipun harus tumbuh di air yang keruh, bunga Teratai menjadi tanaman yang memiliki bunga sangat indah. Bahkan karena siklus pertumbuhannya yang dari air keruh dan menghasilkan bunga indah ini dijadikan sebagai filosofi hidup. Contoh gambar sketsa bunga ini cocok bagi kalian yang menyukai keindahan teratai.

12. Bunga Teratai yang Indah

gambar sketsa bunga
pinterest.de

Secara bingkai, contoh sketsa ini terlihat sederhana. Yang menjadikan sebagai sketsa yang sempurna adalah arsiran pensil yang lembut dan pas. Untuk memulai membuat sketsa ini bisa dari batang terlebih dahulu sebegai penyeimbang, kemudian garis-garis bunganya. Setelah itu baru menyempurnakan arsiran yang akan menunjukkan sebuah sketsa bunga.

13. Bunga Anggrek

gambar sketsa bunga
yandex.com

Melihat sekilas bentuk bunga ini kalian tentu sudah bisa menebak. Karena untuk merawatnya tidak memerlukan tempat yang luas banyak yang menjadikan bunga Anggrek sebagai hiasan. Bahkan tidak sedikit yang rela untuk mengoleksinya. Warna dan jenisnya pun tergolong sangat banyak

14. Bunga Anggrek dengan Daun dan Tangkainya

gambar sketsa bunga
pinterest.co.uk

Contoh gambar sketsa bunga Anggrek terbentuk sangat rapi, bunga, daun dan batangnya saling melengkapi. Untuk memulai membuat sketsa ini kalian bisa mendahulukan bagian tangkainya agar lebih mudah untuk menyeimbangkan gambar bunga. Setelah it baru menggambar bunga dan daunnya.

15. Bunga Bermekaran

sketsa bunga
narjooyan.com

Jika gambar yang biasa sudah terlewati, contoh berikut ini bisa dijadikan tantangan selanjutnya. Untuk membuat sketsa seperti ini bagi pemula tentu cukup menyita waktu.

16. Bunga Simpel Terindah

gambar sketsa bunga
thefrangipanitree.com

Contoh yang terakhir merupakan sketsa yang indah dan sangat rapi. Daun, batang dan bunga menyatu menjadi sebuah sketsa menawan. Jika tidak menyukai hal yang rumit contoh ini sangatlah cocok.

Sampai disini dulu ya pembahasan tentang contoh gambar sketsa bunga yang beragam. Kalian bisa menjadikannya sebagai inspirasi untuk menggambar atau melukis. Jika kalian konsisten, pasti hasilnya memuaskan bahkan lebih baik lagi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *