Home » Edukasi » Gambar » 11 Contoh Gambar Truk yang Bagus dan Mudah

11 Contoh Gambar Truk yang Bagus dan Mudah

Berikut adalah kumpulan gambar truk yang bagus dan mudah untuk ditirukan. Kalian bisa menggunakannya sebagai inspirasi menggambar dan mewarnai.

Truk adalah salah satu jenis kendaraan yang sangat populer. Kendaraan ini berfungsi untuk mengangkut benda dalam jumlah banyak. Jenis truk pun sejauh ini juga banyak.

Untuk di Indonesia, ada beberapa jenis truk yang terkesan lucu. Misalnya truk oleng, truk pasir hingga truk balap. Seperti apa bentuknya? yuk simak ulasan berikut ini.

Gambar Truk Keren

1. Gambar Truk Oleng

gambar truk oleng
youtube: deny nurhasanah

Truk oleng sebenarnya adalah sebutan truk yang bergoyang-goyang. Biasanya karena membawa beban terlalu banyak. Ada juga yang memang disengaja oleh si supir.

Tampilannya memang lucu, agak miring ke kanan atau ke kiri. Namun, kalau dilihat di jalanan, truknya akan sangat berbahaya. Jadi, gambar truk oleng dibuat untuk seru-seruan saja ya!

2. Gambar Truk Kartun

gambar truk
artprojectsforkids.org

Ketika menggambar truk, yang terpikirkan adalah kendaraan yang bisa mengangkut barang atau material. Gambarnya sangat sederhana, pewarnaannya pun tidak butuh teknik khusus.

Pada gambar kartun kalian bebas berkreasi. Yang terpenting hasil gambarnya menunjukkan bahwa itulah gambar truk dengan komponen yang lengkap.

3. Gambar Mobil Truk

gambar truk oleng

Kali ini kreasi truk lebih detail dari sebelumnya. Gambaran truk terlihat didesain menggunakan aplikasi tertentu. Sebab, tampilan gambar dan pewarnaannya sangat rapi.

Sebenarnya menggambar lewat aplikasi juga butuh teknik dan latihan yang tidak sebentar. Antara menggambar bentuknya ataupun mewarnai, semua harus dipikirkan agar gambar tampak pas dan serasi.

Ada banyak referensi menggambar dan mewarnai yang bisa dikunjungi, selain website saat ini juga sangat mudah ditemui di YouTube. Misalnya di channel Mobil Tole.

4. Gambar Truk Molen

gambar truk molen

Truk molen biasanya ditemukan saat ada proyek konstruksi. Bagian badan truk memiliki bentuk khas yang berguna untuk mengaduk beton. Dalam bahasa Inggris, truk ini dikenal dengan nama truk mixer.

Kalau digambar, truk molen cenderung diwarnai menggunakan warna putih. Meskipun jenisnya bermacam-macam, ada yang besar ada yang mini, gambaran truk molen tetap sama.

5. Gambar Truk Kontainer

Truk kontainer berbentuk truk panjang. Kontainer sendiri merupakan wadah yang bisa diisi barang. Dalam truk berarti kontainer berbentuk pengangkut yang letaknya berada di badan truk.

Isi kontainer cukup luas, bisa menampung banyak barang yang juga didesain sedemikian rupa agar aman di perjalanan. Untuk menggambarnya pun mudah, cukup menggabungkan kepala truk dengan kontainernya saja.

6. Gambar Truk Canter

Setiap perusahaan jasa angkutan barang pasti punya truk canter. Sebagian besar digunakan untuk mengangkut pasir, batu bara, dan material lainnya. Truk ini dinilai tangguh pada setiap medan perjalanan.

Kalian juga cukup tertarik menggambar truk canter? Caranya mudah seperti menggambar truk lainnya. Namun, ada detail-detail khusus yang perlu diperhatikan seperti spion dan lampu truk yang berada di depan

7. Truk Balap

Selain ada balapan motor, balapan truk juga ada loh! Kecepatan truk balap bisa mencapai 214 km/jam. Biasanya memang disiapkan pada sirkuit khusus.

Dari segi desain, truk balap tidak memiliki bak pengangkut barang seperti truk lainnya. Hal ini mungkin dilakukan untuk mengurangi berat truk sehingga truk balap bisa menambah kecepatan dari biasanya.

8. Truk Tronton

Truk tronton sudah sering dijumpai di jalanan. Cukup banyak perusahaan ekspedisi menggunakan truk ini. Kapasitas barang yang mampu dimuat kurang lebih 10 ton, ada juga yang kapasitasnya mencapai 20 ton.

Sekarang kalian bisa menirukan gambar truk tronton seperti sketsa berikut. Bentuk setiap bagiannya terlihat sangat jelas sehingga mudah ditirukan. Bahkan, kalau masih belajar menggambar, sketsa ini dapat dijiplak.

9. Sketsa Gambar Truk

Posisi truk sangat menentukan sudut pandang gambarnya. Contohnya pada truk berikut, digambar dari sudut kiri sehingga ¾ badan truk terlihat. Dengan kata lain, gambar ini cenderung dibuat miring.

Kalian bisa menggambar mulai dari bagian depan truk. Cukup gambaran besarnya saja dulu, baru kemudian dilengkapi dengan detail-detail lainnya. Yang penting bentuknya sudah merupakan gambar truk.

10. Sketsa Gambar Truk Oleng

sketsa gambar truk

Cukup sering ditemui truk dengan penutup pada bagian atasnya. Maksudnya ada tonjolan segitiga di bagian kontainer sehingga bentuknya menjadi tidak rata. Biasanya hal ini terjadi karena muatan kontainer terlalu banyak.

Kalau kelebihan muatan, truk akan oleng. Si sopir harus lebih berhati-hati saat berkendara. Oleh karena itu penting untuk memperhatikan berat muatan, jangan sampai melebihi kapasitas truk.

11. Sketsa Truk

sketsa truk

Terakhir tersedia sketsa truk yang sangat mudah digambar. Gambar garis-garisnya jelas dan berbentuk garis lurus. Kalian bahkan bisa memanfaatkan penggaris agar hasil gambarnya lurus.

Sementara untuk menggambar roda, bisa juga loh menggunakan uang koin. Cukup dengan menjiplak bentuknya nanti akan tampak roda yang bulat. Sangat mudah bukan?

Membuat gambar truk sangat mudah. Kalian bisa berkreasi sesuai keinginan. Bisa jadi malah membuat desain truk baru. Siapa tahu suatu saat bisa menjadi kenyataan, solusi truk yang modern dan bermanfaat bagi banyak orang.

Leave a Comment