Home » Edukasi » Karya Seni » 17+ Contoh Hiasan Jendela Kelas yang Inspiratif

17+ Contoh Hiasan Jendela Kelas yang Inspiratif

Menghadirkan hiasan jendela kelas akan menambah suasana belajar semakin semangat. Hiasan ini masih bagian dari dekorasi kelas yang bisa diterapkan di berbagai sisi kelas.

Saat penulis masih menjadi pengajar di sebuah SD milik perkebunan kelapa sawit di Kaltim, sering melakukan pengamatan sederhana perilaku siswa-siswi dalam menghias kelas.

Umumnya mereka semangat sekali baik laki-laki maupun perempuan. Mereka berjibaku menghasilkan karya seni yang selanjutnya dipasang di beberapa bagian sudut kelas.

Hiasan Jendela Kelas

1. Hiasan Kelas dari Origami

hiasan jendela kelas
kindercraze.com

Layang-layang memang identik dengan anam cowok, tapi faktanya saat dijadikan hiasan siapapu akan menyukainya. Terlebih lagi dilengkapi dengan berbagai warna dan kreasi lainnya.

Untuk membuat hiasan ini, bahan utama yang harus disiapkan adalah kertas, lem dan peralatan pendukung lain. Sebaiknya, jenis hiasan seperti ini cocoknya untuk kelas PAUD dan TK, adapun jika kelas SD bisa diterapkan di kelas rendah Kelas I atau II.

2. Hiasan Jendela Kelas dari Kertas

hiasan jendela kelas
oomurasaki57.blogspot.com

Berikutnya ada ide contoh hiasan kelas yang berbahan kertas dengan tema tumbuhan dan hewan. Meski terkesan sederhana, tapi bisa dilihat kan hasilnya tetap cantik. Jika dibandingkan tanpa adanya hiasan pasti sangat berbeda.

Contoh ini bisa kalian terapkan dengan tema apa saja sesuai kesepakatan di kelas. Kalau masih di kelas rendah, baiknya ikuti arahan dari bapak dan ibu guru agar hasilnya memuaskan.

3. Dekorasi Jendela Kelas Kreatif

hiasan jendela kelas
pinterest.com

Menggunting kertas origami menjadi bagian-bagian hiasan kelas ini tentu menjadi kesukaan kalian. Untuk membuat ini, bisa memanfaatkan waktu pembelajaran prakarya atau kesenian.

Setelah pembelajaran selesai, hasilnya pun bisa dipajang dan dilihat sewaktu-waktu, keren kan.

4. Hiasan Kelas Sederhana Tapi Mewah

hiasan jendela kelas
nijiiro-hoikuen.jp

Terbuat dari kertas dengan pemilihan warna yang sesuai menjadikan hiasan ini nampak elegan. Padahal hanya membutuhkan bahan-bahan sederhana saja. Ini juga bisa diterapkan di ruang kelas kalian lho.

Terlebih lagi jika kelas kalian terkesan sempit penuh dengan peralatan belajar mengajar, adanya hiasan dengan warna-warni seperti ini akam membuat suasana belajar lebih semangat lagi.

5. Gambar Hiasan Dinding Kelas TK 

hiasan jendela kelas5
leyvapoetry.blogspot.com

Jika diperhatikan, hiasan dinding dan jendela kelas ini sangatlah simpel. Namun, hadirnya hiasan tersebut merubah suasana menjadi lebih menarik. Seolah gambar pohon tersebut memenuhi seisi ruang kelas.

Gambar pohon ini tentu bisa diganti dengan objek apa saja yang disukai. Dan coba bayangkan betapa indahnya jika bisa membuat hiasan lain dengan bentuk dan pewarnaan yang tepat.

Kumpulan artikel menarik lainnya!

6. Hiasan Kaca

hiasan jendela kelas
pinterest.com

Untuk bisa membuat hiasan seperti ini kalian harus membutuhkan perjuangan, terutama segi bahan. Setidaknya membutuhkan beberapa warna cat dan perlatan lain. Selain itu, hiasan jendela kaca seperti ini cara menggambarnya juga harus hati-hati.

Kelebihan dari jenis ini hiasan lebih awet dan tidak mudah rusak. Kekurangannya, saat ingin mengganti dengan gambar lain harus menghapusnya dengan cara yang tidak mudah.

Jadi sebelum menggunakan cat, pikirkanlah terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya.

7. Hiasan Kelas dari Barang Bekas

hiasan jendela kelas
decorganize.biz

Cara membuat hiasan kelas dari barang bekas cukup mudah. Ada beebrapa benda yang bisa dijadikan hiasan tersebut. Misalnya botol dan kardus yang sudah tidak digunakan.

Setelah mendapatkan barang atau benda tersebut, janga lupa untuk mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan. Beberapa alat yang akan menunjang misalnya; kertas, gunting, pisau dan lem.

8. Dekorasi Kelas SMP Simple tapi Menarik

hiasan jendela kela
pinterest.com

Contoh hiasan ini bagusnya diterapkan untuk kelas atas seperti SMP adn SMP, karena bentuknya lebih simple dan tidak terlalu mencolok. Untuk kelas atas tidak cocok dengan hiasan yang terlalu banyak dan penuh warna-warni.

Hiasan ini sangat sederhana sekali kan? Untuk membuatnya tidak membutuhkan banyak bahan yang sulit dicari atau mengharuskan beli terlebih dahulu.

Ada banyak bahan bekas yang bisa digunakan untuk membuatnya, bahkan bisa lebih cantik lagi.

9. Contoh Hiasan Jendela Kelas dari Kain

hiasan jendela kelas
pinterest.com

Untuk desain berikut ini terbilang sangat berlebihan ya sobat. Warnanya terlalu cerah dan beranekaragam. Selain itu ukuran yang besar terlihat mengganggu suasana.

Namun tidak ada salahnya menjadikan contoh ini sebagai referensi desain hiasan jendela kelas kalian. Tinggan membuatnya semenarik mungkin dengan bahan berbeda misalnya.

10. Contoh Hiasan Gantung dari Kertas

hiasan jendela kelas
pinterest.com

Jika kalian termasuk menyukai warna-warna lembut dan beraneka macam, contoh hiasan ini cocok untuk dipraktikkan. Bentuk-bentunya terbilang sangat sederhana dan hampir sama semua.

Setelah hiasannya jadi, kalian tinggal menggantungnya di atas jendela ataupun pada kaca yang ada. Untuk pemilihan warna juga akan menghasilkan karya terbaik.

11. Hiasan Jendela Kelas dari Barang Bekas

pinterest.com
pinterest.com

Barangkali bahan-bahan untuk mendesain kelas kalian dengan botol-botol bekas tidak akan mengalami kesulitan. Bagaimana tidak, setiap hari banyak botol bekas bertebaran.

Meskipun sudah menjadi barang bekas, di tangan orang-orang kreatif barang tersebut bisa menjadi benda yang bernilai jual. Tidak ada salahnya kalian mencobanya.

12. Hiasan Jendela Kelas dari Origami Bekas

hiasan jendela kelas
blogs.glowscotland.org.uk

Hiasan yang satu ini tidak membutuhkan bahan-bahan yang harus mengeluarkan biaya. Misalnya menggunakan origami bekas coretan kalian pun bisa dimanfaatkan.

Tinggal mengumpulkannya saja dari teman-teman satu kelas, kemudian dibentuk sedemikian rupa.

13. Dekorasi Kelas Tema Laut

dekorasi kelas
sortingwithstyle.com

Mungkin tidak semua siswa menyukai dunia hewan terutama hewan laut. Namun, jika dijadikan hiasan kelas coba kita bayangkan sejenak betapa indahnya perpaduan ini.

Beragam jenis hewan serta benda laut lainnya berbaur membentuk keindahan. Dengan adanya hiasan tema pemandangan bawah laut tersebut menjadikan suasana yang berbeda.

14. Contoh Hiasan Kelas Full Colour

dekorasi kelas
juxtapost.com

Terlihat seperti tempat bermain ya sobat suasana kelas yang terbangun. Pasnya sih suasana ini untuk ruang kelas TK atau PAUD.

Semua hiasan yang tertempel merupakan sarana belajar untuk menarik perhatian mereka. Wajar seusia mereka masih senang-senangnya dengan dunia permainan.

15. Hiasan Kelas dari Kain Flanel atau Kertas Origami

dekorasi kelas
eductionalblog123.blogspot.com

Sudah menjadi rahasia umum bahwa jenis kain flanel merupakan jenis kain yang memiliki warna dan bentuk yang tepat dijadikan aneka kreasi.

Perpaduan warna dan bentuk yang dihasilkan pun bisa membuat suasana lebih indah. Jika dipadukan dengan berbagai hiasan berbahan kertas origami tentu lebih menari lagi kan.

16. Hiasan Kelas Tema Bunga

hiasan kelas sd
flickr.com

Hiasan jendela kelas dan berbagai macam perslatan belajar terlihat begitu lengkap. Bahkan setiap sudut terdapat berbagai benda yang menjadi pelengkap.

Dilihat dari penataannya ruang kelas ini cocok untuk kelas PAUD ataupun TK. Benda-benda yang ada pun bisa dijadikan sarana belajar mereka.

17. Hiasan Kelas Suasana Rimba

dekorasi kelas
pinterest.com

Auow, hiasan jendela kelasnya keren kan? Serasa di alam liar yang lengkap dengan binatang dan pepohonan.

Warna yang dihasilkan pun sangat khas dengan suasana rimba. Untuk hasil lebih menarik, kalian bisa mengganti dengan gambar yang bagus.

18. Hiasan Dinding Kelas Kreatif

dekorasi kelas
pinterest.com

Hiasan kelas yang terakhir ini terlihat begitu indah. Karena di sebelah jendela terdapat hiasan dinding lainnya.

Untuk hiasan yang di jendela sendiri tetap memberikan kesan cantik, karena perpaduan warna dan bentuknya cukup sempurna.

Demikian ulasan tentang berbagai contoh hiasan jendela kelas agar semakin semangat belajar. Dengan tangan-tangan kreatif kalian bisa jadi hasilnya akan lebih memukau.

2 thoughts on “17+ Contoh Hiasan Jendela Kelas yang Inspiratif”

  1. Gambarnya menarik saya suka,ide kreatif,insyaallah saya bisa mengikuti jejak kreatif ini

    Reply
    • Terimakasih Kak, semoga menginspirasi

      Reply

Leave a Comment