ide usaha kreatif

25 Ide Usaha Kreatif Modal Kecil dan Menguntungkan

Ide Usaha Kreatif – Apakah Anda menginginkan sebuah pekerjaan yang tidak terikat waktu dan tempat? Jika iya, alangkah baiknya mencoba untuk memulai usaha sendiri. Beberapa dari kita mungkin memiliki angan menjadi seorang pengusaha. Merintis bisnis sendiri rasanya terlihat keren bukan?

Sayangnya sangat sedikit orang yang benar-benar menjalani hidupnya sebagai seorang pebisnis. Banyak orang menyerah di tengah jalan karena berbagai faktor teknis, seperti keuntungan yang tidak sebanding dengan biaya produksi. Nah bagi Anda yang tertarik menjadi usahawan, mari simak 25 ide usaha kreatif modal kecil yang bisa Anda lakukan di rumah.

25 Ide Bisnis Kreatif Bagi Pemula

Salah satu kunci penting dalam memulai usaha adalah memilih jenis usaha yang menjanjikan. Anda harus pandai melihat peluang. Melihat usaha apa yang sekiranya mendatangkan banyak pelanggan, atau usaha apa yang sedang dibutuhkan banyak orang.

Oleh karenanya memilih ide bisnis kreatif yang unik dan berbeda dari usaha lainnya akan membuat usaha Anda dapat lebih bertahan lama. Setidaknya Anda sudah ‘curi start’ terlebih dahulu dengan adanya inovasi pada ide. Nah, berikut adalah informasi yang bisa Anda jadikan referensi:

1. Dropshipper

ide usaha kreatif
freepik.com

Ide bisnis kreatif modal kecil menjadi dropshipper bisa Anda coba, terutama bila memiliki modal pas-pasan. Banyak situs belanja online yang menyediakan jasa bisnis sebagai dropshipper. Anda dapat menjadikannya peluang tanpa perlu mengeluarkan modal besar. Cukup posting barang-barang dari toko tertentu dan ketika ada pembeli, Anda cukup menjadikan kiriman sebagai dropshipper. Sudah banyak loh mahasiswa yang menggeluti bisnis sampingan ini untuk menjual produk-produk fashion kekinian. Selain produk fashion, masih banyak jenis produk lainnya yang bisa dijual secara dropship.

2. Usaha Sayuran, Ikan, dan Olahan Daging Siap Masak

ide usaha kreatif
swagoz.com

Kesibukan sebagai wanita pekerja tentu menjadikan mereka tidak memiliki waktu yang cukup untuk memasak makanan bagi keluarga secara maskimal. Terlebih mengupas sayuran, maupun membersihkan ikan dan daging cukup menguras waktu. Belum lagi bagi mereka yang juga memiliki buah hati berusia dini. Nah, satu dari 25 ide usaha kreatif dan inovatif yang dapat Anda lakukan adalah membuka bisnis penyedia sayuran siap masak. Anda hanya perlu mempersiapkan sayuran dalam bentuk sudah terpotong-potong kemudian menjualnya kepada pelanggan.

Selain sayur, Anda juga dapat menjual ikan laut yang telah dibersihkan sisik serta organ dalamnya, sehingga pelanggan dapat langsung menggorengnya di rumah. Apabila Anda tinggal di perkotaan, bisnis ini cukup menjanjikan mengingat banyak perempuan yang bekerja di luar rumah.

3. Kerajinan dari Drum dan Ban Bekas

ide usaha kreatif
decoist.com

Usaha unik lainnya yang bisa Anda jadikan lahan usaha adalah kerajinan dari drum dan ban bekas. Anda dapat menggunakan ban-ban bekas yang biasa digunakan kendaraan berat. Harga ban bekas dapat dikatakan sangat murah sehingga ongkos produksi Anda juga tak akan terlalu besar.

Anda dapat mengolahnya menjadi beberapa kerajinan seperti kursi dan meja taman. Selain itu Anda juga dapat mengolahnya sebagai pot maupun tempat sampah. Agar membuat produk Anda lebih menarik, jangan lupa warnai dan berikan pernak pernik tambahan untuk membuatnya lebih lucu.

4. Bisnis Makanan Diet

ide usaha kreatif
star2.com

Bisnis makanan tentu sudah biasa. Oleh karenanya Anda dapat memberikan inovasi dengan menjual makanan bagi mereka yang sedang menjalankan program diet. Namun Anda perlu memiliki pengetahuan yang cukup terkait takaran gizi yang tepat, karena diet tak bisa sembarangan dilakukan. Dengan begini, pelanggan Anda akan lebih percaya pada jasa yang Anda tawarkan. Bagi Anda yang memiliki latar belakang pendidikan gizi, bisnis ini cocok untuk Anda coba.

5. Bisnis Coklat Pahat

ide usaha kreatif
inspirock.com

Memahat patung tentu sudah biasa, namun memahat coklat tentu masih jarang dilakukan bukan? Bagi Anda yang memiliki ketrampilan memahat, tak ada salahnya Anda mencoba bisnis coklat namun dengan membentuknya menjadi karakter khusus sesuai dengan pesanan pelanggan.

6. Usaha Jual 3 Kaos Kaki

ide usaha kreatif
magazine.promomarketing.com

Tentu umum melihat sepasang kaos kaki terdiri dari dua buah. Namun ukurannya yang kecil, tak jarang membuat salah satunya hilang ketika di cuci. Ini bisa Anda jadikan peluang menarik loh. Anda bisa menjual kaos kaki yang berisi 3 buah. Satu alternatif ini bisa Anda munculkan sebagai bisnis karena masih jarang yang menjalankannya. Anda juga dapat mendesain ulang kaos kaki polos dengan memberinya motif kartun-kartun lucu agar membuatnya lebih menarik.

7. Bisnis Es Krim dari Kulit Pisang

ide usaha kreatif
elitereaders.com

Sudah cukup banyak kedai yang menjual olahan pisang dalam bentuk nugget atau pisang crispy dengan berbagai topping. Namun bagaimana dengan olahan dari kulit pisang? Nah, Anda dapat memilih ide usaha kreatif makanan ini karena berpeluang bagus. Caran ya ialah menjadikan kulit pisang dalam bentuk olahan es krim. Bagi mereka yang sudah mencobanya, olahan es krim kulit pisang ternyata memiliki citarasa yang tak kalah lezat dengan buah pisang.

Caranya adalah dengan melembutkan kulit pisang menjadi sari kulit pisang dan kemudian campur dengan bubuk es krim, susu, coklat, serta bahan lainnya. Kulit pisang yang banyak terbuang sia-sia dapat Anda beli dengan cuma-cuma sehingga modal Anda juga dapat lebih murah. Dengan mendaur ulang dan menambahkan beberapa topping kekinian, produk ini siap dipasarkan sebagai salah satu hidangan unik.

8. Jual-Beli Perlengkapan Pernikahan Orang yang Gagal Menikah

ide usaha kreatif
dagweddingplanner.com

Pernahkah terpikir bahwa bisnis Anda dapat membantu mengobati kesedihan orang lain? Melalui ide usaha kreatif ini, Anda bisa melakukannya. Sambil berbisnis, sambil membantu meringankan beban orang lain. Mungkin ini bisa menjadi salah satu slogan dalam bisnis Anda.

Anda bisa membuka jasa jual-beli perlengkapan pernikahan seseorang yang gagal menikah, mulai dari cincin hingga gaun pernikahan. Kemudian Anda dapat menjualnya kembali kepada seseorang yang akan menikah dengan harga yang lebih tinggi. Selain memperoleh laba, Anda juga turut membantu mengobati kesedihan seseorang yang gagal menikah. Terlebih bagi mereka yang telah mengeluarkan ongkos besar pada beberapa item pernikahan.

9. Jual-Beli Barang Kenangan Mantan

ide usaha kreatif
3.bp.blogspot.com

Salah satu hal sulit bagi pasangan yang baru saja mengakhiri hubungan adalah bagaimana harus memperlakukan barang-barang pemberian Sang Mantan Kekasih. Kabar baiknya, Anda dapat menjadikannya sebagai peluang ide usaha kreatif menjanjikan. Anda dapat membuka bisnis jual-beli barang-barang kenangan dari mantan pacar yang ingin dijual oleh pelanggan Anda.

Sebut saja boneka, jaket, jam tangan, hingga surat cinta. Anda dapat menjualnya kembali sebagai barang-barang pada umumnya. Anda juga dapat tetap menjualnya sebagai barang kenangan dengan menyertakan surat atau puisi menyentuh pada tiap barang sesuai dengan kenangan atas barang tersebut. Menarik bukan?

10. Freelance sebagai Admin Media Sosial

bisnis era digital
businessmirror.com

Dewasa ini banyak publik figur yang memanfaatkan akun media sosialnya untuk memperoleh pendapatan melalui sistem endorsement, mereka akan bekerja sama dengan klien untuk mengiklankan produk dengan imbalan uang. Namun, karena kesibukan tak sedikit dari mereka yang memanfaatkan jasa orang lain sebagai pengelola akun media sosial mereka. Selain mengelola endorsement, biasanya Anda juga akan diminta berinteraksi dengan penggemar melalui kolom komentar.

Selain publik figur, banyak pengusaha yang memasarkan produknya melalui media sosial dan membutuhkan seseorang untuk mengelola akun tersebut. Anda dapat memanfaatkan peluang ini dengan menawarkan jasa Anda sebagai pengelola akun mereka.

11. Bisnis Makanan Duka Cita

ide usaha kreatif
adorablegiftbaskets.com

Memberi ucapan duka cita menggunakan bunga tentu sudah biasa. Lalu bagaimana dengan memberikan makanan pada keluarga yang tengah berduka cita? Bisnis ini bisa jadi pilihan ide usaha kreatif ibu rumah tangga. Anda dapat melengkapi bisnis ini dengan memberikan jasa free delivery sehingga langsung diterima oleh pihak yang sedang berduka. Memberikan ucapan duka cita melalui makanan lebih bermanfaat daripada hanya memberikan karangan bunga.

12. Bisnis Perabotan Rumah Tangga dari Rotan

ide usaha kreatif dari rotan
cdn.vox-cdn.com

Memang sudah banyak olahan rotan, seperti rak atau kursi. Namun pernahkah terbayang menjadikan rotan sebagai bahan dasar perabotan rumah tangga? Anda bisa membuat kreasi piring, mangkuk, celengan, maupun box penyimpanan mainan anak dari rotan. Anda juga bisa membuat tempat penyimpanan dengan beragam bentuk hewan lucu ataupun tokoh kartun anak. Tak lupa tambahkan ornamen seperti mata dan hidung untuk membuat bentuk hewan terlihat lebih lucu.

13. Jasa Sewa Gaun dan Kostum

ide usaha kreatif
moreclaremore.com

Salah satu hal yang biasa di hari pernikahan masyarakat Indonesia adalah berganti gaun pernikahan beberapa kali. Oleh karenanya, membeli gaun pernikahan bisa memakan ongkos yang cukup besar, terlebih bagi mereka yang ingin berganti gaun hingga 4-6 kali. Nah, hal ini biasa disiasati dengan menyewa gaun pernikahan, alih-alih membuatnya sendiri. Menyewa tentu akan mengeluarkan ongkos yang lebih murah, terlebih gaun pernikahan biasanya tidak dapat digunakan sebagai outfit sehari-hari.

Jasa sewa gaun pernikahan dapat Anda coba sebagai salah satu ide usaha kreatif lainnya. Namun Anda memang harus mau berkorban modal yang cukup besar untuk mengoleksi berbagai jenis pakaian pernikahan sebelum nantinya menyewakannya.

Selain gaun pernikahan dan pesta, Anda juga dapat membuka bisnis kostum yang biasanya digunakan sebagai fashion cosplay. Banyak remaja yang menggilai manga serta anime dari Negeri Sakura. Tak jarang pada beberapa festifal kebudayaan Jepang, para pengunjung mengenakan pakaian tokoh dalam komik maupun kartun. Nah, Anda bisa meliriknya sebagai peluang usaha. Anda bisa membuat kostum cosplay, misalnya pakaian naruto, ataupun membelinya langsung dari Jepang.

14. Bisnis Salon Muslimah

peluang usaha kreatif
awsimages.detik.net.id

Salon memang sudah sering dijumpai, namun masih sedikit salon muslimah yang memberikan pelayanan nyaman pada para muslimah yang tidak ingin perawatan rambutnya di tangani oleh laki-laki. Oleh karenanya, membuka bisnis ini masih cukup menjanjikan karena pesaingnya yang masih sedikit.

15. Jasa Rental Drone

ide usaha kreatif
grouponcdn.com

Salah satu gadget yang tengah hangat diperbincangkan ini bisa menjadi ide usaha kreatif Anda selanjutnya. Jasa penyewaan drone masih cukup jarang ditemukan di Indonesia. Selain karena harganya yang mahal, tak sembarangan orang dapat menggunakannya. Namun, jika Anda memiliki modal besar tak ada salahnya Anda mencoba membuka bisnis ini.

Terlebih drone dibutuhkan klien dari berbagai latar belakang yang berbeda, mulai dari instasi, perusahaan, developer, pembuatan film dan iklan, hingga perseorangan untuk foto prewedding. Oleh karenanya, jasa penyewaan ini akan tetap ada di hati pelanggan ke depannya.

16. Jasa Desain dan Isi Konten Website

ide usaha kreatif
drawinglinesmedia.com

Salah satu ide usaha kreatif ini cocok bagi Anda yang memiliki kemampuan dalam aplikasi desain grafis. Anda dapat memanfaatkan kemampuan sebagai freelance dalam mendesain dan mengisi konten sebuah website. Jasa ini juga tak perlu mengeluarkan modal yang besar karena lokasi kerja bisa Anda lakukan di mana pun. Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis ini, ada baiknya Anda mengiklankan jasa Anda melalui personal website yang berisi hasil desain website yang pernah Anda kerjakan.

17. Videografer Event

ide usaha kreatif
goshproductions.com

Bagi Anda yang memiliki kemampuan dalam operasi kamera profesional serta editing video, Anda dapat menjual jasa sebagai videografer pada event-event tertentu, seperti pernikahan, bridal shower, maupun promosi produk dan perusahaan. Bagi Anda yang tertarik untuk membuka bisnis ini, Anda perlu mempersiapkan kamera profesional maupun perlengkapan lainnya. Meskipun modal awalnya besar, namun jika Anda memiliki niat kuat untuk menekuninya, tentu akan memberikan keuntungan besar seiring berjalannya waktu.

18. Jasa Mendengarkan Curhat

ide usaha kreatif
jdmagicbox.com

Salah satu ide usaha kreatif ini dipelopori oleh Takanobi Nishimoto di Jepang. Ia membangun jasa sebagai pendengar keluh kesah orang lain dengan biaya USD 10 tiap menitnya. Bisnis ini bisa jadi alternatif ide usaha bagi Anda yang biasa menjadi pendengar  baik atas curhatan teman-teman terdekat.

Mengapa tidak Anda coba sebagai peluang usaha agar waktu Anda tidak terbuang sia-sia karenanya. Bisnis ini cukup menjanjikan ke depannya, terlebih perkembangan masyarakat saat ini yang semakin individualistis sehingga sulit menceritakan masalah pada keluarga dan teman terdekat.

19. Jasa Hias Souvenir Pernikahan

ide usaha kreatif
teanco.com

Menjelang hari pernikahan, banyak permintaan untuk membuat bingkisan souvenir pernikahan maupun seserahan kepada mempelai wanita. Tak ada salahnya Anda mencoba menekuni bisnis menjanjikan ini. Terlebih pernikahan adalah momentum yang akan terus berulang setiap tahunnya, sehingga tak akan sepi pelanggan.

Bisnis ini cocok bagi Anda yang suka dengan kegiatan merangkai, menata, dan menghias. Anda juga dapat melengkapi jasa Anda dengan memberikan jasa konsultasi terkait souvenir apa yang menarik, maupun seserahan apa saja yang dapat dibeli dengan batas maksimal budget tertentu.

20. Bisnis Sewa Alat Elektronik

ide usaha kreatif
leelaelectronics.com

Salah satu negara yang banyak menyediakan bisnis sewa alat elektronik ini adalah Korea Selatan. Biasanya alat elektronik yang disewakan adalah perlengkapan rumah hunian seperti AC, TV, kulkas, hingga mesin cuci. Pelanggan yang biasa menggunakan jasa ini adalah mereka yang tinggal di sebuah rumah sewaan yang tidak menyediakan perabotan atau mereka yang hanya tinggal sementara waktu di rumah sewaan sambil menunggu rumah tetap mereka dibangun. Selain itu, alat elektronik juga biasa di sewa sebagai tester sebelum seseorang membeli alat elektronik tertentu. Usaha ini masih cukup jarang ditemukan di Indonesia.

21. Jual Agenda Tahunan Lucu

ide usaha kreatif minim modal
classycareergirl.com

Ide usaha kreatif yang bisa Anda coba lainnya adalah menjual agenda tahunan dengan berbagai hiasan layaknya scrap book. Anda dapat membeli agenda polos dan menghiasnya dengan berbagai ornamen sesuai dengan pesanan pelanggan. Anda juga dapat menjualnya sebagai agenda tahunan bagi anak-anak sekolah yang saat ini sedang booming.

22. Bisnis Kebun Vertikal

ide usaha kreatif
sndimg.com

Terbatasnya lahan menjadikan mereka yang ingin berkebun harus pandai menyiasati tempat. Oleh karenanya, bisnis kebun vertikal akan sangat besar peluangnya ke depan. Bagi Anda yang memiliki keterampilan berkebun maupun pertanian, Anda dapat memanfaatkan pengetahuan Anda dalam bisnis ini. Anda dapat menawarkan jasa konsultasi pembuatan kebun vertikal atau turun langsung membuat kebun bagi pelanggan Anda.

23. Bisnis Kartu Undangan Elektronik

ide usaha kreatif kartu undangan eletronik
etsystatic.com

Saat ini beberapa pernikahan yang dilakukan sering mengirimkan undangan via media sosial kepada kerabat alih-laih memberikan undangan dalam bentuk cetak. Anda dapat melirik peluang ini sebagai lahan bisnis. Bagi Anda yang memiliki kemampuan desain grafis, Anda dapat menjual jasa pembuatan kartu undangan elektronik. Undangan ini juga tak melulu dalam bentuk gambar. Anda juga bisa membuat undangan dalam bentuk video yang tentu akan lebih menarik banyak pelanggan.

24. Bisnis Game Ruang Melarikan Diri

ide usaha kreatif
assets.londonist.com

Salah satu usaha yang tengah naik daun di Korea Selatan adalah bisnis menyediakan ruangan yang berisi game untuk melarikan diri. Seperti ruang karaoke, pelanggan akan masuk ke sebuah ruangan yang terkunci secara otomatis. Mereka harus menebak teka-teki yang disediakan dalam ruangan untuk bisa meloloskan diri. Anda dapat mencoba bisnis baru ini di Indonesia. Terlebih masih sangat jarang orang yang melirik usaha ini karena memerlukan modal yang cukup besar di awal.

25. Bisnis Cafe untuk Anak-Anak

bisnis kreatif
littledayout.com

Bisnis ini merupakan pengembangan dari bisnis penitipan anak. Banyaknya orang tua yang sibuk tak jarang membuat anak kehilangan waktu bermainnya. Di Korea Selatan, beberapa cafe anak ini menyediakan jasa penitipan dengan fasilitas lengkap. Mulai dari taman bermain, restoran, tempat potong rambut, ruang baca, kelas mewarnai, hingga kelas menari. Anak-anak akan disuguhkan dengan berbagai permainan tradisonal hingga modern dan lagu anak-anak. Anda dapat menjadikan ide usaha kreatif rumahan ini sebagai alternatif bisnis di Indonesia.

Itulah 25 ide usaha kreatif yang dapat Anda coba. Salah satu kunci penting dalam memulai usaha adalah niat yang kuat serta kesabaran. Tak ada usaha yang mendatangkan keuntungan dengan cepat. Diperlukan keuletan dan kesabaran dalam mengelolanya. Selamat mencoba!

 

Leave a Comment

error: Content is protected !!