10 Ikan Terbesar di Dunia yang Nyata Keberadaannya

Pernahkah kalian terbayang menyaksikan keberadaan langsung ikan terbesar di dunia, misalnya seperti dalam film Hollywood Jaws? Film yang mengisahkan tentang hiu putih besar yang mengerikan, ternyata spesies tersebut benar ada lho.

Hiu putih besar atau great white shark merupakan salah satu spesies yang masuk dalam daftar ikan terbesar di dunia. Memiliki panjang maksimal 7 meter dan berat 3,324 ton terbayang kan betapa mengerikannya jika kalian melihat langsung hewan tersebut.

Selain hiu putih besar apa masih ada ikan besar yang memiliki ukuran lebih besar lagi? Jawabnya ada, dan yang menempati urutan pertama sebagai ikan terbesar di dunia ternyata juga dari jenis hiu.

10 Ikan Terbesar di Dunia yang Masih Hidup Hingga Sekarang

Berikut ini merupakan daftar 10 ikan terbesar di dunia yang dikutip dari worldatlas.com. Ukuran serta bentuknya dijamin akan membuat kalian merinding.

1. Hiu Paus (Whale Shark)

ikan terbesar di dunia
bbc.com

Hiu Paus menempati posisi pertama ikan terbesar di dunia. Spesies yang memiliki nama latin Rincodhon Typus ini ditemukan di perairan tropis yang hangat. Ciri hiu paus adalah pergerakannya yang lambat dan tidak membahayakan manusia karena makanannya adalah plankton.

Whale shark memiliki ukuran panjang maksimal 12, 65 meter dan berat sekitar 21,5 ton, inilah yang menjadi alasan hiu paus berada di urutan pertama. Selain itu ciri lain yang dimiliki adalah memiliki lebar mulut 1,5 m yang di dalamnya berbaris rapi 300 hingga 350 gigi  berukuran kecil serta dilengkapi 10 lembaran penyaring.

Keberadaan hiu paus terancam mengalami kepunahan, penyebab utamanya adalah kegiatan penangkapan yang dilakukan oleh nelayan. Selain itu banyaknya kapal dan jaring yang lalu lalang menyebabkan resiko kematian lebih tinggi.

2. Hiu Penjemur (Basking Shark)

ikan terbesar di dunia
mnn.com

Di urutan kedua ikan terbesar di dunia adalah Hiu Penjemur atau basking shark. Spesies raksasa dengan nama latin Cetorhinus Maximus ini juga pemakan plankton seperti hiu Paus.  Hiu penjemur hidup di perairan dingin dataran pesisir di Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik.

Basking Shark memiliki ciri warna abu – abu gelap hingga coklat keabu-abuan. Sedangkan ukurannya bisa memiliki panjang hingga 12,7 meter serta berat 19 ton. Karena ulah manusia yang mengeksploitasi hiu penjemur keberadaannya pun terancam punah.

3. Hiu Putih Besar (Great White Shark)

ikan terbesar di dunia
dnyuz.com

Hiu putih besar dengan nama latin Carcharodon carcharias menempati posisi ketiga ikan terbesar di dunia. Hiu putih besar dapat ditemukan di pesisir perairan di seluruh permukaan lautan utama.

Ciri hiu putih besar adalah memiliki pergerakan yang cepat, bahkan bisa mencapai 24 km/jam. Sedangkan ukuran yang dimiliki, panjangnya bisa mencapai 6 meter dengan berat 2,268 ton. Meskipun memiliki ukuran besar, dengan kecepatan yang dimiliki hiu putih besar menjadi predator utama bagi mamalia laut seperti anjing laut, singa laut dan lainya yang notabene adalah makanannya.

4. Hiu Harimau (Tiger Shark)

ikan terbesar di dunia
darwinfoundation.org

Diurutan keempat ikan terbesar di dunia adalah hiu harimau atau tiger shark. Spesies  raksasa dengan julukan harimau laut ini hidup di lautan dengan iklim sedang dan sebagian besar hidup di sekitar samudera pasifik bagian tengah.

Ciri hiu harimau adalah memiliki panjang hingga 7,4 meter serta berat mencapai 3,11 ton. Untuk urusan makanan memiliki perbedaan dengan jenis hiu sebelumnya, hiu harimau memangsa makhluk akuatik, burung laut hingga sampah yang ada di lautan.

5. Ikan Pari Manta (Manta Birostris)

ikan terbesar di dunia
sciencenews.org

Diurutan kelima ikan terbesar di dunia diduduki ikan pari manta atau Giant Oceanic Manta Ray. Spesies ini hidup di lautan tropis dan subtropis. Sedangkan makanan manta Birostris adalah plankton.

Ikan pari memiliki ciri yang sangat terkenal seperti memiliki sengatan yang berbahaya dari ekornya. Pada bagian bawah ekornya terdapat 2 taring yang beracun. Untuk ukuran, panjang ikan pari manta bisa mencapai maksimal 5 meter dengan berat sekitar 3 ton.

6. Mola Mola (Ocean Sunfish)

ikan besar
oceanario.pt

Ikan Mola Mola atau ocean sunfish ini hidup di daerah perairan samudera yang memiliki iklim sedang dan tropis. Dengan bentuk tubuh pipih dan perutnya yang panjang, menjadikan mola mola terlihat unik dan terkesan aneh.

Sedangkan ukuran ocean sunfish bisa memiliki panjang hingga 3 meter serta berat mencapai 2,3 ton. Untuk makanan spesies ini adalah jelly laut.

Baca Juga : Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaru

7. Sharptail Mola (Masturus Lanceolatus)

ikan raksasa
thoughtco.com

Merupakan spesies mola yang hidup di perairan tropis dan beriklim sedang. Sharptail Mola termasuk salah satu ikan bertulang dan memiliki bentuk mirip Mola Mola dengan sedikit perbedaan.

Ukuran sharptail Mola bisa memiliki panjang hingga 3,4 meter serta berat mencapai 2 ton. Ciri lain dari ikan ini adalah memiliki tubuh oval dengan profil dahi cembung yang merata. Sedangkan matanya lebih maju di kepala daripada genus Mola serta gigi di kedua rahangnya menyatu menjadi lempengan mirip paruh.

8. Mola Tecta (Hoodwinker Sunfish)

ikan besar
britannica.com

Mola Tecta adalah spesies ikan raksasa yang belum lama ditemukan. Ikan ini ditemukan pada tahun 2014 di pantai dekat Christchruch, Selandia Baru. Mola Tecta umumnya hidup di perairan belahan bumi selatan.

Mola Tecta sendiri merupakan spesies sunfish. Dengan panjang mencapai 2,4 meter serta berat hingga 1,87 ton menjadikan mola tecta salah satu ikan terbesar di dunia. Selain di Selandia Baru, spesies ini baru ditemukan di beberapa tempat seperti Afrika Selatan, New South Wales, dan Chili.

9. Huso Huso (Beluga Sturgeon)

10 ikan terbesar di dunia
thecaviarfarm.com

Diurutan kesembilan daftar ikan terbesar diduduki Huso Huso atau Beluga Sturgeon. Spesies ini merupakan jenis ikan anadrom yang masuk dalam keluarga sturgeon ordo Acipenseriformes. Ikan ini dapat ditemukan di cekungam Kaspia, Laut Hitam dan terkadang Laut Adriatik.

Ukuran Huso Huso bisa mencapai 7,2 meter dan berat hingga 3,17 ton. Menarik nya telur ikan ini  biasa dikonsumsi sebagai kaviar karena memiliki gizi tinggi. Bahkan harga kaviar sangat mahal, sekitar US$ 3.000-5.000 per kilonya.

10. Manta Alfredi ( Reef Manta Ray)

10 ikan terbesar di dunia
churaumi.okinawa.com

Posisi terakhir ikan terbesar di dunia adalah Manta Alfredi atau Reef Manta Ray. Manta Alfredi adalah spesies dari jenis ikan pari yang hidup di lautan tropis subtropis kecuali  Pasifik Timur dan Atlantik Barat.

Ciri dari Manta Alfredi adalah memiliki bentuk tubuh yang panjang dan lebar serta memiliki ekor seperti cambuk . Ukuran spesies ini bisa memiliki panjang hingga 5,5 meter dengan berat 1,4 ton. Sedangkan makanannya adalah zooplankton.

Demikian artikel yang mengulas daftar 10 ikan terbesar di dunia yang benar ada keberadaannya. Dengan berbagai ciri serta keunikan yang dimiliki semoga dapat menambah khazanah pengetahuan kalian.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *