Kumpulan Kata Kata Bijak Islami Pembangkit Semangat

Pernahkah sahabat merasakan suatu perasaan dimana kondisi hati sedang tidak karuan? Misalnya tiba – tiba merasakan drop saat menghadapi masalah kehidupan, baik dalam ranah pendidikan, sosial, cinta atau bahkan keluarga. Jika sahabat merasakan itu tidak ada salahnya menghibur hati dengan meresapi kata kata bijak islami yang penuh makna dalam artikel ini.

Umumnya kata kata bijak islami tersebut merupakan kutipan dari Al – Qur’an, Hadits, petuah hikmah dari para sahabat, ulama, dan tokoh populer. Hadits adalah setiap perkataan dan perbuatan Nabi Muhammad Saw, yang mana di dalamnya merupakan kumpulan perbuatan dan perkataan Rasulullah Saw yang semuanya berisikan kebaikan.

Tidak sedikit kata kata bijak islami yang populer hanya terdiri dari beberapa kata, akan tetapi jika dipahami maknanya kata tersebut memiliki makna yang sangat dalam. Bahkan dari beberapa kata tersebut bisa memberikan keteduhan hati yang awalnya resah menjadi semangat kembali.

Kumpulan Kata Kata Bijak Islami Pembangkit Semangat

Berikut ini merupakan kumpulan kata kata bijak islami dari berbagai sumber dan sangat populer di kalangan masyarakat muslim. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa problematika kehidupan banyak sekali ragamnya, sosial, lingkungan pendidikan, keluarga, rumah tangga dan lainnya. Semoga kata kata bijak islami ini mampu memberikan semangat pada sahabat pembaca yang tengah mengalami kondisi batin tidak tenang.

1. Kata Kata Bijak Islami Singkat

kata kata bijak islami

Kata kata bijak islami singkat ini merupakan kumpulan kata mutiara yang sudah familier dalam kehidupan sehari – hari kita. Meskipun terbilang singkat, namun masing – masing memiliki makna yang sangat mendalam. Misalnya, man jadda wajada, kata ini memiliki arti siapa yang bersungguh – sungguh dapatlah ia. Sungguh – sungguh disini bisa deterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi, belajar, bekerja, usaha dan lain sebagainya.

مَنْ جَدَّ زوَجَدَ
Siapa yang bersungguh – sungguh, dapatlah ia

مَنْ صَبَرَ ظَفِرَ
Barangsiapa bersabar, beruntunglah ia

الصَّبْرُ يُعْيْنُ عَلَى كُلٍّ عَمَلِ
Kesabaran itu menolong segala pekerjaan

مَوَدَّةٌ الصَّدِ يْقِ تَظْهَرُ وَقْتَ الظَّيْقِ
Kecintaan atau ketulusan teman itu, akan tampak pada waktu kesempitan

جَرَّبْ وَلَا حِظْ تَكُنْ عَارِفْ
Cobalah dan perhatikanlah, niscaya kamu akan menjadi orang yang tahu

الْوَقْتُ اَتْمَنُ مِنَ الذَّهَبِ
Waktu itu lebih mahal daripada emas

لَنْ تَرْجِعَ الْأَيَّامُ الَّتِيْ مَضَتْ
Tidak akan kembali hari – hari yang telah berlalu

مَنْ يَزْرَعْ يَحْصُدْ
Barang siapa menanam, pasti akan memetik (menuai)

لَوْلَا العِلْمُ لَكَانَ النًّاسُ كَلْبَهَائِمْ
Seandainya tiada berilmu, niscaya manusia itu seperti binatang

الْعِلْمُ فِي الصِّغْرِ كَاالنَّقْشِ عَلَى الْحَجَرِ
Ilmu pengetahuan di waktu kecil, bagaikan ukiran di atas batu

تَعَلَّمَنْ صَغِيْرًا وَعْمَلْ بِهِ كَبِيْرًا
Belajarlah di waktu kecil dan amalkanlah di waktu besar

لَاتَحْتَقِرْ مِسْكِيْنًا وَكُنْ لَهُ مُعِيْنًا
Janganlah engkau menghina orang miskin, akan tetapi jadilah penolong baginya

لَاتَحْتَقِرْ مَنْ دُوْنَكَ فَلِكُلِّ شَيْئٍ مَزِيَّةٍ
Jangan menghina seseorang yang lebih rendah daripada kamu, karena segala sesuatu mempunyai kelebihan.

الشًّرْفُ بِالْأَدَبِ لَا بِالنَّسَبِ
Kemuliaan itu adalah dengan adab (budi pekerti), bukan dengan keturunan

سَلَمَةُ الْإِنْسَانِ فِيْ حِفْظِ اللِّسَانِ
Keselamatan manusia itu dalam menajga lidahnya (perkataannya)

آدَابُ الْمَرْءِ خَيْرٌ مِنْ ذَهَبِهِ
Adab seorang itu lebih baik (berharga) daripada emasnya

سُوْءُ الْخُلُقِ يُعْدِي
Kerusakan budi pekerti itu menular

إِذَا صَدَقَ الْعَزْمُ وَضَحَ السَّبِيْلُ
Jika benar kemauannya niscaya terbukalah jalannya

اَصْلِحْ نَفْسَكَ يَصْلُحْ لَكَ النَّاسُ
Perbaikilah dirimu sendiri, niscaya orang lain akan baik padamu

عَدُوٌّ عَاقِلٌ خَيْرٌ مِنْ صَدِيْقٍ جَاهِلْ
Musuh yang pandai, lebih baik daripada teman yang bodoh

2. Kata Kata Bijak Islami Penyejuk Hati

kata kata bijak islami

Kata kata bijak islami penyetuk hati barangkali cocok bagi yang sedang gundah gulana merasakan pahit getirnya kehidupan. Ada guyonan yang bunyinya kurang lebih, banyak diantara manusia itu susah saat melihat orang lain senang, dan sebaliknya tidak sedikit manusia itu senang saat melihat orang lain susah. Realita kehidupan memang seperti itu adanya, berbagai penyakit hati yang ada akan menambah hati pembaca semakin sakit jika tidak bisa menyikapinya.

Janganlah menduga hal yang jelek dari sepatah kata yang keluar dari mulut saudaramu yang muslim, sementara kamu bisa menemukan sisi kebaikan dari perkataannya. (Umar bin Khatab)

Hendaklah kamu lebih memperhatikan tentang bagaimana amalan diterima daripada banyaknya beramal, karena sesungguhnya terlalu sedikit amalan yang disertai taqwa. Bagaimanakah amalan itu hendak diterima? Janganlah seseorang hamba mengharap selain kepada Tuhannya dan janganlah dia takut selain kepada dosanya. (Ali bin Abi Thalib)

Dua perkara yang susah sekali untuk mengobatinya yaitu meninggalkan loba (tamak) untuk manusia dan mengikhlaskan amal untuk Allah. (Sofyan bin Uyainah)

Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri (Q.S. Ar – Ra’du : 11)

Dan boleh jadi kamu membenci sesuatu tetapi ia baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu tetapi ia buruk bagimu, dan Allah mengetahui dan kamu tidak mengetahui (Q.S Al – Baqarah : 216)

Saat yang paling dekat bagi seorang hamba dengan Rabbnya adalah ketika dia bersujud, maka perbanyaklah doa (HR. Imam Muslim)

Bukan dunia yang kutangisi, tapi panjangnya perjalanan yang kuhadapi dan sedikitnya bekal yang kubawa nanti. (Abu Hurairah)

Sesungguhnya ilmu itu jika engkau mengambilnya dengan tergopoh – gopoh, ia akan mengalahkan kamu dan engkau tidak akan memperolehnya sedikitpun. (Imam az Zuhri)

Ketika seseorang menghina kamu, itu adalah sebuah pujian bahwa selama ini mereka menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan kamu, bahkan ketika kamu tidak memikirkan mereka. (BJ. Habibie)

Saat orang berkata buruk kepada kita, padahal kita tidak pernah mengusik kehidupan mereka. Itu pertanda kehidupan kita lebih indah dari mereka. (Habib Syeikh Abdul Qodir Assegaf)

3. Kata Kata Bijak Islami Penuh Makna

Kata Kata bijak islami

Kumpulan kata kata bijak islami penuh makna ini merupakan motivasi yang akan memberikan suntikan semangat untuk kebaikan. Banyak diantara kita yang tidak bisa mensikapi persoalan hidup yang kerap kali tidak kita duga. Padahal kita sudah berbuat baik kepada orang lain, tapi tidak sedikit pula dibalas dengan berbanding terbalik. Bagaimana cara mensikapi kondisi tersebut, berikut kumpulan resepnya.

Lidahmu jangan engkau gunakan untuk membicarakan orang lain, ingatlah aibmu juga banyak dan orang lain juga punya lidah. (Imam Syafi’i)

Para juara tidak dibuat di arena. Para juara dibuat dari sesuatu yang ada di dalam diri mereka sebuah hasrat, sebuah impian, sebuah visi. Mereka memiliki ketrampilan dan kemauan, tetapi kemauanlah yang terbesar. (Muhammad Ali)

Jadilah seperti pohon yang tumbuh dan berbuah lebat. Ketika dilempar batu, tapi membalasnya dengan buah. (Abu Bakar R.A)

Orang hebat tidak dihasilkan dari kemudahan, kesenangan, dan kenyamanan. Mereka dibentuk melalui, kesulitan, tantangan dan air mata. (Dahlan Iskan)

Pernahkah engkau mendengar bahwa kesedihan dapat membalikkan sesuatu yang telah berlalu dan luka lara dapat memperbaiki sebuah kesalahan? Bila tidak, untuk apa engkau bersedih? (Dr. Aidh al – Qarni)

Apabila kalian memiliki teman yang membuatmu dalam ketaatan, maka genggam erat tangannya. Karena mendapatkan sahabat itu sulit, sedangkan berpisah darinya itu mudah. (Imam Syafi’i)

Jangan mudah berburuk sangka agar hatimu tidak gelap dan tidak sengsara. (KH Maimun Zubair)

Semakin menunjukkan diri kita agar diakui, dihormati maka semakin tertekan, tegang dan melelahkan batin. Dan biasanya malah tidak disukai. (AA Gym)

Jangan kamu memandang kecil terhadap perbuatan yang baik itu walaupun hanya sekedar tersenyum kepada saudara – saudaramu. (Al Habib Ali Al Jufri)

Ketika kita tidak berharap kepada siapapun kecuali Allah, saat itulah kita makin kuat. (Hanan Attaki)

4. Kata Kata Bijak Islami Kehidupan Sehari Hari

kata kata bijak islami

Bagaimana kehidupan sehari – hari sahabat semua, apakah penuh kebahagiaan atau sedang menghadapi berbagai problema kehidupan. Jika yakin pada Allah semua pasti akan berlalu, bahkan akan mendapatkan ganti yang terbaik. Jangan berlalur pada kesedihan, gunakan waktu untuk berbenah menuju kejayaan. Berikut kumpulan kata kata bijak islami kehidupan sehari hari.

Dunia ini ibarat bayangan, kejar dia dan engkau tidak akan pernah bisa menangkapnya. Balikkan bdanmu darinya dan diat tidak punya pilahn lain kecuali mengikutimu. (Ibnu al – Qoyyim)

Kalau hidup sekedar hidup, babibabi h juga hidup. Kalau bekerja sekedar bekerja, kera juga bekerja. (Buya Hamka)

Janganlah bersedih bila kebaikan Anda tidak dihargai orang, sebab yang Anda cari adalah pahala dari Allah. (Dr. Aidh al – Qarni)

Keajiban – kewajiban kita lebih banyak daripada masa yang ada pada kita, oleh itu gunakanlah sebaik – baiknya dan ringkaskanlah pelaksanaannya. (Imam Hasan al Banna)

Kalau dengan memiliki motor dan mobil bertambah ketaatan kita kepada Allah, maka itu rezeki. Tapi kalau dengan kendaraan itu menjauhkan diri dari Allah, diapakai untuk pergi ke tempat maksiat, maka itu adalah laknat dan azab. Hati – hati! (Ustadz Abdul Somad)

Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. “Dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberikan kecukupan” Q.S 53:48. (Ustadz Adi Hidayat)

Setiap kebaikan dan keburukan yang mereka kehendaki maka akan kembali kepada mereka juga nantinya. (Al Habib Muhammad bin Haidar Shahab)

Saat memandang diri sendiri pakailah kacamata syari’at sehingga ketat dalam beribadah. Namun, saat memandang orang lain pakailah kacamata hakiki sehingga tidak mudah menuduh salah. (Gus Miek)

Menyesali nasib tidak akan mengubah keadaan, terus berkarya dan bekerjalah yang membuat kita berharga. (Gus Dur)

Jangan tinggalkan saudaramu bila sifatnya berubah daripada biasa, karena yang bengkok pada satu masa akan dapat diluruskan pada masa yang lain. (Abu Darda)

Baca Juga : Kumpulan Doa Sehari – Hari

5. Kata Kata Bijak Islami Tentang Kehidupan

motivasi islami

Saat Allah menguji hamba-Nya hal yang harus dihindari adalah berburuk sangka dengan semua itu. Semua yang diberikan tentu terkandung hikmahnya. Jalan terbaiknya adalah menjalani dengan sabar, berdoa dan mencari jalan keluarnya. Jalan keluar tersebut tentu hanyalah bukti kita berusaha, akan tetapi semua kembali kepada dalam keputusan Allah. Berikut kata kata bijak islami tentang kehidupan yang bisa dijadikan inspirasi.

Janganlah engkau melihat pakaian yang ada pada seseorang. Jika engkau ingin mengenal orang itu maka lihatlah adabnya.

Dan tidaklah seseorang melihat orang yang lebih baik dari dirinya dari segi adab, dan hendaknya juga ia melihat orang yang kurang dari dirinya dari segi harta.

Rendah hatilah tatkala engkau mendapatkan kedudukan di antara 0rang – orang. Karena sesungguhnya orang yang tinggi dalam sebuah kaum adalah yang rendah hati.

Lihatlah apa yang dikatakan dan janganlah lihat siapa yang mengatakan.

Sebaik – baik perkataan itu ialah yang sedikit dan memberi makna yang jelas.

Kehidupan mengajarimu cinta, pengalaman mengajarimu siapa yang kamu cintai dan situasi mengajarimu siapa yang mencintaimu.

Janganlah bersedih jika tidak ada yang menghargai perhatian dan kebaikanmu, karena sifat manusia itu tidak menyadari akan kenikmatan, kecuali setelah ia kehilangannya. Ali Al Tantawi

Dalam hidup ini ada dua pilihan di hadapanmu; menerima keadaan apa adanya, atau mau menerima tanggung jawab untuk merubahnya.

Seperti apa kita memperlakukan Allah, seperti itulah kemungkinan balasan yang akan kita terima. Ibnu Qoyyim Al – Jauziy

Tanda cinta yang tidak bisa dipungkiri adalah rasa tidak rela jika yang dicintainya melakukan dosa. Buya Yahya Zainul Ma’arif

6. Kata Kata Bijak Islami untuk Wanita

kata kata bijak islami

Wanita adalah sosok spesial dengan berbagai macam karakternya. Kehadirannya di dunia adalah sebagai sosok yang dihadiahkan untuk kaum pria. Namun bukan berarti dengan berbagai karakter yang berbeda sesuai fitrahnya, pria maupun wanita saling mencari celah untuk semaunya sendiri. Berikut ini kumpulan kata – kata bijak islami untuk wanita yang akan membuat hati lebih jernih dan bijaksana.

Dunia ini adalah perhiasan, dan sebaik – baik perhiasan adalah wanita sholihah (HR. Muslim, Ibnu Majjah dan Nasa’i)

Sesungguhnya para wanita adalah mitra bagi kaum pria (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

Wanita itu diciptakan dari tulang rusuk, jika kamu meluruskannya maka kamu akan mematahkannya. Jadi, berlemah lembutlah terhadapnya maka kamu akan dapat hidup bersamanya (HR. Hakim)

Wanita bukanlah pakaian yang bisa kamu pakai dan lepas semaumu. Mereka terhormat dan memiliki haknya (Umar Bin Khatab)

Perempuan itu sama seperti bunga. Mereka harus diperlakukan dengan lembut, baik dan penuh kasih sayang. (Ali bin Abi Thalib)

Jika seorang istri mengerjakan sholat lima waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menjaga kemaluannya, niscaya dikatakan kepadanya “Masuklah ke syurga”. (HR. Ahmad)

Wanita – wanita yang baik adalah untuk laki – laki yang baik, dan laki – laki yang baik untuk wanita yang baik (pula) (Q.S. An – Nur: 26)

Di belakang setiap laki – laki hebat bukanlah seorang wanita, dia (wanita) di sampingnya, dia (wanita) bersamanya, bukan di belakangnya (Prof. Tariq Ramadan)

Pria yang pemalu dan sederhana adalah karakter yang menakjubkan, namun wanita yang pemalu dan sederhana itu lebih menakjubkan lagi (Abu Bakar Ash – Shidiq)

Pria memimpikan wanita yang sempurna. Wanita memimpikan pria sempurna. Mereka tidak tahu bahwa Allah menciptakan mereka untuk menyempurnakan satu sama lain. (Ahmad Al Shugairi)

Kecantikan yang abadi terletak pada keelokan adab dan ketinggian ilmu seseorang. Bukan terletak pada wajah dan pakaiannya. (Buya Hamka)

7. Kata Mutiara Islam Penyejuk Hati dan Jiwa

motivasi islami

Segala permasalah tentu ada jalan keluarnya, meratapi dan berlarut dalam jurang kesedihan bukanlah sebuah langkah yang baik. Berikut ini merupakan kumpulan kata mutiara Islam penyejuk hati dan jiwa yang bisa mengurangi problematika kehidupan.

Cinta kepada Allah sama seperti cahaya terang. Tanpanya, kamu bagaikan terombang – ambing di lautan kegelapan. (Ibnu Qoyyim Al – Jauzi)

Jangan menyerah saat do’a-do’amu belum terjawab. Jika kamu mampu bersabar, Allah mampu memberikan lebih dari apa yang kamu minta

Kekayaan bukanlah dengan banyaknya harta, namu kekayaan adalah hati yang selalu merasa cukup

Betapa bodohnya manusia, dia menghancurkan masa kini sambil menghawatirkan masa depan, tetapi menangis di masa depan dengan mengingat masa lalunya. (Ali bin Abi Thalib)

Jangan sampai ayam lebih pandai dari dirimu. Ia berkokok di pagi buta sementara engkau masih tidur terlelap. (Luqman Al – Hakim)

Tergelincirnya lidah itu lebih berbahaya daripada tergelincirnya kaki. (Utsman bin Affan)

Jadilah baik kepada setiap orang lain, karena itu yang akan melindungi kalian dari segala kejahatan. (Abu Bakar Ash – Shiddiq)

Amalan yang paling baik adalah yang mampu mendekatkan seseorang kepada Allah adalah berbakti kepada ibu. (Ibnu Abbas)

Lakukan kebaikan sekecil apapun, karena engkau tidak akan pernah tahu amalan mana yang akan membawamu ke syurga. (Imam Hasan Al – Bashri)

Jangan menjelaskan dirimu kepada siapa pun. Karena yang menyukaimu tidak butuh itu, dan yang membencimu tidak percaya itu. (Ali bi Abi Thalib)

Demikianlah kumpulan kata kata bijak islami yang dapat dijadikan motivasi sebagai pembangkit semangat. Meskipun tidak sedang mengalami kondisi tersebut, tidak ada salahnya membacanya untuk menguatkan hati agar semakin semangat dalam beribadah.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *