7 Tips Kuliah Sambil Kerja agar Sukses Mengatur Keduanya

Apakah kalian seorang mahasiswa yang ingin kuliah sambil bekerja? Layaknya pepatah “Sambil menyelam minum air” sambil meneruskan jenjang pendidikan, kalian juga bisa loh merintis karir dengan menjalankan kerja sampingan.

Meskipun demikian, tak sedikit dari mereka yang masih ragu untuk mengambil langkah tersebut karena khawatir tidak dapat mengatur waktu dengan baik. Jika tertarik untuk kuliah sambil bekerja, ada baiknya mengetahui tips kuliah sambil kerja terlebih dahulu supaya antara kuliah dan bekerja bisa berjalan lancar.

Tips Agar Bisa Sukses Kuliah Sambil Kerja 

Bagi kalian yang berstatus mahasiswa, apalagi tingkat akhir, terkadang memikirkan tugas akhir atau skripsi terus menerus tentu sangat membosankan bukan? Terlebih jika faktor eksternal lah yang menghambat progress skripsi. Misalnya dosen yang super sibuk atau narasumber yang sulit di temui.

Tak jarang mengambil kerja sambilan justru mampu membawa teralihkan sejenak dari pikiran-pikiran negatif akibat tak kunjung ada kemajuan pada tugas akhir. Namun tak sedikit pula yang justru keteteran mengerjakan tugas akhir dengan alasan bekerja.

Nah, berikut adalah tips dari terbaik kuliah sambil kerja yang bisa dipraktikkan agar kerja dan kuliah bisa berjalan beriringan:

1. Tetapkan Prioritas

kuliah sambil kerja
christianquestions.com

Tips agar bisa kuliah sambil kerja yang pertama adalah menentukan mana yang lebih menjadi prioritas untukmu, apakah kuliah atau bekerja. Jika jawabannya adalah bekerja, maka dapat memutuskan mengambil kuliah di hari weekend seperti sabtu dan minggu.

Banyak Universitas Negeri maupun swasta yang menawarkan program ini. Dengan berkuliah di hari weekend saja, kalian tentu dapat lebih leluasa memilih pekerjaan, bahkan dapat mengambil kerja full time di kantor tanpa perlu khawatir.

Namun jika jawabannya adalah yang kedua, maka dapat mengambil kuliah reguler dan menjadikan pekerjaan sebagai sambilan saja. Model pekerjaan freelance lebih cocok bagi kalian.

Pilihlah pekerjaan yang sifatnya fleksibel sehingga tugas kuliah tidak keteteran. Terlebih jika mengambil kuliah di Universitas Negeri unggulan, tugas biasanya datang menggunung sehingga akan kerepotan jika mengambil pekerjaan full time

2. Pilih Pekerjaan yang Sesuai 

kuliah sambil kerja
hcareers.com

Dalam memilih pekerjaan, kalian bisa mempertimbangkan dua hal yakni pekerjaan yang sesuai dengan passion atau pekerjaan yang sesuai dengan skill yang dimiliki. Tips kuliah sambil kerja yang satu ini sangat manjur jika tak ingin cepat merasa bosan menjalankan pekerjaan di tengah jalan.

Misalnya, jika kalian adalah orang yang tak terlalu suka menulis namun justru memilih pekerjaan sambilan sebagai penulis tentu akan lebih cepat bosan. Apalagi jika pekerjaan tersebut harus dilakukan setiap hari.

Dengan memilih pekerjaan sesuai dengan passion atau skill, tentu akan membuat kalian lebih tangguh jika dihadapkan dengan keadaan mendesak atau situasi tak terduga lainnya.

3. Komunikasi dengan Perusahaan Tempat Bekerja

foolcdn.com

Tips kuliah sambil kerja selanjutnya adalah memberitahukan kondisi yang sebenarnya dan apa adanya kepada calon perusahaan. Layaknya pepatah yang mengatakan bahwa kejujuran akan menghasilkan kebaikan, kalian juga perlu berterus terang kepada perusahaan tempat bekerja bahwa kalian masih berstatus sebagai mahasiswa aktif. Memang tak semua perusahaan dapat menerimanya.

Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah pekerjaan yang sedari awal memang mempersilakan mahasiswa untuk bekerja sambilan. Dengan memberitahu bahwa masih berstatus mahasiswa aktif, perusahaan tentu akan lebih toleran jika kalian sedang mengikuti ujian semester sehingga bisa memberikan sedikit keringanan pada pekerjaan kantor.

4. Atur Rencana Harian dan Lakukan dengan Konsisten

kuliah sambil kerja
homeschoolon.com

Salah satu tips kuliah sambil kerja yang paling penting adalah mengatur waktu dengan baik sehingga dua hal yang sedang dilakukan dapat berjalan beriringan. Terlebih melakukan kuliah sekaligus bekerja tentu akan memakan waktu luang atau me time kalian.

Oleh karena itu, buatlah rencana harian mengenai jadwal kuliah serta jadwal pekerjaan. Salah satu trik yang cukup sederhana adalah meluangkan 5 hingga 10 menit setiap pagi atau malam hari sebelum tidur untuk mencatat pekerjaan atau tugas kuliah apa saja yang perlu diselesaikan esok. Buatlah semacam work list atau regular planning setiap harinya.

Kedua, buatlah waktu khusus selama beberapa jam dalam sehari yang dialokasikan untuk mengerjakan tugas kantor. Cara ini juga akan sangat ampuh dalam membuat output pekerjaan kantor maupun kuliah lebih berkualitas. Jangan terbiasa mengerjakan dua pekerjaan sekaligus karena akan mempersulit diri sendiri untuk bisa fokus.

Tak hanya itu, kalian juga harus memaksa diri untuk konsisten menjalankan aturan yang telah dibuat tersebut. Cara ini juga menjadi tips kuliah sambil kerja yang akan membuat kalian sukses menjalankan keduanya sekaligus.

Memutuskan untuk bekerja sambil kuliah artinya sama saja kalian merelakan waktu bermain atau hang out dengan teman menjadi benar-benar berkurang. Jika sudah berkomitmen dari awal, maka harus menepati janji tersebut sehingga tetap terlihat profesional pada pekerjaan.

5. Kerjakan Tugas Sedikit demi Sedikit

kuliah sambil kerja
3d2b.com

Nah, karena sudah berkomitmen untuk bekerja sambil kuliah, maka tips kuliah sambil kerja berikutnya adalah tak boleh lagi menunda-nunda pekerjaan maupun tugas kuliah meskipun deadline-nya masih cukup lama.

Cara ini akan sangat ampuh untuk mencegah sistem kebut semalam yang pada akhirnya membuat output pekerjaan terkesan dikerjakan setengah hati saja. Kalian harus mampu memaksa diri keluar dari zona nyaman untuk menunda pekerjaan hingga menit terakhir.

6. Berani Menolak Ajakan di luar Prioritas

kuliahs ambil kerja
totalbusinessmagazine.com

Salah satu hal yang akan sangat terasa ketika mengambil pekerjaan sambil kuliah adalah berkurangnya waktu untuk sekadar jalan-jalan atau nongkrong dengan teman kuliah.Meskipun demikian, kalian tetap bisa ikut nongkrong sesekali asalkan tugas kuliah maupun pekerjaan telah rampung.

Kalian juga harus berani menolak ajakan dari teman yang berbeda jauh dari prioritas. Tak ada salahnya memberitahukan kepada teman-teman mengenai pekerjaan yang dilakoni saat ini sehingga mereka akan memaklumi jika sewaktu-waktu kalian sibuk dan tidak bisa mengikuti ajakan mereka.

7. Tetap Produktif Beraktivitas

kuliah sambil kerja
businessinsider.com

Bekerja sambil kuliah tak lantas membuat meninggalkan hobi maupun kegiatan rumah lainnya loh. Kalian tetap harus menyelingi pekerjaan maupun kuliah dengan aktivitas yang mampu mereleksasikan pikiran, seperti berolahraga, bermain musik, atau kegiatan apapun yang menjadi passion.

Dengan begitu, tak akan mudah mengalami stress akibat pekerjaan yang menumpuk maupun tugas kuliah yang tiada akhir. Kunci tips kuliah sambil kerja yang satu ini adalah pandai dalam mengatur waktu dan memaksa diri untuk mengikuti aturan yang telah kalian buat tersebut.

Nah, itulah tujuh tips yang akan memberikan pengalaman kuliah sambil kerja bagi yang ingin mencoba dua peruntungan sekaligus. Jangan lupa, langkah pertama yang harus dilakukan adalah meminta izin kepada kedua orang tua.

Dengan meminta izin, orang tua akan lebih memaklumi jika kalian sibuk dan tak memiliki waktu yang cukup untuk dihabiskan bersama mereka. Selain itu, memberitahu orang tua juga akan membantu mengingatkan pada tugas utama berkuliah, terlebih jika uang kuliah masih disponsori oleh orang tua.

Tak perlu takut mencoba kuliah sambil bekerja karena jika merasa mampu menjalankan keduanya, kalian akan lebih matang dan lebih berpengalaman dibandingkan mereka yang hanya fokus pada perkuliahan saja. Selamat mencoba!

Baca juga yuk!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *