Home » Religi » Nama Lain Hari Kiamat beserta Artinya

Nama Lain Hari Kiamat beserta Artinya

Berikut ini ulasan nama lain hari kiamat beserta artinya. Setiap nama tersebut memiliki arti yang menggambarkan seperti apa kondisi saat hari tersebut tiba.

Hari kiamat adalah hari dimana alam semesta beserta seluruh isinya mengalami kehancuran tanpa tersisa. Umat manusia akan dibangkitkan dan dimintai pertanggungjawaban.

Dalam agama Islam, mempercayai adanya hari kiamat termasuk dalam rukun Iman. Sehingga sudah sepatutnya sebagai umat muslim mengetahui apa saja yang berkaitan dengan hari kiamat.

Nama Lain Hari Kiamat

nama lain hari kiamat

1. As-Sa’ah, Hari Kiamat

As-Sa’ah memiliki arti hari kiamat atau kehancuran, hal ini seperti yang tertera dalam Al-Qur’an surat Ghafir ayat 59.

Dalam ayat tersebut memberikan informasi bahwa hari kiamat pasti akan datang dan tidak ada keraguan. Sehingga sebagai seorang muslim sudah sepatutnya untuk mempercayainya tanpa ada keraguan.

اِنَّ السَّاعَةَ لَاٰتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيْهَا ۖوَلٰكِنَّ اَكْثَرَ النَّاسِ لَا يُؤْمِنُوْنَ

“Sesungguhnya hari Kiamat pasti akan datang, tidak ada keraguan tentangnya, akan tetapi kebanyakan manusia tidak beriman.” (Qs. Al-Ghafir [40]:59)

2. Yaumul Ba’ats, Hari Kebangkitan

Yaumul ba’ats adalah nama lain hari kiamat yang memiliki arti hari kebangkitan. Semua umat manusia akat dibangkitkan dari alam kubur untuk dimintai pertanggungjawaban atas semua perbuatan yang telah diperbuat selama di dunia.

وَقَالَ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ وَالْاِيْمَانَ لَقَدْ لَبِثْتُمْ فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ اِلٰى يَوْمِ الْبَعْثِۖ فَهٰذَا يَوْمُ الْبَعْثِ وَلٰكِنَّكُمْ كُنْتُمْ لَا تَعْلَمُوْنَ

“Dan orang-orang yang diberi ilmu dan keimanan berkata (kepada orang-orang kafir), “Sungguh, kamu telah berdiam (dalam kubur) menurut ketetapan Allah, sampai hari kebangkitan. Maka inilah hari kebangkitan itu, tetapi (dahulu) kamu tidak meyakini(nya).” (Qs. Ar-Rum [30]:56)

3. Yaumud Din, Hari Pembalasan

Yaumud din memiliki arti hari pembalasan, dimana setelah semua umat manusia dibangkitkan dari kubur salah satu fase berikutnya adalah diberikan balasan menurut kada masing-masing.

Maka sebagai seorang muslim hendaknya meresapi makna ini, agar di setiap perbuatan di dunia tidak semena-mena yang mendatangkan dosa.

مٰلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِۗ

“Pemilik hari pembalasan.” (Qs. Al-Fatihah [1]:4)

4. Yaumul Hasrah, Hari Penyesalan

Nama-nama hari kiamat berikutnya adalah yaumul hasrah yang memiliki hari penyesalan. Pada hari kiamat semua sudah diputuskan sesuai ketetapan Allah.

Amal baik akan mendapatkan balasan yang baik begitu juga sebaliknya, pada hari itu tidak ada lagi penyesalan untuk manusia.

وَاَنْذِرْهُمْ يَوْمَ الْحَسْرَةِ اِذْ قُضِيَ الْاَمْرُۘ وَهُمْ فِيْ غَفْلَةٍ وَّهُمْ لَا يُؤْمِنُوْنَ

“Dan berilah mereka peringatan tentang hari penyesalan, (yaitu) ketika segala perkara telah diputuskan, sedang mereka dalam keadaan lalai dan tidak beriman.” (QS. Maryam [19]: 39).

5. Ad Darul Akhirah, Negeri Akhirat

Ad darul akhirah adalah nama lain hari akhir yang memiliki  arti negeri akhirat. Banyak informasi mengenai kehidupan akhirat yang bisa dijadikan pembelajaran.

Di akhirat tempat yang menjadi pilihan hanya dua, yaitu surga dan neraka. Masing-masing tempat akan dihuni oleh hamba yang sudah ditetapkan kriterianya.

وَإِنَّ الدَّارَ الآخِرَةَ لَهِيَ الْحَيَوَانُ لَوْ كَانُوا يَعْلَمُونَ

“Dan sesungguhnya negeri akhirat itulah kehidupan yang sebenarnya, sekiranya mereka mengetahui.” (QS. Al-Ankabut [29]: 64)

Kumpulan artikel islami lainnya!

6. Yaumut Tanad, Hari Saling Memanggil

Yaumut tanad memiliki arti hari saling memanggil. Dimana saat hari kiamat terjadi semua manusia akan saling memanggil meminta perotolongan.

Dan semua sudah menjadi penyesalan, pertolongan hanyalah milik Allah dan semua disesuaikan dengan amal perbuatan selama di dunia.

وَيٰقَوْمِ اِنِّيْٓ اَخَافُ عَلَيْكُمْ يَوْمَ التَّنَادِۙ

“Dan wahai kaumku! Sesungguhnya aku benar-benar khawatir terhadapmu akan (siksaan) hari saling memanggil.” (Qs. Al-Ghafir [40]:32)

7. Darul Qarar, Tempat Kembali

Darul qarar memiliki arti tempat kembali, artinya hari akhir itu merupakan kembali umat manusia setelah melalui beberapa alam.

Beberapa ayat dalam Al-Qur’an sudah menjelaskan bahwa di dunia itu adalah persinggahan dan merupakan kenikmatan sementara, adapun tempat kembalinya adalah alam akhirat.

يٰقَوْمِ اِنَّمَا هٰذِهِ الْحَيٰوةُ الدُّنْيَا مَتَاعٌ ۖوَّاِنَّ الْاٰخِرَةَ هِيَ دَارُ الْقَرَارِ

“Wahai kaumku! Sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah kesenangan (sementara) dan sesungguhnya akhirat itulah negeri tempat kembali.” (Qs. Al-Ghafir [40]:39)

8. Yaumul Fashl, Hari Pemisahan

Yaumul fashl memiliki arti hari pemisahan, dimana pada hari itu kebhatilan dan kebenaran akan dipisahkan menuju tempat yang dijanjikan.

Inilah tempat pembalasan bagi orang kafir dan orang beriman, semua akan mendapatkan ganjaran setimpal.

هٰذَا يَوْمُ الْفَصْلِ الَّذِيْ كُنْتُمْ بِهٖ تُكَذِّبُوْنَ

“Inilah hari keputusan yang dahulu kamu dustakan.” (Qs. As-Saffat [37]:21)

9. Yaumul Jama’, Hari Berkumpul

Yaumul jama’ adalah nama lain hari kiamat yang memiliki arti hari berkumpul. Setelah dibangkitkan dari alam kubur salah satu fase selanjutnya adalah dikumpulkan.

Pada tahap ini manusia akan diputuskan untuk menghuni neraka yang penuh siksaan atau surga dengan segala kenikmatannya.

وَكَذٰلِكَ اَوْحَيْنَآ اِلَيْكَ قُرْاٰنًا عَرَبِيًّا لِّتُنْذِرَ اُمَّ الْقُرٰى وَمَنْ حَوْلَهَا وَتُنْذِرَ يَوْمَ الْجَمْعِ لَا رَيْبَ فِيْهِ ۗفَرِيْقٌ فِى الْجَنَّةِ وَفَرِيْقٌ فِى السَّعِيْرِ

“Dan demikianlah Kami wahyukan Al-Qur’an kepadamu dalam bahasa Arab, agar engkau memberi peringatan kepada penduduk ibukota (Mekah) dan penduduk (negeri-negeri) di sekelilingnya serta memberi peringatan tentang hari berkumpul (Kiamat) yang tidak diragukan adanya. Segolongan masuk surga dan segolongan masuk neraka.” (Qs. Asy-Syura[42]:7)

10. Yaumul Hisab, Hari Perhitungan

Yaumul hisab artinya adalah hari perhitungan. Artinya setiap amal perbuatan manusia tidak akan luput sekecil apapun. Dan setiap perbuatan akan diganjar dengan pembalasan yang setimpal.

Salah satu fase hari kiamat adalah hari diperhitungkannya seluruh amal manusia selama di dunia.

هٰذَا مَا تُوْعَدُوْنَ لِيَوْمِ الْحِسَابِ

“Inilah apa yang dijanjikan kepadamu pada hari perhitungan.” (Qs. As-Sad [38]:53)

11. Yaumul Wa’id, Hari yang Dijanjikan

Yaumul wa’id artinya hari yang dijanjikan. Banyak ayat yang menerangkan bahwa kehidupan di akhirat itu benar adanya.

Beberapa gambaran telah disampaikan misalnya penghuni surga itu menempati suatu tempat dengan ciri-ciri tertentu, serta makanan dan minuman yang dihidangkan.

وَنُفِخَ فِى الصُّوْرِۗ ذٰلِكَ يَوْمُ الْوَعِيْدِ

“Dan ditiuplah sangkakala. Itulah hari yang dijanjikan.” (Qs. Al-Qaf [50]:20)

12. Yaumul Khulud, Kekal

Yaumul khulud memiliki arti kekal. Jika dunia merupakan persinggahan dan memiliki masa tertentu, maka hari akhir adalah kekal abadi.

Setiap manusia yang sudah ditentukan kriterianya dengan ditimbang amal perbuatannya, akan menempani surga atau neraka yang kekal.

ادْخُلُوْهَا بِسَلٰمٍ ۗذٰلِكَ يَوْمُ الْخُلُوْدِ

“Masuklah ke (dalam surga) dengan aman dan damai. Itulah hari yang abadi.” (Qs. Al-Qaf [50]:34)

13. Yaumul Khuruj, Hari Dikeluarkan dari Kubur

Nama lain hari kiamat selanjutnya adalah yaumul khuruj yang berarti hari dikeluarkan dari kubur. Pengertian ini tidak jauh berbeda dengan hari dibangkitkan dari kubur.

Bahwasanya manusia akan dibangkitkan dari alam kubur untuk selanjutnya menuju alam akhirat yang kekal.

يَوْمَ يَسْمَعُوْنَ الصَّيْحَةَ بِالْحَقِّ ۗذٰلِكَ يَوْمُ الْخُرُوْجِ

“(Yaitu) pada hari (ketika) mereka men-dengar suara dahsyat dengan sebenarnya. Itulah hari keluar (dari kubur).” (Qs. Al-Qaf [50]:42)

14. Al-Waqi’ah, Hari Kiamat

Arti al-waqi’ah adalah hari kiamat, hal ini disebutkan dalam Al-Qur’an surat Al-Waqi’ah ayat 1.

Dimana pada hari kiamat ini bumi akan digoncangkan dengan dahsyat, gunung hancur dan manusia akan mendapatkan balasan tempat sesuai amal perbuatannya.

إِذَا وَقَعَتِ الْوَاقِعَةُ

“Apabila terjadi hari kiamat (Qs Al-Waqi’ah [1]:56)

15. Al-Haqqah, yang Pasti

Nama lain hari kiamat al-haqqah memiliki arti yang pasti. Bahwasanya peristiwa hancurnya alam semesta dan seluruh isinya adalah sebuah kepastian.

Hanya saja tidak ada yang tahu kapan terjadinya hari kiamat selain Allah. Begitu juga janji dan ancaman Allah yang sudah dikabarkan pada umat manusia pasti terjadi.

وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا الْحَاۤقَّةُ ۗ

“Dan tahukah kamu apakah hari Kiamat itu?” (Qs Al-Haqqah [69]: 3)

16. Ath Thammatul kubro, Bencana Besar

Ath thamatul kubro artinya adalah bencana besar, dimana pada hari kiamat itu adalah suatu kesulitan yang berat dengan adanya tanda tiupan sangkakala.

Amal perbuatan manusia akan diperlihatkan antara yang baik dan yang buruk, semua manusiapu mengakuinya. Syurga dengan segala kenikmatan dan neraka penuh siksaan ditampakkan.

فَاِذَا جَاۤءَتِ الطَّاۤمَّةُ الْكُبْرٰىۖ

“Maka apabila malapetaka besar (hari Kiamat) telah datang,” (Qs An-Nazi’at [79]: 34)

17. Ash-Shakkah, Teriakan

As-shakkhah adalah teriakan atau suara yang memekakkan. Dimana pada hari akhir akan ditandai dengan adanya tiupan sangkakala yang suranya hampir-hampir membuat telinga yang mendengarnya tuli.

فَاِذَا جَاۤءَتِ الصَّاۤخَّةُ ۖ

“Maka apabila datang suara yang memekakkan (tiupan sangkakala yang kedua),” (Qs ‘Abasa [80]:33)

18. Al-Azifah, Suatu yang Dekat

Al-Azifah artinya suatu yang dekat. Hari kiamat pasti terjadi, akan tetapi waktu terjadinya tidak ada yang mengetahui selain Allah. Manusia hanya diberi informasi berupa tanda-tanda sebelum datangnya hari kiamat.

اَزِفَتِ الْاٰزِفةُ ۚ

Yang dekat (hari Kiamat) telah makin mendekat.”  (Qs An-Najm [53]:57)

19. Al-Qari’ah, Ketukan Keras

Nama lain hari kiamat yang terakhir adalah al-qari’ah dengan arti ketukan keras.

Dimana pada hari itu manusia seperti laron berterbangan dan gunung-gunung seperti bulu yang berhamburan. Kabar ini termuat dalam Al-Qur’an surat Al-Qari’ah.

وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا الْقَارِعَةُ ۗ

“Dan tahukah kamu apakah hari Kiamat itu?” (Qs Al-Qari’ah [101]:3)

Demikian artikel yang menyajikan nama-nama lain hari kiamat dalam agama Islam. Setelah mengetahui nama dan artinya semoga semakin meningkatkan ketakwaan umat muslim dimanapun berada.

Referensi:

  • ibnukatsironline.com
  • tafsirq.com

Leave a Comment