Mengetahui 10 Nama-nama Malaikat dan Tugasnya dalam Islam

Malaikat adalah makhluk Allah yang diciptakan dari cahaya. Dalam agama Islam jumlah yang wajib diyakini adalah sepuluh. Adapun nama-nama malaikat dan tugasnya banyak dipelajari dalam sekolah umum ataupun saat menuntut ilmu agama. Dengan mengetahui nama dan tugas malaikat tersebut, akan semakin menguatkan keimanan seorang muslim.

Meyakini keberadaan malaikat merupakan bagian dari rukun iman, yakni urutan kedua. Meski wujudnya tidak bisa dibuktikan dengan panca indera karena bersifat ghaib, akan tetapi sebagai seorang muslim wajib mengimani keberadaannya.

Sebenarnya jumlah malaikat sangatlah banyak jumlah ini merupakan rahasia Allah, akan tetapi dalam agama Islam jumlah yang wajib diketahui adalah sepuluh. Masing-masing memiliki tugas yang sudah ditetapkan oleh Allah. Saat Allah memberikan tugas kepada para malaikat, maka malaikat tidak menunda ataupun menolak.

10 Nama-nama Malaikat dan Tugasnya

nama-nama malaikat

Iman kepada malaikat memiliki arti bahwa setiap muslim harus percaya dan yakin dengan setulus hati keberadaan dan tugas-tugas malaikat.  Dengan meyakini keberadaan malaikat beserta tugasnya, maka dalam setiap perkataan dan perbuatan akan lebih hati-hati. Berikut sepuluh nama-nama malaikat dan tugasnya:

1. Malaikat Jibril

Tugas utama Malaikat Jibril adalah menyampaikan wahyu berupa kitab suci Al-Qur’an dari Allah kepada Nabi Muhammad. Jibril memiliki nama lain Ruyal Amin dan Ruyal Qudus. Selain menyampaikan wahyu, salah satu peristiwa yang kerap berkaitan dengan malaikat Jibril  adalah saat peristiwa Isra’ Nabi Muhammad.

Saat peristiwa Nabi Muhammad dibelah dadanya untuk dicuci hatinya yang bertugas melakukan ini adalah Malaikat Jibril. Hati tersebut dicuci untuk diisi dengan iman dan Islam. Selain itu tugas lain yang dijalankan Malaikat Jibril adalah menyampaikan berita kelahiran Nabi Isa kepada Maryam.

2. Malaikat Mikail

Malaikat Mikail memiliki tugas yang mengatur atau mengurusi segala kebutuhan makhluk ciptaan Allah. Beberapa contoh urusan manusia ataupun makhluk yang tidak lepas dari peran malaikat Mikail adalah sebagai  pengatur rezeki. Mengatur air, menurunkan hujan, membagikan rezeki kepada manusia dan makhluk hidup lainnya adalah deretan tugas Malaikat Mikail.

Selain tugas pokok tersebut, Malaikat Mikail juga terlibat dalam peristiwa yang berkaitan dengan Nabi Muhammad Saw dan Malaikat Jibril. Malaikat Mikail bertugas mengambil air zamzam sat peristiwa pembelahan dada Nabi Muhammad, dan juga mendampingi saat peristiwa Isra’.

3. Malaikat Izrail

Malaikat Izrail mendapat tugas untuk mencabut nyawa semua makhluk ciptaan Allah. Karena tugasnya tersebut, Malaikat Izrail juga disebut sebagai Malaikat Maut. Allah memberikan kemampuan yang luar biasa kepada Malaikat Izrail, misalnya dengan mudah menjangkau suatu tempat dan mampu membolak-balikkan dunia.

4. Malaikat Israfil

Nama-nama malaikat selanjutnya adalah Malaikat Israfil. Malaikat Israfil memiliki tugas untuk meniup sangkakala. Malaikat Israfil selalu membawa terompet suci menunggu perintah Allah untuk meniupnya saat tiba hari kiamat. Dari beberapa informasi, bahwa bentuk sangkakala Malaikat Israfil seperti tanduk dan terbuat dari cahaya, dan memiliki ukuran seluas langit dan bumi.

5. Malaikat Munkar

Malaikat Munkan memiliki tugas untuk mengajukan pertanyaan kepada manusia yang sudah meninggal di alam kubur. Tugas tersebut dilakukan bersama Malaikat Nakir. Maka saat menyebut atau mengingat Malaikat Munkar, sangat berkaitan dengan tugas Malaikat Nakir. Keduanya memiliki tugas yang sama, yakni menanya manusia di alam kubur.

Baca juga:

6. Malaikat Nakir

Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa Malaikat Nakir memiliki tugas menanya manusia di alam kubur bersama Malaikat Munkar. Malaikat Munkar dan Nakir akan memulai mengajukan pertanyaan kepada manusia setelah pemakaman selesai dan dua orang terakhir jamaah yang mengantarkan ke pemakanan telah melangkah dengan jarak dari kuburan empat puluh langkah.

Adapun pertanyaan yang diajukan adalah sebagai berikut; Siapa Tuhanmu? Siapa Nabimu? Apa Agamamu? Apa Kitabmu? Dimana Kiblatmu? Dan yang terakhir Siapa Saudaramu? Jawaban ini tidak bisa dibuat-buat atau dipelajari sebagaimana menjawab sebuah pertanyaan. Seorang yang beriman akan menjawab dengan tepat dan beristirahat di alam kubur dengan tenang hingga hari kiamat tiba.

7. Malaikat Roqib

Tugas Malaikat Roqib adalah mencatat amal kebaikan manusia. Ia menjalankan tugas ini secara beriringan bersama Malaikat Atid yang memiliki tugas untuk mencatat amal buruk manusia. Semua perbuatan manusia tidak akan luput sedikitpun dari pengawasan dan pencatatan Malaikat Raqib dan Atid.

Penjelasan tersebut didasarkan Al-Qur’an surat Qoff ayat 16-18 yang memiliki arti “Dan Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya, (yaitu) ketika dua orang Malaikat mencatat amal perbuatannya, seorang duduk di sebelah kanan dan yang lain duduk di sebelah kiri. Tiada suatu ucapanpun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya Malaikat Pengawas yang selalu hadir.

8. Malaikat ‘Atid

Malaikat ‘Atid adalah nama-nama malaikat berikutnya yang wajib diketahui. Tugas Malaikat Atid adalah mencatat amal perbuatan buruk manusia. Setiap catatan yang dikerjakan oleh Malaikat Roqib dan Atid dikerjakan dengan teliti, sehingga tidak ada amal perbuatan baik dan buruk yang ditambah atau dikurangi sedikt pun. Semua catatan amal tersebut akan mendapatkan balasan setimpal dari Allah pada hari kiamat kelak.

9. Malaikat Malik

Malaikat Malik memiliki tugas sebagai penjaga neraka. Disebutkan juga bahwa Malaikat Malik sebagai pemimpin malaikat lain yang bertugas menjaga neraka. Beberapa sifat yang dimiliki Malaikat Malik adalah memiliki tangan dan kaki yang jumlah bilangannya sebanyak jumlah ahli neraka. Selain itu Malaikat Malik memiliki tubuh yang besar, menakutkan dan tidak kenal kompromi.

10. Malaikat Ridwan

Nama malaikat terakhir yang wajib diketahui adalah Malaikat Ridwan. Tugas Malaikat Ridwan adalah menjaga dan mengawasi surga. Malaikat Ridwan dengan ramah menyambut semua hamba Allah yang akan memasuki dan menghuni surga.

Sifat Malaikat

  • Diciptakan dari cahaya
  • Bersifat ghaib atau tidak bisa dilihat dengan panca indera
  • Tidak memiliki hawa nafsu
  • Selalu taat dengan perintah Allah

Hikmah Beriman Kepada Malaikat

Dengan mengimani keberadaan para malaikat Allah dengan tugas-tugasnya, menjadikan seorang muslim semakin bertakwa kepada Allah. Karena setiap perbuatan dan perkataan senantiasa diawasi Allah dan juga para malaikat, maka akan lebih berhati-hati. Berikut ini beberapa hikmah beriman kepada malaikat.

  • Menambah keimanan dan ketakwaan kepada Allah karena merasa selalu diawasi dan perbuatan maupun perkataan akan dicatat tanpa terkecuali.
  • Lebih berhati-hati dalam menjalani kehidupan sehari-hari, sehingga tidak merugikan diri sendiri terlebih orang lain.
  • Meningkatnya rasa syukur atas karunia Allah yang telah diberikan. Karena melalui perantara malaikat-malaikat Allah , segala karunia dan rahmat diturunkan.
  • Semakin semangat dalam beramal soleh meskipun orang lain tidak mengetahuinya. Karena sudah ada Allah dan para malaikat yang senantiasa mengawasi.

Demikian penjelasan singkat tentang nama-nama malaikat dan tugasnya yang wajib diketahui sebagai umat muslim. Dengan mengetahui nama dan tugasnya, semoga keimanan dan ketakwaan kita semakin bertambah.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *