29 Contoh Peluang Usaha di Desa yang Potensial

Menemukan ide bisnis atau peluang usaha di desa memang gampang-gampang susah. Banyak pertimbangan matang saat memutuskan untuk memulainya. Berbagai kendala umum dijumpai, mulai dari mudah ditiru, permainan tidak sehat dan lain sebagainya.

Namun, jika memutuskan untuk benar-benar memulai usaha di desa dengan berbagai kelemahan dan kelebihan tersebut tentu tidak ada salahnya. Banyak kok ide bisnis yang bisa dijalankan, jika pantang menyerah pasti akan menuai kesuksesan.

Untuk bisa menciptakan peluang usaha di desa yang pertama harus dilakukan adalah melihat potensi yang ada. Saat dikerjakan akan mendatangkan hasil atau hanya sekedar jalan di tempat, ini sangat penting sekali agar tidak membuang-buang waktu terlalu lama.

Usaha yang Menguntungkan di Desa

peluang usaha di desa

Untuk bisa usaha mandiri di desa kamu harus pandai melihat dan menciptakan peluang. Terlebih desa tempat tinggal sangat-sangat terpencil, ini akan menjadi kendala tersendiri. Berikut ide bisnis atau peluang usaha di desa dari berbagai jenis.

1. Pengepul Hasil Bumi

peluang usaha di desa
cendananews.com

Menjadi seorang pengepul hasil bumi setidaknya membutuhkan kehandalan dalam negoisasi. Karena ini berkaitan dengan para petani yang hasilnya dibeli dan akan dijual kembali. Setidaknya modal juga harus dipersiapkan dengan matang.

Jenis usaha ini terbilang minim resiko apabila benar-benar pandai mengelola keuangan, dimana modal yang dikeluarkan akan menjadi barang nyata. Cukup mencari waktu yang pas untuk menjualnya kembali dengan selisih harga.

Banyak hasil bumi yang populer bisa dijalankan, padi, jagung, ketela, hingga yang tengah naik daun seperti porang dan lain sebagainya. Untuk memulainya, tidak perlu bermain sekala besar terlebih dahulu karena tentu di desamu sudah ada pemain besar. Cukup memulai dengan perlahan dan pasti.

2. Usaha Hewan Ternak

peluang usaha di desa
pertanianku.com

Hampir semua hewan peliharaan bisa dijadikan sebagai usaha ternak di kampung yang menjanjikan. Ayam, bebek, kelinci, kambing, sapi hingga burung puyuh. Kenapa bisa dibilang menjanjikan? Ya, karena pasarnya sudah jelas. Tinggal mempersiapkan sarana dan prasarana lalu memilih jenis hewan yang akan dipelihara.

Tips terbaiknya adalah, sebelum memulai terlebih dahulu untuk melakukan survey kepada pelaku usaha ini. Memastikan potensi hasil usaha yang akan didapat, dan bagaimana prospeknya. Dan yang tidak kalah penting adalah modal yang dibutuhkan.

Beternak dikatakan sebagai usaha tentu saat hewan yang dipelihara bukan satu atau dua biji. Bermainnya harus sudah sekala usaha, misalnya sapi berapa ekor yang harus dipelihara agar dalam jangka tertentu sudah bisa dihitung perkiraan hasilnya.

3. Jasa Potong Rambut

peluang usaha di desa
pixabay.com

Jasa potong rambut bisa dibilang sebagai peluang usaha di desa tanpa modal, hanya membutuhkan skill memotong rambut. Mungkin terkesan remeh, namun coba sedikit berkalkulasi. Di desa umumnya harga potong rambut berkisar antara 5000 hingga 8000. Coba kita kalikan sehari dapat 5-10 pelanggan, sudah terbilang lumayan.

Terlebih jika pandai menggaet pelanggan dan bisa mendapatkan tempat yang strategis, misalnya di dekat pasar atau dekat keramaian lainnya. Pasti akan menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan. Banyak sekarang tempat pelatihan, bahkan beberapa instansi pemerintah juga memberikan pelatian gratis. Coba cari informasi, jika memiliki bakat tidak perlu waktu lama untuk bisa mahir.

4. Jasa Permak Jeans

peluang usaha di desa
facebook.com

Jasa permak jeans ini merupakan salah satu usaha yang akan selalu ada. Dimana jenis kain yang digarap memang spesifik. Ini menjadi keunggulan dan potensi yang dimiliki. Di desa masih jarang menemui jasa ini, umumnya berupa jasa jahit umum.

Padahal untuk membuka jasa ini tidak memerlukan modal yang besar, cukup keahlian dan juga mesin jahit khusus. Karena yang dijahit atau dipermak kain tebal, umumnya kain jeans maka mesinnya juga berbeda dengan mesin jahit biasa. Untuk tempat terbaik usaha ini, tentu di dekat keramaian misalnya pasar.

5. Jasa Jahit Sepatu

peluang usaha di desa
sohu.com

Selanjutnya adalah jahit sepatu. Jenis usaha ini biasanya dijalankan oleh seseorang yang berkeliling mencari pelanggan. Kenapa kita tidak berfikir secara profesional, misalnya mencari tempat strategis kemudian membuka lapak disitu.

Memang tidak mungkin setiap orang akan menjahit sepatunya setiap hari. Idealnya jasa ini digabungkan dengan keahlian lain misalnya permak jeans atau bahkan jahit baju secara umum. Jika ditekuni serius pasti akan menjadi lahan penghasilan.

Baca juga : Ide Usaha Kreatif dan Inovatif 

6. Jasa Jahit Pakaian

peluang usaha di desa
indiamart.com

Sama seperti jahit sepatu dan permak jeans, jenis usaha ini masih berkaitan dengan fashion. Jasa jahit ini idealnya bisa mengerjakan berbagai keluhan pelanggan, misalnya mengecilkan ukuran, pasang resleting dan lainnya.

Lebih dari itu, yang utama tentu bisa menjahit kain menjadi pakaian jadi. Usaha ini tidak mengenal apakah harus laki-laki atau perempuan yang bisa menjalankan. Asalkan memiliki kemampuan untuk menjahit pakaian, pasti bisa menjalankannya.

Memang untuk merintisnya tidaklah mudah, akan tetapi jika sudah dikenal oleh banyak pelanggan bakal tidak kekurangan order. Inilah tantang yang harus kamu takhlukkan, memulai dan bertumbuh. Caranya? Terus melakukan inovasi baik pelayanan dan kualitasnya.

7. Bimbingan Belajar

peluang usaha di desa
nam.edu

Usaha bimbingan belajar ini cocok bagi kamu yang sedang menempuh jenjang tinggi namun setiap hari bolak-balik rumah, atau kampusnya tidak jauh dari rumah. Atau bisa jadi sebagai tenaga pendidik yang masih honorer. Sudah banyak yang membuktikan bahwa usaha bimbingan belajar ini potensial.

Apalagi dalam urusan kompensasi yang ditawarkan bersahabat, serta layanan dan hasil yang memuaskan. Tidak butuh waktu lama untuk berhasil dengan usahamu ini. Beberapa hal yang harus dipersiapkan tentu sarana prasarana, alat pemasaran, dan pendukung lainnya.

8. Jasa Service Motor

peluang usaha di desa
gooto.com

Usaha service motor? Ah, di desa saya sudah banyak. Halo, hari gini masih berfikir seperti itu. Kalau kamu memiliki kemampuan, dan yakin bisa memberikan nilai tambah why not? Betapa banya kita dikecewakan dengan pelayanan yang asal-asalan saat melakukan service motor, ini menjadi peluang bagus untuk dijadikan profesional.

Memang secara modal yang digunakan tidak sedikit, namun dengan pengalaman dan hitung-hitungan sederhanamu pasti lebih tahu apa yang harus dilakukan. Selain sebagai jasa service, pemasukan lain yang akan didapatkan tentu dari penjualan sparepart.

9. Jasa Service Mobil

peluang usaha di desa
mybroadband

Meskipun di desa tidak sebanyak di kota dalam pemakaian kendaraan mobil, namun ini menjadi peluang tersendiri. Dimana banyak jenis kendaraan niaga yang beroperasi di desa, seperti pick up, truck dan angkutan umum menjadi peluang.

Kamu pasti menyaksikan keberadaan jasa service mobil yang ada di desamu pasti tetap ada saja pelanggan. Terlebih yang mampu memberikan pelayanan terbaik, pasti akan mendapatkan kemudahan dalam usaha.

10. Jasa Service Elektronik

peluang usaha di desa
pixabay.com

Peluang usaha di kampung yang terbilang potensial selanjutnya adalah jasa service elektronik. Seperti yang kita ketahui, pemakaian elektronik tidak ada batasan apakah desa atau kota. Mungkin pembedanya hanya segi kuantitas saja.

Ini menjadi ide bisni bagus bagi yang memiliki skill dalam otak-atik elektronik. Tentu sebaiknya tidak sebatas jenis elektronik tertentu, alias multifungsi. Dengan pengecualian jenis-jenis elektronik yang mungkin benar-benar tidak bisa digarap.

11. Usaha Mebel

ide bisnis rumahan
digitalcommons.risd.edu

Perabot rumah tangga adalah hal yang tidak terlewatkan. Mulai dari pintu, almari, dipan, meja rias, meja TV dan jenis lainnya menjadi kebutuhan rumah tangga. Ini menjadi peluang bagus bagi yang memiliki keahlian dibidang mebel.

Untuk bisa menyuguhkan keunggulan, kamu bisa menambah dari berbagai jenis bahan yang bisa dikerjakan, jadi tidak sebatas berbahan kayu. Dengan menciptakan inovasi produk dan pelayanan, pasti akan mendapatkan pangsa pasar yang bagus.

12. Jasa Sumur Bor

ide bisnis rumahan
medium.com

Salah satu usaha yang menjanjikan di desa ada jasa sumur bor. Dimana setiap orang yang sedang membangun rumah atau keperluan pengairan sawah biasanya memerlukan jasa ini. Untuk menjadi profesional baiknya melakukan pemasaran hingga daerah-daerah lain yang sekiranya masih bisa dijangkau.

Selain hanya jasa umur bor, kamu bisa menggabungkan dengan pembuatan gorong-gorong sekalian yang mana ini menjadi keuntungan tersendiri. Jika ada pelanggan membutuhkan jasa, bisa sekalian menawarkan barang yang diproduksi.

13. Jasa Giling Padi dan Jagung

ide bisnis rumahan
youtube.com

Usaha yang cocok di desa berikutnya adalah jasa penggilingan padi dan jagung. Dimana komoditi ini adalah yang paling banyak ditanam di desa. Dengan memodifikasi sedemikian rupa, banyak mesin penggiling yang bisa dioperasikan untuk keliling menjemput bola.

Hal ini tentu menjadi potensi tersendiri bagi pelaku usaha atau calon usahawan di desa. Memang setidaknya dibutuhkan modal seharga motor baru untuk bisa membeli alatnya, namun hal itu akan terbayar dengan penghasilan yang bisa didapatkan dengannya.

14. Jual Aneka Jajanan Pasar

ide bisnis rumahan
kulinerwisata.com

Aneka jajan pasar menjadi salah satu usaha kuliner yang mendapat respon positif masyarakat. Jika bisa menangkap peluang ini dengan mencari tempat strategis, atau model kanvas keliling menitipkan barang, ide usaha ini bisa menjadi bisni menguntungkan.

Jika memiliki tempat strategis, kamu tidak harus memproduksinya sendiri. Cuku mencari kerjasama kepada orang yang ingin menitipkan jajan pasarnya dengan komisi per barang yang laku. Jangan salah, ini cukup potensial lho.

15. Loket Pembayaran dan Voucher Internet

ide usaha rumahan
youtube.com

Sekarang banyak yang menjalankan usaha pembayaran berbagai keperluan. Ini cukup memudahkan kepada konsumen terlebih kamu bisa menawarkan jemput bola. Namun untuk yang strategi ini setidaknya sudah memiliki beberapa langgana tetap yang dikelola dengan baik.

Selain itu, harus cepat menangkap peluang. Di desa terkadang penggunaan internet terkendala dengan jaringan. Ini peluang untuk bekerjasama dengan pemilik towr WiFi. Dimana biasanya pemilik tower memang bekerjasama dengan orang-orang tertentu untuk menjualkan vouchernya dengan komisi sekian per voucher. Ini cukup bagus jika kamu bisa mengelolanya dengan baik.

16. Usaha Batu Bata atau Batako

ide bisnis rumahan
facebook.com

Penggunaan bahan bangunan satu ini terus mengalami revolusi, dimana penggunaan bata merah sudah mulai bergeser ke batako dan yang terbaru bata ringan. Namun, untuk di desa masih umum menggunakan batako. Dan ini menjadi salah satu peluang usaha di desa yang cukup bagus dan potensial.

Dimana untuk menjalankan usaha ini, kamu dituntut untuk berani berinovasi misalnya menggabungkan dengan produk unggulan lain, misalnya gorong-gorong atau bahkan gypsum. Memang selain modal yang cukup, bisnis ini bermain skill terlebih masih pemula dan belum bisa merekrut karyawan yang ahli dibidangnya.

17. Budidaya Sayur dan Buah-buahan

ide bisnis rumahan
hkti.co.id

Jika dikelola dengan baik dan mengerti alur pemasarannya, usaha menanam sayur dan buah-buahan bukanlah ide yang buruk. Mungkin kamu jarang memikirkan untuk khusus fokus menanam sayuran atau buah-buahan skala besar. Padahal jika sudah tahu potensi dan alur pemasarannya, usaha rumahan ini cukup menjanjikan.

Seperti contoh, di Kota Batu banyak sekali masyarakat yang menanam bunga dan apel. Dan hingga kini keberadaan petani bunga tersebut terus berjalan karena pasarnya sudah terbentuk, bahkan sebagian orang mungkin tidak mengira jika tanaman hias di Kota Batu sebagian juga diekspor.

18. Budidaya Jamur Tiram

ide bisnis rumahan
forum.teropong.id

Jenis jamur tiram adalah salah satu jenis jamur yang cukup populer di kalangan masyarakat luas. Dimana untuk bisa membudidayakan ini harus memiliki pengetahuan yang cukup. Ada beberapa teknis dalam menanamnya.

Untuk urusan pemasaran, sangat baik jika pembudidaya bisa membuat pasar sendiri dengan cara langsung mensuplai pedagang sayur atau toko-toko potensial. Dimana dengan cara ini akan lebih memungkinkan untuk segi profit. Jika sudah melalui tengkulak atau pengepul, memang akan mudah tinggal menunggunya namun harga yang ditawarkan juga tidak sebagus dipasarkan sendiri.

19. Budidaya Belut

budidaya belut
agroniaga.com

Potensi budidaya belut menawarkan keuntungan yang bagus. Dimana kebutuhan pasar terus meningkat dan pelaku usaha ini masih tergolong sedikit. Umumnya mereka akan berfirkir tentang pemasaran, karena tidak seperti hewan ternak pada umumnya yang pasarnya sudah jelas.

Nah, sebelum memulai baiknya kamu mencari informasi dimana tempat menjual hasil belut pasca panen. Biasanya di kota-kota besar kebutuhan akan belut cukup besar jika bisa menciptakan pasar atau setidaknya sudah memiliki channel pemasaran maka akan sangat memudahkan.

20. Budidaya Lele

budidaya lele
dkp.jatimprov.go.id

Salah satu peluang usaha yang selalu ada pelakunya adalah budidaya lele. Seperti yang kita ketahui, kebutuhan akan ikan jenis lele ini memang banyak utamanya untuk kuliner. bisa dilihat jika berkunjung ke kota, pasti banyak sekali olahan ikan ini dijajakan.

Memang untuk menjalankan usaha ini terbilang membutuhkan modal yang besar. Selain benih dan pakan, yang tidak kalah penting adalah kolam. Namun, untuk awal terkait kolam bisa diakali dengan cara membuat dari terpal yang sudah umum digunakan, setidaknya dengan cara ini biaya modal awal bisa terkurangi.

21. Jasa Sewa Dekorasi

jual batako
pinterest.com

Nah, peluang usaha di kampung yang satu ini harus membutuhkan modal besar karena harus memiliki berbagai sarana dan prasarana yang mendukung. Usaha ini cocok bagi kamu yang memiliki modal lebih, misalnya sehabis pulang dari bekerja di luar negeri.

Kamu bisa menyisihkan penghasilan yang di dapat selama bekerja menjadi TKI, dan selalu mencari peluang terbaru. Namun, tidak perlu gegabah dan terlalu berambisi. Skill wirausaha itu harus dipupuk mulai kecil namun konsisten, tidak memulu soal modal.

22. Cetak Undangan

cetak undangan
pinterest.com

Kebutuhan akan cetak undangan atau bentuk lainnya akan terus dibutuhkan. Terlebih event-event besar seperti pernikahan, sunatan dan lainnya. ini cukup bagus bila mampu menghadirkan pelayanan dan produk terbaik.

Meski beberapa sudah tergantikan dengan undangan elektronik, tentu ini tidak serta merta langsung bisa diterapkan di desa. Biasanya di desa masih menjaga sekali adab, adat istiadat. Bahkan, jika tidak diberi undangan ya benar-benar tidak hadir meskipun itu saudara atau tetangga.

23. Jual Mie Ayam

usaha mie ayam
cookpad.com

Salah satu jenis usaha kuliner yang menjanjikan profit baik adalah mie ayam. Sengaja dalam pembahasan ini diulas secara spesifik tentang beberapa usaha kuliner yang menjanjikan. Tidak diulas bersamaan. Karena masing-masing dari produk kuliner ini memiliki keunggulan.

Jika bsa berinovasi berjualan mie ayam dengan harga dan rasa terenak, pasti tidak membutuhkan waktu lama untuk bisa menggaet pelanggan. Umunya penjual mie ayam di desa ya begitu-begitu saja soal rasa, nah ini kesempatan terbaik untuk berani bersaing dengan produk unggulanmu.

24. Jual Nasi Goreng

usaha nasi goreng
masakapahariini.com

Selanjutnya kuliner yang bisa dijumpai hampir di setiap daerah adalah nasi goreng. Memang kamu tidak bakalan bisa menggoreng seenak abang-abang tukang nasi goreng. Ada rahasia tersendiri, jadi kamu harus belajar terlebih dahulu.

Secara hitung-hitungan, penulis pernah melihat penjual nasi goreng yang modal awalnya bisa dibilang setengah harga jual bahkan kurang. Misalnya dalam sekali penggorengan penjual tersebut memakai hanya satu telur untuk lima porsi nasi goreng, bisa dibayangkan berapa minimnya bahan yang digunakan. Padahal rasa yang dihasilkan tetap enak, ini tugas kamu untuk menciptakan resep terbaik.

25. Jual Ayam Kentucky

usaha ayam goreng kentucky
pospapua.com

Peluang usaha di desa yang bisa kamu jalankan lainnya adalah usaha kuliner ayam kentucky. Jenis usaha ini hampir seperti gorengan dan jajan pasar dimana hampir setiap hari orang membutuhkan untuk lauk pauk.

Idealnya kamu harus mencari tempat yang strategis untuk menjalankan usaha ini. Paling tidak banyak orang lalu lalang di sekitar usaha yang kamu jalankan, bagusnya memang dekat area pasar atau tempat keramaian lain misalnya lapangan kecamatan atau desa.

26. Jual Roti Bakar

usaha roti bakar
northnode.org

Roti bakar masih menjadi primadona masyarakat untuk makanan ringan yang lezat dikonsumsi. Ini menjadi peluang usaha yang bagus jika bisa menghadirkan kualitas dan rasa yang bagus kepada masyarakat.

Bahkan, penulis melihat sendiri ada yang jemput bola dengan cara berkeliling di sekolah-sekolah dengan mengendarai motor dan membawa gerobak, mirip penjual jajanan pada umumnya. Dan tanggapa anak-anak sekolah sangat bagus, bahkan dikenal juga warga sekitar terutama yang mengantar anaknya sekolah. The power of emak-emak.

27. Jual Aneka Gorengan

peluang usaha di kampung
twitter.com

Jangan meremehkan usaha yang satu ini. jika dikelola dengan baik dan produk yang dijual juga berkualitas, pasti banyak mendatangkan pelanggan. Banyak lho yang sudah membuktikan dengan berjualan gorengan bisa mendatangkan pemasukan yang lumayan besar.

Dan hilangkan gengsimu, mungkin di fikiran masak anak muda harus berjualan gorengan. Halo, hari begini masih memiliki pemikiran semacam itu. Yah, siap-siap saja kamu hanya menjadi penonton. Kamu pasti “tidak rela” kan melihat orang lain sukses karena sudah mengambil peluang duluan? Ayo, beraksi!

28. Jual Cilok

peluang usaha di kampung
teras.id

Cilok menjadi jajanan yang tidak lekang oleh zaman. Dimana dengan rasa yang khas dan familier ini menjadikan lidah untuk selalu tergiur saat melihat jajanan ini. Terlebih disajikan dengan rasa yang enak dan racikan bumbu supernya.

Kalau kamu malu memulainya, bisa saja ke luar daerah asal terlebih dahulu dan mencoba sejauh mana potensi usaha kuliner ini. Atau mungkin dengan cara modern misal sewa teras di depan swalayan yang ramai, dan tempat strategis lainnya. Setelah mengetahui potensinya pastu kamu akan tergiur.

29. Jualan Online

peluang usaha di desa
printgo.vn

Untuk usaha online ini sangat banyak sekali jenisnya. Bisa melalui marketplace, toko online atau platform lain. Banyak yang sudah membuktikan bisa menjalankan usaha ini hanya dengan modal posting-posting, karena urusan barang sudaha da supplier yang mensupportnya.

Kamu tinggal mencari peluang usaha online apa yang sekiranya bisa dijalankan. Terlebih jika kamu belajar tentang internet marketing ini beda lagi. Banyak celah dan peluang yang akan bisa kamu temukan dengan ilmu ini.

Itulah beberapa peluang usaha di desa yang sudah populer dan bisa menjadi inspirasi untuk segera memulai. Sangat beruntung bagi kamu yang membaca artikel ini dan kebetulan di daerah asalmu belum ada usaha sejenis. Jangan ragu untuk mencoba memulainya ya! Semoga sukses.

 

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *