Home » Edukasi » Peta » Gambar Peta Brunei Darussalam Lengkap

Gambar Peta Brunei Darussalam Lengkap

Berikut adalah kumpulan gambar peta Brunei Darussalam, salah satu negara yang ada di kawasan Asia Tenggara. Wilayahnya relatif sempit jika dibandingkan dengan negara-negara tetangganya.

Meskipun wilayahnya kecil, Brunei memiliki pengaruh yang besar, terutama untuk kemajuan perekonomiannya. Negara ini merupakan penghasil minyak bumi dan gas alam. Sektor pertambangan inilah yang menjadi sumber pendapatan utama.

Ibukota negara berada di kota Bandar Seri Begawan. Brunei merupakan negara kesultanan sehingga kepala negara dan kepala pemerintahannya diberi julukan sultan.

Peta Brunei Darussalam

Gambar Peta Brunei Darussalam Lengkap

peta brunei darusaalam

Peta Brunei Darussalam menggambarkan wilayah Brunei terhadap negara-negara di sekitarnya. Brunei berada di kawasan Asia Tenggara dan berbatasan dengan Malaysia.

Peta Brunei Darussalam Hitam Putih

peta brunei darussalam hitam putih
researchgate.net

Peta hitam putih menunjukkan negara Brunei Darussalam termasuk bentuk geografisnya. Brunei memiliki wilayah yang cukup sempit dan terdiri atas beberapa kota atau distrik besar saja seperti Belait, Tutong, dan Temburong.

Peta Buta Brunei Darussalam

peta buta brunei darussalam

Jika ingin menggambar peta Brunei Darussalam, kenampakan geografisnya perlu ditampilkan. Peta berikut memberi gambaran perbedaan ketinggian, informasi kota dan jalan, sehingga memudahkan proses menggambar petanya.

Maps of Brunei Darussalam

map of brunei darussalam
worldatlas.com

Brunei Darussalam dapat ditelusuri lebih detail melalui Brunei Darussalam maps berikut ini. Kondisi geografis seperti kenampakan kota dan hutan dapat terlihat. Gunakan keterangan penjelas untuk mendapatkan informasi lebih banyak.

Baca juga: Peta Malaysia

Profil Negara Brunei Darussalam

negara brunei darussalam

Brunei Darussalam adalah negara kesultanan dan menganut sistem pemerintahan yang memegang teguh syariat Islam. Dengan pemerintahan yang baik, meskipun wilayahnya sempit, Brunei mampu mewujudkan kemakmuran bagi warganya.

Ibukota Brunei terletak di Bandar Seri Begawan. Kota ini memiliki populasi terbanyak yaitu sekitar 46 ribu jiwa. Seluruh kegiatan besar nasional seperti upacara kerajaan dilaksanakan pada ibukota negara.

Nama negaraBrunei Darussalam
Ibukota negaraBandar Seri Begawan
Bentuk pemerintahanKesultanan
Kepala negaraSultan
Kepala pemerintahanSultan
Lagu kebangsaanAllah Peliharalah Sultan
Mata uangDollar Brunei
BahasaMelayu (resmi), Inggris, Tiongkok

Luas Wilayah Brunei Darussalam

Luas wilayah negara Brunei Darussalam yaitu sekitar 5.765 km2. Sebagian besar wilayahnya merupakan daratan, hanya 8% perairan. Brunei terletak di Pulau Borneo (Kalimantan) dan berbatasan dengan wilayah Malaysia.

Wilayah Brunei terbagi menjadi dua wilayah yaitu Brunei bagian barat dan bagian timur. Kedua wilayah ini dipisahkan oleh Malaysia sehingga tidak saling terhubung secara langsung.

Mayoritas penduduk Brunei yaitu sekitar 97% menempati Brunei bagian barat sedangkan sisanya berada di wilayah bagian timur. 

Brunei barat terdiri atas tiga distrik yaitu Belait, Brunei Murara, dan Tutong sedangkan wilayah bagian timur hanya ada distrik Temburong.

Letak Geografis Brunei Darussalam

Berdasarkan kedudukannya di muka bumi, Brunei Darussalam berada di benua Asia, tepatnya di kawasan Asia Tenggara. Negara Brunei berada di bagian utara pulau Borneo (Kalimantan) yang termasuk wilayah Indonesia.

Negara Brunei Darussalam berbatasan dengan Malaysia di bagian barat, timur, dan selatan sedangkan sebelah utara berbatasan dengan Laut China Selatan. 

Dengan letak geografis seperti ini, keadaan alam Brunei cukup bervariasi. Daerah di Brunei berupa perbukitan, pegunungan, hutan bakau, dan rawa-rawa.

Letak Astronomis Brunei Darussalam

Letak astronomis berpengaruh terhadap kondisi iklim dan cuaca. Brunei Darussalam terletak pada 4° – 5° LU dan 114° -115° BT sehingga Brunei beriklim tropis dan mengalami dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau.

Penduduk Brunei Darussalam

Jumlah penduduk Brunei sekitar 438 juta jiwa dengan kepadatan tertinggi berada di ibukota negara yaitu Bandar Seri Begawan. Mayoritas penduduknya beretnis Melayu.

Bahasa dan Agama Penduduk Brunei Darussalam

Brunei Darussalam menggunakan bahasa Melayu sebagai bahasa resmi. Bahasa lain yang digunakan misalnya bahasa Inggris dan Tiongkok. 

Sebesar 78,8% penduduk Brunei beragama Islam dan merupakan pemeluk agama yang taat. Hal ini sejalan dengan sistem pemerintahan yang diterapkan Brunei yaitu syariat Islam.

Sumber Daya Alam Brunei Darussalam

Brunei Darussalam mengandalkan kekayaan minyak bumi dan gas alam sebagai penghasilan utamanya. Negara ini termasuk negara makmur sehingga penduduknya pun hidup sejahtera.

Pemerintah Brunei tidak memungut pajak penghasilan. Mereka juga menyediakan pendidikan dan layanan kesehatan secara gratis. 

Untuk meningkatkan pendapatan negara, Brunei mulai melakukan diversifikasi ekonomi dengan merambah ke sektor perdagangan dan industri.

Referensi

  • https://www.worldatlas.com
  • https://id.wikipedia.org
  • https://www.antaranews.com
  • https://kemlu.go.id
  • https://www.academia.edu

Leave a Comment