Home » Edukasi » Peta » Gambar Peta Filipina Lengkap

Gambar Peta Filipina Lengkap

Berikut adalah kumpulan gambar peta Filipina lengkap dalam berbagai versi yang dilengkapi dengan informasi seputar negara Filipina.

Filiphina adalah negara kepulauan terbesar kedua setelah Indonesia dengan jumlah kepulauan 7.641 pulau. Tiga pulau besarnya yaitu Pulau Luzon, Mindanao, dan Visayas.

Negara ini terletak di Asia Tenggara. Filiphina tidak berbatasan dengan daratan negara manapun karena seluruh wilayahnya dikelilingi lautan. Ibukota negara Filiphina terletak di kota Manila. Kota besar lain seperti Metro Manila, Metro Cebu, dan Kota Davao.

Peta Filipina

Gambar Peta Filipina Lengkap

peta filipina
infopls.com

Gambaran peta Filipina memperlihatkan wilayah negara Filiphina dan posisinya dengan negara di sekitar. Filiphina termasuk negara kepulauan penuh sehingga wilayahnya hanya dibatasi dengan lautan.

Peta Filipina Hitam Putih

peta filipina hitam putih
freeusandworldmaps.com

Wilayah Filiphina dilihat dari peta hitam putih menunjukkan letak geografis yang semakin jelas. Pada peta terlihat bahwa Filiphina memiliki sangat ribuan pulau. Sebagian besar pulaunya merupakan pulau berukuran kecil.

Peta Buta Filiphina

peta buta filipina

Peta Filipina yang mudah digambar berfokus menampilkan bentuk negara Filiphina. Tampilan negara Filiphina lebih mudah digambar menggunakan peta buta. Sebab, peta berikut membantu menggambar wilayah secara lebih detail.

Philippines Map

philippines map
nationsonline.org

Alih-alih menggambar, jika ingin melihat kenampakan geografis Filiphina, Filiphina Maps ini dapat digunakan. Terlebih lagi jika menggunakan bantuan Google Maps untuk menampilkan peta, daerah perkotaan bisa ditelusuri.

Baca juga: Peta Laos

Profil Negara Filiphina

negara filipina

Filiphina adalah negara kepulauan di Asia Tenggara yang memiliki 7.641 pulau. Karena inilah Filiphina dinyatakan menjadi negara kepulauan terbesar kedua setelah Indonesia. Namun, hanya seribuan pulau saja yang ditempati penduduk

Filiphina memperoleh kemerdekaan pada 4 Juli 1946 dan menganut sistem pemerintahan republik. Negara Filiphina kaya akan kebudayaan, salah satunya bahasa. Terdapat sekitar 176 bahasa yang dituturkan penduduk Filiphina.

Nama negaraFiliphina
Ibukota negaraManila
Bentuk pemerintahanRepublik
Kepala negaraPresiden
Kepala pemerintahanPresiden
Lagu kebangsaanLupang Hinirang
Mata uangPeso
BahasaFiliphina (Tagalog)

Luas Wilayah Filiphina

Negara Filiphina memiliki luas wilayah 300.000 km2. Wilayahnya berupa kepulauan dengan jumlah 7.641 pulau. Filiphina terbagi menjadi tiga pulau utama, yaitu Pulau Luzon, Mindanao, dan Visayas.

Wilayahnya kemudian dibagi menjadi 17 region, 80 provinsi, dan 120 kota. Pengelompokan provinsi menjadi region bertujuan memudahkan kebutuhan administratif. Setiap region memiliki pemerintahan yang terpusat.

Letak Geografis Filiphina

Filiphina terletak di Asia Tenggara tepatnya di Lingkar Pasifik Barat. Negara Filiphina tidak memiliki batas daratan. Berikut ini batas-batas negara Filiphina

  • Utara: berbatasan dengan Laut China Selatan
  • Selatan: berbatasan dengan Laut Sulawesi
  • Timur: berbatasan dengan Laut Filiphina
  • Barat: berbatasan dengan Laut China Selatan

Republik Filiphina memiliki garis pantai sepanjang 36.289 km. Hal ini menjadikan Filiphina sebagai negara dengan garis pantai terpanjang ke-5 di dunia. 

Kondisi geografis Filiphina sangat beragam mulai dari dataran tinggi, pegunungan, sungai-sungai, hingga lautan terdalam. Puncak tertingginya berada di Gunung Apo sedangkan sungai terpanjang adalah Sungai Cagayan.

Letak Astronomis Filiphina

Jika dilihat dari letak astronomisnya, Filiphina berada pada 4° – 21° LU dan 116° -126° BT. Posisi astronomis ini mempengaruhi iklim dan cuaca di Filiphina. Negara ini memiliki iklim laut tropis dengan suhu udara panas dan lembap.

Terdapat tiga musim di Filiphina, yaitu musim kemarau panas (musim panas), musim hujan, dan musim kemarau sejuk. Suhu wilayah Filiphina berkisar antara 21° C sampai dengan 32° C.

Penduduk Filiphina

Penduduk Filiphina terhitung berjumlah 109,6 juta jiwa. Sekitar ⅔ penduduknya mendiami Pulau Luzon, termasuk di Kota Manila sebagai ibukota negara. Dengan banyaknya penduduk dan luas wilayah, etnis di Filiphina pun sangat beragam.

Orang Filiphina dikenal dengan sebutan Filipino. Penduduk mayoritas merupakan etnis asli yaitu Tagalog. Orang pribumi Filiphina adalah suku Aeta. Sementara itu, penduduk pendatang berasal dari etnis Tionghoa, Asia Selatan, dan Amerika.

Bahasa dan Agama Penduduk Filiphina

Bahasa resmi Filiphina yaitu bahasa Filiphina atau dikenal sebagai bahasa Tagalog. Di samping itu, penduduk Filiphina juga terbiasa menggunakan bahasa Inggris.

Mayoritas penduduk di Filiphina menganut agama Katolik dengan jumlah penganutnya sebanyak 80%. Agama lain yang cukup besar yaitu Kristen Protestan (12%). Agama lain seperti Islam dan Budha banyak dianut oleh penduduk pendatang.

Perekonomian Filiphina

Perekonomian di Filiphina cukup bervariasi. Letak negara Filiphina yang cukup strategis menjadikan negara ini memiliki banyak mitra dagang seperti Jepang, China, Singapura, Korea Selatan, dan Hongkong.

Tiga sektor utama yang menjadi andalan negara adalah sektor jasa, industri, dan pertanian. Komoditas yang dihasilkan antara lain padi, tebu, jagung, kelapa, buah-buahan seperti pisang dan nanas, serta sayuran.

Referensi

  • https://id.wikipedia.org
  • https://kemlu.go.id
  • http://ditpolkom.bappenas.go.id
  • http://repository.umy.ac.id

Leave a Comment