Home » Edukasi » Peta » Gambar Peta Jambi Lengkap

Gambar Peta Jambi Lengkap

Berikut adalah kumpulan gambar peta Jambi lengkap dalam berbagai versi mulai HD, hitam putih dan MAP. Selain itu dilengkapi juga informasi lain seputar budaya dan kekayaan yang dimiliki.

Jambi merupakan provinsi di Indonesia yang berada tepat di pesisir timur bagian tengah Pulau Sumatera. Kawasan ini merupakan salah satu daerah yang memiliki ibukota sama dengan nama provinsinya yakni Jambi.

Provinsi dengan sebutan “Bumi Melayu” ini merupakan daerah yang terkenal akan literatur kuno. Dahulu Jambi sering disebutkan dalam prasasti serta berita Tiongkok.

Peta Lengkap Jambi

Peta Jambi HD

peta provinsi jambi

Wilayah administrasi Jambi dapat dilihat melalui peta HD yang terlihat jelas memetakan masing-masing daerahnya. Mulai dari kabupaten hingga kota. Peta HD dengan resolusi tinggi kini mulai bermunculan di internet guna memudahkan pengguna.

Peta Jambi Hitam Putih

peta buta jambi hitam putih

Berikut ini gambar peta hitam putih yang menyuguhkan tampilan standar. Namun daerah di provinsi Jambi terlihat cukup jelas. Ada nama serta keterangan yang tergolong mudah dipahami. Meski begitu, tampilan ini tidak mengurangi informasi yang disampaikan.

MAP Jambi

peta provinsi jambi

Gambar MAP Jambi dianggap paling menarik dan mudah ketika digunakan. Dilengkapi dengan berbagai warna berbeda yang membuat tampilannya semakin berkesan. Hal ini akan memudahkan pengguna dalam mempelajari setiap daerahnya.

Mengenal Lebih Dekat dengan Jambi

Jambi menyimpan segudang tempat wisata yang menarik. Seperti diantaranya Menara Gentala Arasy Jambi, Air Terjun Tegan Kiri, dan Candi Muaro Jambi. Lalu ada pula Geopark Merangin, Perkebunan Teh Kayu Aro, Danau Kaco hingga Danau Gunung Tujuh.

Profil singkat

Nama provinsiJambi
IbukotaJambi
Hari Jadi6 Januari 1957
Jumlah Kabupaten9
Jumlah Kota2

Kabupaten di Jambi

Provinsi Jambi memiliki total luas wilayah mencapai 50.160,05 km2. Terdiri dari 49.734,55 km2 luas daratan serta 425,50 km2 luas perairan. Kawasan ini terdiri atas 9 kabupaten yakni:

  1. Batanghari
  2. Bungo
  3. Kerinci
  4. Merangin
  5. Muaro Jambi
  6. Sarolangun
  7. Tanjung Jabung Barat
  8. Tanjung Jabung Timur
  9. Tebo

Kota di Jambi

Dengan luas wilayah yang tidak terlalu besar, Jambi memiliki jumlah populasi sekitar 3.548.228 jiwa pada 2021. Sehingga tercatat kepadatan populasi mencapai 71/km2. Dengan tingkat populasi tersebut, provinsi ini hanya memiliki dua kotamadya, yakni kota Jambi dan kota Sungai Penuh

Letak Astronomis

Secara astronomis, Jambi terletak diantara titik koordinat yakni 0,45° Lintang Utara, 2,45° Lintang Selatan serta antara 101,10°-104,55° Bujur Timur.

Letak Geografis

Sedangkan apabila berdasarkan letak geografis, Jambi berbatasan dengan beberapa daerah lainnya seperti:

  • Utara: Berbatasan dengan Provinsi Riau.
  • Timur: Berbatasan dengan Selat Berhala.
  • Barat: Berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Bengkulu.
  • Selatan: Berbatasan dengan Sumatera Selatan.

Kebudayaan Jambi

Mengenai kebudayaan daerah Jambi, sejatinya ada banyak budaya yang menarik untuk diketahui. Hal ini berkaitan erat dengan sejarah Jambi yang dahulu menjadi pemerintahan dua kerajaan besar yakni Kerajaan Melayu dan Jambi. Berikut sekilas mengenai adat budaya Jambi:

  • Rumah Adat: Rumah Panggung Kajang Lako
  • Senjata Tradisional: Keris Siginjai
  • Lagu Daerah: Selendang Mayang, Injit-Injit Semut, Pinang Muda, Batanghari.
  • Tarian Daerah: Sekapur Sirih, Inai, Selampit Delapan, Tauh, Rentak Besapih, Kubu, Kisan, Rangguk, Liang Asak, Nitih Naik Mahligai.

Pertanyaan Umum

Jambi Sumatera apa ya?

Jambi berada di tengah – tengah Pulau Sumatera atau terletak pada bagian barat cekungan Sumatera bagian selatan. Secara geomorfologis disebut dengan sub-cekungan

Apa bahasa daerah Jambi?

Bahasa Melayu merupakan bahasa daerah Provinsi Jambi

Apa ibukota Jambi?

Ibukota Provinsi Jambi sama dengan nama provinsinya yakni Jambi

Referensi

  • https://dprd-jambiprov.go.id
  • https://big.go.id
  • https://id.wikipedia.org

Leave a Comment