Home » Edukasi » Peta » Gambar Peta Lampung Lengkap

Gambar Peta Lampung Lengkap

Berikut informasi mengenai Provinsi Lampung lengkap mulai dar ikumpulan gambar peta Lampung yang meliputi peta HD, peta hitam putih hingga mengenal kultur budayanya.

Sebagai provinsi yang berada di paling selatan Pulau Sumatera, Lampung menjadi satu daerah yang cukup terkenal di dunia. Tidak hanya dari segi wisata namun juga sumber daya alam dan manusia.

Sejenak kita juga akan dimanjakan dengan deretan wisata yang tidak kalah menarik dari destinasi di luar negeri. Untuk informasi lengkap lain kalian bisa melihat di Peta Indonesia.

Peta Lampung Lengkap

Peta Lampung HD

peta lampung

Inilah gambar peta HD Provinsi Lampung yang tersirat jelas dilengkapi dengan keterangan dari masing-masing daerahnya. Memiliki tampilan yang cerah dengan gradasi warna menarik membuat peta ini mudah dipahami serta dipelajari.

Peta Lampung Hitam Putih

peta lampung hitam putih

Melalui peta hitam putih ini tertera semua bagian wilayah yang masuk dalam Provinsi Lampung. Di dalamnya memperlihatkan kabupaten dan kota dengan kualitas gambar hitam putih. Meski begitu informasi yang tersirat cukup lengkap.

MAP Lampung

map lampung

Beberapa jenis peta mungkin tidak terlalu lengkap memperlihatkan daerah provinsi. Hal lain berbeda dengan MAP. Berikut ini merupakan gambaran MAP Provinsi Lampung yang dilengkapi dengan berbagai warna cerah beserta lambang-lambang pendukung.

Sekilas Tentang Lampung

Lampung masuk dalam daerah strategis yang merupakan gerbang ekonomi dunia. Provinsi ini juga merupakan kawasan pusat pasar nasional terutama Jakarta Serta Jawa Barat.

Kultur budaya masyarakat Lampung juga beragam. Sehingga membuat kawasan yang terkenal dengan kerajinan kain tapis ini semakin menarik.

Profil Singkat

Nama Provinsi        Lampung
Ibukota   Bandar Lampung
Hari Jadi     18 Maret 1964
Jumlah Kabupaten 13
Jumlah Kota           2

Kabupaten di Lampung

Lampung terdiri atas 15 kabupaten/kota. Di mana 13 merupakan kabupaten dan 2 kota. Memiliki total luas wilayah mencapai 33.553,55 km2, Lampung merupakan daerah yang cukup besar. Berikut ini adalah daftar kabupatennya:

  1. Lampung Barat
  2. Lampung Selatan
  3. Lampung Tengah
  4. Lampung Timur
  5. Lampung Utara
  6. Mesuji
  7. Pesawaran
  8. Pesisir  Barat
  9. Pringsewu
  10. Tanggamus
  11. Tulang Bawang
  12. Way Kanan

Kota di Lampung

Provinsi Lampung memiliki jumlah populasi hingga 9.007.848 jiwa pada 2020. Yakni menduduki peringkat ke 15 dengan kepadatan mencapai 268/km2. Adapun kota yang ada di Lampung yakni Kota Bandar Lampung sebagai ibukota serta Kota Metro.

Letak Astronomis

Apabila dilihat secara astronomis Lampung terletak diantara titik 105°45′-103°48′ Bujur Timur serta 3°45′-6°45′ Lintang Selatan.

Letak Geografis

Topografi Provinsi Lampung berbatasan dengan beberapa daerah di dunia yakni antara lain:

  • Barat: Berbatasan dengan Samudera Hindia.
  • Timur: Berbatasan dengan Laut Jawa.
  • Utara: Berbatasan dengan Sumatera Selatan dan Bengkulu.
  • Selatan: Berbatasan dengan Selat Sunda.

Kebudayaan Lampung

Dari sekian banyak daerah di Indonesia, tiada salahnya jika belajar mengenai kebudayaan adat daerah Lampung. Banyak hal menarik yang bisa diulik dari provinsi ini.

Kawasan yang terkenal dengan potensi alamnya tidak kalah menarik dengan beberapa wilayah lain yang ada di Sumatera. Terutama dari segi kultur, berikut informasi singkat mengenai kebudayaan Lampung:

  • Rumah Adat: Nuwo Sesat, Lamban Gedung, Lamban Dalom, Gedung Pakuon.
  • Senjata Tradisional: Badik Lampung, Laduk, Payan, Keris.
  • Lagu Daerah: Bumi Sekala Brak, Sang Bumi Ruwa Jurai, Pang Lipang Dang, Cangget Agung , Tepui Tepui.
  • Bahasa Daerah: Bahasa Lampung

Pertanyaan Umum

Apa ibukota Lampung?

Bandar Lampung merupakan ibukota Provinsi Lampung sekaligus sebagai kota terbesar di provinsi ini

Berapa kabupaten Lampung?

Memiliki total luas wilayah mencapai 33.553,55 km2, Lampung memiliki 13 kabupaten dan 2 kota

Nama tarian Daerah Lampung apa?

Lampung memiliki beberapa jenis tarian tradisional yakni, Tari Bedana, Cangget, Sembah, Sigeh Penguten, Sekura dan tari Nyambai

Referensi

  • https://www.bpkp.go.id
  • http://e-journal.uajy.ac.id
  • https://id.wikipedia.org

Leave a Comment