Home » Edukasi » Peta » Gambar Peta Laos Lengkap

Gambar Peta Laos Lengkap

Laos merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak memiliki laut. Seluruh wilayahnya merupakan daratan sehingga berbatasan dengan wilayah darat negara lain. Luas wilayahnya sekitar 236.800 km2

Ibukota Laos berada di kota Vientiane. Sebagian besar negara Laos merupakan kota besar. Umumnya, wilayah Laos berupa pegunungan terjal dan dataran tinggi.

Berikut ini gambar peta Laos lengkap yang menampilkan detail geografis dan keseluruhan wilayah Laos.

Peta Laos

Gambar Peta Laos Lengkap

peta laos hd
pinhome.com

Gambar peta Laos menampilkan wilayah negara Laos yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Beberapa kota pentingnya yaitu Vientiane, Louangnamtha, Xiangkhoang, Pakxe, dan Salavan.

Peta Laos Hitam Putih

peta laos hitam putih
researchgate.net

Peta Laos dalam versi hitam putih menampilkan wilayah Laos secara lebih sederhana. Pada peta tidak terlalu ditonjolkan perbedaan ketinggian, letak kota, dan lainnya.

Peta Buta Laos

Versi peta Laos yang mudah digambar biasanya berupa peta buta. Peta ini hanya menampilkan bentuk negara Laos saja sehingga mudah ditirukan dan membantu proses menggambar. 

Laos Maps

laos map
britannica.com

Laos maps memudahkan dalam mengetahui detail negara Laos. Sebab, pada peta ini, kenampakan kota dan jalan-jalan dapat terlihat. Tentu saja karena peta ini dilengkapi dengan keterangan penjelas.

Baca juga: Peta Myanmar

Profil Negara Laos

negara laos

Laos terkenal sebagai negara di Asia Tenggara yang tidak memiliki laut. Artinya, seluruh wilayah negaranya merupakan daratan. Alhasil, negara Laos pun hanya berbatasan dengan wilayah daratan negara lain saja.

Ibukota Laos terletak di Vientiane yang berada di pusat wilayah negara. Laos berbatasan denganThailand, Myanmar, Vietnam, Kamboja, dan China. Penduduk Laos relatif sedikit tetapi pertumbuhan penduduknya cukup cepat.

Nama negaraLaos
Ibukota negaraVientiane
Bentuk pemerintahanRepublik Demokratik
Kepala negaraPresiden
Kepala pemerintahanPerdana menteri
Lagu kebangsaanPheng Kat Lao
Mata uangKip
BahasaLao

Luas Wilayah Laos

Luas wilayah Laos sekitar 236.800 km2. Negara republik demokratik ini dibagi menjadi 16 provinsi dan 1 preferektur. Wilayah Laos berbatasan dengan sejumlah negara di Asia Tenggara, yaitu sebagai berikut.

  • Utara: berbatasan dengan China dan Myanmar
  • Selatan: berbatasan dengan Kamboja
  • Timur: berbatasan dengan Vietnam
  • Barat: berbatasan dengan Myanmar dan Thailand

Letak Geografis Laos

Secara geografis, Laos terletak di semenanjung Indochina. Karena Laos terhimpit benua sehingga tidak memiliki laut, wilayahnya dikelilingi hutan. Sebagian besar wilayah Laos merupakan pegunungan dan beberapa terdapat dataran tinggi.

Puncak dataran tertinggi berada di Gunung Phou Bia yaitu setinggi 2.817 meter. Laos juga dilalui oleh Sungai Mekong sepanjang 4.350 km sebagai sumber air untuk sektor pertanian

Letak Astronomis Laos

Jika dilihat berdasarkan garis lintang dan bujurnya, Laos terletak pada 14° – 22° LU dan 100° -108° BT. Letak ini menjadikan Laos mengalami iklim muson sehingga terjadi musim hujan dan musim kemarau setiap enam bulan sekali.

Penduduk Laos

Laos termasuk negara yang tidak padat penduduk. Jumlah penduduknya sekitar 7,4 juta dengan pertumbuhan penduduk mencapai 1,5% setiap tahun.

Mayoritas penduduk Laos merupakan penduduk asli. Terdapat juga kelompok minoritas yang merupakan penduduk pendatang dari Vietnam, China, bahkan India.

Bahasa dan Agama Penduduk Laos

Hingga saat ini bahasa nasional Laos adalah bahasa Lao. Sedangkan bahasa lain yang digunakan di Laos antara lain bahasa Prancis dan Inggris. Sebagian besar penduduk Laos beragama Budha.

Sumber Daya Alam Laos

Melihat dari geografis dan astronomisnya, Laos banyak menggantungkan perekonomian pada sektor pertanian. Hal ini karena Laos memang tidak memiliki laut sehingga tidak dapat dimanfaatkan.

Sektor pertanian di Laos pun berkembang pesat. Lebih dari 20% total luas Laos bisa dimanfaatkan untuk bertani. Komoditas terbesar yang dihasilkan yaitu padi. Adapun sumber pengairan untuk kegiatan ini berasal dari Sungai Mekong.

Selain pertanian, Laos memiliki hutan yang luas sehingga sering dimanfaatkan untuk menambah pendapatan negara. Misalnya kayu hasil hutan Laos diolah menjadi obat-obatan tradisional.

Referensi

  • https://www.tataruang.id
  • https://id.wikipedia.org
  • https://kemlu.go.id
  • https://elearning.undana.ac.id

Leave a Comment