Home » Edukasi » Peta » Gambar Peta Malaysia Lengkap

Gambar Peta Malaysia Lengkap

Malaysia merupakan negara tetangga Indonesia dan termasuk bagian dari Asia Tenggara yang berbatasan dengan Indonesia, Brunei Darussalam, Thailand, dan Laut Cina Selatan.

Malaysia terletak pada 1° – 7° LU dan 100° – 119° BT. Wilayah negaranya cukup luas yaitu sekitar 329,718 km2 dengan jumlah penduduk lebih dari 3 juta jiwa.

Dari segi bahasa dan budaya, negara Malaysia memang serumpun dengan Indonesia. Karena terletak di daerah katulistiwa, sumber daya alamnya pun hampir mirip, seperti gas alam, kelapa sawit dan minyak bumi.

Peta Malaysia

Gambar Peta Malaysia Lengkap

peta malaysia

Peta Malaysia menampilkan keseluruhan gambaran negara Malaysia lengkap dengan batas-batasnya. Malaysia berada di Asia Tenggara dan berbatasan langsung dengan Indonesia, Singapura, dan Thailand.

Ibukota Malaysia terletak di kota Kuala Lumpur. Adapun bagian negara Malaysia dipisahkan menjadi Malaysia Barat dan Malaysia Timur. Keduanya dipisahkan oleh Kepulauan Natuna yang termasuk wilayah Laut Cina Selatan.

Peta Malaysia Hitam Putih

peta malaysia hitam putih

Berikut ini tampilan peta Malaysia dengan versi hitam putih. Dapat diketahui secara jelas mengenai wilayah Malaysia lengkap dengan seluruh pulaunya. Peta hitam putih akan memudahkan para pembuat peta dalam membaca geografis wilayah Malaysia.

Peta Buta Malaysia

peta buta malaysia

Jika ingin menggambar peta negara Malaysia, gambar peta buta dapat digunakan untuk mempermudah menggambar detail geografisnya. Sebab, pada gambar ini dapat dilihat jelas bentuk negara Malaysia beserta perbatasannya.

Map Malaysia

map malaysia

Map Malaysia ini menampilkan letak geografis negara Malaysia terhadap negara tetangga di sekitarnya. Sebelah utara Semenanjung Malaysia merupakan negara Thailand dan sebelah selatannya adalah Singapura.

Baca juga: Peta Singapura

Profil Negara Malaysia

negara malaysia

Malaysia merupakan negara di Asia Tenggara yang berdiri pada 31 Agustus 1957. Awalnya negara ini bernama Malaya, baru pada 16 September 1963 berganti nama menjadi Malaysia.

Nama negaraMalaysia
Ibukota negaraKuala Lumpur
Bentuk pemerintahanKerajaan (kesultanan)
Kepala negaraYang Dipertuan Agung
Kepala pemerintahanPerdana menteri
Lagu kebangsaanNegaraku
Mata uangRinggit atau Dollar Malaysia (MSI)
BahasaMalaysia

Luas Wilayah Malaysia

Negara Malaysia memiliki luas wilayah sekitar 329,718 km2 yang terdiri atas dua daratan besar yaitu Malaysia Barat dan Malaysia Timur. Berikut ini rincian luas wilayah Malaysia.

  • Wilayah Malaysia Barat (Semenanjung): 131.598 km2
  • Wilayah Malaysia Timur: Sarawak (124.449 km2) dan Sabah (73.620 km2)

Letak Geografis Malaysia

Wilayah Malaysia terdiri atas dua bagian besar wilayah daratan yaitu Malaysia Barat dan Malaysia Timur. Malaysia Barat sering disebut sebagai Semenanjung atau Peninsula.

Malaysia Barat berbatasan dengan Thailand di bagian utara dan Singapura di bagian selatan. Adapun bagian timur dan baratnya dikelilingi oleh Laut Cina Selatan.

Sementara itu, Malaysia Timur terdiri atas dua pulau besar yaitu Sarawak dan Sabah. Wilayah Malaysia Timur inilah yang berbatasan langsung dengan Indonesia yaitu pada Pulau Kalimantan.

Letak Astronomis Malaysia

Malaysia Barat (Semenanjung) terletak pada 1-6,9 LU dan 99,6-104,8 BT. Adapun Malaysia Timur letaknya berada pada 0-08,2 LU dan 109,2-119,4 BT.

Penduduk Malaysia

Penduduk asli Malaysia bertempat tinggal di daerah Semenanjung atau wilayah Malaysia Barat. Diperkirakan berasal dari Cina dan Tibet yang pindah ke daratan Asia Tenggara. Sebagian besar penduduk asli merupakan “Orang Melayu”

Orang Melayu inilah yang berkaitan erat dengan penduduk di Filipina dan Indonesia terutama orang di Sumatera. Tidak heran jika antara Malaysia dan Indonesia memiliki kesamaan bahasa dan budaya.

Selain penduduk asli, Malaysia juga ditempati oleh penduduk pendatang. Misalnya orang yang berasal dari India, Sri Lanka, Bangladesh, dan sebagainya. Para penduduk pendatang ini akhirnya membentuk keragaman suku, ras, dan agama di Malaysia.

Jika dikuantitatifkan, jumlah penduduk Malaysia berkisar 31 juta jiwa dengan rincian 2,3 juta merupakan warga negara dan sisanya bukan warga negara.

Bahasa dan Agama Penduduk Malaysia

Nama bahasa resmi Malaysia adalah bahasa Malaysia. Bahasa ini relatif mirip dengan bahasa Indonesia atau yang sering disebut sebagai bahasa Melayu karena masih serumpun. Namun, bahasa Malaysia khas dengan logatnya sendiri.

Dari sisi agama, penduduk Malaysia mayoritas beragama Islam. Jumlah pemeluk Islam di Malaysia sekitar 60% sedangkan agama lain rinciannya kurang lebih Budha (20%), Kristen (9%), Hindu (6%), dan sisanya merupakan penganut agama lainnya.

Sumber Daya Alam Malaysia

Malaysia termasuk negara yang kaya akan sumber daya alam (SDA). Beberapa komoditas unggulannya antara lain seperti minyak bumi, gas alam, emas, timah, dan bauksit.

Tidak hanya itu, di bidang pertanian, Malaysia juga merupakan penghasil padi, karet, kelapa sawit, dan teh. Kekayaan SDA ini disumbang oleh wilayah Semenanjung sebesar 56% dan Malaysia Timur berkontribusi 19%.

Referensi

  • https://kemlu.go.id
  • https://id.wikipedia.org
  • https://globaloneworld.com
  • https://id.maps-malaysia-my.com
  • https://peta-hd.com

Leave a Comment