Home » Edukasi » Peta » Gambar Peta Myanmar Lengkap

Gambar Peta Myanmar Lengkap

Myanmar adalah negara berkembang yang terletak di Asia Tenggara. Luas wilayahnya sekitar 676.578 km2 dengan dominasi wilayah daratan sedangkan wilayah perairannya hanya sekitar 3% saja.

Awalnya negara Myanmar bernama Burma. Kemudian pada akhir tahun 80-an berganti nama sekaligus mengganti ibukota dari Rangoon menjadi Yangon. Pada tahun yang sama, Myanmar juga mengganti lagu kebangsaan dan bendera nasional.

Perekonomian Myanmar tidak berbeda dari negara di Asia Tenggara lainnya. Sebagian besar penduduk bekerja di sektor pertanian, selebihnya menggeluti industri semen, pupuk, farmasi, dan pertambangan.

Peta Myanmar

Gambar Peta Myanmar Lengkap

peta myanmar

Peta Myanmar memberikan gambaran wilayah negara Myanmar berupa satu pulau besar dan beberapa kepulauan kecil. Wilayahnya strategis berada di lalu lintas perdagangan antara Asia Tenggara dengan Asia Selatan. 

Peta Myanmar Hitam Putih

peta mnyanmar hitam putih

Jika ingin melihat detail wilayah Myanmar, peta hitam putih berikut dapat digunakan. Terlihat jelas bentuk negara Myanmar disertai dengan keterangan kota-kota besarnya.

Peta Buta Myanmar

peta buta myanmar

Penyajian peta Myanmar berikut fokus pada kondisi geografisnya saja. Pada peta hanya ditampilkan bentuk wilayah Myanmar tanpa disertai dengan keterangan kota ataupun jalan sehingga bisa memudahkan proses menggambar.

Myanmar Maps

myanmar maps

Myanmar maps memberi kemudahan untuk menjangkau wilayah Myanmar secara daring melalui peta. Pada peta ini, kondisi wilayah negara Myanmar terlihat jelas, apalagi pada bagian ibukotanya.

Baca juga: Peta Kamboja

Profil Negara Myanmar

profil negara myanmar

Negara Myanmar termasuk salah satu negara di Asia Tenggara yang awalnya bernama Burma dengan ibukota Rangoon. Pada saat pemerintahan berganti, Myanmar mengubah identitas negaranya.

Nama Burma diubah menjadi Myanmar. Ibukotanya berganti menjadi Yangon. Selain itu, lagu kebangsaan dan bendera nasional pun turut diubah. Berikut ini identitas negara Myanmar yang berlaku hingga sekarang.

Nama negaraMyanmar
Ibukota negaraYangon
Bentuk pemerintahanRepublik
Kepala negaraPresiden
Kepala pemerintahanPerdana menteri
Lagu kebangsaanKaba Makye (Tanah Negaraku yang Bebas)
Mata uangKyat
BahasaMyanmar (resmi), Inggris, dan bahasa lokal

Luas Wilayah Myanmar

Myanmar termasuk negara yang memiliki wilayah cukup luas yaitu sekitar 676.578 km2. Myanmar terbagi atas 7 negara bagian, 7 wilayah region, dan 1 uni teritori. Pembagian ini mirip seperti sistem desentralisasi di Indonesia.

Wilayah Myanmar berbatasan dengan China, Bangladesh, dan India di sebelah utara. Di sebelah selatan dibatasi oleh Laut Andaman sedangkan sebelah timur berbatasan dengan Laos dan Thailand sementara di barat dibatasi oleh Teluk Benggala.

Letak Geografis Myanmar

Negara Myanmar secara geografis berbentuk satu pulau dengan beberapa kepulauan kecil. Sebagian besar wilayahnya merupakan dataran rendah, hanya sedikit yang berupa dataran tinggi.

Letak Astronomis Myanmar

Myanmar terletak pada 11° – 28° LU dan 92° -100° BT sehingga kondisi iklimnya tropis. Myanmar mengalami musim hujan dan musim panas. Ketinggian rata-rata daerah Myanmar sekitar 702 mdpl.

Penduduk Myanmar

Jumlah penduduk Myanmar mencapai lebih dari 57 juta jiwa. Pemerintahan Myanmar mengakui ada sebanyak 135 etnis asli Myanmar. Etnis yang mendominasi yaitu etnis Burma ata Bamar dengan persentase 68%.

Bahasa dan Agama Penduduk Myanmar

Para penduduk Myanmar menggunakan bahasa nasional sebagai bahasa resmi yaitu bahasa Myanmar. Namun, bahasa lokal juga masih digunakan, terutama pada daerah non-kota atau pedesaan.

Sebanyak 87% penduduk Myanmar menganut agama Budha. Agama inilah yang disebarkan sejak dahulu sehingga melekat pada Myanmar. Di samping itu, agama Kristen dan Islam juga terdapat penganutnya dengan persentase lebih kecil.

Sumber Daya Alam Myanmar

Myanmar termasuk negara berkembang yang perekonomiannya tidak jauh berbeda dengan negara-negara di Asia Tenggara lainnya. Perekonomian masih bergantung pada bidang sektor pertanian.

Selain sektor pertanian, Myanmar juga kaya akan sumber daya tambang loh. Myanmar merupakan penghasil emas, tembaga, perak, timah, seng, gas alam, dan nikel. 

Referensi

  • https://kemlu.go.id
  • https://id.wikipedia.org
  • https://dspace.uii.ac.id
  • https://elearning.undana.ac.id
  • https://bobo.grid.id

Leave a Comment