Home » Edukasi » Peta » Gambar Peta Riau Lengkap

Gambar Peta Riau Lengkap

Artikel ini berisikan informasi menarik seputar Provinsi Lampung lengkap dengan kumpulan gambar peta Lampung dalam beberapa versi, mulai HD, hitam putih dan MAP.

Riau adalah provinsi di Indonesia yang terletak di tengah pantai timur Sumatera. Saat ini Provinsi Riau termasuk dalam salah satu daerah terkaya di Indonesia.

Hal ini didominasi oleh potensi sumber daya alam. Terutama untuk sektor minyak bumi, gas alam, kelapa sawit, hingga perkebunan karet.

Peta Riau Lengkap

Peta Riau HD

peta riau

Berikut ini adalah gambar peta Riau HD yang mencakup semua daerah mulai dari desa, kabupaten hingga kota. Di dalam gambar dilengkapi dengan keterangan yang jelas.

Dalam versi peta HD juga memberikan tampilan yang menarik bahkan kini pengguna bisa mengakses informasi untuk melihat peta HD secara online

Peta Riau Hitam Putih

peta riau hitam putih

Gambar Peta Riau hitam putih berikut ini masih terlihat jelas meskipun tampilannya didominasi warna monoton hitam putih. Namun hal ini tidak mengurangi kelengkapan informasi yang ada di dalam peta

MAP Riau

map riau

Gambar map Riau memberikan tampilan yang lebih menarik dengan warna cerah disertai dengan lambang-lambang pendukung di dalamnya. Biasanya lambang daerah terletak di samping maupun di bawah peta.

Sekilas Tentang Riau

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Riau merupakan salah satu daerah terkaya yang terkenal sebagai ladang minyak terbesar di Indonesia. Selain itu provinsi yang terkenal dengan lagu “Lancang Kuning” ini juga kaya akan daerah wisata serta kuliner khas.

Profil Singkat

Nama Provinsi        Riau
Ibukota   Pekanbaru
Hari Jadi     9 Agustus 1957
Jumlah Kabupaten 10
Jumlah Kota           2

Kabupaten Riau

Dengan luas wilayah mencapai 87.023,66 km2, Riau terdiri atas 10 Kabupaten. Inilah daftar Kabupaten yang berada di Provinsi Riau :

  1. Bengkalis
  2. Indragiri Hilir
  3. Indragiri Hulu
  4. Kampar
  5. Kepulauan Meranti
  6. Kuantan Singingi
  7. Pelalawan
  8. Rokan Hilir
  9. Rokan Hulu
  10. Siak

Kota di Riau

Dengan dominasi masyarakat yang beragama Islam, populasi di Riau mencapai 6.493.603 jiwa dengan kepadatan hingga 75/km2. Adapun Riau terdiri atas dua kota yakni Kota Dumai dan Pekanbaru

Letak Astronomis

Memiliki luas wilayah yang cukup besar, Riau terbentang dari lereng Bukit Barisan hingga Selat Malaka. Provinsi ini terletak di titik astronomis 02°25′ LU-01°15° Lintang Selatan serta 100°03′-104°00′ Bujur Timur.

Letak Geografis

Apabila dilihat secara geografis Provinsi yang beribukota di Pekanbaru ini berbatasan dengan beberapa daerah seperti di antaranya:

  • Utara berbatasan dengan Selat Malaka dan provinsi Sumatera Utara
  • Barat berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat
  • Timur berbatasan dengan Selat Malaka dan Provinsi Kepulauan Riau
  • Selatan berbatasan dengan Sumatera Barat dan provinsi Jambi

Kebudayaan Riau

Bicara soal kesenian dan kebudayaan Provinsi Riau, Anda akan disuguhkan dengan beberapa hal menarik yang menjadi ciri khas daerah ini. Di mana adat Melayu cukup berpengaruh dalam tingkah laku serta kegiatan masyarakat atau penduduk setempat.

Kebanyakan juga dipengaruhi oleh budaya Islam yang sudah berkembang sejak dulu. Berikut ini merupakan informasi singkat mengenai kebudayaan atau kesenian yang ada di Riau:

  • Rumah Adat: Selaso Jatuh Kembar
  • Senjata Tradisional: Keris,  Beladau
  • Lagu Daerah: Soleram, Kelewang, Lancang Kuning
  • Tarian Tradisional: Tari Tandak
  • Makanan Tradisional: Bolu kemojo

Pertanyaan Umum

Apa ibukota Riau?

Ibukota Riau adalah Pekanbaru yang notabene sebagai kotamadya di Provinsi Riau

Apa nama rumah adat Riau?

Rumah adat Provinsi Riau dinamakan Selaso Jatuh Kembar. Rumah ini adalah rumah tinggal yang dahulu digunakan oleh para Datuk atau disebut sebagai pemangku adat

Apa nama pakaian adat Riau?

Pakaian adat Riau adalah Baju Kurung Cekak Musang atau Kurung Belanga (untuk pria) dan baju Kurung Kebaya Laboh (untuk perempuan)

Referensi

Leave a Comment