Home » Edukasi » Peta » Gambar Peta Singapura Lengkap

Gambar Peta Singapura Lengkap

Berikut adalah gambar peta Singapura lengkap beserta penjelasan dan informasi penting. Negara Singapura merupakan negara yang maju di Asia Tenggara dalam bidang ekonomi.

Negara yang beribukota Singapura ini adalah salah satu negara yang berada di kawasan Asia Tenggara. Luas wilayah Singapura berkisar 697.00 km2 dengan luas daratan 687.00 km2 serta perairan 10.000 km2.

Meskipun tergolong memiliki wilayah yang kecil, namun Singapura bisa menjadi negara maju karena mampu memanfaatkan sektor ekonomi terutama di bidang jasa dan industri seperti pariwisata, perbankan dan elektroik.

Peta Singapura

Gambar Peta Singapura Lengkap

Peta Singapura Hitam Putih

gambar peta singapura
sumber: mapopensource.com

Gambar Peta Singapura yang Mudah Digambar

gambar peta singapura
sumber: printableworldmap.net

Singapore Maps

gambar peta singapura
sumber: theindependent.sg

Negara Singapura

negara singapura

Singapura mencapai kemerdekaan pada tahun 1961 dari Inggris. Menurut beberapa referensi, pada tahun 1819 negara ini merupakan sebuah pemukiman perdagangan Inggris.

Berdasarkan sejarahnya, Singapura pertama kali ditemukan oleh Sir Thomas Stamford Raffles, seorang administrator British East India pada tahun 1819.

NegaraSingapura
Ibu KotaSingapura
Bentuk PemerintahanParlementer
Bahasa ResmiMelayu
SemboyanMajulah Singapura
Mata UangDolar Singapura
Lagu KebangsaanMajulah Singapura

Luas Wilayah Singapura

Singapura luas wilayah berkisar 697.00 km2 dengan luas daratan 687.00 km2 serta perairan 10.000 km2.

Letak Geografis Singapura

Secara geografis, perbatasan laut di sebelah Utara berbatasan dengan Malaysia yang dipisahkan Selat Johor. Sedangkan di sebelah Selatan berbatasan dengan Indonesia dan dipisahkan dengan Selat Singapura (Pulau Bintan dan Pulau Batam).

Letak Astronomis Singapura

Sedangkan secara Astronomis, negara Singapura terletak di antara  1⁰11’ LU – 1⁰28’ LU dan 103⁰38’BT – 104⁰5’ BT. Singapura menjadi salah satu negara pulau dimana tidak memiliki perbatasan darat dengan negara lain.

Penduduk Singapura

Berdasarkan data pada tahun 2018 dari wikipedia.org, jumlah penduduk singapura berjumlah 5,638,700 jiwa. Tentu dalam perkembangannya selalu mengalami perubahan.

Mayoritas penduduk Singapura adalah etnis Tionghoa sekitar 74,3% kemudian etnis Melayu dan etnis India dengan jumlah masing-masing 13,4% dan 9,1% dari total jumlah penduduknya.

Sumber Daya Alam Singapura

Sumber daya alam yang dimiliki Singapura sangat terbatas, namun bisa dikelola dengan baik. Kondisi geografis Singapura memiliki tanah yang subur, buah-buahan, bunga, peternakan dan ikan.

Sedangkan yang menjadi unggulannya adalah bidang industri dan jasa. Contohnya adalah perbankan, perdagangan, pendidikan, dan kesehatan.

Itulah gambar peta Singapura lengkap dengan keterannya. Jika kalian sedang mecari peta Asia Tenggara lainnya telah dibahas di Peta Negara Asean.

Referensi

  • https://worldatlas.com
  • https://id.wikipedia.org
  • https://osf.io

1 thought on “Gambar Peta Singapura Lengkap”

  1. I like singapure. One day I can stay for along time there to connect their people, culture, and the whole destinations.

    I hope

    Reply

Leave a Comment