Home » Edukasi » Peta » Gambar Peta Sulawesi Tengah Lengkap

Gambar Peta Sulawesi Tengah Lengkap

Sulawesi Tengah atau “Sulteng” adalah provinsi yang terletak di bagian tengah pulau Sulawesi. Wilayahnya menjadi terluas dari semua provinsi di Sulawesi. Selain itu populasi penduduknya terbanyak nomor dua di pulau Sulawesi setelah Sulawesi Selatan.

Sebagian besar penduduk berprofesi sebagai petani. Beberapa jenis perdagangan unggulannya adalah kelapa, kopi, cengkeh dan kakao. Tidak hanya itu, Sulawesi Tengah juga kaya dengan hasil hutan seperti rotan, kayu ebony, agatis hingga kayu meranti.

Salah satu ciri khas masyarakat Indonesia adalah keramahannya, begitu pula dengan daerah ini yang ramah dengan para wisatawan. Sebab, tidak dapat dipungkiri jika ada banyak eksplorasi wisata yang terdapat di Sulawesi Tengah.

Peta Lengkap Sulawesi Tengah

Peta Sulawesi Tengah HD

peta sulawesi tengah

Daerah Sulawesi Tengah dapat dilihat berdasarkan keterangan melalui peta HD berikut. Setiap kabupaten maupun kota juga tergambar jelas dengan presisi warna berbeda.

Peta Sulawesi Tengah Hitam Putih

peta sulawesi tengah hitam putih

Berikut ini peta hitam putih Sulawesi Tengah yang juga menyediakan keterangan lengkap untuk setiap daerahnya. Peta ini masih terlihat jelas meski berwarna hitam putih.

MAP Sulawesi Tengah

map sulawesi tengah

Secara umum, provinsi Sulawesi Tengah terlihat lebih jelas dengan komposisi menggunakan MAP. Biasanya dilengkapi dengan warna terang yang menjelaskan setiap kabupaten atau kota.

Peta Buta Sulawesi Tengah

peta buta sulawesi tengah
pngegg.com

Sekilas Sulawesi Tengah

Daerah Sulawesi Tengah kaya akan daerah wisata. Mulai dari kawasan pantai hingga pegunungan. Tidak hanya itu, perjalanan sejarah masih dapat dirasakan dengan adanya museum peninggalan masa lampu.

Profil Singkat

Nama ProvinsiSulawesi Tengah
IbukotaKota Palu
Hari Jadi13 April 1964
Jumlah Kabupaten12
Jumlah Kota1

Kabupaten di Sulawesi Tengah

Provinsi terbesar di Sulawesi ini memiliki luas wilayah sekitar 61.841,29 km2 dengan kepadatan populasi mencapai 48,86/km2. Berikut beberapa kabupaten yang ada di Sulawesi Tengah:

  1. Banggai
  2. Banggai Kepulauan
  3. Banggai Laut
  4. Buol
  5. Donggala
  6. Morowali
  7. Morowali Utara
  8. Parigi Moutong
  9. Poso
  10. Sigi
  11. Tojo Una-Una
  12. Tolitoli

Kota di Sulawesi Tengah

Daerah yang cukup padat penduduk ini memiliki satu kota sekaligus sebagai kotamadya yakni kota Palu. Kota ini berjuluk “Mutiara di Khatulistiwa” yakni sebuah julukan yang diberikan oleh presiden pertama Ir. Soekarno.

  • Palu

Letak Astronomis

Menurut letak astronomi, Sulawesi Tengah berada pada titik 2°22 Lintang Utara dan 3°48 Lintang Selatan, serta 119°22′ dan 124°22 Bujur Timur.

Letak Geografis

Dilihat dari segi geografi provinsi Sulawesi Tengah berbatasan dengan beberapa kawasan seperti:

  • Utara: Berbatasan dengan Laut Sulawesi dan Gorontalo
  • Timur: Berbatasan dengan Provinsi Maluku
  • Selatan: Berbatasan dengan Provinsi Sulawesi Barat
  • Tngah: Berbatasan dengan Sulawesi Selatan
  • Barat: Berbatasan dengan Selat Makassar

Kebudayaan Sulawesi Tengah

Kebudayaan di Sulawesi Tengah mencakup segala macam kesenian dan adat. Di mana kebudayaan ini telah ada sejak nenek moyang terdahulu. Hingga saat ini, budaya tersebut masih dijaga dan dilestarikan oleh masyarakat.

  • Lagu Daerah: Tondok Kadadingku, Tananggu Kaili, Rano Poso, Banggai Tano Monondok, Wita Mori.
  • Senjata: Kanta
  • Rumah Adat: Rumah Tambi
  • Bahasa Daerah: Kaili, Bare’e, Pamona, Mori, Banggai, Saluan, Balantak, Melayu Manado.
  • Tarian: Dopalak, Baliore, Raego, Lumense, Peule Cinde

Pertanyaan Umum

Apa nama ibukota Sulawesi Tengah?

Ibukota Sulawesi Tengah adalah Palu

Apa nama suku di Sulawesi Tengah?

Daerah Sulawesi Tengah memiliki beberapa etnis suku. Setidaknya ada 12 suku yang ada saat ini. Diantaranya adalah etnis Kaili, Kulawi, Lore, Pamona, Mori, Bungku, Saluan, Balantak, Banggai, Buol, dan Tolitoli

Apa nama senjata tradisional Sulawesi Tengah?

Senjata tradisional Sulawesi Tengah disebut Kanta. Kanta merupakan perisai tradisional yang digunakan beberapa suku di Sulawesi Tengah

Referensi

Leave a Comment