Home » Edukasi » Peta » Gambar Peta Thailand Lengkap

Gambar Peta Thailand Lengkap

Berikut adalah gambar peta Thailand dalam berbagai versi dilengkapi dengan berbagai informasi penting yang bisa dijadikan sumber belajar.

Thailand merupakan negara yang terletak di Asia Tenggara dengan luas wilayah sekitar 513.120 km2. Ibukotanya dikenal dengan nama Bangkok, tetapi terjadi perubahan nama menjadi Krung Thep Maha Nakhon.

Negara ini berbentuk kerajaan dengan sistem pemerintahan monarki. Thailand terkenal dengan sebutan gajah putih lantaran sejarahnya mengharuskan seluruh gajah putih diserahkan kepada raja untuk memperkuat kekuasaan.

Peta Thailand

Gambar Peta Thailand Lengkap

peta thailand
mapsofworld.com

Peta Thailand menampilkan gambaran lengkap seluruh wilayah Thailand, termasuk perbatasan dengan negara tetangganya di Asia Tenggara. Negara Thailand berbatasan dengan daratan negara lain yaitu Malaysia, Kamboja, Laos, dan Myanmar. 

Ibukota negara Thailand berada di kota Bangkok. Nama kota Bangkok resmi diganti menjadi Krung Thep Maha Nakhon pada Februari 2022 lalu. Akan tetapi, penyebutan Bangkok sebagai ibukota masih diperbolehkan.

Peta Thailand Hitam Putih

peta thailand hitam putih
nationalgeographic.org

Peta Thailand dalam versi hitam putih menunjukkan pembagian wilayah Thailand secara keseluruhan dan pada tiap kotanya. Secara umum Thailand dibagi menjadi lima wilayah, yaitu timur, timur laut, tengah, selatan, dan utara.

Peta Buta Thailand

peta buta thailand

Detail geografis negara Thailand dapat digambar melalui peta Thailand. Pada gambar peta ini, terlihat jelas wilayah Thailand dengan batas-batas antarnegara sehingga memudahkan dalam proses menggambar peta negeri gajah putih ini.

Thailand Maps

map of thailand
dmc-thailand.com

Thailand maps di bawah ini memperlihatkan letak geografis Thailand ditinjau dari negara-negara di sekitarnya. Pada bagian selatan terdapat negara Malaysia sedangkan bagian utara ada Laos dan Myanmar serta bagian timur berbatasan dengan Kamboja.

Baca juga: Gambar Peta ASEAN

Profil Negara Thailand

negara thailand

Thailand adalah negara berbentuk kerajaan yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Negara ini terkenal sebagai satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah bangsa asing. Thailand dikenal juga dengan sebutan Negara Siam.

Nama negaraThailand
Ibukota negaraBangkok atau Krung Thep Maha Nakhon
Bentuk pemerintahanKerajaan konstitusional
Kepala negaraRaja
Kepala pemerintahanPerdana menteri
Lagu kebangsaanPleng Chard Thai
Mata uangBath
BahasaThai

Luas Wilayah Thailand

Negara Malaysia memiliki luas wilayah sekitar 513.120  km2 yang terdiri atas wilayah daratan 510.890 km2 dan sisanya merupakan perairan. Dengan total luas daratan tersebut, Thailand memiliki 76 provinsi yang dibagi menjadi 4 zona utama.

  • Thailand Utara, terdiri atas kota-kota yang berada di wilayah utara seperti Kamphaeng Phet, Lampang, Lamphun, Chiang Mai, Chiang Rai, Mae Hong Son, Nakhon Sawan, Nan, Sukhothai, Tak, Uthai Thani, Uttaradit, Phayao, Phetchabun, Phichit, Phitsanulok, dan Phrae.
  • Thailand Timur Laut meliputi kota-kota besar di bagian timur laut. Contohnya seperti kota Khon Kaen, Loei, Maha Sarakham, Amnat Charoen, Bueng Kan, Buriram, Chaiyaphum, Kalasin, Mukdahan, Roi Et, Sakon Nakhon, Sisaket, Surin, Ubon Ratchathani, Udon Thani, Yasothon, Nakhon Phanom, Nakhon Ratchasima, Nongbua Lamphu, dan Nong Khai.
  • Thailand Pusat meliputi wilayah sekitar ibukota. Yang termasuk wilayah Thailand Pusat yaitu ibukota Bangkok dan sekitarnya.
  • Thailand Selatan mencakup kota-kota besar di bagian selatan seperti Nakhon Si Thammarat, Narathiwat, Pattani, Chumphon, Krabi, Phang Nga, Songkhla, Surat Thani, Trang, Phattalung, Phuket, Ranong, Satun, dan Yala.

Letak Geografis Malaysia

Wilayah negara Thailand terletak di kawasan Asia Tenggara khususnya bagian Semenanjung Malaya. Batas-batas wilayah Thailand yaitu:

  • Utara berbatasan dengan Myanmar dan Laos
  • Selatan berbatasan dengan Malaysia
  • Timur berbatasan dengan Laos dan Kamboja
  • Barat berbatasan dengan Myanmar

Letak Astronomis Thailand

Negara Thailand sangat strategis yaitu terletak pada 5° – 21° LU dan 97° – 106° BT. Berdasarkan letak astronomis ini, Thailand memiliki iklim tropis yang hampir mirip dengan Indonesia.

Penduduk Thailand

Jumlah penduduk Thailand lebih dari 68 juta jiwa. Karenanya, Thailand termasuk negara dengan penduduk terbesar ke-20 di dunia. Adapun kepadatan penduduk tertinggi ada Thailand Pusat yaitu kota Bangkok dan sekitarnya.

Bahasa dan Agama Penduduk Thailand

Thailand menggunakan bahasa Thai sebagai bahasa nasional atau bahasa resmi. Sebagian besar penduduk beretnis Thai yang merupakan etnis asli dari negara Thailand. Suku lainnya seperti Khon Isan dan Khib Muang juga cukup mendominasi.

Mayoritas penduduknya menganut agama Budha yaitu mencapai 94%, tetapi masih ada penganut agama lain seperti Islam, Kristen, dan Hindu.

Ekonomi Thailand

Pendapatan terbesar negara ini didapat dari sektor industri, pariwisata, jasa, dan pemanfaatan sumber daya alamnya. Beberapa komoditi ekspor terbesar di antaranya karet, beras, tekstil, dan sebagainya.

Di samping itu, sektor pariwisata turut menyumbang pendapatan yang cukup besar. Objek wisata di Thailand seperti Phuket, The Grand Palace, dan Pantai Railay banyak dikunjungi wisatawan mancanegara.

Referensi

  • http://repository.radenfatah.ac.id
  • https://peta-hd.com
  • https://www.geologinesia.com
  • https://www.astalog.com

Leave a Comment