Home » Edukasi » Peta » Gambar Peta Vietnam Lengkap

Gambar Peta Vietnam Lengkap

Vietnam merupakan negara yang berada di kawasan semenanjung Indochina, Asia Tenggara. Ibukotanya berada di Hanoi. Luas wilayahnya sekitar 331.210 km2 dengan jumlah penduduk lebih dari 97 juta jiwa.

Tingkat pertumbuhan ekonomi di Vietnam cukup tinggi. Sebagian besar pendapatannya diperoleh dari sektor pertanian, perikanan, pertambangan, batu bara hingga produk elektronik. Komoditas yang dihasilkan seperti beras, kopi, dan teh.

Gambar peta Vietnam lengkap dapat lebih memperjelas wilayah negara Vietnam serta batas-batas negara. Berikut informasi lengkapnya.

Peta Vietnam

Gambar Peta Vietnam Lengkap

peta vietnam

Pada peta Vietnam berikut ditunjukkan gambaran lengkap negara Vietnam, termasuk batas-batasnya dengan negara tetangga.

Vietnam termasuk negara yang berada di kawasan Asia Tenggara. Adapun perbatasan dengan negara tetangganya yaitu:

  • Utara: berbatasan dengan China
  • Selatan: berbatasan dengan Laut China Selatan
  • Timur: berbatasan dengan Laut China Selatan
  • Barat: berbatasan dengan Laos dan Kamboja

Selain batas negara, peta Vietnam juga menampilkan deretan kota-kota besar seperti Hanoi, Can Tho, Vung Tau, Nha Trang, Da Nang, Vinh, dan Nam Dinh. Ibukota negara terletak di kota Hanoi, yaitu di Vietnam bagian utara.

Peta Vietnam Hitam Putih

peta vietnam hitam putih

Tampilan peta Vietnam dalam versi hitam putih memberi gambaran bentuk negara Vietnam. Tampilan geografis Vietnam lebih jelas pada peta ini. Kota-kota besar pun dapat dilihat jarak antarkotanya.

Peta Buta Vietnam

peta buta vietnam

Peta Vietnam berikut memudahkan dalam proses gambar. Sebab, detail bentuk wilayahnya terlihat lebih jelas. Ditambah lagi, adanya keterangan titik-titik kota bisa mempermudah dalam memperkirakan titik lokasi.

Vietnam Maps

map of vietnam
aseanup.com

Jika ingin menelusuri wilayah negara Vietnam, Vietnam maps berikut bisa digunakan. Detail geografis, batas negara, bahkan hingga tampilan fisik kota-kota besar di Vietnam dapat terlihat.

Baca juga: Peta Thailand

Profil Negara Vietnam

Vietnam merupakan salah satu negara di kawasan Asia Tenggara yang terkenal dengan julukan negara biru. Hal ini lantaran perekonomian Vietnam yang cukup maju setara dengan negara-negara Asia Timur seperti Korea dan Hongkong.

Wilayah Vietnam berada pada semenanjung Indochina. Daerah tersubur negara ini ada di wilayah delta Sungai Mekong. Sementara itu, mata pencaharian penduduk sebagian besar berada di sektor pertanian.

Nama negaraVietnam
Ibukota negaraHanoi
Bentuk pemerintahanRepublik
Kepala negaraPresiden
Kepala pemerintahanPerdana menteri
Lagu kebangsaanTien Quan Ca
Mata uangDong
BahasaVietnam

Luas Wilayah Vietnam

Luas wilayah Vietnam sekitar 331.210 km2 yang sebagian besar merupakan daratan. Wilayah negara Vietnam sebagian besar merupakan bukit diselingi dengan perhutanan lebat dan dataran rendah.

Vietnam utara merupakan pegunungan sedangkan Vietnam selatan termasuk dataran rendah yang subur.

Letak Geografis Vietnam

Negara Vietnam membentang sepanjang semenanjung Indochina dengan bentuk menyerupai huruf S.

Vietnam berbatasan dengan China di sebelah utara, Laut China Selatan di sebelah selatan dan timur, serta Laos dan Kamboja di sebelah barat.

Kondisi alamnya terdiri atas pegunungan, dataran tinggi, dan dataran rendah yang subur.

Daerah paling subur berada di delta Sungai Mekong yang berhulu di Dataran Tibet. Kondisi ini menjadikan mayoritas penduduk Vietnam bekerja di sektor pertanian. 

Letak Astronomis Vietnam

Secara astronomis, Vietnam terletak pada 8° – 22° LU dan 104° -108° BT. Letak astronomis ini menjadikan wilayah Vietnam beriklim tropis.

Akan tetapi, karena keanekaragaman topografi dan garis lintang, iklim satu tempat dengan lainnya cenderung bervariasi.

Penduduk Vietnam

Penduduk Vietnam disebut sebagai orang Kinh. Sebutan ini digunakan untuk etnis asli Vietnam yang mendominasi hingga 86% populasi. Seiring berjalannya waktu, banyak penduduk pendatang yang berasal dari utara yaitu Tiongkok atau China.

Hingga kini, penduduk Vietnam sudah mencapai lebih dari 97 juta jiwa. Setiap tahun pertumbuhan penduduk di Vietnam mencapai 0,91% tidak heran jika jumlah penduduknya termasuk terbanyak ke-14 di dunia.

Bahasa dan Agama Penduduk Vietnam

Penduduk Vietnam menggunakan bahasa Vietnam sebagai bahasa resmi. Bahasa ini berfungsi sebagai bahasa nasional dan digunakan untuk komunikasi sehari-hari.

Meskipun demikian, masih terdapat juga penggunaan bahasa lokal seperti bahasa Tay, Khmer, dan Tionghoa.

Mayoritas penduduk Vietnam beragama Budha. Selanjutnya diikuti dengan agama Katolik, ajaran Hoa Hoa, Chaodaisme, dan Kristen Protestan. Ajaran agama di Vietnam banyak dipengaruhi oleh Budha Mahayana dan Taoisme.

Sumber Daya Alam Vietnam

Perekonomian negara Vietnam sangat dipengaruhi oleh sumber daya alamnya. Vietnam juga terkenal maju di sektor pertambangan.

Kondisi dataran yang subur ditambah dengan iklim tropis menjadikan sektor pertanian menyumbang pendapatan terbesar untuk Vietnam. Komoditas yang dihasilkan antara lain beras, kopi, dan teh. 

Negara ini menghasilkan batu bara, minyak bumi, dan gas alam yang mahal di pasaran. Oleh karena itu, industri pertambangan termasuk sektor yang menjadi andalan.

Referensi

  • https://www.mimbar-rakyat.com
  • https://aseanup.com
  • https://id.wikipedia.org
  • https://kemlu.go.id
  • https://p2k.unkris.ac.id
  • https://international.sindonews.com

Leave a Comment