Home » Edukasi » Gambar » 11 Contoh Poster Afirmasi Mudah dan Simple

11 Contoh Poster Afirmasi Mudah dan Simple

Pengertian poster afirmasi adalah poster yang dibuat dengan tujuan untuk memberikan semangat atau motivasi kepada pembacanya.

Biasanya dalam poster jenis ini berisikan kata kata bijak, quote, kutipan ayat. Ada yang dilengkapi dengan gambar pendukung atau hanya desain tulisan saja.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kalian bisa menggabungkan gambar dan tulisan yang dipadukan semenarik mungkin. Selamat mencoba!

Poster Afirmasi

1. Poster Afirmasi Sekolah

poster afirmasi

Kalau harus membuat poster afirmasi sekolah, yang terpikirkan berkaitan dengan mata pelajaran, buku-buku, perpustakaan, atau kedisiplinan. Khusus ketika berkunjung ke perpus, mungkin poster seperti ini akan kalian temukan.

Biasanya berisi kalimat “buku adalah jendela dunia”, tapi kali ini lebih menarik. Ditambah lagi terdapat visualisasi pendukung. Kumpulan siswa sedang membaca buku yang terlihat sangat menarik.

2. Poster Afirmasi Pendidikan

poster afirmasi

Setiap poster yang berisi kalimat afirmasi bertujuan memberikan motivasi atau dorongan. Itulah sebabnya poster diletakkan pada tempat-tempat penting, salah satunya sekolah.

Harapannya siswa yang setiap hari datang ke sekolah dapat terngiang-ngiang dengan kalimat afirmasinya. Alhasil, deretan kalimat itu masuk ke alam bawah sadar dan menjadi dorongan siswa untuk belajar lebih giat.

3. Poster Afirmasi Bulliying

poster afirmasi

Salah satu yang harus dihindari di sekolah adalah perbuatan membully teman. Bully bisa diartikan sebagai segala bentuk penindasan yang dilakukan terus menerus dengan tujuan menyakiti.

Pendidikan budi pekerti dan pembentukan karakter bisa menjadi upaya meminimalisasi pembullyan. Dapat juga dengan membuat poster seperti gambar berikut. Pesannya, jadilah sahabat bukan penindas.

4. Poster Afirmasi Positif

poster afirmasi

Selain memotivasi, poster afirmasi dapat juga memberikan ajakan disertai dengan tipsnya. Contohnya poster untuk hidup bersih dan sehat. Terdapat 7 tips utama yang bisa kalian praktikkan.

Visualisasi poster tergambar jelas. Bukan sekadar tulisan, tapi juga terdapat ikon-ikon yang mewakili isi pesannya. Menariknya lagi, di sisi bawah bagian kanan dan kiri terdapat dua anak yang terlihat menyerukan ketujuh tips itu.

5. Poster Afirmasi Tentang Disiplin

kkn.undip.ac.id

Kali ini afirmasinya berisi ajakan untuk menerapkan 5R. Posternya sederhana dan terlihat fun dengan kedua anak yang menunjukkan ekspresi ceria. Bagian gambarnya ditonjolkan pada 5 jari dikelilingi dengan penjelasan 5R

Menggambar poster afirmasi memang harus sesuai konteks dan target audiens. Misal targetnya anak-anak, gambar poster bisa didesain menarik, penuh warna, dan ditambah gambar anak ceria.

6. Islami

Kadang kala, kalimat afirmasi disampaikan dalam bentuk sindiran. Tujuan utamanya tentu menyampaikan pesan untuk memotivasi. Poster berikut contohnya. 

Tampilan poster dipenuhi dengan tulisan. Hanya saja kreasi ukuran tulisan dan warna membuat poster terlihat tidak monoton. Font besar berarti kalimat itulah yang ditekankan. Ketika audiens sudah tertarik, mereka akan membaca penjelasan di bawahnya.

7. Pendidikan Indonesia

Masa pandemi kemarin membuat para pelajar harus belajar dari rumah. Cukup banyak hambatan hingga membuat belajarnya terkendala. Namun, itu bukan menjadi masalah asalkan si pelajar tetap termotivasi.

Hadirkan motivasi-motivasi yang relate dengan mereka. Bisa berupa gambar representatif, dapat juga melalui poster dengan tips penjelas. Pasti akan sangat menarik!

8. Fokus

tutoriduan.com

Ketika membuat poster afirmasi, kalian bisa memilih salah satu kalimat motivasi saja. Contohnya tentang mempertahankan fokus. Dengan modal kalimat tersebut, poster sudah bisa dibuat.

Kalau kurang mahir menggambar, kalian bisa kok memenuhi poster dengan tulisan saja. Cukup bermain dengan ukuran font dan tipografi agar poster tidak membosankan.

9. Aesthetic

Memotret alam dengan aesthetic menjadi kesenangan tersendiri. Tidak menutup kemungkinan menggambar poster juga membuat kalian bahagia. Poster digambar dengan desain yang serasi, gambarnya pun terlihat sempurna.

Biasanya poster seperti ini lebih mudah jika didesain menggunakan aplikasi. Caranya pun cukup mudah. Kalian hanya perlu mencari background poster, menambahkan gambar, dan tulisan.

10. Pantang Menyerah

Poster afirmasi sering ada dalam campaign produk. Apalagi ketika masa-masa sulit, orang lain cenderung ingin memberi motivasi kepada yang lainnya agar tetap semangat.

Namun, selain motivasi, poster tersebut memiliki maksud tersembunyi. Bisa saja digunakan sebagai media promosi. Harapannya audiens yang relate bisa membagikan poster sehingga campaign produknya pun menjangkau lebih luas.

11. Motivasi Kunci Sukses

Cukup banyak kalangan yang lebih senang mendengar motivasi dengan dasar yang jelas. Misalnya dari hadits. Riwayat hadits memang kerap dijadikan poster afirmasi baik sebagai motivasi maupun pengingat.

Dengan poster tersebut, semoga kalian bisa lebih paham. Tentunya juga bisa lebih terdorong untuk berusaha lebih keras, belajar lebih giat, dan menjalani proses hingga mencapai kesuksesan.

Nah itu dia kumpulan poster afirmasi. Kalian bisa membuatnya sendiri dengan quotes atau kata mutiara yang kalian percayai. Kreasi itu tidak terbatas. Jadi, terus mencoba ya!

Leave a Comment