Home » Edukasi » Gambar » 12 Contoh Poster Cuci Tangan yang Benar dan Mudah

12 Contoh Poster Cuci Tangan yang Benar dan Mudah

Untuk kalian yang sedang mencari contoh poster cuci tangan yang benar pakai sabun ataupun tidak. Berikut kumpulan ide dan langkah yang bisa ditirukan.

Mencuci adalah tangan bagian dari menjaga kesehatan yang harus dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan langkah sederhana ini termasuk mencegah penyebaran bakteri dan penularan penyakit.

Kemenkes selaku pihak pemerintah juga gencar dalam mensosialisasikan poster kesehatan berupa cuci tangan pakai sabun. Berikut beberapa diantaranya!

Poster Cuci Tangan

1. Poster Cuci Tangan Pakai Sabun

poster cuci tangan
slidshare.net

Contoh poster pertama bergambar tiga anak sekolah dasar. Mereka terlihat bahagia dan sedang mengantre mencuci tangan. Poster di atas berisi ajakan untuk mencuci tangan memakai sabun lengkap dengan langkah-langkah mencuci tangan.

Poster tersebut bersifat persuasif. Tujuan pembuatan poster adalah untuk mengajak masyarakat membiasakan mencuci tangan menggunakan sabun. Poster cuci tangan di atas dibuat oleh Dinas Kesehatan.

2. Poster Cuci Tangan Kartun

poster cuci tangan
scribd.com

Poster kedua menyajikan ilustrasi enam langkah mencuci tangan. Dalam poster diperlihatkan ilustrasi kondisi telapak tangan ketika sebelum cuci tangan yang terlihat banyak bakteri dan kuman.

Proses mencuci tangan menggunakan handsanitizier dan sabun agar lebih efektif dan kuman benar-benar mati. Poster tersebut bermanfaat untuk mengedukasi masyarakat tentang cara mencuci tangan dengan baik dan benar, sehingga terbebas dari kuman penyakit.

3. Gambar Poster Cuci Tangan

poster cuci tangan

Mencuci tangan tidak dapat dilakukan pada momen yang tepat dan situasi yang diperlukan. Poster di atas menginformasikan kapan saja masyarakat harus mencuci tangan.Hal tersebut bertujuan agar manfaat mencuci tangan dapat tercapai dengan maksimal.

Benda di sekitar kita mungkin terlihat baik-baik saja ketika dilihat secara kasat mata. Sesungguhnya pada benda-benda yang setiap hari kita pegang terdapat banyak kuman, bahkan beberapa kegiatan juga dapat menyisakan kuman di tangan.

4. Cara Benar Cuci Tangan

poster cuci tangan
kesmas.kemkes.go.id

Banyak orang bisa mencuci tangan namun belum tentu langkah-langkah yang ditempuh sudah benar dan efektif membunuh kuman. Apabila proses mencuci tangan kurang bersih, maka beresiko meninggalkan kuman penyakit di telapak tangan.

Poster berikutnya memberitahukan mengenai lima langkah mencuci tangan yang benar. Poster tersebut bermanfaat untuk mengedukasi masyarakat mengenai cara cuci tangan yang benar. Cuci tangan dengan benar dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

5. Poster Cuci Tangan Untuk Anak

poster cuci tangan

Anak-anak cenderung bergerak lebih aktif dari pada orang dewasa. Untuk menunjang kesehatan anak-anak sudah sepantasnya orang tua memberitahu upaya sederhana untuk menjaga kebersihan tubuh, salah satunya cara mencuci tangan.

Poster menjadi salah satu media yang tepat untuk mengedukasi anak-anak tentang cara mencuci tangan dengan baik dan benar. Penjelasan dari poster lebih mudah dipahami anak-anak karena terdapat ilustrasi gambar yang menarik.

Contoh poster inspiratif lainnya!

6. Ayo Lakukan 3 S!

poster cuci tangan
klatenkab.go.ig

Ada beberapa protokol kesehatan yang digalakan oleh pemerintah agar terhindar dari covid-19, salah satunya adalah mencuci tangan. Kegiatan mencuci tangan sangat penting untuk diterapkan oleh masyakat dalam kehidupan sehari-hari.

Kuman, virus, dan bakteri yang melekat di tangan bisa saja menyebar ke organ tubuh lain, karena tangan merupakan anggota gerak aktif. Apabila tubuh sudah terjangkit virus maka kita akan jatuh sakit dan aktivitas sehari-hari akan terganggu.

7. Poster Cuci Tangan Simple

simpkb.id

PHBS atau Perilaku Hidup Bersih dan Sehat merupakan tindakan kesehatan yang bertujuan agar masyarakat memiliki kualitas kesehatan yang tinggi. Ada berbagai macam indikator dalam kegiatan PHBS, salah satunya mencuci tangan dengan air dan sabun.

Kegiatan mencuci tangan merupakan salah satu upaya perlindungan diri dari kuman penyakit dan upaya pencegahan berbagai macam penyakit. Mencuci tangan harus dilakukan dengan air mengalir dan sabun yang efektif membunuh kuman penyakit.

8. Jangan Lupa Cuci Tangan Ya!

Mencuci tangan adalah kegiatan sepele yang sering terlewatkan dan terlupakan. Padahal dalam sehari kita sudah melakukan berbagai aktivitas yang membuat tangan kotor dan dipenuhi bakteri.

Seseorang menyentuh mata, mulut, dan hidung dengan tangan yang mungkin saja sudah  terkontaminasi dengan kuman dan bakteri penyebab penyakit. Poster di atas layak dipajang di tempat umum agar khalayak selalu ingat untuk mencuci tangan.

9. Poster Cuci Tangan Kemenkes

Kegiatan mencuci tangan termasuk pola hidup sehat. Apabila kebiasaan ini dilakukan dengan benar maka ada banyak manfaat yang akan diperoleh oleh masyarakat. Selain terhindar dari berbagai macam penyakit, mencuci tangan juga dapat melatih jiwa disiplin.

Pemerintah menyadari betapa pentingnya kegiatan mencuci tangan, apalagi di musim pandemi. Dengan adanya poster-poster mengenai ajakan dan edukasi cara mencuci tangan diharapkan masyarakat dapat memproteksi diri dari berbagai macam kuman dan virus.

10. Cuci Tangan Memakai Sabun

docplayer.info

Terkadang beberapa orang berpikir bahwa mencuci tangan cukup dengan air mengalir saja. Kenyataannya mencuci tangan harus dengan menggunakan sabun. Mencuci tangan dengan sabun lebih ampuh membasmi kuman dan bakteri yang menempel di tangan.

Apabila kegiatan mencuci tangan tidak dilakukan dengan benar, maka akan menimbulkan berbagai macam penyakit dan infeksi virus pada tubuh. Selain itu, orang yang enggan mencuci tangan dengan sabun akan beresiko menularkan sejumlah penyakit.

11. Poster Cuci Tangan 6 Langkah

Keberadaan poster bukan hanya sebagai pajangan, namun juga sarana untuk mengingatkan betapa pentingnya sebuah kegiatan tertentu serta untuk memberi tahu informasi penting cara melakukan sesuatu.

Poster di atas cocok dipasang di kamar mandi atau wastafel umum. Hal tersebut bertujuan untuk membantu masyarakat menerapkan gerakan cuci tangan dengan baik dan benar sesuai langkah-langkah yang dianjurkan oleh para ahli.

12. Membiasakan Cuci Tangan

promkes.kemkes.go.ig

Menurut para ahli mencuci tangan dengan air hanya mampu membunuh kuman sebesar 10 persen, sedangkan mencuci tangan dengan disertai sabun dapat membunuh kuman sebesar 80 persen.

Air yang digunakan untuk mencuci tangan haruslah air mengalir. Keberadaan kuman di tangan memiliki berbagai macam dampak negatif. Seseorang bisa mengalami diare, influenza, bahkan terinfeksi covid apabila tidak cuci tangan dengan benar.

Saat ini cara membuat poster cuci tangan sangatlah mudah, kalian bisa membuat secara manual atau modern menggunakan aplikasi desain gratis yang sangat banyak jenisnya.

Leave a Comment