Home » Edukasi » Gambar » 11 Contoh Poster Hari Santri Nasional

11 Contoh Poster Hari Santri Nasional

Berikut ini adalah kumpulan contoh gambar poster Hari Santri Nasional beragam desain menarik yang bisa kalian tirukan dalam membuat karya seni.

Berdasarkan sejarahnya, Hari Santri adalah bentuk memperingati jasa perjuangan para kiai dan santri dalam upaya melawan penjajahan sebelum Indonesia merdeka.

Hari Santri Nasional diperingati setiap tanggal 22 Oktober yang bertepatan dengan peristiwa resolusi jihad KH. Hasyim Asyari. Harapan besar dari peristiwa ini adalah meneladani dan melanjutkan perjuangan para ulama.

Gambar Poster Hari Santri Nasional

1. Contoh Poster Hari Santri Simple

poster hari santri
youtube: doni studio

Memperingati hari santri bisa dilakukan dengan cara sederhana. Misalnya bagi anak-anak, cukup dengan menggambar karakter muslim dan muslimah seperti pada gambar.

Gambarnya sangat sederhana, hanya memuat beberapa objek saja. Selain muslim dan muslimah juga terdapat bendera merah putih yang berkibari di awan. Tulisan “HARI SANTRI” menjadi penjelasnya.

2. Gambar Poster Hari Santri Nasional

poster hari santri

Pada peringatan hari santri, hampir setiap instansi membuat poster. Isi posternya berupa ucapan selamat memperingati hari santri. Biasanya juga disertai dengan tanggal peringatannya, yaitu 22 Oktober.

Belum lengkap kalau tidak menyertakan muslim dan muslimah dengan gaya khas memberi salam. Dengan berbagai karakter suku di Indonesia, persatuan ini terlihat sangat serasi.

3. Gambar Poster Hari Santri

poster hari santri

Ada lagi referensi poster untuk peringatan hari santri yang lebih berwarna. Kali ini mengambil color pallet ungu. Tulisan selamat hari santri tertera jelas dengan ukuran font besar sehingga menjadi fokus pertama.

Bagian tengah poster dipenuhi dengan objek muslim dan muslimah yang ceria. Gambar sketsa hari santri ini tidak terlalu ribet, seluruh elemennya mudah untuk ditirukan.

4. Ucapan Hari Santri

poster hari santri

Hijau identik dengan kesejukan. Beberapa brand ternama, termasuk ormas Islam pun menggunakan warna ini. Tidak ada salahnya kalau kalian juga ingin menggambar poster dengan tema berwarna hijau.

Tulisannya tidak perlu terlalu banyak. Yang penting memuat ucapan peringatan hari santri. Ruang dalam poster bisa diisi objek bulan, bendera, bahkan kartun muslim atau muslimah.

5. Poster Hari Santri Anak SD

alfathschoolindonesia.sch.id

Sekolah sekarang sangat kreatif. Pada peringatan hari besar nasional sering diadakan lomba membuat poster. Nah gambar berikut bisa menjadi referensi kalian.

Poster hari santri bertema sekolahan sangat menarik. Selain menggambarkan keceriaan, suasananya juga terbawa oleh konsep sekolah yang mana santri pun menuntut ilmu di sekolah atau yang disebut pondok pesantren.

Baca juga: Poster Maulid Nabi

6. Poster Hari Santri Anak MI

desakubenda.com

Bukan hanya lomba untuk kalangan pelajar, instansi resmi pemerintah pun sudah menjadi kewajiban untuk membuat poster. Biasanya identitas instansi ada di bagian pojok kanan atau kiri gambar poster.

Tema yang diambil cukup beragam. Misalnya saja hanya menambahkan kumpulan muslim dan muslimah dengan berbagai karakter. Poster seperti ini unik, tapi pesannya sampai ke audiens.

7. Aesthetic

twitter.com/Kemdikbud_RI

Menjadi ciri khas poster yang diterbitkan pemerintah. Bentuknya lebih resmi, rapi, dan mengandung makna yang jelas. Selain itu, pasti juga tertera logo instansi dan alamat media sosialnya.

Kalian bisa menggunakan referensi gambar peringatan hari santri yang menarik. Konsep gambar dan pewarnaannya sangat serasi sehingga enak dipandang. Pesan yang ingin disampaikan pun jelas.

8. Ucapan Selamat Hari Santri Nasional

twitter.com/kemenkopukm

Selain bendera, bulan, dan warna hijau, apalagi yang biasanya ada dalam poster hari santri? Nah, saat menggambar, kalian bisa menambahkan objek masjid. Ikon ini sangat mencerminkan gambaran kehidupan santri.

Setiap santri menghabiskan sebagian besar waktu mereka di masjid. Misalnya mulai dari kegiatan mengaji hingga kajian Islam. Kegiatannya memang cukup padat, tapi penuh manfaat.

9. Poster Kata Kata Hari Santri

disnak.jatimprov.go.id

Alih-alih mencantumkan karakter kartun, bagaimana jika menampilkan santri aslinya? Gambar santri dapat diakses bebas di internet selama tidak memiliki hak cipta.

Adanya gambar santri asli bisa dikreasikan dalam pembuatan poster. Warna yang digunakan pun lebih sedikit karena sebagian isinya menggunakan layer.

10. Gambar Tema Hari Santri

twitter.com/dpr_ri

Ucapan hari santri bukan sekadar peringatan. Tapi harapannya bisa menjadi momen yang membawa kedamaian dan persatuan santri di Indonesia. 

Karakter kartun pada gambar bisa diinterpretasikan bahwa santri memiliki kepedulian satu sama lain. Contoh sederhanya dengan tersenyum saat berpapasan dengan sesama muslim.

11. Poster Santri

Ini dia konsep ucapan hari santri ala Kementerian Agama. Bernuansa hijau dengan pepohonan rindang. Kedua muslimah berada di sana sembari menyatukan kedua tangannya tanda salam santun.

Konsep seperti ini tepat karena peringatan hari santri kala itu mengambil tema “santri sehat, Indonesia kuat”. Artinya, menjaga lingkungan sekitar juga termasuk bagian dari iman layaknya menjaga kesehatan diri sendiri.

Dari sejumlah contoh poster di atas, mana yang paling kalian suka? Setiap orang mungkin punya jawaban yang berbeda. Sebab, seni itu unik, tidak sama hasilnya satu orang dengan orang lain. Bahkan, kamu bisa berkreasi sendiri sesuai keinginan.

Leave a Comment