Home » Edukasi » Gambar » 12 Contoh Poster Maulid Nabi yang Mudah

12 Contoh Poster Maulid Nabi yang Mudah

Sedang mencari contoh poster Maulid Nabi Muhammad SAW? Berikut kumpulan desain yang bisa kalian gunakan.

Maulid Nabi diperingati setiap tanggal 12 Rabiul Awal tahun Hijriyah sebagai bentuk penghormatan atas kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Peringatan ini dilakukan setiap umat Islam sebagai bentuk rasa cinta kepada Rasulullah SAW. Semoga kelak kita mendapatkan syafaatnya. Aammin

Poster Maulidur Rasul

1. Poster Maulid Nabi Muhammad SAW

poster maulid nabi
youtube: ambar cahyono

Saat peringatan Maulid Nabi, tidak jarang ada yang mengadakan lomba poster, terutama sekolah-sekolah. Contoh sederhananya seperti poster berikut. Dari segi objek dan pewarnaan tidak terlalu sulit.

Pada gambar terlihat tulisan Muhammad dalam huruf arab, ucapan peringatan, dan masjid dengan dua kubah. Elemen gambarnya mudah ditirukan, penggunaan warnanya pun hanya beberapa saja.

2. Poster Maulid Nabi Kartun

poster maulid nabi
youtube: doni studio

Sedang bingung menggambar poster seperti apa? Kalian bisa mencoba poster dengan tulisan Muhammad yang memenuhi hampir seluruh ruang gambar. Tulisan tersebut dibuat pada bagian tengah dan diberi lingkaran besar.

Tidak perlu bingung memikirkan objek lain. Cukup tambahkan ucapan peringatan saja, poster sudah terlihat penuh. Kalau masih ingin mengisi, kalian bisa menambahkan gambar muslim dan muslimah di pojok bawah.

3. Contoh Poster Maulid Nabi Muhammad SAW

poster maulid nabi
p2ptm.kemkes.go.id

Menjelaskan makna gambar bisa dilakukan pada pewarnaannya. Contohnya suasana sejuk, kalian bisa menggunakan warna hijau dengan menggambar pepohonan.

Dalam nuansa poster Maulid Nabi berwarna hijau, tercipta positive vibes yang ingin ditonjolkan pada peringatan tersebut. Selain itu, poster dirancang oleh Kemenkes yang mana mendukung gerakan hidup sehat.

4. Desain Poster Maulid Nabi

Tidak ada salahnya berkreasi dengan berbagai konsep desain dan temanya. Entah itu membuat poster dengan background batik atau lainnya. Kalau bisa mengkreasikannya, mungkin akan seperti gambar berikut.

Background motif batik pada gambar tidak mengganggu sama sekali. Kehadirannya memang cukup dominan, tapi tidak membuat tampilan poster terganggu

5. Gambar Poster Maulid Nabi

perpustakaan.upi.edu

Desain poster digital diterapkan dalam pembuatan poster. Meskipun sistem digital terkenal canggih, karya yang dihasilkan bisa juga sederhana. Misalnya poster peringatan Maulid Nabi dari UPI Central Library.

Cukup dengan menggabungkan gambar masjid sehingga terlihat bertumpuk. Tampilannya simpel tapi tetap profesional. Untuk organisasi seperti ini biasanya mencantumkan alamat media sosial di bagian bawah poster.

6. Ucapan Maulid Nabi

rsud.sawahluntokota.go.id

Ada lagi poster yang mengambil objek masjid. Namun, kali ini lebih dominan bulan sabit karena ukurannya lebih besar. Background gambarnya hitam putih membuat lebih eksotis.

Poster ucapan ini cukup lengkap. Tidak hanya berisi ucapan peringatan, tapi juga disertai tanggal, yaitu pada 12 Rabiul Awal 1443 Hijriah. Bentuk ucapan ini cocok untuk menunjukan identitas poster yang membedakan dengan poster tahun lalu.

7. Poster Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW

poster maulid nabi
dispendik.gresikkab.go.id

Membuat desain poster minimalis juga cukup menarik akhir-akhir ini. Kalian tidak perlu menggambar objek besar untuk memenuhi ruang gambar. Konsep desainnya cenderung memberi ruang kosong yang lebih banyak.

Cobalah lihat referensi berikut. Kubah masjid berada di bagian bawah kemudian di samping kanan dan kiri hanya ada bulan sabit. Bagian tengahnya diisi dengan ucapan peringatan.

8. Aesthetic

poster maulid nabi
sekolahmutiara.id

Ingin mencoba desain poster Maulid Nabi yang aesthetic? Kalian bisa memanfaatkan permainan warna. Kalau desain manual mungkin butuh teknik khusus, tapi sekarang dengan desain digital pun hasilnya sudah keren.

Perpaduan warna melalui adanya gradasi menghasilkan desain yang bagus. Cara sederhananya dengan menaruh warna gelap paling atas, hingga ke bawah warnanya semakin terang.

9. Simple

uinsby.ac.id

Simpel didesain tidak membutuhkan objek yang banyak atau pewarnaan dengan teknik khusus. Misalnya pada poster berikut. Hanya dengan satu gambar masjid di tengah dan background berwarna hijau pekat.

Poster tersebut terlihat sangat sederhana, tapi menampilkan kesan profesional. Mungkin desain seperti itu memang sudah menjadi ciri khas organisasi yang membuatnya.

10. Ucapan Selamat Maulid Sederhana

poster maulid nabi
lib.ugm.ac.id

Membuat desain poster yang berbeda dengan konsep unik bisa menjadi pilihan. Jika desain umumnya hanya memberikan ucapan peringatan, kalian bisa membuatnya lebih bernilai.

Contohnya dengan memberikan potongan ayat yang relevan atau doa khusus pada hari peringatan Maulid Nabi. Jadi, selain mengucapkan juga menyampaikan pesan agar audiens bisa memperoleh esensinya.

11. Elegan

poster maulid nabi
khoiruummah.id

Saat melihat gambar poster, pertama kalian akan berfokus pada bagian mana? Audiens cenderung fokus ke bagian yang menonjol, biasanya ditandai dengan penggunaan font berukuran besar atau adanya objek tertentu yang dominan.

Memulai mendesain pun sesederhana pemikiran seperti itu. Apakah desain poster kalian akan menonjolkan font besar atau objeknya? Namun, pastikan isinya jelas dan tidak mengganggu pemandangan mata.

12. Ucapan dan Doa

poster maulid nabi

Gambar poster cenderung ringkas dan padat. Tidak perlu terlalu banyak tulisan asalkan maknanya tersampaikan. Namun, kalau ruang gambarnya cukup, bentuk tulisan bisa dibuat berukuran sama seperti poster berikut.

Ucapan selamat memperingati Maulid Nabi disertai dengan kalimat seruan untuk meneladani Nabi. Bagian itulah yang paling ditonjolkan pada gambar posternya.

Leave a Comment