Home » Edukasi » Gambar » 13 Contoh Gambar Poster Ramadhan Mudah dan Keren

13 Contoh Gambar Poster Ramadhan Mudah dan Keren

Berikut ini adalah kumpulan contoh poster Ramadhan yang mudah dengan beragam desain menarik.

Dalam poster ini biasanya memuat banyak informasi penting. Misalnya tips menjaga kesehatan, larangan dan anjuran, amalan-amalan khusus selama Ramadhan hingga ucapan dan doa.

Sehingga keberadaan poster semacam ini sangat penting untuk diketahui. Karena di desain menarik, maka bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk menyampaikan isi pesan dalam poster.

Poster Ramadhan Keren

1. Poster Ramadhan Anak SD

poster ramadhan
youtube: doni studio

Ketika diminta membuat poster tema Ramadhan, objek gambar yang terpikirkan antara lain masjid, bulan sabit, bintang, dan kartun muslim-muslimah. Hasil gambarnya bisa simpel atau mewah tergantung pewarnaan.

Yang pasti ketika menggambar perlu memperhatikan perpaduan warna yang serasi. Umumnya pencampuran warna gelap dengan terang merupakan kombinasi yang pas seperti gambar berikut.

2. Poster Ramadhan Ceria

poster ramadhan
youtube: ambar cahyono

Menggambar poster sebenarnya tidak sulit. Cukup membuat satu objek berukuran besar saja sudah memenuhi ruang gambar. Kalian hanya perlu menambahkan tulisan sebagai keterangannya.

Untuk menghidupkan suasana dalam gambar, gunakanlah warna sesuai konsep posternya. Misalnya ingin bertema ceria, warna terang seperti orange akan sangat pas.

3. Poster Ramadhan Kartun

poster ramadhan

Di era modern sekarang, poster bukan lagi sekadar ucapan. Tapi juga dilengkapi dengan informasi yang relevan. Poster tema ini bisa disertai dengan tips menjalani Ramadhan agar lebih produktif dalam beribadah.

Poster seperti ini akan menyerupai konten yang disajikan dalam bentuk ringkas. Hanya dalam satu gambar, informasinya sudah lengkap. Jenis poster ini cocok dipasang pada dinding masjid atau tempat kajian Islam.

4. Poster Menyambut Ramadhan

inews.co.id

Menjelang Ramadhan biasanya banyak beredar informasi seputar bulan Ramadhan misalnya niat puasa. Dapat juga seputar amalan-amalan yang dianjurkan.

Adapun untuk membuat desain posternya pun cukup mudah, apalagi sekarang banyak template yang tersedia. Kemudahannya adalah kalian hanya perlu mengganti isi kontennya saja.

5. Poster Selamat Menyambut Bulan Ramadhan

poster menyambut ramadhan
republika.co.id

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling ditunggu-tunggu dalam setahun. Menjelang bulan suci ini banyak persiapan yang dilakukan salah satunya menyiapkan diri secara fisik dan mental.

Persiapan-persiapan Ramadhan bisa dibahas secara khusus melalui gambar. Kalau bisa memberi informasi lengkap, poster buatan kalian pasti banyak disebarluaskan.

Baca juga: Poster Maulid Nabi

6. Poster Ramadhan Kemenkes RI

promkes.kemkes.go.id

Kementerian Kesehatan identik dengan informasi seputar menjaga kesehatan. Tidak terkecuali ketika menyambut Ramadhan. Kemenkes mengeluarkan poster berisi tips menjaga kesehatan sepanjang berpuasa di bulan Ramadhan.

Jenis poster ini merupakan poster informatif, yaitu poster yang bertujuan memberikan informasi. Dari satu halaman poster, audiens bisa mendapat tambahan info yang mungkin belum mereka ketahui.

7. Poster Amalan di Bulan Ramadhan

Kalau berniat membuat poster berisi informasi, desain yang dibutuhkan cukup simpel. Kalian bisa menggunakan background polos, kemudian ditambah teks dengan bentuk yang bervariasi.

Jangan lupa menambahkan gambar agar desain poster semakin menarik. Dengan begitu, audiens yang melihat diharapkan akan tertarik membaca hingga menerapkannya.

8. Poster Lailatul Qadar

Selain awal Ramadhan, ada satu lagi yang paling ditunggu, yaitu malam Lailatul Qadar. Sayangnya, masih banyak orang yang bingung harus melakukan ibadah apa saja pada malam tersebut.

Persoalan ini bisa diatasi dengan memberi konten edukasi. Isinya tentang amalan ketika malam Lailatul Qadar yang sudah diringkas. Sebab, poster lebih menampilkan visual daripada teks.

9. Poster Menyambut Ramadhan

promkes.kemkes.go.id

Sembari mengucapkan “Selamat Menunaikan Ibadah Puasa” kalian juga bisa membuat poster berisi informasi. Hanya dalam satu lembar sudah ada kedua hal penting itu.

Contoh poster simpel dari Kemenkes bisa mencakup keduanya. Konten dibagi menjadi 4 bagian, 1 bagian pertama untuk ucapan Ramadhan sedangkan 3 bagian berikutnya diisi dengan 3 informasi penjelas tentang puasa.

10. Poster Panduan Ibadah Ramadhan

Kali ini poster Ramadhan dibuat khas dengan elemen masjid dan bulan sabit. Kedua objek gambar ini sangat ikonik dengan nilai-nilai Islami. 

Meskipun membuat 11 informasi penting, poster tidak membosankan. Tampilannya rapi dan terdapat highlight kata penting sehingga audiens lebih mudah membaca.

11. Anjuran dan Larangan Selama Ramadhan

Membuat poster tentang peringatan hari keagamaan saja sudah mendapat pahala. Bagaimana kalau ditambah dengan informasi penting yang perlu diketahui oleh saudara semuslim? Hasil posternya pasti akan sangat bernilai.

Tentang bulan Ramadhan, sangat banyak ide yang bisa digali. Contohnya mengenai anjuran dan larangan selama Ramadhan. Poster dibuat dengan memanfaatkan ikon sehingga isinya tidak terlihat terlalu banyak.

12. Tips Sehat di Bulan Ramadhan

Puasa bukan penghalang untuk beraktivitas. Mindset inilah yang perlu ada pada orang yang berpuasa. Rutinitas masih bisa berjalan lancar asalkan tubuh dalam keadaan sehat saat puasa.

Pastikan saat sahur, makanan dan minuman yang dikonsumsi memiliki gizi yang baik. Kalau belum bisa 4 sehat 5 sempurna, setidaknya kalian mampu mempertahankan hidrasi tubuh, minimal minum 8 gelas per hari.

13. Poster Marhaban Ya Ramadhan

Kalau kesulitan mencari ide konten, mendesain poster saja sudah cukup. Kalimat ucapannya pun cukup singkat, hanya menyebutkan “Marhaban yaa Ramadhan” yang berarti selamat datang bulan Ramadhan.

Ruang yang kosong dipenuhi dengan gambar masjid dan muslim yang akan beribadah. Tampilannya sangat sederhana, tapi mengandung makna yang dalam. Ditambah lagi, ada hadits riwayat pendukung.

Referensi di atas dapat menjadi contoh atau inspirasi dalam pembuatan poster Ramadhan. Sekarang giliran kalian berkreasi sesuai konsep yang diinginkan.

Leave a Comment