Rahasia Resep Nasi Goreng Jawa, Begini Cara Membuatnya (Bagian 1)

Resep Nasi Goreng JawaSiapa yang tidak kenal dengan menu andalan yang satu ini. Cara membuat dan menyajikannya pun cukup mudah,  digoreng sebentar menggunakan api besar, setelah masak ditaruh di piring lalu ditaburi sedikit bawang goreng, acar mentimun serta dilengkapi kerupuk, mantabnya sih kerupuk udang. Ternyata semudah itu ya untuk memmasak nasi goreng Jawa? Kalau itu sih resep nasi goreng biasa.

Yaps, olahan tersebut adalah nasi goreng. Menu yang mudah dicari, bahkan banyak yang bisa mengolahnya sendiri. Alasannya sederhana, cara membuatnya sangat mudah, ada nasi (kalau bisa nasi yang pera, tidak lengket), minyak goreng, bawang putih, bawang merah, cabai, vitsin (bagi yang terbiasa memakai), garam, telur, kecap dan saos, beres deh. Yummy…

Sesimpel itu, tapi banyak pertanyaan yang hingga saat ini masih menjadi rahasia. Kenapa nasi goreng yang dijual abang –abang (istilah untuk pedagang kaki lima) itu rasanya benar benar amazing. Bahkan tidak tanggung – tanggung untuk menyantapnya hingga sendokan terakhir.

Yang membuat bangga lagi adalah di tahun 2017 Nasi Goreng dari Indonesia menempati urutan kedua  diantara 49 menu lain dari berbagai negara di dunia. Data tersebut merupakan hasil jajak pendapat di Facebook yang dilakukan oleh CNN.COM dengan judul artikel Your pick: World’s 50 best foods. Hebat kan?

Daripada penasaran dan semakin lapar membayangkannya. Berikut salah satu resep nasi goreng jawa sederhana, yang bahan – bahan serta cara membuatnya mudah tapi rasanya mantul.

PERALATAN YANG DIBUTUHKAN UNTUK MEMASAK NASI GORENG JAWA SEDERHANA

  1. Kompor
  2. Wajan
  3. Cobek  atau blender
  4. Spatula
  5. Pisau
  6. Serbet

BAHAN DAN BUMBU YANG DIBUTUHKAN UNTUK MEMASAK NASI GORENG JAWA SEDERHANA

  1. Nasi                                   2 piring
  2. Bawang merah                  4 siung
  3. Bawang putih                    4 siung
  4. Kemiri                                1 butir
  5. Cabai rawit                        5 buah
  6. Cabai keriting                    2 buah
  7. Vitsin                                  secukupnya
  8. Telur                                  1 butir
  9. Mentimun                         1 buah
  10. Ayam goreng                     secukupnya
  11. Minyak goreng                  secukupnya
  12. Kecap Asin                         secukupnya
  13. Kecap Manis                      secukupnya
  14. Saos tomat                        secukupnya
  15. Kecap inggris                     secukupnya
  16. Minyak ikan                       secukupnya

CARA MEMASAK NASI GORENG JAWA SEDERHANA

  1. Untuk membuat nasi goreng membutuhkan nasi yang tidak lembek atau pera. Karena nasi yang pera akan mudah menyatu dengan bumbu dan bahan – bahan lainnya. Maka, langkah pertama yang benar – benar harus kita perhatikan adalah bagaimana cara memasak nasi yang hasilnya pera. Disini kita tidak akan membahas cara memasak nasi yang pera tersebut.
  2. Siapkan bumbu – bumbu yang akan dihaluskan, seperti bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai keriting, kemiri, vitsin dan garam. Setelah semua disiapkan langkah selanjutnya adalah menghaluskannya dengan menggunakan cobek, karena bumbu yang dihaluskan dengan cobek akan menghasilkan cita rasa yang berbeda daripada bumbu yang dihaluskan dengan blender. Tapi, jika anda tidak mau repot – repot mengeluarkan tenaga untuk menghaluskan bumbu tersebut, tidak masalah dengan cara apa saja yang penting halus.
  3. Kemudian siapkan wajan penggorengan dan tuangkan sedikit minyak, kira – kira 5 sendok makan, lalu dipanaskan di atas kompor dengan api sedang. Setelah minyak sudah panas masukkan 1 butir telur goreng orak – arik.
  4. Setelah telur sudah mengeluarkan aroma yang harum masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi, tumis hingga mengeluarkan aroma.
  5. Setelah telur dan bumbu sudah siap, masukkan dua piring nasi yang sudah disiapkan. Dalam memasak nasi ini  api kompor harus sedikit dibesarkan, dan nasi diaduk dengan cepat. Lakukan itu kira – kira sekitar 3 menit kemudian kecilkan api, lalu masukkan kecap dan saos tomat secukupnya.
  6. Setelah itu besarkan api, dan lakukan penggorengan dengan cepat sekitar 2 menit hingga kecap dan saos tomat menyatu dan merubah warna nasi.
  7. Langkah terakhir dalam memasak nasi goreng  jawa sederhana ini adalah menuangkan sedikit kecap asin, minyak ikan dan kecap inggris secukupnya kemudian aduk – aduk sebentar kira – kira 1 menit dengan api besar. Beres deh.

CARA MENYAJIKAN HASIL PRAKTEK DENGAN RESEP NASI GORENG JAWA SEDERHANA

  1. Setelah nasi sudah matang, bisa disajikan ke wadah piring yang dilapisi dengan daun pisang.
  2. Taburkan sedikit bawang goreng di atas nasi dan taruh mentimun yang sudah diiris dan suwiran ayam goreng sesuasi selera.
  3. Lengkapi makan nasi goreng jawa ini dengan kerupuk. Selamat menikmati

Akhirnya, Anda berhasil mempraktekkan Resep Rahasia Nasi Goreng Jawa Sederhana ini. Meskipun Anda belum berhasil menciptakan rasa seperti nasi goreng yang dijual  abang – abang, setidaknya sudah berusaha dan bisa mengevaluasi kekurangannya. Tunggu Rahasia Resep Nasi Goreng Jawa Sederhana bagian selanjutnya ya!

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *