Home » Edukasi » Gambar » 11 Sketsa Ayam yang Mudah dan Simple

11 Sketsa Ayam yang Mudah dan Simple

Siapa yang tidak mengenal hewan peliharaan yang sangat mudah ditemui ini? Pasti diantara kalian sangat mengenalinya. Hanya saja pada bahasan kali ini berupa sketsa ayam.

Benar, ayam menjadi salah satu hewan yang sangat mudah dijumpai terutama di pedesaan. Hampir setiap warga yang ada memiliki hewan ini, biasanya untuk dipelihara.

Saat akan menggambar atau mewarnai, kalian bisa memilih diantara salah satu contoh yang mudah berikut ini. Ada ayam jago, betina, anak ayam hingga karakter lucu.

Gambar Sketsa Ayam

1. Sketsa Ayam Jago

sketsa ayam jago

Ayam merupakan salah satu jenis unggas yang sering kita temui sehari-hari. Selain menjadi salah satu lauk yang dimakan setiap hari, ayam juga salah satu jenis hewan yang sering menjadi hewan ternak di masyarakat.

Oleh karena itu tentu saja kita tidak asing ketika melihat gambar diatas yaitu Ayam Jago. Ayam jenis ini memiliki suara yang lantang dan bisanya berkokok di pagi hari.

2. Sketsa Ayam Jantan

sketsa ayam jantan

Ayam Jago sendiri merupakan jenis ayam jantan. Selain suaranya yang lantang ayam ini memiliki tubuh yang tegap sehingga terkesan gagah dibanding dengan ayam betina.

Karena postur tubuhnya yang lebih besar tersebut menyebabkan Ayam Jago membutuhkan lebih banyak makanan dibanding ayam betina.

3. Sketsa Ayam Betina dan Jantan

sketsa ayam

Sedangkan untuk ayam betina memiliki ukuran yang lebih kecil namun memiliki postur tubuh yang lebih berisi dibanding dengan ayam jantan. Pada gambar tersebut dapat dilihat perbedaan ukuran ayam betina dengan ayam jantan.

Perbedaan lain yang membedakan jenis ayam tersebut adalah bulu ekor ayam betina dan paruh yang cenderung pendek. Serta ukuran jengger yang lebih kecil.

4. Gambar Induk Ayam dan Anak-anaknya

sketsa ayam

Ayam sendiri bereproduksi dengan cara bertelur. Ayam betina akan bertelur setidaknya satu butir setiap hari. Ia akan bertelur sampai mencapai beberapa butir telur.

Kemudian, telur-telur ini akan dierami oleh induk ayam tersebut kurang lebih selama 22 hari sampai menetas dan  menjadi anak-anak ayam yang lucu dan menggemaskan.

5. Ayam Minum

sketsa ayam

Sebagai makhluk hidup tentunya ayam membutuhkan makanan sebagai sumber tenaga. Biasanya ayam menggunakan kakinya untuk mencari makanan.

Dalam kesehariannya mereka makan cacing atau sisa-sisa makanan dan minum dari tempat genangan atau dari wadah yang sudah disediakan.

Kumpulan sketsa lainnya!

6. Sketsa Ayam Bercengger

mewarnai gambar ayam

Pada bagian kepala ayam baik betina maupun jantan terdapat jengger yang berwarna merah menyala. Tentunya keberadaan jengger ini bukan sekedar untuk hiasan semata.

Jengger pada bagian kepala ayam memiliki manfaat untuk pendingin suhu tubuh ayam dan penanda bahwa awan tersebut sudah dewasa dan siap untuk kawin. Oleh karena itu hanya ayam-ayam dewasa yang memiliki jengger.

7. Ayam Mengerami

mewarnai gambar ayam

Ayam dewasa selain memiliki jengger juga ditandai dengan bertelur bagi ayam betina. Setelah bertelur induk ayam tidak akan banyak beraktivitas. Ia hanya akan duduk di kandang mengerami telur-telurnya dan sesekali mencari makanan.

Ketika proses mengerami ayam betina akan menjadi sedikit lebih agresif karena sifat ayam yang protektif dan tidak ingin calon anak-anak ayam yang berada di dalam telur dirusak mangsa.

8. Sketsa Ayam Lucu

gambar ayam

Untuk memperkenalkan jenis unggas satu ini kepada anak-anak. tentunya kita bisa memperkenalkan karakteristiknya dengan menampilkan sketsa yang lucu sehingga anak tertarik untuk melihat dan mengetahui lebih jauh tentang ayam.

Kita dapat menunjuk satu jenis ayam dengan mengulas tentang karakteristik dan bagian-bagian tubuh ayam.

9. Sketsa Anak Ayam dan Induknya

gambar ayam

Kita dapat memperkenalkan proses hidup ayam kepada anak-anak kita. Salah satunya mengenai cara hidup ayam.

Pada usia ke dua minggu anak ayam akan memiliki keterampilan sendiri untuk mengais tanah dengan kaki mereka. Oleh karena itu induknya akan mulai mengajak mereka ke taman atau ke tempat yang lapang untuk mulai mencari makanannya sendiri.

10. Anak Ayam

gambar ayam

Namun sebelum itu, ketika anak ayam baru menetas seperti pada gambar sketsa diatas. Induk ayam akan  mengais atau mencari makanan sendiri dari luar dan membawanya kembali ke dalam kandang.

Makanan-makanan tersebut kemudian diberikan ke anak ayam untuk dikonsumsi agar tetap terpenuhi gizinya dan tidak kekurangan tenaga.Biasanya ketika anak ayam lapar ia akan mencicit lebih keras.

11. Ayam Kecil

gambar ayam

Ayam memiliki proses pertumbuhan yang pesat. Oleh karena itu tidak kaget apabila pada usia 2-3 bulan ia akan  memiliki postur tubuh yang kokoh dengan tulang yang kuat.

Sehingga mereka sudah dapat berlarian, bermain hingga mencari makan untuk diri mereka sendiri.

Nah, itulah kumpulan sketsa ayam yang keren dan mudah untuk laian tirukan. Untuk mempermudah dalam menggambar dan mewarnai, pilihlah yang menurutmu paling mudah.

Leave a Comment