Home » Edukasi » Gambar » 7 Contoh Sketsa Burung Garuda Pancasila yang Mudah

7 Contoh Sketsa Burung Garuda Pancasila yang Mudah

Berikut adalah kumpulan gambar sketsa burung garuda yang bisa kalian gunakan untuk menggambar dan mewarnai.

Burung garuda adalah simbol negara Indonesia. Setiap bagian memiliki penjelasan dan makna tersendiri.

Untuk bisa menggambar burung garuda memang diperlukan ketelitian, terutama bagian-bagian yang rumit.

Garuda Pancasila

Pengertian

Garuda Pancasila adalah lambang negara Indonesia yang terdiri dari beberapa komponen berupa lambang. Setiap lambang tersebut memiliki arti baik tersurat maupun tersirat.

Arti Lambang Garuda Pancasila

Garuda Pancasila memiliki tiga komponen utama yakni Burung Garuda, Perisai dan Pita Putih. Arti lambang Garuda Pancasila dapat dilihat pada setiap komponennya.

Burung Garuda

Arti lambang Garuda Pancasila dapat dilihat pada setiap komponennya. Burung Garuda dikenal melambangkan kekuatan. Warna emas pada Burung Garuda mencerminkan kemegahan dan kejayaan.

Perisai

Burung Garuda pada lambang negara ini didesain khusus. Bulu pada sayapnya berjumlah 17, bulu ekor berjumlah 8, bulu pangkal ekor berjumlah 19, dan bulu di lehernya berjumlah 45. Angka tersebut melambangkan kemerdekaan yaitu 17-08-1945.

Pita Putih

Komponen kedua yaitu perisai. Perisai digambarkan sebagai pertahanan Indonesia. Terdapat 5 simbol yang mencerminkan sila-sila dasar yaitu Pancasila.

Terakhir, Burung Garuda mencengkeram pita putih di kakinya. Pita ini bertuliskan “BHINNEKA TUNGGAL IKA” yang merupakan semboyan negara. Maksudnya, meskipun berbeda-beda suku bangsa, ras, dan agama, Indonesia tetap satu.

Arti Lambang Pancasila

arti lambang pancasila

Lambang negara Garuda Pancasila ini dilengkapi dengan isi Pancasila dan simbol yang mewakili setiap silanya. Pancasila sendiri merupakan lima sila yang dijadikan dasar dalam kehidupan bernegara.

Sila Ke-1 – Bintang

Simbol bintang berwarna kuning dengan latar hitam terletak di bagian tengah perisai. Simbol ini dijadikan dasar Ketuhanan Yang Maha Esa. Artinya, warga negara Indonesia bertakwa kepada Tuhan sesuai agamanya masing-masing.

Sila Ke-2 Rantai

Simbol rantai melambangkan sila kedua yaitu Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Rantai yang sambung menyambung mencerminkan regenerasi bangsa yang tidak pernah terputus.

Sila Ke-3 – Pohon Beringin

Sila ketiga yaitu Persatuan Indonesia digambarkan dengan simbol pohon beringin. Pohon beringin difilosofikan sebagai tempat berlindung.

Sila Ke-4 – Kepala Banteng

Kepala banteng mewakili sila keempat yaitu Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan. Disinilah berarti peran rakyat sebagai penggerak negara.

Sila Ke-5 – Padi dan Kapas

Sila kelima berbunyi “Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia” disimbolkan dengan padi dan kapas. Kedua komoditas ini mencerminkan kemakmuran dan kesejahteraan.

Sketsa Burung Garuda

1. Sketsa Garuda Pancasila

sketsa burung garuda

Pada sketsa ini, Burung Garuda Pancasila digambarkan lengkap seluruh komponennya yang meliputi Burung Garuda, perisai, dan pita. Garuda Pancasila ini merupakan lambang negara. 

Gambar lambang negara ini sangat jelas, detail, dan lengkap. Sketsa berikut bisa digunakan untuk menggambar atau mewarnai lambang negara Garuda Pancasila. 

2. Sketsa Garuda Pancasila Berwarna

sketsa burung garuda pancasila

Pada sketsa berwarna, Garuda Pancasila terlihat semakin jelas. Adanya warna ini memperkuat filosofi di dalamnya. Contohnya seperti warna emas pada Burung Garuda yang melambangkan kemegahan dan kejayaan.

Selain itu, bentuk perisai yang berwarna membuat sketsa ini menjadi media pembelajaran. Begitu juga dengan pita yang dicengkram pada kaki Burung Garuda. Kokoh dan berwarna putih sebagai tanda persatuan bangsa.

3. Gambar Garuda Pancasila

sketsa burung garuda pancasila

Pada contoh gambar ini ditampilkan lengkap beserta lambang Pancasila yang ada. Dimana setiap lambang memiliki bunyi dan makna.

Adapun untuk informasi lengkap terkait pengertiannya sudah dijelaskan pada awal artikel.

4. Puzzle Garuda Pancasila

Jika kalian sedang belajar urutan sila-sila Pancasila, puzzle berikut ini dapat digunakan. Puzzle berikut menggambarkan Burung Garuda dengan perisai yang rumpang. 

Di bagian samping terdapat simbol-simbol Pancasila yang akan digunakan untuk melengkapi bagian puzzlenya. Letakkan simbol-simbol itu sesuai dengan bentuknya pada perisai.

5. Berwarna Emas

gambar garuda pancasila

Burung Garuda berwarna emas menggambarkan bahwa bangsa Indonesia memiliki harapan besar tentang kejayaan dan kemajuan negara.

Dalam sketsa Garuda berwarna emas ini semakin menguatkan akan cita-cita tersebut.

6. Rancangan Garuda Pancasila

Lambang negara Garuda Pancasila tidak terbentuk begitu saja. Terdapat proses yang dilalui sehingga menghasilkan lambang negara yang sekarang ini.

Dapat dilihat setidaknya ada 4 rancangan penting yang disusun oleh pendiri bangsa. Masing-masing rancangan pasti memiliki maksud dan filosofi tersendiri.

Namun, yang kita kenal saat ini yaitu Garuda Pancasila merupakan bentuk penyempurnaan terakhir sebagai lambang negara.

7. Sketsa Lambang Garuda Pancalisa

sketsa garuda pancasila

Menggambar dan mewarnai Garuda Pancasila akan mudah jika menggunakan sketsa berikut karena desainnya yang simple.

Pada sketsa ini, gambar Garuda Pancasila terlihat jelas sehingga mudah diwarnai dan ditirukan saat proses menggambar atau mewarnai.

Itulah sketsa Burung Garuda Pancasila sebagai lambang negara Indonesia. Dengan filosofinya yang cukup mendalam semoga bangsa ini mampu mengamalkan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Referensi

  • https://bpip.go.id
  • https://ditpsd.kemdikbud.go.id
  • https://id.wikipedia.org

Leave a Comment