Home » Edukasi » Gambar » 11 Gambar Sketsa Burung Mudah dan Simple

11 Gambar Sketsa Burung Mudah dan Simple

Kumpulan sketsa burung berikut ini jenisnya cukup banyak. Sehingga kalian tidak bakal kehabisan ide dalam membuat karya seni dengan objek burung. Selain untuk diwarnai, tentu saja bisa sebagai contoh menggambar.

Bersumber dari wikipedia.org, burung adalah kelompk hewan bertulang belakang (vertebrata) yang memiliki bulu dan sayap. Saking banyaknya, jenis dari burung sendiri tidak bisa dipastikan jumlahnya.

Karena memiliki warna dan bentuk yang indah, burung identik menjadi hewan peliharaan. Bahkan beberapa jenis tersebut memiliki harga yang fantastis.

Sketsa Gambar Burung

1. Sketsa Burung Hantu

sketsa burung

Burung merupakan salah satu hewan tertua di dunia yang dapat ditemukan. Burung memiliki banyak sekali spesies yang tersebar di berbagai dunia. Fosil burung tertua bisa ditemukan di negara Jerman.

Dari sekian banyak jumlah spesies burung yang ada, salah satu burung yang masih dapat dijumpai sampai saat ini adalah Burung Hantu. Burung ini sangat khas karena memiliki bola mata yang besar.

2. Sketsa Burung Garuda

sketsa burung

Selain Burung Hantu, jenis burung yang cukup populer terutama di Indonesia adalah Burung Garuda. Burung Garuda yang juga menjadi lambang dari Pancasila ini memiliki karakter yang kokoh.

Tidak seperti bola mata Burung Hantu yang besar, karakteristik mata Burung Garuda justru kecil dan tajam. Tatapan mata Burung Garuda sangat tajam dan fokus. Burung ini memiliki sayap yang kokoh dan lebar.

3. Sketsa Burung Merak

sketsa burung

Salah satu jenis burung yang sangat menarik untuk dikenal adalah Burung Merak. Hewan yang diklasifikasikan ke dalam kelas aves ini memang cantik dan unik. Burung Merak memiliki keindahan yang luar biasa di bulunya.

Keindahannya terlihat ketika burung merak jantan mengembangkan sayap sehingga keluarlah warna-warna indah. Burung ini dapat ditemui di Indonesia dan tergolong kedalam jenis yang dilindungi.

4. Sketsa Burung Elang

sketsa burung

Burung ini sangat populer sehingga seringkali dijadikan simbol dari beberapa merek dagang suatu produk makanan ataupun jasa. Elang memiliki tatapan tajam dan kecepatan tinggi ketika terbang.

Burung ini melebarkan sayapnya dan meluncur cepat di langit. Warna dari Burung Elang cenderung gelap dan menunjukkan bahwa burung ini adalah burung yang kuat.

5. Sketsa Burung Kakak Tua

Jenis burung berikutnya yang umum dikenal adalah Burung Kakak Tua. Saking terkenalnya, bahkan ada sebuah lagu anak yang berjudul “Burung Kakak Tua”. Burung ini sering menjadi burung peliharaan.

Banyak orang memelihara, bahkan melatih burung ini untuk dapat berbicara seperti manusia. Burung Kakak Tua merupakan salah satu jenis burung yang pintar dan cekatan. Selain itu warnanya yang cerah menjadikannya semakin menarik.

Kumpulan sketsa lainnya!

6. Gambar Burung Cendrawasih

sketsa burung

Ada banyak sekali jenis burung yang ada di tanah Nusantara. Hampir di setiap pulau di Indonesia memiliki jenis burungnya tersendiri. Mulai dari jenis burung pemakan biji sampai pemakan daging.

Salah satu jenis burung yang dapat ditemui adalah Burung Cendrawasih. Burung ini banyak disukai oleh orang-orang. Sehingga, jenis burung ini dapat ditemui dengan mudah di beberapa kebun binatang dan konservasi satwa.

7. Gambar Burung Merpati

Dari banyaknya jenis burung yang ada, beberapa burung memiliki arti tersendiri bagi masyarakat. Hal ini berkaitan dengan bagaimana mereka menggunakan burung tersebut dalam kehidupan.

Salah satu burung yang memiliki filosofi mendalam adalah Burung Merpati. Jenis Burung Merpati Putih diartikan oleh masyarakat sebagai sepasang kekasih yang abadi dan suci. Sehingga, burung ini sering dijadikan lambang dalam pernikahan.

8. Mewarnai Gambar Burung Lucu

Banyak orang yang menyukai burung, mulai dari kalangan anak-anak sampai dewasa. Untuk kalangan dewasa, biasanya mereka mengoleksi burung untuk diadukan dalam ajang kompetisi.

Sementara untuk anak-anak, biasanya mereka memeliharanya di rumah dan dijadikan objek untuk menggambar. Burung juga dapat dijumpai dalam banyak kartun di televisi. Karakter burung tersebut biasanya lucu seperti gambar berikut.

9. Sketsa Burung di Pohon

Burung adalah jenis hewan bersayap yang banyak menghabiskan waktu di pohon. Hal ini dikarenakan burung membuat rumah di pohon. Setiap kali pulang dari mencari makanan, ia kembali ke sarangnya.

Gambar berikut adalah potret burung yang bertengger di pohon. Biasanya buruh memilih jenis pohon yang rindang untuk tempat membuat rumah. Sehingga, rumah yang ia buat akan kokoh dan tidak mudah terbawa angin.

10. Sketsa Burung Berwarna

gambar burung
freepik.com

Sama seperti hewan bersayap lainnya, burung juga memiliki berbagai jenis dan variasi yang beragam. Dilihat dari bentuk badan dan besar kecil ukuran, serta dari variasi corak dan warna sayapnya.

Dari gambar berbagai jenis burung berikut, dapat terlihat potret burung yang berukuran kecil dan burung yang berukuran besar. Dari segi warna, ada burung yang berwarna terang ada pula yang berwarna gelap.

11. Gambar Burung Lucu

gambar burung

Untuk dapat mengabadikan keindahan burung-burung yang banyak sekali jenisnya, salah satu cara adalah dengan melukis atau menggambarnya. Menggambar burung tidaklah rumit, karena hewan ini mudah diamati.

Jika ingin menggambar burung secara sederhana, kalian dapat memilih karakteristik kartun.Karakteristik ini membuat burung yang dibuat terlihat lucu dan indah. Potret ini sangat bagus untuk media belajar menggambar.

Bagaimana, apakah sudah mendapatkan contoh yang paling mudah untuk dibuat? Dengan kreativitas yang kalian miliki, pasti bisa menghasilkan karya terbaik.

Leave a Comment