Home » Edukasi » Gambar » 11 Contoh Sketsa Capung Mudah dan Simple

11 Contoh Sketsa Capung Mudah dan Simple

Jika sedang mencari contoh gambar hewan yang mudah ditirukan, berikut adalah kumpulan sketsa capung untuk menggambar dan mewarnai.

Capung adalah hewan berukuran kecil yang bisa terbang dan biasanya mudah kita jumpai di halaman rumah atau tempat terbuka lain.

Untuk menggambar capung tidaklah sulit, tinggal menggambar bagian kepada lengkap, badan, ekor kemudian empat sayap dan gambar pun selesai.

Gambar Sketsa Capung

1. Sketsa Capung Simple

sketsa capung

Capung adalah serangga yang memiliki bentuk sayap bertumpuk. Setiap bagian sayapnya punya pola dengan ukuran beragam, dari panjang hingga pendek. 

Detail bagian sayap dan keseluruhan bagian tubuh capung tersebut sangat mudah digambar apalagi untuk anak-anak karena gambarnya mudah ditirukan

2. Sketsa Capung Keren

sketsa capung

Setiap jenis capung cukup unik. Contohnya capung yang memiliki bentuk ekor yang berukuran kecil lurus dengan pangkal yang rata. Bentuk ekornya terlihat seperti ruas-ruas batang tanaman tebu.

Bagian lain yang tidak kalah menarik adalah sayap capung. Sayap capung membentuk pola berupa gambar akar. Masing-masing sayap memiliki pola akar yang bercabang.

3. Sketsa Capung Mudah

sketsa capung

Menggambar capung tidak akan sulit jika mengikuti pola gambar pada sketsa capung berikut. Tampilan tubuhnya yang lurus dengan aksen sayap sederhana bisa memudahkan menggambar.

Gambar ini juga mudah untuk diwarnai. Tidak membutuhkan detail warna khusus, cukup mengikuti garis pembatasnya saja, capung akan terlihat menarik.

4. Mewarnai Capung

Mewarnai capung butuh detail dan proses yang tidak sebentar. Sebab, gambar sketsa capung memiliki variasi pada seluruh bagiannya yang meliputi sayap, ekor, tangan, dan kepala.

Capung jenis ini cocok diwarnai menggunakan satu warna yang senada untuk bagian sayap dan ekor. Sedangkan bagian tubuh dan kepala bisa menggunakan warna yang berbeda.

5. Gambar Capung Lucu

Pernah melihat capung yang lucu. Misalnya seperti gambar capung dengan bentuk kepala, tubuh, sayap, dan ekornya terlihat sangat cocok. Capung biasanya menempel pada rumput, tanah, dan lingkungan sekitar rumah.

Mereka juga bisa hidup di alam bebas. Misalnya di hutan, rawa-rawa, dan tempat lainnya tergantung jenisnya. Capung jantan memiliki tubuh berwarna hijau kebiruan sedangkan capung betina biasanya berwarna hijau perunggu.

6. Capung dan Lingkungan

Jenis capung pada sketsa berikut adalah capung yang hidupnya di sekitar rumah. Capung akan ditemukan di rerumputan, di atas tanah, hingga di pekarangan rumah terutama bagian perkebunan.

Sketsa capung dan lingkungannya bisa digunakan untuk menggambar dan mewarnai sekaligus sebagai media belajar tentang habitat capung. Capung bisa ditemukan dari tepi perairan sampai dengan ketinggian lebih dari 3.000 mdpl.

7. Mewarnai Gambar Capung

Mewarnai capung bisa dimulai dari kepala, tubuh, sayap, hingga ekornya. Pemberian warna pada capung juga cenderung bebas sesuai kreasi.

Akan tetapi, pada umumnya capung berwarna hijau dengan variasi warna hijau biru dan hijau perunggu. Lengkapilah detail warna capung sesuai garis batas pada sketsa gambar.

8. Gambar Capung Sederhana

Capung dengan bentuk sederhana ditujukan bagi kalian yang ingin belajar menggambar capung. Proses menggambar bisa dimulai dari bagian tubuhnya, kemudian gambar kepala.

Setelah itu gambarlah ekor, sayap, dan antena. Dengan mengikuti urutan bisa mempermudah dan memperlancar proses menggambar. Tidak perlu detail asalkan semua bagiannya sudah lengkap.

9. Cantik

Bagian paling menarik dari hewan capung adalah sayapnya. Sayap capung dengan warna mencolok dan unik mampu menarik perhatian orang-orang yang melihatnya. Begitu juga dengan sketsa gambar capung ini.

Capung berikut memiliki motif yang unik pada sayapnya. Motif sayap capung merupakan kombinasi lengkungan dan garis lurus yang dipadukan atas bawah. Hasil gambarnya menampilkan capung cantik.

10. Lucu

Bagaimana jika ekor dan tubuh capung berbentuk lurus? Tampilannya mungkin akan membuat gambar capung terlihat lucu, apalagi jika diwarnai dengan warna-warna cerah.

Gambar capung ini memiliki ukuran kepala yang agak besar dengan bagian tubuh dan ekornya menyatu. Sayapnya polos tanpa motif atau pola apapun.

11. Berterbangan

Mewarnai capung yang sedang terbang terlihat sangat menarik. Bahkan jika bisa memadupadankan warna, gambar capung bisa terlihat lebih hidup. Apalagi gambarnya dalam jumlah banyak

Bentuk capung-capung yang hampir serupa memudahkan proses mewarnai. Warna bagian tubuhnya bisa disamakan antara satu capung dengan capung yang lain. Mewarnai capung pun menjadi lebih cepat.

Dari 11 sketsa capung tersebut, sketsa mana yang paling kalian sukai? Semoga variasi gambar capung ini bisa membantu proses menggambar dan mewarnai.

Leave a Comment