Home » Edukasi » Gambar » 11 Sketsa Daun Beragam Jenis yang Indah

11 Sketsa Daun Beragam Jenis yang Indah

Kumpulan sketsa daun dari berbagai jenis ini bisa menjadi salah satu referensi saat akan menggambar dan mewarnai. Namun, sayangnya kurang menarik jika hanya daun saja.

Untuk itu, sebenarnya kalian bisa melakukan kreasi lebih lanjut dengan menggambar atau mewarnai jenis pohon tertentu. Kecuali memang mendapatkan tugas hanya ebrupa daun saja.

Disini admin juga memberikan contoh satu gambar yang memuat beberapa ragam jenis daun. Pililhlah sesuai keinginan dan yang menurut kalian paling mudah ditirukan.

Gambar Sketsa Daun

1. Sketsa Daun Monstera

sketsa daun

Setiap daun memiliki jenis dan karakternya yang beragam. Masing-masing dari tanaman ini memiliki bentuk yang unik. Salah satunya adalah daun monstera. Daun monstera merupakan satu jenis tanaman yang sedang ramai diperbincangkan.

Bentuknya yang unik membuat tanaman ini banyak dicari. Daun tanaman Monstera berukuran lebar, berbentuk hati dengan dengan beberapa lubang di tengah daun yang membentuk pola.

2. Sketsa Daun Maple

sketsa daun

Kemudian, salah satu jenis tanaman dengan bentuk daun yang menarik adalah daun Maple. Tanaman Maple ini memiliki bentuk daun lima jari dengan warna daun yang menarik mata yaitu merah dan orange.

Tanaman ini sering kali tumbuh di negara-negara yang memiliki empat musim. Salah satunya adalah Kanada yang menjadikan gambar daun ini sebagai simbol bendera negara mereka.

3. Sketsa Daun Sirih

sketsa daun

Beberapa tanaman, selain memiliki bentuk daun yang unik tentunya memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Salah satunya adalah daun Sirih yang memiliki banyak khasiat terhadap kesehatan manusia.

Daun sirih memiliki manfaat untuk menjaga organ pencernaan manusia. Artinya jika kita mengkonsumsi olahan daun sirih ini dengan benar akan menghindarkan kita pada diare dan sembelit.

4. Daun Pisang

sketsa daun

Manfaat lain daun-daunan selain untuk kesehatan, juga memberikan kemudahan bagi kita dalam menjalani berbagai aktivitas kehidupan. Sering kita ketahui daun  pisang sering digunakan untuk membungkus nasi atau lauk pauk.

Hal ini dikarenakan daun pisang memiliki lapisan lilin pada permukaannya sekaligus memiliki bentuk yang lebar dan tidak mudah robek ketika dilipat.

5. Daun Mangga

sketsa daun

Selain memiliki fungsi bagi kehidupan sehari-hari manusia, daun juga memiliki peran penting dalam fase hidup tanaman. Daun digunakan sebagai media fotosintesis.

Fotosintesis bagi tanaman seperti daun mangga berfungsi untuk memproduksi makanan bagi tumbuhan. dengan bantuan cahaya matahari daun mangga melakukan proses fotosintesis.

Kumpulan sketsa lainnya!

6. Daun Singkong

gamabr daun singkong

Beberapa daun ternyata juga dapat dikonsumsi oleh manusia. Olahan daun ini sering menjadi makanan pendamping bersama nasi dan lauk-pauk.

Salah satunya yang memiliki rasa lezat apabila diolah menjadi makanan pendamping adalah daun singkong. Daun yang berbentuk jari ini seringkali di konsumsi oleh masyarakat sebagai lalapan dengan cara direbus sampai layu dan ditambah beragam bumbu.

7. Daun Kelapa

gambar daun kelapa

Jika daun Singkong berbentuk jari, lain pula dengan daun Kelapa. Daun kelapa seperti yang dapat kita lihat pada gambar tersebut merupakan daun tunggal dengan tulang menyirip sehingga pada tiap tangkai hanya terdiri dari satu daun.

Keunikan ini tentunya memiliki fungsi dan manfaat tersendiri bagi setiap tanaman. Maka tidak mengherankan jika daun kelapa kerap dibuat berbagai karya.

8. Daun Kelor

gambar daun kelor

Salah satu jenis daun bersirip selain daun kelapa yang juga sering kita temui adalah daun kelor. Seperti yang dapat dilihat pada gambar tersebut daun kelor memiliki karakter bersirip tak sempurna.

Karakter daun seperti itu dapat dilihat dari karakter daunnya yang kecil, berbentuk telur, dan jamak. Daun kelor ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia.

9. Sketsa Daun Jagung

gambar daun jagung

Keunikan bentuk daun beberapa tanaman juga memiliki tujuan tersendiri sesuai karakteristik tanaman tersebut. Biasanya tempat tumbuh tanaman dan musim tumbuh tanaman memengaruhi karakter bentuk daun. 

Daun Jagung memiliki tekstur yang licin dan berambut kemudian berbentuk memanjang dan dikelilingi sel epidermis berbentuk menyerupai kipas yang berfungsi untuk merespon kondisi dimana tanaman jagung kekurangan air.

10. Daun Pepaya

gambar daun pepaya

Keunikan yang dimiliki daun pepaya adalah setiap tangkainya tidak bercabang, kemudian ketika setiap tangkai daun tersebut rontok atau dipatahkan akan menciptakan benjolan pada batang pohon.

Keunikan ini hanya dimiliki oleh pohon pepaya. Pepaya sendiri merupakan salah satu jenis buah yang kaya nutrisi dan banyak memberi manfaat khususnya bagi perawatan kulit dan pencernaan manusia.

11. Sketsa Daun Beragam Bentuk

sketsa daun

Beragam karakteristik dan bentuk daun ini dapat dilihat dalam sketsa daun beragam bentuk. Setiap bentuk dan karakteristiknya dipengaruhi oleh tempat tumbuh maupun kondisi tumbuhan tersebut.

Selain itu daun-daun unik ini memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat baik bagi tumbuhan itu sendiri maupun lingkungan sekitar.

Itulah kumpulan sketsa daun yang bisa kalian gunakan sebagai contoh menggambar dan mewarnai. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment